Ada sejumlah rekomendasi aplikasi analisis data terbaik untuk UMKM. Penggunaan aplikasi-aplikasi ini berguna untuk pengambilan keputusan dan penyusunan strategi secara lebih tepat. Saat ini aktivitas analisis data itu tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar saja, sektor lain seperti UMKM juga…
Kesalahan UMKM Saat Menggunakan WhatsApp untuk Bisnis
Menggunakan WhatsApp untuk bisnis jika tidak terkelola bisa menyebabkan kesalahan. Apa saja kesalahan UMKM saat menggunakan WhatsApp untuk bisnis? Saat ini WhatsApp telah menjadi salah media komunikasi untuk bisnis di Indonesia, dan banyak digunakan pelaku UMKM. Pelanggan lebih memilih menghubungi…
Follow Up Customer: Definisi, Contoh, dan Waktu Pemakaian
Apa itu follow up customer? seperti apakah contoh kata-katanya dan waktu yang tepat untuk follow up? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering ditanyakan oleh beberapa business owner dan agen sales. Mengetahui kapan waktu yang tepat dan contoh-contohnya bisa membantu mempermudah proses penjualan.…
Tips dan Cara Menggunakan Aplikasi Analisis Data Bisnis
Jika Anda sudah terampil menggunakan berbagai jenis pengolahan data, tapi masih memerlukan cara menggunakan aplikasi analisis data secara efektif, artikel ini tepat untuk Anda. Saat ini analisis data itu penting sekali untuk pengambilan keputusan yang tepat, cepat, efisien dan penyusunan…
Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya
Pernahkah Anda mendengar atau melihat kolaborasi dua brand yang sedang viral? Misalnya di tahun 2020, kolaborasi antara Oreo dengan Supreme sangat menghebohkan sampai membuat harganya melonjak tinggi dari Rp2.000 hingga mencapai Rp700.000. Ini adalah contoh dari co-branding yang pernah dilakukan…
7 Strategi Diferensiasi Produk Untuk Hadapi Persaingan Pasar
Dengan banyaknya kompetitor yang berebut pangsa pasar yang sama, Anda perlu mencari cara inovatif untuk melakukan diferensiasi produk agar penawaran Anda bisa menonjol. Di era modern ini, konsumen memiliki begitu banyak pilihan produk di hampir setiap kategori, entah itu produk…
Cara Follow Up Customer Lama Lewat WhatsApp yang Benar
Follow up customer lama atau tindak lanjut pelanggan lama sangat penting karena bisa berdampak pada pertumbuhan omset penjualan dalam jangka panjang. Beberapa business owner hanya berfokus mencari pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan lama. Memang tidak salah, tapi mempertahankan customer lama…
5 Tips Meningkatkan Customer Service Response Time
Customer service fast response time atau kecepatan respon bagi customer service itu ada tantangan dan kesulitannya tersendiri. Beberapa diantaranya karena banyak pesan masuk tapi harus di-handle oleh tim terbatas, sering logout saat ada customer service lain menggunakan, kompleksitas pertanyaan dan…
Pengelolaan Komunikasi Pelanggan: Contoh, Aplikasi, Caranya
Pengelolaan komunikasi pelanggan atau disebut juga manajemen komunikasi pelanggan itu memiliki peran penting dalam bisnis dan marketing, untuk itu ada beberapa contoh, aplikasi, cara menerapkannya pada bisnis Anda. Jika Anda bertanya, mengapa customer communication management (CCM) punya dampak besar ke…
Begini Cara Menggunakan WhatsApp CRM untuk Cabang Usaha Baru
Apa yang menjadi tantangan membuka cabang baru? Apakah membutuhkan biaya training karyawan? Apakah membutuhkan tools seperti WhatsApp CRM untuk cabang usaha baru? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu menjadi perhatian pemilik bisnis ketika membuka cabang usaha baru. Membuka cabang usaha baru merupakan langkah…