Alternatif software CRM Freshworks menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkan software CRM dengan fitur terlengkap.
Sebagai salah satu software CRM, Freshworks memiliki fitur-fitur lengkap yang akan membantu memudahkan pengelolaan layanan pelanggan bisnis Anda.
Namun ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh software CRM ini, misalnya adalah mengenai isu rawannya kebocoran data yang terjadi pada software CRM Freshworks ini, membuat Anda harus mencari alternatif lain.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan mengenai alternatif software CRM Freshworks dan rekomendasinya untuk Anda.
Baca selengkapnya mengenai alternetif software CRM Freshworks hanya pada penjelasan yang ada di bawah ini:
Apa Itu Software CRM Freshworks?

Freshworks merupakan salah satu software CRM yang dapat membantu bisnis dalam memberikan layanan pelanggan terbaik.
Freshwork memiliki fokus memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui fitur pelacakan kontak, interaksi multichannel, hingga analitik yang mendalam.
Buat Anda yang ingin memperkuat loyalitas pelanggan, Freshworks menjadi pilihan terbaik.
Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh software CRM Freshworks:
- Penggabungan antara CRM penjualan dan otomatisasi pemasaran untuk memberikan solusi manajemen hubungan pelanggan yang komprehensif.
- Pipeline penjualan visual dan kemampuan otomatisasi yang membuat manajemen pipeline penjualan menjadi lebih mudah dan cepat.
- Analisis real-time yang bisa membantu tim penjualan lebih memahami perilaku pelanggan dengan cara mengoptimalkan strategi penjualan.
- Alat pemasaran email yang dapat meningkatkan kampanye pemasaran dan manajemen prospek.
Baca Juga: 10 Alternatif Aplikasi Salesforce untuk Bisnis Anda
Mengapa Anda Membutuhkan Alternatif Software CRM Freshworks?
Sebagai software CRM yang membantu memberikan layanan pelanggan terbaik, Freshworks masih memiliki kekurangan yang membuat pelanggan mencari alternatif lain.
Misalnya keterbatasan kustomisasi jika dibandingkan dengan software CRM lainnya.
Selain itu, adanya integrasi pihak ketiga yang dimiliki Freshworks membuat banya pengguna dari software CRM ini kebingungan.
Tidak hanya itu, Freshworks juga memiliki kekurangan yakni rentan terjadi error di mana banyak pelanggan mengalami error atau masalah teknis lainnya.
Freshworks juga rawan terjadinya kebocoran dara di mana ini menjadi isu yang membuat banyak pengguna meragukan software CRM ini.
Hal ini dikarenakan keamanan data adalah hal yang sangat penting dalam memilih software CRM dan jika terdapat isu kebocoran dara membuat pelanggan merasa Freshworks tidak dapat melindungi data mereka dan memilih mencari alternatif lain.
Baca Juga: Alternatif Software CRM Freshsales untuk Bisnis di Indonesia
Rekomendasi Alternatif Software CRM Freshwork
Dengan kekurangan yang dimiliki oleh Freshworks di atas, Anda membutuhkan rekomendasi alternatif software CRM Freshworks yang bisa memenuhi semua kebutuhan Anda.
Berikut rekomendasi alternatif software CRM Freshworks untuk Anda:
1. CRM.ID

Rekomendasi pertama adalah software CRM dari CRM.ID.
CRM.ID adalah merupakan software CRM yang berasal dari Indonesia di mana memiliki fokus memudahkan bisnis dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
CRM.ID dapat digunakan oleh semua jenis dan skala bisnis, mulai dari UMKM hingga bisnis berskala besar.
Dengan CRM.ID Anda bisa mengirimkan pesan untuk kebutuhan follow up dengan template yang disediakan.
Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh CRM.ID:
Fitur
- Clean & Sleek Interface: CRM.ID dilengkapi dengan tampilan antar muka bersih, mudah dan mirip dengan WhatsApp sehingga memudahkan tim Anda untuk memahami cara kerja CRM.ID. Fitur ini membuat Anda tidak perlu melakukan training berbulan-bulan untuk memulai melayani pelanggan.
- Unlimited 1 on 1 Support: Anda berkesempatan mendapatkan layanan via zoom 1 on 1 secara gratis, dan tanpa batasan dengan software CRM.ID.
- Searchable & Filterable: Riwayat percakapan akan otomatis tersimpan, di mana ini akan memudahkan pencarian.
- Nomor Masking & Centang Hijau: Anda berkesempatan mendapatkan nomor masking dari WhatsApp dan juga kesempatan mendapatkan centang hijau jika memenuhi syarat.
- REST API Integration: Integrasikan dengan sistem yang sudah berjalan dengan REST API yang kami sediakan.
- Unlimited MAU: Layani pelanggan-mu sebanyak mungkin, tanpa khawatir batasan.
- Multi Agent: Satu nomor WhatsApp bisa dilayani oleh banyak agent sekaligus.
Baca Juga: Software CRM Pendidikan: Tantangan, Fitur, dan Cara Kerjanya
2. Pipedrive

Pilihan kedua untuk alternatif Freshworks adalah Pipedrive, yakni sebuah software CRM yang dapat digunakan untuk memudahkan pengelolaan layanan pelanggan.
Didirikan pada tahun 2010 di New York, Pipedrive adalah CRM penjualan yang hebat dan cukup intuitif untuk digunakan.
Fitur
- Otomatisasi: Pipedrive memungkinkan Anda mengotomatisasi tugas penjualan harian melalui fitur ‘Smart Contact Data’ serta otomatisasi tugas.
- Asisten Penjualan: Fitur Asisten Penjualan yang disertakan dalam Pipedrive menghasilkan grafik laporan dan analisis lainnya. Asisten ini juga memberikan rekomendasi tentang cara mengotomatisasi funnel penjualan Anda dan bahkan tips untuk kinerja yang lebih baik.
- Pelacakan Komunikasi: Fitur manajemen kontak yang akan mengumpulkan semua komunikasi relevan di satu tempat, termasuk dokumen penjualan, kalender, catatan telepon, dan email.
- Pengelolaan Kesepakatan dan Prospek: Saluran penjualan Pipedrive memungkinkan Anda membuat bidang kustom serta saluran visual dan kesepakatan. Mengelola prospek dan kesepakatan terbuka akan menjadi lebih mudah.
- Integrasi: Pipedrive terintegrasi dengan perangkat lunak pihak ketiga yang berguna, termasuk Gmail dan Google Drive.
- Pengingat Aktivitas: Dari notifikasi push aplikasi seluler hingga email dan pengingat dalam aplikasi, Anda akan mendapatkan pengingat tepat waktu tentang kesepakatan baru, peringatan, dan laporan kustom.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Alternatif Software CRM Insightly dan Fiturnya
3. Insightly

Insightly berada di urutan ketiga dalam daftar alternatif Freshworks.
Sejak 2009, perusahaan berbasis di San Francisco ini telah menjadi pilihan tepercaya bagi tim penjualan dan pemasaran.
Fitur
- Aplikasi seluler: Aplikasi seluler Insightly, tersedia untuk iOS dan Android, memungkinkan Anda melacak proyek dan memperbarui informasi dengan cepat.
- Pembuatan aplikasi kustom: Perluas fungsi CRM Anda dengan aplikasi kustom yang dapat Anda buat dari awal menggunakan Insightly. Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan laporan, dasbor, otomatisasi alur kerja, bidang yang dihitung, dan aturan validasi ke aplikasi apa pun.
- Modeling dan pengelolaan dataset: Dengan modeling dataset, Anda dapat memisahkan data Anda dan membuat kampanye pemasaran email yang dipersonalisasi.
- Pelacakan email: Insightly memungkinkan Anda mengirim email melalui CRM mereka, melacak, dan menyimpannya, serta memeriksa tingkat pembukaan dan klik.
- Otomatisasi: Otomatisasi alur kerja melalui Insightly dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin, tindak lanjut, dan pengingat, serta menyederhanakan langkah-langkah pasca-transaksi.
- Routing prospek: Pelajari lebih lanjut tentang prospek Anda saat Insightly melacak pertemuan, panggilan, email, dan sumber kampanye yang terkait.
- Visualisasi data dan metrik: Menurut Insightly, analitik mereka mencakup kecerdasan bisnis bawaan. Dasbornya dapat dibagikan dan dilengkapi dengan fungsi seret dan lepas.
- Integrasi: Insightly terintegrasi dengan banyak alat dan aplikasi yang mungkin sudah Anda gunakan, termasuk PandaDoc, Mailchimp, QuickBooks, Xero, Google Apps, Gmail, dan Microsoft Office 365.
Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM Logistik Terbaik
4. HubSpot

Rekomendasi alternatif software Freshworks selanjutnya adalah dari HubSpot.
HubSpot merupakan software CRM yang membantu memudahkan layanan pelanggan, di mana menyediakan versi gratis yang bisa digunakan oleh pelanggan.
Fitur
- CRM gratis: Alasan banyak orang mencoba HubSpot adalah karena CRM gratisnya. Fitur ini membantu mengumpulkan semua data audiens Anda ke dalam satu dasbor terpusat untuk mendapatkan wawasan tentang siapa prospek dan pelanggan Anda, sehingga Anda dapat menyempurnakan pendekatan penjualan Anda.
- Template email: Tulis email penjualan dan pemasaran yang efektif dan gabungkan dengan template email HubSpot untuk mengirim email yang tidak bisa diabaikan oleh audiens Anda. Anda dapat mempersonalisasi dan mengoptimalkan konten email Anda menggunakan HubSpot.
- Otomatisasi penjualan: Buat alur kerja otomatisasi untuk mengurangi tugas penjualan manual. HubSpot memungkinkan Anda menggunakan personalisasi untuk tugas seperti email, sehingga seolah-olah Anda secara manual menekan tombol kirim.
- Pembuat situs web: Bangun situs web bintang lima sebelum kampanye berikutnya dengan HubSpot. Anda dapat menjelajahi tema dan templat situs web, serta menggunakan pembuat situs web drag-and-drop untuk desain yang sederhana dan efisien.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Perusahaan Ritel dan Tantangannya
5. Salesforce

Menurut Salesforce, 98 persen pelanggannya mencapai tujuan ROI mereka dengan layanan Salesforce.
Paket produk yang ditawarkan Salesforce mencakup segala hal, mulai dari alat penjualan, pemasaran, hingga layanan pelanggan.
Fitur
- MuleSoft: Alat otomatisasi Salesforce, MuleSoft, mengotomatisasi alat untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik. Anda dapat menggunakan empat alat dalam MuleSoft, yakni Flow Orchestration untuk proses multi-pengguna, MuleSoft RPA untuk tugas berulang, MuleSoft Composer for Salesforce untuk menghubungkan data dan aplikasi, dan MuleSoft Anypoint Platform untuk API dan integrasi.
- Customer 360: Customer 360 adalah fitur hebat lainnya dari Salesforce. Anda dapat memperoleh data real-time tentang pelanggan, termasuk riwayat mereka dengan bisnis kecil Anda dan wawasan tentang perilaku mereka.
- Otomatisasi penjualan: Gunakan otomatisasi berbasis kecerdasan untuk mendorong proses penjualan, menghemat waktu yang dapat Anda gunakan untuk mengerjakan prospek baru atau membangun loyalitas pelanggan existing.
Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM untuk Industri Keuangan
6. Zoho CRM

Zoho merupakan software CRM yang cocok untuk semua skela bisnis, dari bisnis kecil hingga berskala enterprise.
Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh Zoho CRM ini, yakni:
Fitur
- Email: Layanan hosting email Zoho menjanjikan privasi dan keamanan tingkat tinggi dengan enkripsi pesan S/MIME. Anda juga dapat mendapatkan nama domain profesional sendiri dan mengakses email di mana saja dengan aplikasi seluler Zoho.
- CRM Plus: Berikan layanan ekstra untuk pelanggan Anda dengan CRM Plus, opsi CRM canggih Zoho. Didukung oleh AI, CRM Plus ideal untuk tim penjualan dan pemasaran yang ingin mengoptimalkan proses.
- Thrive: Platform otomatisasi pertumbuhan Zoho, Thrive, mencakup program afiliasi dan loyalitas yang didukung AI. Anda dapat memulai kampanye pemasaran rujukan!
- Social: Zoho juga berfungsi sebagai pengelola media sosial. Jadwalkan posting media sosial, buat alur konten dengan kalender konten, dan pantau kemajuan kampanye media sosial kapan saja dengan data real-time.
- Email marketing: Transformasikan kampanye email marketing Anda dengan Zoho. Personalisasi konten email, otomatisasi pengiriman email, dan pastikan pengirimannya melalui perangkat lunak ini.
7. Zendesk

Zendesk memberikan label pada dirinya sebagai “juara layanan pelanggan.”
Berikut fitur yang dimiliki oleh Zendesk:
Fitur
- Sistem tiket: Sistem tiket Zendesk merupakan bagian penting dari layanan dukungan pelanggan yang efisien. Anda dapat menyesuaikan sistem tiket dan mengoptimalkan operasional.
- Obrolan langsung dan pesan: Dari saluran media sosial hingga aplikasi seluler, saluran bisnis, dan situs web Anda, tingkatkan komunikasi Anda dengan fitur seperti obrolan langsung, komunikasi multichannel, dan personalisasi untuk segmen audiens Anda.
- Laporan: Laporan Zendesk memberikan wawasan detail yang kaya tentang kampanye Anda yang sedang berjalan sehingga Anda dapat terus berkembang.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Bisnis Transportasi
8. Microsoft Dynamics 365

Microsoft Dynamics 365 adalah solus yang layak dipertimbangkan sebagai alternatif Freshworks jika Anda tertarik untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.
Anda dapat menggunakan alat rantai pasokan, keuangan, layanan, penjualan, dan pemasaran dalam Microsoft Dynamics 365.
Fitur
- Prediksi pelanggan: Apa yang akan dilakukan pelanggan Anda selanjutnya? Ini tidak perlu lagi menjadi tebak-tebakan ketika Anda dapat menggunakan Microsoft Dynamics 365. Alat ini menghasilkan wawasan AI untuk mendorong bisnis Anda maju dan memperluas basis pelanggan Anda.
- Otomatisasi: Proses penjualan dapat dipenuhi dengan komplikasi. Dengan mengotomatisasi tugas penjualan, Anda dapat menyederhanakan proyek dan mengembalikan waktu yang terbuang.
- Alat produktivitas: Dynamics 365 dilengkapi dengan rangkaian alat produktivitas dan kolaborasi untuk mengintegrasikan tim.
9. Sugar CRM

SugarCRM, yang berbasis di Silicon Valley, jadi rekomendasi alternati software CRM selanjutnya.
Perangkat lunak ini juga menawarkan solusi pemasaran dan penjualan, termasuk otomatisasi untuk menghemat waktu dalam aktivitas sehari-hari.
Fitur
- CRM on-premises: CRM on-premises yang sepenuhnya dapat disesuaikan dari SugarCRM memberi Anda kendali penuh. Anda dapat menggunakan semua API SugarCRM di dalam CRM, mengotomatisasi tugas bisnis, mengimpor data dari berbagai sumber, dan memahami perjalanan pelanggan dengan lebih baik.
- Layanan pelanggan: Dengan SugarCRM, Anda dapat meningkatkan produktivitas agen layanan, mengurangi biaya layanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
- Otomatisasi pemasaran: Otomatisasi pemasaran SugarCRM bekerja di berbagai saluran media sosial untuk terhubung dengan audiens Anda di tempat mereka secara alami berada. Buat email massal, halaman arahan, dan formulir konversi menggunakan fitur seret dan lepas. Libatkan prospek dan analisis data kampanye pemasaran yang sedang berlangsung.
- Otomatisasi penjualan: Perkuat tim penjualan Anda dengan otomatisasi. SugarCRM dapat menganalisis data untuk menyajikan wawasan, meningkatkan komunikasi pelanggan, mengelola perpanjangan, dan membantu perwakilan Anda memahami perjalanan pelanggan dengan lebih baik.
Baca Juga: Rekomendasi Software CRM Rumah Sakit Beserta Fiturnya
10. ServiceNow

Dengan alur kerja untuk pelanggan, karyawan, dan IT, ServiceNow menawarkan lebih banyak fitur yang diinginkan kebanyakan perusahaan.
Software CRM ini bisa menjadi pilihan alternatif terbaik untuk mengoptimalkan layanan pelanggan di perusahaan Anda.
Fitur
- Manajemen layanan pelanggan: Platform CSM ServiceNow menawarkan fitur otomatisasi, pemodelan data, dan aplikasi seluler untuk mengakses wawasan di mana saja.
- Otomatisasi: Mesin otomatisasi ServiceNow memungkinkan Anda membuat alur kerja otomatisasi dari yang sederhana hingga kompleks untuk menyederhanakan banyak tugas di kantor.
- Manajemen pesanan: Saat pesanan masuk, gunakan fitur manajemen pesanan ServiceNow. Anda dapat memantau pesanan yang sedang berjalan hingga penyelesaian, mengirim formulir pesanan, membuat halaman detail produk, menetapkan daftar harga, dan membuat katalog produk.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Outsourcing dan Tantangannya
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan mengenai alternatif software CRM Freshworks yang bisa Anda jadikan referensi.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa alternatif software CRM Freshworks menjadi pilihan terbaik buat Anda yang membutuhkan fitur-fitur terbaik software CRM yang tidak bisa ditemukan pada Freshworks.
Salah satu software CRM terbaik yang bisa Anda pilih adalah aplikasi CRM dari CRM.ID.
CRM.ID merupakan software CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan layanan pelanggan pada bisnis Anda.
CRM.ID dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pelayanan pelanggan menjadi lebih mudah dan otomatis.
Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan centang hijau dari WhatsApp jika memenuhi syarat sehingga bisa meningkatkan kepercayaan dari pelanggan.
Jadi tunggu apa lagi, segera daftar CRM.ID dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025