Sebagai perusahaan yang kerap berhubungan dengan klien, outsourcing membutuhkan aplikasi yang bisa membantu mereka seperti CRM. Dengan CRM, perusahaan outsourcing bisa mengelola hubungan dengan klien mereka, menaikkan produktivitas, serta meningkatkan efisiensi pekerjaan. Karena itu, keberadaan aplikasi CRM menjadi sangat penting…
Service Quality Adalah: Elemen dan Cara Meningkatkan
Service quality adalah bagian penting yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis. Ketika sebuah bisnis memiliki service quality yang baik, maka bisnis akan mampu memastikan pelanggan merasa puas atas produk atau layanan yang diberikan. Dengan adanya service quality ini, bisnis bisa…
Business Development: Manfaat dan Cara Membuat Rencananya
Business development atau pengembangan bisnis adalah strategi yang mendorong pertumbuhan organisasi. Dengan menggabungkan perencanaan yang mendetail dan taktik efektif, Anda bisa meningkatkan penjualan dan mengekspansi pasar. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat rencana business development yang sukses? Pada artikel ini, kami…
CRM untuk UMKM: Tantangan, Peran, dan Rekomendasinya
Pengelolaan hubungan pelanggan jadi bagian penting bagi bisnis, termasuk UMKM dan untuk memudahkannya Anda bisa menggunakan aplikasi CRM untuk UMKM. Tidak dapat dipungkiri bahwa UMKM ini jadi salah satu penyumbang kemajuan ekonomi di Indonesia. Per Mei 2025 saja UMKM di…
Customer Adalah: Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya
Customer adalah bagian yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Keberhasilan suatu bisnis atau perusahaan akan ditentukan dari berapa banyak customer yang dimilikinya. Ini karena customer adalah orang-orang yang rela mengeluarkan uang untuk membeli produk atau layanan yang dijual perusahaan atau…
Telemarketing Adalah: Jenis, Tugas, dan Cara Mengoptimalkan
Telemarketing adalah bagian dari perusahaan di mana mereka memberikan penawaran melalui telepon. Hingga saat ini telemarketing masih menjadi strategi yang ampun yang sering digunakan dalam pemasaran. Untuk melakukan telemarketing, dibutuhkan agen penjualan yang akan berperan dengan cara menghubungi pelanggan dan…
8 Aplikasi CRM Dealership Terbaik Tahun 2025
Bisnis dealership mobil dari berbagai skala sangat membutuhkan aplikasi CRM. Selain membantu mengatur interaksi dengan pelanggan, CRM juga merupakan alat penting untuk perencanaan bisnis. Entah Anda mengelola satu lokasi dealer maupun beberapa cabang, aplikasi CRM sangat penting untuk menjalankan bisnis…
4 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Paling Mudah
Meski terdengar sepele, namun chat WA yang tidak sengaja terhapus bisa menimbulkan masalah dan solusinya adalah menggunakan cara mengembalikan chat WA yang terhapus. Seperti yang diketahui, saat ini WA atau WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang banyak digunakan. Tidak hanya untuk…
Salesperson adalah: Tugas dan Kemampuan yang Dibutuhkan
Kelihatannya, menjadi salesperson adalah hal yang sederhana: tinggal menjual barang yang orang lain butuhkan. Tapi pada kenyataannya, sales adalah suatu profesi yang lebih rumit. Anda perlu sederet skill agar bisa sukses di industri ini. Jika Anda tertarik dengan pekerjaan yang…
Software CRM Pendidikan: Tantangan, Fitur, dan Cara Kerjanya
Tahukah Anda, ada berbagai tantangan dalam industri pendidikan yang harus dihadapi dan di sini Anda membutuhkan software CRM pendidikan sebagai solusi. Salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah terkait pengolahan data siswa, administrasi hingga komunikasi, khususnya pada saat masa-masa PPDB.…