WhatsApp atau WA saat ini menjadi aplikasi perpesanan yang banyak digunakan di seluruh dunia. Ada beberapa jenis WA, salah satunya adalah WA Business.
WA Business dapat Anda gunakan untuk perpesanan yang berkaitan dengan bisnis Anda. Pastinya WA jenis ini memiliki fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan WA biasa.
Misalnya adalah adanya pesan otomatis yang bisa digunakan untuk membalas pesan yang masuk secara cepat. Tentunya ini akan memberikan dukungan kepada bisnis Anda untuk menjadi lebih maju.
Lalu apa sebenarnya WA Business ini? Lalu apa saja fitur dan apa perbedaannya WA bisnis dengan WA biasa?
Pada artikel kali ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai WA Bisnis mulai dari pengertian, fitur hingga perbedaannya dengan WA biasa atau WhatsApp Messenger. Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini:
Apa Itu WA Business?
WA atau WhatsApp Business merupakan aplikasi perpesanan mobile yang digunakan untuk mendukung bisnis. Dukungan untuk bisnis ini ditunjukan dengan adanya berbagai fitur yang memudahkan bisnis, khusus dalam hal perpesanan.
Fitur-fitur yang dimiliki oleh WA Bisnis dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi, sortir, hingga membalas pesan dengan lebih cepat. Anda juga tetap bisa mendapatkan seluruh fitur yang ada dalam WhatsApp Messenger atau WA biasa dalam WA Bisnis ini.
WA Bisnis ini dibagi menjadi 2 (dua) jenis yakni WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Lalu apa perbedaannya?
- WA Bisnis: Aplikasi perpesanan WhatApp yang dapat digunakan oleh online shop untuk memberikan layanan customer service.
- WA Business API: Aplikasi perpesanan WhatsApp yang telah terintegrasi sebagai mitra resmi WhatsApp dengan dukungan fitur yang lebih banyak dan lengkap.
Apa Perbedaan WA Biasa dan WA Business?
Perbedaan utama antara WhatsApp Business vs WhatsApp Messenger adalah WA Bisnis digunakan untuk bisnis kecil dan adanya solusi API berbayar untuk bisnis dengan fitur yang lebih lengkap. Sedangkan WhatsApp standar adalah untuk penggunaan pribadi agar tetap terhubung dengan teman dan keluarga.
Berikut beberapa perbedaan antara WA Messenger dan WA Business:
WhatsApp Messenger
WhatsApp Standar atau WhatsApp Messenger adalah aplikasi WhatsApp yang dapat pengguna gunakan untuk mengirim pesan ke seluruh dunia. WhatsApp Messenger ini memungkinkan orang mendaftar melalui nomor telepon mereka di aplikasi WhatsApp dan mendapatkan akun yang ditautkan ke nomor mereka.
WhatsApp standar tersedia secara gratis untuk Android dan iOS, dan dapat digunakan untuk pesan satu-ke-satu, panggilan suara, dan panggilan video melalui nomor telepon. Pengguna juga dapat membuat obrolan grup di antara beberapa orang.
Aplikasi perpesanan WhatsApp biasa tidak menawarkan banyak fungsionalitas untuk bisnis. Pemilik bisnis yang sangat kecil seperti wirausaha perorangan seperti online shop mungkin menganggap versi WhatsApp pribadi ini cukup untuk kebutuhan mereka, tetapi kemungkinan besar perlu meningkatkannya begitu bisnis mereka mulai berkembang.
WhatsApp Business
WhatsApp Business diperuntukkan bagi bisnis kecil dan menengah. Versi aplikasi gratis dari WhatsApp ini dapat diunduh hingga empat ponsel karyawan atau digunakan di browser melalui WhatsApp Web.
Dengan Aplikasi WhatsApp Business, pelanggan dapat mengirim pesan ke nomor bisnis melalui WhatsApp, dan staf bisnis dapat membuka aplikasi untuk membalasnya. Sesederhana itu.
Anda juga dapat mengirim pesan ucapan dan menentukan beberapa template balasan umum untuk dikirim oleh staf.
Akun WhatsApp Business tidak sama dengan akun WhatsApp biasa. Meskipun WhatsApp standar dan WhatsApp Business sama-sama gratis, WhatsApp Business ditujukan untuk bisnis kecil dan menengah, sedangkan WhatsApp standar untuk penggunaan pribadi.
Salah satunya adalah akun bisnis Anda tidak dapat menggunakan nomor telepon yang sama dengan akun perpesanan standar jika Anda memilikinya. Anda harus menggunakan nomor telepon lainnya untuk bisnis Anda.
WhatsApp dan WhatsApp Business dapat menggunakan ponsel yang sama. Jika Anda melakukannya, sebaiknya gunakan ponsel dengan kemampuan SIM ganda agar Anda tidak mengalami masalah mencampurkan daftar kontak bisnis dan pribadi.
Apa Manfaat WA untuk Bisnis?
Berikut ini adalah fitur-fitur utama yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis kecil dan menengah dengan alat bantu bisnis WhatsApp.
1. Mengobrol dengan pelanggan dengan cepat
WA Bisnis dapat menawarkan tautan pendek dan kode QR sehingga pelanggan memiliki akses sekali ketuk untuk mengobrol langsung dengan agen.
Hal ini menyederhanakan pengalaman pengguna dengan membuat obrolan menjadi cepat, sederhana, dan nyaman.
2. Memberi label pada percakapan untuk transparansi
Akun bisnisjuga dapat melabeli pelanggan mereka tergantung pada jenis percakapan, seperti apakah mereka pelanggan baru atau lama, penjualan atau keluhan, dan banyak lagi. Hal ini menjadi sangat berguna ketika Anda memiliki basis pelanggan yang besar.
3. Menjangkau banyak orang sekaligus
Berbicara mengenai basis pelanggan yang besar, aplikasi WhatsApp Business memiliki fitur yang disebut Broadcast yang meningkatkan efisiensi pengiriman pesan bisnis Anda dengan memungkinkan Anda untuk menghubungi hingga 256 pengguna secara bersamaan.
Anda dapat mengirim beberapa siaran jika Anda memiliki lebih dari 256 kontak. Namun, pengguna harus menyimpan nomor telepon Anda di kontak mereka, atau mereka tidak akan melihat pesan siaran Anda.
4. Mengotomatiskan pesan untuk efisiensi
Dengan banyaknya pelanggan yang harus ditindaklanjuti, otomatisasi dapat membantu agen untuk melewatkan pesan yang berulang-ulang dan fokus pada bagian penting dari percakapan.
Baca Juga: Pengertian CRM, Manfaat, dan Rekomendasi Terbaiknya
Apa Saja Fitur yang Dimiliki WA Business?
WhatsApp Business adalah versi WhatsApp yang dirancang khusus untuk bisnis. Akun ini mencakup semua fitur aplikasi reguler, ditambah beberapa fungsi tambahan dan alat perpesanan.
WhatsApp Business hadir dengan antarmuka yang lebih canggih yang dirancang untuk mengelola percakapan pelanggan dalam jumlah besar. Misalnya, Anda bisa membuat balasan cepat dan pesan otomatis untuk menjawab pertanyaan berulang dari pelanggan.
Atau, Anda dapat mengatur profil bisnis Anda dan menambahkan nomor telepon terpisah untuk akun WhatsApp Business Anda.
Lalu berapa biaya WhatsApp Business? Kabar baiknya, WhatsApp Business gratis. Anda bisa mengunduh aplikasinya dari App Store atau Google Play.
Tidak ada biaya berlangganan atau biaya lain yang terkait dengan penggunaan fitur-fitur inti. Namun, jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business untuk mengirim pesan pemasaran, Anda perlu membayar untuk iklan Anda.
Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh WA Business yang tidak ada pada WA Biasa:
1. Tambahkan profil bisnis
Profil WhatsApp Business dapat membantu Anda menciptakan citra yang lebih profesional untuk perusahaan Anda. Profil ini seperti kartu nama online yang setara dengan kartu nama.
Pelanggan Anda dapat melihat profil Anda dan menemukan semua informasi yang diperlukan seperti detail kontak, jam kerja, dan lokasi.
Ini adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan dan menunjukkan bahwa Anda adalah perusahaan yang sah.
Untuk membuat profil Anda, cukup unduh aplikasi WhatsApp Business. Ini sebenarnya adalah salah satu langkah pertama setelah Anda membuka aplikasi. Setelah Anda memberikan nomor Anda, WhatsApp akan mengajukan serangkaian pertanyaan tentang perusahaan Anda.
Anda juga dapat mengubah atau menambahkan informasi lebih lanjut nanti di bagian alat Bisnis pada panel.
2. Membuat katalog produk
Fitur katalog di WhatsApp memungkinkan bisnis untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada calon pelanggan dengan cara yang menarik secara visual.
Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan produk unggulan atau produk baru Anda.
Katalog dapat dibuat dengan menggunakan foto, video, atau teks. Anda juga dapat memilih untuk menjadikan katalog Anda publik atau privat.
Pelanggan dapat menelusuri katalog dan menambahkan item ke keranjang belanja mereka. Dan pemilik toko dapat menggunakan fitur ini untuk melacak keterlibatan pelanggan dan penjualan.
Perlu diingat bahwa fitur katalog tersedia untuk pelanggan WhatsApp Business yang telah memverifikasi akun bisnis mereka.
3. Kirim balasan cepat
Jika Anda memiliki toko online, maka Anda tahu bahwa pelanggan cenderung menanyakan hal yang sama berulang kali. Balasan cepat WhatsApp Business adalah cara untuk membalas pesan tanpa harus mengetikkan tanggapan lengkap.
Anda bisa melakukan balasan cepat ini dengan cukup tekan “/” dan daftar balasan cepat Anda akan muncul. Sebaiknya siapkan daftar balasan otomatis untuk pertanyaan dan situasi yang sering muncul seperti mengirim pesan terima kasih atas pesanan Anda.
4. Siapkan pesan ucapan
Pesan ucapan dapat meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan, yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis apa pun. Ini harus menjadi cara Anda untuk menyapa dan menunjukkan apresiasi atas dukungan pelanggan Anda. Menggunakan WhatsApp untuk bisnis memungkinkan Anda membuat pesan sambutan khusus untuk pelanggan Anda.
Tampilan seluler pengaturan pesan ucapan selamat datang otomatis di Aplikasi WhatsApp Business
Pesan ucapan selamat datang dikirim secara otomatis ketika seseorang memulai percakapan baru atau mengirim pesan setelah 14 hari tidak ada aktivitas.
5. Pesan otomatis
Pesan salam bukan satu-satunya pesan WhatsApp Business yang dapat Anda kirimkan secara otomatis. Anda juga dapat membuat tanggapan otomatis untuk situasi lainnya.
Secara default, akun WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk mengirim pesan Di Luar Jam Kerja saat Anda tidak tersedia. Cukup atur jam kerja Anda di profil Bisnis dan pilih opsi Di luar jam kerja untuk memicu pesan di luar jam kerja.
Sekarang, setiap kali seseorang mencoba menghubungi Anda ketika Anda tidak tersedia, mereka akan menerima pesan otomatis. Jika Anda membutuhkan jenis pesan WhatsApp otomatis lainnya, Anda dapat merancang alur percakapan secara keseluruhan.
Atau bahkan menggunakan AI untuk mengenali arti pesan yang dikirim pelanggan dengan chatbot WhatsApp.
6. Multi pengguna
Anda dapat menggunakan WhatsApp Business di beberapa perangkat. Namun, Anda perlu mengonfigurasi akun API WhatsApp Business Anda untuk menggunakan fitur ini terlebih dahulu.
Ingatlah bahwa API tidak memiliki panel percakapan atau antarmuka chatbot sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih salah satu vendor yang menawarkan solusi API WhatsApp Business dan memiliki fitur kotak masuk bersama dan multiagen.
7. Label kontak
Label memungkinkan Anda untuk mengatur percakapan pelanggan Anda dengan cara yang sederhana dan nyaman. Anda dapat membuat berbagai kategori pelanggan, misalnya, terkait dengan status pesanan mereka atau seberapa besar prioritas mereka untuk bisnis Anda.
Mengelompokkan obrolan Anda dan menambahkan label kontak akan membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang pelanggan Anda. Hal ini juga berkaitan erat dengan KPI Anda
Perusahaan yang meneliti motivasi dan kebutuhan pelanggan melalui segmentasi pelanggan memiliki kemungkinan 2,3x lebih besar untuk melampaui target pendapatan mereka.
8. Analisis pesan
WhatsApp Business Statistics adalah fitur yang memungkinkan Anda memeriksa jumlah pesan yang dikirim, terkirim, dibaca, atau diterima.
Meskipun data ini tidak disajikan dari waktu ke waktu atau dibagi berdasarkan grup kontak yang berbeda, data ini dapat memberikan Anda beberapa wawasan tentang keefektifan obrolan Anda.
Beberapa alat pihak ketiga jauh lebih menyeluruh dan memberikan wawasan terperinci tentang obrolan individu, efektivitas agen obrolan langsung, atau tingkat keberhasilan templat chatbot tertentu.
9. API WhatsApp Business
API WhatsApp Business adalah cara yang cepat, aman, dan dapat diandalkan bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan mereka di seluruh dunia.
API ini memungkinkan tim layanan pelanggan untuk mengirim dan menerima pesan, serta mengelola interaksi pelanggan mereka di WhatsApp.
API WhatsApp Business dibangun di atas infrastruktur yang sama dengan WhatsApp Messenger, sehingga sangat skalabel dan dapat menangani pesan dalam jumlah besar.
Meskipun WhatsApp Business API (juga dikenal sebagai WhatsApp Business Platform) layak mendapat tempat di daftar kami, API ini sebenarnya lebih dari sekadar fitur.
API ini merupakan pintu gerbang menuju berbagai kemungkinan baru, karena Anda bisa dengan bebas mengutak-atik cara kerja aplikasi.
Namun, jika Anda tidak ingin membangun semuanya dari awal, Anda harus mencari perangkat lunak obrolan langsung atau platform chatbot yang merupakan mitra API WhatsApp Business resmi.
Bagaimana Cara Membuat Akun WA Business?
Lalu bagaimana cara membuat akun WA Business? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:
- Kunjungi Google Play atau App Store
- Unduh aplikasi WhatsApp Business
- Buka aplikasi dan verifikasi nomor telepon Anda
- Pulihkan data Anda atau buat akun baru
- Siapkan nama dan profil bisnis Anda
- Singkatnya, cukup buka toko aplikasi di ponsel Anda, unduh WhatsApp Business, dan buka aplikasinya. Kemudian, ikuti petunjuk di dalam aplikasi itu sendiri.
Tampilan seluler dari kemajuan pengunduhan WhatsApp Business
Anda akan diminta untuk memberikan beberapa informasi kontak dasar tentang bisnis Anda, termasuk nama bisnis, nomor telepon, alamat email, dan situs web.
Setelah Anda mengisi informasi ini, Anda akan dapat membuat profil untuk bisnis Anda dan mulai menggunakan WhatsApp Business untuk mengobrol dengan pelanggan.
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan mengenai WA Business yang dapat Anda pahami. Dengan adanya WA Business ini diharapkan bisnis akan mendapatkan kemudahan untuk memberikan pelayanan terbaik.
Dengan penggunaan aplikasi WA Bisnis ini, bisnis Anda bisa dengan mudah menjawab pesan pelanggan dengan cepat. Untuk memaksimalkan layanan pelanggan dengan aplikasi perpesanan WA Business ini, Anda bisa mendukungnya dengan layanan CRM dari CRM.ID.
CRM.ID merupakan software yang akan membantu Anda dalam melakukan pengelolaan interaksi dengan pelanggan hingga fitur analitik yang dapat digunakan untuk menganalisis layanan pelanggan Anda.
CRM.ID ini akan membantu Anda lebih fokus dalam memberikan layanan terbaik untuk pelanggan Anda. Buat Anda yang tertarik untuk mencobanya, Anda bisa menghubungi kami disini.
- 10 Rekomendasi Aplikasi WA Blast Terbaik - 1 Agustus 2024
- Optimasi Layanan Pelanggan: Ini 7 Cara Melakukannya - 31 Juli 2024
- Customer Relationship: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya - 26 Juli 2024