Dalam dunia bisnis, key partners adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan. Istilah ini sering digunakan untuk menjelaskan pihak-pihak yang sering melakukan kerja sama di dalam sebuah bisnis atau sering dikenal dengan mitra bisnis. Dengan adanya mitra bisnis ini, sebuah bisnis…
9 Langkah Membuat Social Media Strategy dan Penerapannya
Social media strategy adalah hal yang Anda butuhkan jika Anda ingin mencapai jutaan pengikut yang aktif berinteraksi dengan Anda beserta audiens yang loyal. Jadi, saat menggunakan media sosial untuk bisnis Anda, Anda tidak bisa hanya sekadar memposting konten secara acak…
Marketplace Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Di era yang serba digital saat ini, marketplace adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Marketplace memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berbelanja tanpa harus keluar rumah. Apakah Anda salah satu orang yang menikmati kemudahan dari adanya marketplace ini?…
Customer Journey Mapping: Pengertian dan Langkahnya
Customer journey mapping adalah upaya untuk membuat representasi visual dari setiap interaksi yang pelanggan miliki dengan suatu brand. Peta ini menceritakan pengalaman pelanggan selagi mereka berproses untuk mengenal bisnis, mulai dari kontak pertama, membeli, hingga terus berlangganan. Customer journey mapping…
Decoy Effect dalam Marketing: Pengertian, Contoh, dan Tipsnya
Dalam dunia bisnis, cara Anda dalam menyusun pilihan produk atau layanan dapat memengaruhi keputusan pelanggan lebih dari yang Anda bayangkan. Salah satu strategi psikologi harga yang sering digunakan untuk mendorong pelanggan memilih opsi yang lebih menguntungkan adalah decoy effect. Teknik…
Customer Engagement: Pengertian, Strategi, dan Cara Mengukur
Bisnis terus berkompetisi untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Karena itu, mereka berlomba-lomba menyusun strategi yang efektif untuk customer engagement. Anda boleh percaya diri karena produk atau jasa yang Anda tawarkan merupakan yang terbaik di kalangan industri. Namun, ini…
12 Cara Menggunakan Social Proof dalam Marketing
Bayangkan Anda sedang berbelanja online untuk meja makan baru. Lalu, Anda menemukan dua produk yang Anda suka. Satu di antaranya memiliki rating 4.7 dengan lebih dari 1.000 review, dan yang kedua memiliki rating 3.5 dengan 150 review. Mana yang akan…
8 Cara Mengoptimalkan Customer Acquisition Cost (CAC)
CAC atau customer acquisition cost adalah jumlah biaya yang suatu perusahaan belanjakan untuk mendapat pelanggan baru. Pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Menurut United States Small Business Administration, bisnis B2C menghabiskan 9.6% dari total pendapatan ke pemasaran, sementara B2B menghabiskan…
Keunggulan Kompetitif: Pengertian, Jenis, dan Cara Identifikasi
Memiliki keunggulan kompetitif dapat menciptakan nilai yang lebih besar bagi perusahaan dan pemegang sahamnya, karena mereka memiliki kekuatan tertentu daripada pesaingnya. Keunggulan kompetitif yang konsisten dapat membantu perusahaan untuk terus menjadi pemimpin pasar dalam industrinya. Dalam bisnis apa pun, keunggulan…
Analisis Kompetitor: Pengertian, Cara, dan Contohnya
Jika Anda baru memulai suatu brand baru, maka salah satu prioritas pertama Anda harusnya adalah melakukan analisis kompetitor. Analisis ini mampu membantu Anda memahami posisi brand di dalam pasar, memetakan kekuatan dan kelemahan kompetitor, serta menemukan peluang untuk pertumbuhan. Sebelum…