Software CRM menjadi kebutuhan penting bagi perusahaan manufaktur untuk mendukung optimalisasi layanan pelanggan.
Seperti yang diketahui perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan mentah melalui proses kimia dan fisika sehingga dapat mengubah bentuk, sifat, dan tampilannya.
Meskipun manufaktur fokus kepada proses produksi di dalamnya, namun bukan berarti layanan pelanggan bukan sesuatu yang penting.
Nah, untuk mendukung kebutuhan pengelolaan layanan pelanggan, penting bagi Anda untuk menggunakan software CRM untuk perusahaan manufaktur.
Dengan penggunaan software CRM ini, perusahaan manufaktur bisa menghadapi berbagai tantangan yang ada.
Lalu apa saja tantangan yang harus dihadapi tersebut, mengapa perusahaan manufaktur harus menggunakan software CRM, dan apa saja rekomendasi software CRM terbaik untuk perusahaan manufaktur?
Yuk baca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:
Apa Saja Tantangan yang Harus Dihadapi Perusahaan Manufaktur dalam Proses Manajemen Customer?

Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.
Di Indonesia sendiri perusahaan manufaktur menjadi salah satu perusahaan yang menjanjikan dan memiliki masa depan yang cerah.
Meski begitu, buat Anda yang tertarik untuk memulai di industri ini, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi, yakni:
1. Kurangnya Tenaga Profesional
Tantangan pertama yang harus dihadapi adalah kurangnya tenaga profesional yang kompeten.
Dengan kebutuhan produksi yang tinggi, membuat perusahaan manufaktur membutuhkan tenaga profesional yang lebih banyak dibandingkan jenis perusahaan lainnya.
Sayangnya, saat ini belum banyak talenta di Indonesia yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut, khususnya untuk tenaga ahli di bidang-bidang khusus.
Baca Juga: Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya
2. Permintaan Produk yang Tidak Bisa Diprediksi
Tantangan kedua adalah terkait permintaan produk dari pasar yang tidak bisa diprediksi.
Di sinilah peran pengelolaan layanan pelanggan di mana bisa membantu manufaktur dalam mengetahui permintaan produk.
Dengan pengelolaan layanan pelanggan ini juga Anda bisa mengoptimalkan layanan pelanggan sehingga bisa meningkatkan peluang repeat order.
Baca Juga: 7 Aplikasi CRM untuk Tingkatkan Layanan Lembaga Pendidikan
3. Sulitnya Pengelolaan Prospek
Selain kesulitan untuk menghadapi permintaan produk, manufaktur juga menghadapi tantangan sulitnya dalam pengelolaan prospek.
Dengan banyaknya produk di dalam industri manufaktur membuat pengelolaan prospek ini cukup sulit.
Di sini manufaktur harus bisa memahami setiap prospek yang ada sesuai dengan karakter, preferensi, hingga kebutuhan yang berbeda-beda.
4. Adaptasi Teknologi yang Membuat Bingung
Tantangan yang terakhir adalah terkait adaptasi teknologi yang sering membuat bingung, khususnya untuk teknologi dengan basis internet.
Namun untuk menghadapinya Anda tidak perlu khawatir karena saat ini teknologi yang ada cukup mudah untuk digunakan, bahkan oleh orang yang masih awam.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Industri Keuangan dan Fiturnya
Mengapa Perusahaan Manufaktur Harus Menggunakan Software CRM?

Dengan semua tantangan yang ada tersebut, membuat bisnis manufaktur membutuhkan software CRM untuk memudahkannya.
Software CRM merupakan perangkat lunak yang bisa membantu memudahkan perusahaan dalam mengelola layanan pelanggan.
Bagi perusahaan manufaktur, pengelolaan layanan pelanggan ini memegang peranan yang sangat penting.
Dengan kehadiran software CRM ini, Anda dapat mengintegrasikan data pelanggan yang ada di dalam proses bisnis sehingga bisa meningkatkan penjualan dan layanan pasca jual.
Ada beberapa poin penting mengapa manufaktur harus menggunakan software CRM ini, yakni:
- Untuk mengurangi biaya operasional: Dengan penggunaan software CRM, manufaktur dapat melakukan otomatisasi tugas-tugas manual sehingga bisa meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi dan menghindari membuang-buang banyak waktu.
- Lebih mudah melakukan analisis data pelanggan: Software CRM juga dapat memberikan wawasan yang mendalam terkait preferensi dan tren yang dimiliki pelanggan.
- Peningkatan layanan pelanggan: Dalam peningkatan layanan pelanggan ini, CRM bisa menyediakan catatan yang lengkap sehingga bisa memastikan interaksi lebih personal.
- Mengoptimasi produksi: Software CRM memungkinkan data penjualan yang ada untuk digunakan sebagai perencanaan produk yang lebih akurat.
- Memberikan dukungan antar divisi: Ini termasuk memberikan fasilitas komunikasi dan kolaborasi antar tim pemasaran, penjualan, dan juga produksi.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis Transportasi
Apa Saja Rekomendasi Software CRM untuk Perusahaan Manufaktur?
Setelah Anda memahami pentingnya software CRM untuk perusahaan manufaktur, berikut rekomendasi software CRM yang cocok untuk perusahaan manufaktur:
1. CRM.ID

Rekomendasi yang pertama datang dari CRM.ID, yakni sebuah software CRM terbaik di Indonesia yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan hubungan pelanggan.
Sebagai software CRM yang berasal dari Indonesia, CRM.ID sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang ada di Indonesia khususnya dalam layanan pelanggan.
Dengan harga yang sangat terjangkau yakni hanya Rp40/pesan, Anda bisa menikmati seluruh fitur canggih yang ada di CRM.ID ini.
Lalu apa saja fitur yang dimilikinya?
- Unlimited pesan
- Clean and sleek interface
- Unlimited 1 on 1 support
- Searchable & Filterable
- Nomor Masking & Centang Hijau
- REST API Integration
- Unlimited MAU
- Multi Agent
Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Untuk Bisnis Konstruksi
2. HubSpot

HubSpot menjadi rekomendasi software CRM kedua yang dapat membantu bisnis Anda dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, pemasaran, dan penjualan yang dimuat dalam satu platform.
Untuk fitur unggulan yang dimiliki HubSpot ini di antaranya pelacakan email, analitik, hingga manajemen pipeline.
Fitur-fitur yang dimiliki HubSpot yakni terdiri dari:
- Contact management
- Email tracking dan template
- Pesan omni-channel
- Kustomisasi dasbor analitik
- Perkiraan revenue
Baca Juga: Rekomendasi 8 Aplikasi CRM Healthcare dan Fiturnya
3. Keap

Sebelum dikenal dengan nama Keap, Keap sudah terlebih dahulu dikenal sebagai infusionsoft, yakni sebuah alat yang dapat digunakan untuk pengelola prospek, mengotomatisasi pemasaran, hingga melakukan pelacakan penjualan.
Dengan semua fitur ini, CRM manufaktur ini bisa membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis yang dimiliki.
Beberapa fitur yang dimilikinya antara lain:
- Manajemen kontak
- Lead scoring dan segmentasi
- Manajemen sales pipeline
- Appointment scheduling
- Report dan analisis
4. Zoho CRM

Zoho CRM merupakan software CRM dengan basis cloud di mana dapat digunakan untuk mengotomatisasi penjualan, pemasaran, hingga untuk layanan pelanggan.
Dengan Zoho CRM, Anda bisa mendapatkan alat analitik dan integrasi omnichannel sehingga bisa mendukung peningkatan pengalaman dari pelanggan.
Beberapa fitur yang dimiliki oleh Zoho CRM di antaranya:
- Sales force otomatis
- Manajemen kampanye
- Portal pelanggan
- Predictive sales intelligence
- Real-time reporting
Baca Juga: 10 Aplikasi CRM untuk Bisnis Outsourcing yang Bisa Anda Coba
5. Freshsales

Buat Anda yang sedang mencari CRM dengan basis AI, Freshsales ini sangat cocok untuk digunakan.
Freshsales dilengakpi dengan berbagai fitur sehingga bisa membantu tim dalam mengelola pipeline dan berkomunikasi dengan prospek.
Beberapa fitur yang dimilikinya di antaranya:
- Kontak dan manajemen akun
- Workflow automation
- Multichannel communication
- Sales pipeline manajement
- Reporting and analytics
6. Apptivo

Apptivo merupakan software CRM dengan basis cloud yang dapat mengelola berbagai fungsi bisnis seperti keuangan, sumber daya manusia, hingga manajemen rantai pasok.
Selain itu, Apptivo juga dilengkapi dengan model yang akan memudahkan bisnis dalam mengelola kontak, prospek, peluang, hingga tiket layanan pelanggan.
Fitur-fitur yang dimilikinya di antaranya:
- Contact and account management
- Opportunity & pipeline management
- Manajemen tugas dan aktivitas
- Manajemen quotes dan order
- Manajemen kontak pelanggan
- Case management
- Analitik dan report
Baca Juga: 8 Aplikasi CRM Dealership Terbaik Tahun 2025
7. NetHunt

Rekomendasi software CRM perusahaan manufaktur berikutnya adalah dari NetHunt.
NetHunt merupakan CRM untuk perusahaan manufaktur yang telah terintegrasi dengan Gmail, kalender, Google Drive, Google Hangouts, Zapier, LinkedIn, Facebook, X, Instargram, hingga WhatsApp.
Beberapa fitur yang dimiliki yakni:
- Manajemen akun dan kontak
- Manajemen peluang dan saluran
- Manajemen tugas
- Manajemen aktivitas
- Integrasi desktop
- Manajemen produk dan daftar harga
- Manajemen kontak pelanggan
8. Nimble

Nimble merupakan solusi CRM yang bisa memberikan kemudahan dalam mengisi profil pelanggan secara otomatis.
Ini termasuk riwayat interaksi daftar kontak, percakapan email, dan juga aktivitas media sosial di berbagai platform populer seperti LinkedIn.
Beberapa fitur yang dimiliki oleh Nimble CRM di antaranya:
- Database kontak
- Manajemen kontak
- Database pelanggan
- Email marketing
- Perkiraan
- Interaction tracking
- Lead management
Baca Juga: 6 Aplikasi CRM Untuk Kelola Customer Database
9. Close

Close merupakan software CRM yang dirancang secara khusus untuk memudahkan industri manufaktur dalam mengubah prospek menjadi pendapatan.
Dengan CRM Close ini Anda bisa mengirimkan email, menelepon, hingga mengirimkan pesan kepada prospek tanpa adanya add-on.
Beberapa fitur yang dimilikinya di antaranya:
- Manajemen kontak
- Custom fields
- Multichannel inbox
- Pipeline management
- Manajemen tugas
- Alat email
- Alat panggilan telepon
Baca Juga: Rekomendasi Tools CRM: Kelebihan, Kekurangan, dan Harga
10. PipelineDeals

Rekomendasi yang terakhir adalah dari PipelineDeals, yakni software CRM yang memungkinkan bagi Anda untuk melakukan pengelolaan dan melacak interaksi prospek di dalam satu program CRM dengan basis cloud.
Dengan PipelineDeals ini Anda bisa memberikan akses ke halangan yang berisi berbagai aktivitas pelanggan, dokumen, dan acara yang berhubungan dengan satu transaksi.
Berikut fitur-fitur yang dimilikinya:
- Contact and account management
- Opportunity and pipeline management
- Manajemen tugas
- Manajemen aktivitas
- Territory & kuota management
- Email marketing
- Lead management
- Case management
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Terbaik dan Tipsnya
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai software CRM perusahaan manufaktur yang bisa menjadi referensi Anda.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa untuk mendukung pengelolaan layanan pelanggan dibutuhkan software CRM terbaik dengan fitur terlengkap.
Sebagai perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia, aplikasi CRM CRM.ID menjadi pilihan terbaik yang wajib untuk Anda pilih.
Ini karena CRM.ID telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mendukung kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.
Dengan CRM.ID Anda bisa memberikan layanan pelanggan secara optimal melalui WhatsApp Business API platform tanpa batas dan tanpa perlu khawatir akan diblokir.
Jadi tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025