Bagi perusahaan jasa, pengelolaan layanan pelanggan jadi bagian penting dan menggunakan software CRM menjadi pilihan terbaik untuk mendukungnya.
Sebagai perusahaan yang mengandalkan layanan yang dimiliki, perusahaan jasa harus dilengkapi dengan dukungan pelanggan yang kuat.
Software CRM hadir sebagai solusi yang akan memudahkan perusahaan jasa dalam mengelola layanan pelanggan lebih efektif dan efisien.
Dengan cara ini Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan secara otomatis retensi pelanggan juga akan turut meningkat.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai software CRM untuk perusahaan jasa mulai dari tantangan yang dihadapi perusahaan jasa, mengapa Anda harus menggunakan perusahaan jasa, dan rekomendasinya.
Baca selengkapnya hanya pada penjelasan yang ada di bawah ini:
Apa Tantangan Perusahaan Jasa Tanpa Software CRM?

Software Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah perangkat lunak yang membantu bisnis dalam menjaga dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan.
Di industri jasa, software CRM membantu perusahaan memberikan dukungan yang lebih baik kepada pelanggan mereka.
Dengan CRM untuk bisnis jasa, tim penjualan dapat lebih memahami pelanggan mereka, termasuk interaksi sebelumnya, pembelian, dan preferensi pribadi, yang dapat mengarah pada penawaran layanan yang lebih tertarget dan personal.
CRM layanan juga dapat membantu dalam menyimpan informasi penting, seperti dokumen dukungan dan data kontak, sehingga memudahkan akses informasi dan penyelesaian masalah secara cepat.
Jadi bayangkan jika perusahaan jasa tidak menggunakan software CRM ini, pasti ada beberapa tantangan yang harus dihadapi yakni seperti:
1. Tanggung Jawab pada Pihak Ketiga
Tantangan yang pertama adalah tanggung jawab yang dimiliki kepada pihak ketiga.
Pihak jasa sering kali menggunakan pihak ketiga untuk mending operasional perusahaan.
Misalnya penggunaan asuransi untuk memastikan keamanan pekerja pada perusahaan konstruksi.
Tanpa penggunaan sistem CRM akan membuat Anda kesulitan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak ketiga ini.
Jika ini dibiarkan bisa menghambat operasional dalam perusahaan Anda.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Software CRM Usaha Jasa Terbaik
2. Adanya Ketidakpastian Klien
Ada beberapa ketidakpastian yang sering dihadapi oleh perusahaan jasa, seperti ketidakpastian dalam permintaan jasa, ketidakpastian jangka waktu pengiriman, dan ketidakpastian biaya.
Ini bisa membuat klien memiliki berbagai pertanyaan terkait ketidakpastian ini.
Jika hal ini tidak didukung dengan software CRM yang memadai bisa membuat bisnis Anda kehilangan kepercayaan dari klien.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Usaha Jasa
3. Pelayanan yang Masih Terbatas
Ketika perusahaan jasa menghadapi banyak permintaan dari klien, ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan jasa yang tidak dilengkapi dengan sistem CRM yang memadai.
Anda bisa kewalahan dalam menghadapi permintaan klien dan jika ini tidak ditangani dengan baik Anda bisa kehilangan klien Anda.
Baca Juga: 7 Software CRM Perusahaan Dagang dan Tantangannya
4. Tidak Bisa Responsif Terhadap Klien
Tantangan yang terakhir adalah perusahaan Anda tidak bisa responsif terhadap setiap permintaan dari klien.
Padahal dalam produk jasa, responsif ini menjadi bagian penting yang akan berpengaruh kepada kepuasan klien Anda.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Perusahaan Ritel dan Tantangannya
Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Software CRM?

Penggunaan sistem CRM untuk perusahaan dapat membantu tim berinteraksi dengan pelanggan di setiap tahap perjalanan mereka, mulai dari prospek awal hingga dukungan pelanggan pasca-penjualan.
Ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan CRM, terutama bagi tim atau bisnis berbasis layanan.
Berikut beberapa manfaat yang bisa dijadikan alasan mengapa bisnis jasa wajib menggunakan sistem CRM untuk layanan pelanggan:
- Hubungan pelanggan yang lebih baik: Mengelola data pelanggan secara terpusat memungkinkan tim Anda memberikan layanan yang personal dan tepat waktu, yang mengarah pada kepuasan dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi
- Pengelolaan janji temu yang efisien: Otomatisasi pengingat janji temu memastikan koordinasi yang lancar antara tim layanan dan pelanggan
- Data pelanggan historis: Akses seluruh riwayat pelanggan dengan perusahaan Anda, mulai dari pesan hingga pembelian, memudahkan penyelesaian masalah secara langsung
- Komunikasi yang terintegrasi: Alat komunikasi terintegrasi untuk email, pesan teks, dan pelacakan panggilan memudahkan respons cepat terhadap pertanyaan pelanggan
- Analisis real-time: Laporan dan wawasan berdasarkan data real-time dapat membantu manajer penjualan melacak tingkat layanan, kinerja tim, mengidentifikasi tren pelanggan, mengelola kampanye pemasaran, dan mengambil keputusan yang terinformasi
- Kolaborasi tim yang lebih kuat: Ketika setiap anggota tim dapat mengakses data pelanggan yang sama, mereka dapat berkolaborasi lebih baik dan menawarkan pengalaman layanan yang konsisten.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Software CRM untuk Perusahaan Konstruksi
7 Rekomendasi Software CRM untuk Perusahaan Jasa
Memilih software CRM yang tepat untuk bisnis layanan Anda bukanlah keputusan kecil.
CRM Anda akan menjadi pusat untuk semua kebutuhan klien, mulai dari layanan, pertanyaan, hingga penjualan tambahan atau pengenalan produk baru.
Itulah mengapa sangat penting untuk memilih CRM yang tepat untuk bisnis Anda sejak awal.
Berikut 7 rekomendasi software CRM perusahaan jasa yang bisa menjadi pilihan Anda:
1. CRM.ID

Terbaik untuk: Perusahaan jasa yang membutuhkan optimasi layanan pelanggan sehingga lebih efektif dan efisien.
CRM.ID merupakan software CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung kemudahan pengelolaan karyawan pada bisnis Anda.
Dengan CRM.ID Anda bisa menikmati semua fitur yang serba unlimited sehingga Anda tidak perlu khawatir adanya keterbatasan pada fitur yang akan berpengaruh pada kualitas layanan pelanggan bisnis Anda.
Fitur utama CRM.ID
- Clean & Sleek Interface: CRM.ID dilengkapi dengan tampilan antar muka yang bersih, mudah dan mirip dengan WhatsApp sehingga memudahkan tim Anda untuk memahami cara kerja CRM.ID. Karena kemudahan ini Anda tidak perlu melakukan training berbulan-bulan hanya untuk memulai melayani pelanggan.
- Unlimited 1 on 1 Support: Dapatkan layanan via zoom 1 on 1 secara gratis, dan tanpa batasan dari CRM.ID. Tim Hebat CRM.ID akan membantu proses onboarding, training karyawan, hingga asistensi selama penggunaan.
- Searchable & Filterable: Riwayat percakapan dalam CRM.ID otomatis tersimpan, dan dapat dicari dengan mudah dengan mesin pencarian mutakhir.
- Nomor Masking & Centang Hijau: Anda berkesempatan mendapatkan nomor masking dari WhatsApp, serta jika memenuhi syarat Anda juga dapat mendapatkan centang hijau WhatsApp tanpa biaya tambahan.
- REST API Integration: Fitur ini memudahkan Anda dalam mengintegrasikan dengan sistem yang sudah berjalan dengan REST API yang telah disediakan.
- Multi Agent: Satu nomor dapat digunakan untuk melayani banyak agen secara sekaligus.
Harga: Rp40 per pesan.
Baca Juga: Software CRM Pendidikan: Tantangan, Fitur, dan Cara Kerjanya
2. Monday CRM

Terbaik untuk: Perusahaan jasa yang mencari CRM fleksibel dan skalabel untuk meningkatkan tingkat layanan
Monday CRM merupakan bagian dari Monday.com Work OS, di mana software ini menawarkan platform all-in-one yang memudahkan tim untuk mengembangkan hubungan dengan setiap pelanggan.
Dilengkapi dengan fitur untuk membuat alur kerja kustom yang membantu karyawan melacak dan mengelola interaksi pelanggan, Monday CRM juga sangat intuitif dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk berbagai industri dan ukuran perusahaan.
Fitur utama Monday CRM
- Dashboard berbasis data: Dapatkan semua informasi yang Anda butuhkan dalam satu tampilan dengan dashboard yang dapat disesuaikan untuk memantau operasional dan kinerja
- Tampilan kerja yang beragam: Visualisasikan pekerjaan sesuai keinginan Anda dengan tampilan Chart, Kalender, Timeline, dan Daftar Tugas, memudahkan Anda melihat data pelanggan dan tugas sesuai preferensi
- Otomatisasi kustom: Kurangi tugas manual dan berulang dengan otomatisasi tanpa kode yang dapat disesuaikan untuk pengingat otomatis, tindak lanjut, dan lainnya
Harga monday CRM: $12/pengguna/bulan.
Baca Juga: Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya
3. HubSpot CRM

Terbaik untuk: Tim layanan yang mencari CRM gratis dan ramah pengguna dengan alat penjualan yang hebat
HubSpot CRM merupakan sistem CRM yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan hubungan pelanggan.
Antarmukanya mudah digunakan dan dapat diintegrasikan dengan mudah dengan produk HubSpot lainnya.
Bagi bisnis jasa, HubSpot CRM menawarkan berbagai alat untuk membantu tim menarik, melibatkan, dan memuaskan pelanggan di berbagai tahap perjalanan pelanggan.
Fitur utama HubSpot CRM
- Kotak masuk universal: Seluruh tim dapat mengakses kotak masuk yang sama sehingga setiap interaksi pelanggan mendapatkan perhatian yang layak
- Obrolan langsung: Berinteraksi dengan pelanggan secara real-time dan berikan dukungan instan melalui fitur obrolan langsung di situs web Anda
- Penjadwal pertemuan: Biarkan pelanggan Anda menjadwalkan pertemuan secara otomatis tanpa perlu bertukar email
Harga HubSpot CRM: Paket mulai dari $15 per pengguna per bulan.
Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM Logistik Terbaik
4. Zoho CRM

Terbaik untuk: Industri berbasis layanan yang berfokus pada membangun hubungan pelanggan yang berkelanjutan
Zoho CRM, bagian dari rangkaian produk Zoho, adalah pilihan yang baik untuk bisnis berbasis layanan yang ingin membangun pengalaman pelanggan yang berkesan.
Dengan Zoho CRM, tim mendapatkan pandangan 360 derajat tentang pelanggan mereka sambil mendapatkan platform yang sepenuhnya dapat disesuaikan yang dapat menyesuaikan alur kerja yang sudah ada.
Fitur utama Zoho CRM
- Lacak dan tugaskan pekerjaan: Anggota tim akan mendapat notifikasi saat ditugaskan pekerjaan sehingga mereka bertanggung jawab atas tugas tersebut dari awal hingga selesai
- Jadwalkan janji temu: Buat dan kelola janji temu klien di satu tempat, serta atur ketersediaan untuk anggota tim atau layanan tertentu
- Unifikasi data pelanggan: Gabungkan dan akses data pelanggan dari berbagai saluran secara instan, baik melalui email, obrolan langsung, telepon, atau media sosial
Harga Zoho CRM: Paket mulai dari $14/bulan/pengguna.
Baca Juga: Rekomendasi 8 Aplikasi CRM Telemarketing Terbaik
5. Salesforce

Terbaik untuk: Bisnis layanan tingkat perusahaan yang mencari CRM bertenaga dengan banyak integrasi
Salesforce adalah platform CRM terkemuka, dan ada alasan bagus di baliknya.
Dengan rangkaian alat yang memudahkan pengelolaan hubungan pelanggan, tim mengandalkan Salesforce untuk mendorong pertumbuhan bisnis.
Platform ini skalabel dan ideal untuk tim besar dengan kebutuhan manajemen hubungan pelanggan yang kompleks.
Fitur utama Salesforce
- Einstein AI: Sesuaikan tugas otomatisasi kerja dan pemasaran, aplikasi, dan prompt sepenuhnya didukung oleh Einstein AI Salesforce dan bebaskan waktu dengan tindakan otomatis
- Ratusan integrasi: Salesforce menawarkan integrasi aplikasi dengan ratusan alat kerja berbeda, memudahkan sinkronisasi data antar platform yang sudah ada
- Laporan canggih: Dengan analitik bertenaga AI, Salesforce menawarkan fitur canggih untuk pelaporan agar tetap memantau kinerja layanan
Harga Salesforce: Paket mulai dari $25/pengguna/bulan.
Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM untuk Industri Keuangan
6. Creatio CRM

Terbaik untuk: Perusahaan layanan yang mencari platform CRM low-code untuk menyesuaikan alur kerja
Creatio adalah platform CRM low-code, artinya bisnis layanan dapat membuat alur kerja yang disesuaikan dengan keterampilan teknis minimal.
Dengan menggabungkan fungsi CRM dengan manajemen proses bisnis dan penjualan, Creatio CRM membantu tim layanan memberikan pengalaman yang mulus.
Fitur utama Creatio
- Alat AI generatif: Model AI Creatio CRM membantu tim mengarahkan dan memprioritaskan kasus serta membuat daftar untuk segmentasi pelanggan tanpa intervensi manual
- Pusat kontak: Fungsi manajemen antrean cerdas dan distribusi kasus membantu mengarahkan pelanggan ke perwakilan penjualan yang tepat untuk respons dan penyelesaian yang lebih cepat
- Basis pengetahuan: Buat basis pengetahuan interaktif untuk kolaborasi yang mudah, berbagi file, dan pencarian cepat untuk pertanyaan yang sering diajukan
Harga Creatio: Paket mulai dari $25/pengguna/bulan.
Baca Juga: 7 Aplikasi CRM untuk Tingkatkan Kinerja Customer Service
7. Freshsales CRM

Terbaik untuk: Perusahaan jasa yang membutuhkan fitur untuk dukungan, pemasaran, obrolan, dan telemarketing.
Sebagai sebuah software CRM, Freshsales ini sangat cocok untuk digunakan untuk memaksimalkan layanan pelanggan pada perusahaan jasa.
Terlebih Freshsales ini telah tersedia dalam versi web browser dan juga aplikasi seluler.
Fitur utama Freshsales:
- Penilaian prospek dan wawasan bisnis yang didasarkan pada AI
- Kemudahan untuk melacak panggilan telepon dan email bawaan
- Laporan penjualan yang dapat disesuaikan
Harga Freshsales: Mulai daro $9/pengguna/bulan.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Bisnis Transportasi
Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai software CRM untuk perusahaan jasa yang bisa menjadi referensi Anda.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa ada berbagai kemudahan perusahaan jasa yang bisa didapatkan dengan penggunaan software CRM.
Sebagai perusahaan yang sangat mengandalkan layanan pelanggan di dalamnya, kebutuhan perusahaan jasa terhadap software CRM sangatlah besar, jadi pastikan Anda mempertimbangkannya untuk memudahkan pengelolaan layanan pelanggan di perusahaan Anda.
CRM.ID menjadi pilihan software CRM terbaik untuk perusahaan jasa karena CRM.ID dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mendukung kemudahan pengelolaan karyawan.
Dengan CRM.ID Anda bisa menikmati berbagai fitur dan pastinya Anda bisa memberikan layanan pelanggan secara unlimited tanpa perlu khawatir adanya batasan.
Jadi tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025