Sales Marketing: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

sales marketing

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang pesat, sales marketing menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Sales marketing memiliki peranan penting untuk mendukung penjualan suatu produk atau jasa.

Dari penjualan ini nantinya perusahaan atau bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang mendukung kemajuan bisnis.

Lalu apa saja tugas yang dimiliki oleh sales marketing ini dan apa saja skill yang harus dimilikinya?

Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai sales marketing mulai dari mengapa penting, tugas, skill, hingga tujuannya.

Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Mengapa Bisnis Harus Memiliki Sales Marketing?

sales marketing

Sales marketing merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mempromosikan produk atau jasa hingga bisa menarik konsumen untuk membeli.

Dalam sales marketing ini, bisnis tidak hanya berperan untuk menjual, yang melibatkan proses komunikasi yang berkesinambungan antara perusahaan dengan target konsumen.

Dengan cara ini diharapkan perusahaan dapat membangun hubungan dengan pelanggan secara kuat dan bisa memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

Dengan adanya pendekatan yang lebih kreatif dan strategis, keberadaan sales marketing ini memegang kunci untuk menciptakan citra yang baik sehingga bisa mendukung pertumbuhan bisnis.

Sales marketing ini penting untuk dimiliki oleh bisnis karena menjadi kunci dalam mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan potensial, sehingga bisa menghasilkan pendapatan dan mempertahankan pelanggan yang loyal.

Dengan cara ini perusahaan dapat membangun citra yang baik, sehingga bisa menciptakan brand awareness terkait produk atau layanan, sekaligus membedakan diri dengan kompetitor.

Ketika perusahaan memiliki strategi yang tepat, ini memungkinkan perusahaan agar bisa menjangkau segmen pasar yang tepat, membuat target pelanggan dengan lebih relevan, dan juga menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan dan bermakna.

Dengan perannya yang begitu besar, ini menjadi alasan mengapa setiap bisnis harus memiliki sales marketing untuk mendukung penjualan bisnis.

crm banner 2

Baca Juga: Perbedaan Sales dan Marketing yang Harus Anda Ketahui

Apa Saja Tugas Sales Marketing?

sales marketing

Berikut beberapa tugas yang dimiliki oleh sales marketing:

1. Untuk Meneliti Pasar

Tugas pertama yang dimiliki oleh sales marketing adalah meneliti pasar.

Ketika mereka melakukan penelitian pasar, mereka akan bertugas melihat bagaimana keadaan pasar saat itu.

Ini berguna untuk membuat strategi dalam memasarkan produk sehingga menemukan pasar yang tepat.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di sini adalah terkait pengumpulan data terkait tren industri, memahami perilaku konsumen, dan juga kompetitor.

Dengan memahami informasi-informasi di atas, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan potensial dan menemukan peluang pasar baru.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Marketing Tools untuk Bisnis dan Contohnya

2. Bagian dari Pengembangan Strategi Pemasaran

Tugas yang kedua adalah dalam hal pengembangan strategi pemasaran.

Di dalam mengembangkan strategi pemasaran, Anda dapat menetapkan tujuan marketing, segmentasi pasar, pemilihan saluran marketing, hingga menentukan pesan yang akan disampaikan kepada target konsumen.

Baca Juga: Telemarketing Adalah: Jenis, Tugas, dan Cara Mengoptimalkan

3. Bagian Kampanye Marketing

Tidak dapat dipungkiri bahwa sales pemasaran adalah bagian dari kampanye pemasarab.

Pada bagian ini, biasanya tum akan membuat materi iklan dan materi pemasaran lainnya, termasuk menentukan waktu dan tempat terbaik untuk memulai kampanye pemasaran.

4. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Tugas selanjutnya adalah dalam hal membangun hubungan dengan pelanggan.

Di sini seorang sales harus bisa menjawab pertanyaan dan kekhawatiran yang dimiliki oleh pelanggan.

Selain itu juga, sales harus bisa memberikan dukungan kepada pelanggan dengan kualitas trbaik dan memastikan bahwa setiap keluhan pelanggan dihargai dan didengarkan dengan baik.

Dengan cara ini bisnis bisa mendapatkan kesan bahwa mereka mendengarkan pelanggan dengan baik sehingga bisa mendorong loyalitas.

Baca Juga: Personal Selling: Pengertian, Jenis, dan Strateginya

5. Melakukan Analisis Performa

Tugas yang terakhir adalah dalam hal melakukan analisis performa.

Di sini mereka akan diberikan tugas dalam mengevaluasi efektivitas kampanye pemasaran.

Dalam melakukan analisis performa, akan dilakukan pemantauan penjualan, mengukur ROI (Return of Investment), hingga melakukan analisis data untuk mengidentifikasi perbaikan dan pengembangan strategi pemasaran di masa yang akan datang.

Cara ini bisa membantu perusahaan dalam terus mengembangkan strategi untuk memasarkan produk dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: Pre Sales Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Efektifnya

Apa Skill yang Dibutuhkan Sales Marketing?

pemasaran

Untuk mendukung pekerjaan sales marketing, berikut beberapa skill yang dibutuhkan:

1. Komunikasi yang Baik

Skill pertama yang penting untuk dimiliki oleh sales pemasaran adalah komunikasi yang baik.

Seperti yang diketahui sales memiliki tugas memberikan layanan kepada calon pelanggan sehingga mereka bisa menjadi pelanggan.

Di sini sales harus bisa memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar bisa menjelaskan produk secara tepat.

Termasuk ketika ada pelanggan yang mengkonsultasikan kendala mereka, sales harus mengatasinya dengan tepat dan cepat.

2. Kemampuan Menjual

Sales marketing juga harus memiliki kemampuan untuk menjual produk.

Ini adalah tugas utama yang dimiliki oleh sales pemasaran ini.

Dalam kemampuan menjual, sales harus bisa membuat target konsumen yang dari awalnya tidak tertarik melakukan pembelian menjadi tertarik.

Baca Juga: Sales Force Adalah: Pengertian, Peran , dan Tugasnya

3. Memahami Produk secara Mendetail

Kemampuan atau skill kedua yang penting untuk dimiliki adalah berkaitan dengan memahami produk secara mendetail.

Karena sales harus membuat calon pelanggan yang awalnya masih ragu-ragu untuk membeli hingga yakin untuk melakukan pembelian, maka memiliki pemahaman produk secara mendetail penting untuk dimiliki.

Dengan memahami produk dengan baik dan detail, maka sales bisa menjelaskan dengan lancar sehingga calon pelanggan yakin bahwa produk yang ditawarkan adalah pilihan terbaik.

4. Kemampuan Menganalisis

Sales juga harus memiliki kemampuan menganalisis dengan baik, analisis yang dimaksud di sini adalah menganalisis pasar dan pesaing yang ada.

Sales harus memiliki pemahaman yang baik terkait pasar dan kompetitor sehingga bisa membuat strategi yang tepat untuk memasarkan produk.

Di sini sales harus bisa melakukan analisis tren yang ada di pasar, memahami kebutuhan dari pelanggan, hingga melakukan identifikasi dan juga kelemahan dari kompetitor.

5. Mendukung Kreativitas dan Inovasi

Sales pemasaran juga harus didukung dengan kreativitas dan juga inovasi.

Sales harus kreatif dalam menetapkan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mempromosikan pasar.

Bagaimana pun audiens biasanya lebih tertarik dengan kampanye yang mengusung kretivitas dan inovasi.

Dengan kemampuan ini bisa mendukung bisnis mendapatkan lebih banyak peluang untuk diterima pasar.

Baca Juga: Sales Counter: Tugas, Keterampilan, dan Perannya

Apa Tujuan dari Sales Marketing?

sales marketing

Perlu diketahui bahwa tujuan dari sales pemasaran adalah meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar, memperkuat hubungan dengan pelanggan, hingga meningkatkan profitabilitas bisnis.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Untuk Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

Tujuan yang pertama adalah untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Sales marketing akan bertugas mendorong penjualan dan pendapatan di mana dari sini penjualan dan pendapatan perusahaan bisa secara otomatis meningkat.

Mereka juga memiliki tujuan dalam meyakinkan calon pelanggan sehingga bisa melakukan pembelian.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Kesadaran merek atau brand awareness jadi bagian penting bagi sebuah bisnis.

Di sini sebuah bisnis bisa memperkenalkan produk atau layanan kepada pasar yang lebih luas dan juga membangun citra yang lebih baik di mata pelanggan.

Ketika bisnis memiliki citra yang baik di mata pelanggan, maka pelanggan akan setia karena memahami bahwa bisnis memiliki kualitas terbaik.

Baca Juga: Marketing Plan: Jenis, Cara Membuat, dan Contohnya

3. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Tujuan yang selanjutnya adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, bisnis harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Caranya adalah dengan memberikan layanan terbaik, baik sebelum pembelian atau setelah pembelian.

Dengan cara ini bisa menunjukkan bahwa bisnis peduli dengan kenyamanan pelanggan.

4. Memahami Kebutuhan dari Pelanggan

Tujuan yang selanjutnya adalah untuk memahami kebutuhan setiap pelanggan.

Seperti yang diketahui, setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Di sini bisnis harus memahami setiap kebutuhan tersebut sehingga bisa memberikan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

5. Meningkatkan Profitabilitas

Tujuan terakhir yang sangat penting bagi sebuah bisnis adalah untuk meningkatkan profitabilitas.

Profit atau keuntungan bisnis jadi bagian penting yang jadi tujuan utama bisnis.

Seluruh kegiatan di dalam bisnis tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan, termasuk di dalamnya meningkatkan profitabilitas.

Ini juga berlaku bagi tim sales marketing yang juga memiliki tujuan meningkatkan profitabilitas.

Baca Juga: Software CRM Sales: Keuntungan, Fitur, dan Rekomendasinya

Berapa Gaji Sales Marketing?

Salah satu bagian penting dalam membahas sales marketing adalah berapa gaji yang dimilikinya?

Tentunya gaji yang dimiliki sales marketing ini berbeda-beda, namun rata-ratanya mulai dari Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000.

Perbedaan gaji sales pemasaran ini dipengaruhi oleh beberapa hal di dalamnya, misalnya pengalaman yang dimiliki, tingkat pendidikan, industri tempat bekerja, lokasi geografis, hingga ukuran dari perusahaan.

Baca Juga: Apa itu Marketing Inbound? 10 Strategi dan Cara Mengukurnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai sales marketing yang dapat menjadi referensi Anda.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa sales marketing memiliki peran yang sangat penting di dalam perusahaan, yakni untuk mendorong penjualan.

Karena peran penting yang dimilikinya, perusahaan juga harus bisa memberikan dukungan, salah satunya dengan menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID.

Kenapa sales marketing perlu menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID ini?

Ini dikarenakan sales akan bertugas memberikan layanan kepada pelanggan dari yang awalnya masih ragu-ragu untuk membeli hingga bisa yakin untuk melakukan pembelian.

Dengan adanya dukungan aplikasi CRM ini, sales bisa memberikan layanan tanpa perlu khawatir adanya batas melalui WhatsApp Business API platform.

Dengan begitu pelayanan dapat dilakukan secara maksimal sehingga calon pelanggan bisa lebih yakin untuk melakukan pembelian.

Jadi tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.

Desi Murniati

Tinggalkan Komentar

nineteen − two =