Saat hendak berbisnis, biasanya pengusaha akan memilih untuk melayani salah satu dari ini: pasar yang luas atau niche market. Jika memilih pasar yang luas, maka perusahaan perlu membuat berbagai macam produk dan layanan untuk berkompetisi. Selain itu, menjadi perusahaan terdepan…
Desain Produk: Pengertian, Jenis, dan Prosesnya
Untuk menarik minat calon pembeli, desain produk memiliki peranan yang sangat penting. Terlebih di era saat ini dimana pembeli sangat memperhatikan desain dari suatu produk. Meski terdapat istilah ‘don’t judge book by cover’ yang juga berlaku untuk produk lainnya, namun…
Analisis SWOT: Pengertian dan Tips Mengerjakannya
Saat bekerja di kantor, saat di perguruan tinggi, atau mengerjakan suatu proyek, Anda pasti pernah mendengar istilah analisis SWOT. Analisis SWOT adalah cara yang bagus untuk mengevaluasi perusahaan atau proyek Anda, serta membedakannya dari kompetitor atau organisasi lain. Ini adalah…
Direct Selling: Pengertian, Jenis, dan Tipsnya
Direct selling menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk menarik pelanggan. Direct selling memiliki arti sebagai penjualan yang dilakukan secara langsung kepada calon pembeli. Dulu, metode ini dilakukan dengan tatap muka, yakni presentasi di rumah, acara perkumpulan, hingga pada…
Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Pernahkah Anda mendengar istilah guerilla marketing? Sebagai salah satu jenis teknik marketing, guerilla marketing menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia pemasaran. Pemasaran ini dilakukan dengan cara yang tidak biasa, dimana dirancang untuk menarik perhatian banyak pelanggan di dalam waktu…
Pengertian Ambient Marketing dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar istilah ambient marketing atau ambient advertising? Istilah ini merujuk pada salah satu metode iklan yang terbilang unik untuk menangkap perhatian konsumen. Karena begitu kompetitifnya lanskap bisnis di dunia digital ini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan perhatian…
Apa Itu Klien: Ini Pengertian dan Perbedaannya dengan Pelanggan
Dalam dunia bisnis, pasti Anda sudah memahami apa itu klien. Hal ini karena klien adalah bagian penting yang akan menentukan keberlangsungan bisnis. Namun masih banyak yang tidak memahami apa perbedaan antara klien dan pelanggan, bahkan menganggapnya adalah dua hal yang…
Campaign Marketing Adalah? Ini Manfaat, Jenis, dan Contohnya
Tahukah Anda bahwa campaign marketing adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis? Ada banyak pemilik bisnis yang menggunakan berbagai jenis campaign untuk memperkenalkan produk yang dimiliki. Anda pasti pernah mendengar produk Kopiko, bukan? Jika dilihat secara sekilas, Kopiko hanyalah produk…
Apa itu CPM (Cost Per Mille) dalam Digital Marketing?
CPM adalah opsi iklan berbayar dimana perusahaan membayar harga tertentu untuk 1.000 impresi yang iklan mereka terima. Ini adalah salah satu model pembayaran yang bisa bisnis Anda manfaatkan untuk berbagai hal. Memahami penggunaan CPM dan cara memaksimalkannya sangatlah penting. Sebab,…
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Tahukah Anda bahwa dalam menjalankan bisnis, etika bisnia menjadi hal yang wajib untuk dipahami? Etika bisnis adalah sekumpulan prinsip dan panduan yang akan membantuk bagaimana perusahaan berinteraksi dengan pelanggan dan karyawan, sehingga mereka dapat menentukan reputasi di pasar. Memahami pentingnya…