Pengertian CRM, Manfaat, dan Rekomendasi Terbaiknya

Pengertian crm banner 3

Di era digital seperti sekarang ini, penting bagi Anda untuk mengotomatisasi proses pengelolaan hubungan dengan pelanggan untuk keberhasilan bisnis. Inilah yang membuat Anda perlu memahami pengertian CRM dan manfaatnya.

Software CRM membantu mengelola berbagai interaksi pelanggan yang terjadi setiap hari. Melalui software ini, Anda dapat menyederhanakan proses bisnis yang pada akhirnya meningkatkan keuntungan perusahaan.

Software ini juga memungkinkan perausahaan tetap terhubung dengan para pelanggan yang membantu mengoptimalkan kegiatan operasional.

Pada artikel kali ini, CRM.id akan membahas pengertian CRM, manfaat, fitur penting, dan rekomendasi terbaiknya.

Apa Pengertian dari CRM?

Pengertian customer relationship management (CRM) adalah teknologi yang digunakan untuk mengelola semua interaksi perusahaan Anda dengan pelanggan saat ini dan pelanggan potensial.

Tujuannya adalah meningkatkan hubungan untuk mengembangkan bisnis Anda. Melalui CRM, perusahaan tetap dapat terhubung dengan pelanggan, menyederhanakan proses, dan meningkatkan keuntungan.

Saat berbicara tentang CRM, biasanya yang dimaksud adalah sistem CRM, yakni software yang membantu melacak setiap interaksi Anda dengan prospek atau pelanggan, seperti sales calls, interaksi customer service, email marketing, dan lainnya.

Software CRM ini dapat menggabungkan data pelanggan dan perusahaan dari berbagai sumber dan bahkan ada yang sudah menggunakan artificial intelligence (AI) untuk membantu mengelola hubungan dengan lebih baik di seluruh customer life cycle, termasuk di departemen marketing, sales, digital commerce, dan layanan pelanggan.

Baca juga: 9 Rekomendasi Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Anda

Mengapa CRM itu Penting?

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan CRM, seperti:

1. Pelayanan Pelanggan dan Retensi

Salah satu manfaat utama dari CRM adalah peningkatan hubungan dengan pelanggan Anda.

Sistem CRM dapat mengelola semua kontak bisnis Anda dan menyimpan informasi penting tentang mereka dari berbagai saluran, termasuk data deomgrafis, riwayat pembelian, dan komunikasi sebelumnya.

Dengan demikian, siapa pun yang berwenang bisa mengakses berbagai informasi tersebut.

Seperti yang Anda ketahui, setiap interaksi antara anggota tim dan pelanggan merupakan kesempatan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dalam hal ini, CRM membantu membangun loyalitas pelanggan dengan meningkatkan layanan pelanggan, mengotomatisasi dukungan pelanggan, melacak dan menganalisis perilaku pelanggan.

Semua fitur di atas membantu membantu Anda mengidentifikasi dan menangani masalah sebelum mereka menjadi lebih besar.

Baca juga: 10 Tips Memilih CRM untuk Proses Telemarketing

2. Penjualan yang Meningkat

Apabila pelanggan loyal, maka penjualan Anda akan terus meningkat. Di sini, CRM membantu membangun sales pipline dengan menyederhakan proses penjualan dan mengotomatisasi tugas-tugas utama.

Hal ini memungkinkan Anda menganalisis semua data penjualan Anda dan menyimpannya pada satu tempat yang dapat diakses oleh semua orang yang membutuhkan.

3. Analitik

Analitik sangat penting untuk memahami perilaku pelanggan. CRM dilengkapi dengan analitik bawaan yang dapat menjelaskand ata pelanggan seperti click rate, bounce rate, dan data demografis.

Metrik ini membantu Anda mengevaluasi keberhasilan kampanye dan menyoroti peluang untuk optimalisasi lebih lanjut.

Analitik sangat penting untuk memahami perilaku pelanggan. CRM dilengkapi dengan analitik bawaan yang dapat mengkontekstualisasikan data pelanggan seperti tingkat klik, tingkat bounce, dan data demografis.

Berbagai metrik di atas dapat membantu Anda mengevaluasi keberhasilan kampanye dan menyoroti peluang untuk pengoptimalan lebih lanjut.

Baca Juga: 15 Fitur yang Harus Ada dalam Software CRM

4. Produktivitas yang Lebih Tinggi

Menggunakan software CRM dapat membebaskan karyawan dari tugas-tugas yang monoton.

Artinya, karyawan dapat fokus untuk membangun hubungan dengan pelanggan, sementnara CRM memastikan tugas-tugas lainnya agar tidak terlewatkan.

Dasor CRM juga memungkinkan Anda melihat di mana alur kerja bisnis perlu ditingkatkan.

5. Mengembangkan Prospek Baru

Hubungan pelanggan berkembang dengan komunikasi yang baik. Dalam hal ini, CRM memberikan pandangan menyeluruh tentang perjalanan pelanggan, sehingga memungkinkan Anda melacak setiap interaksi dan menentukan langkah berikutnya dalam merawat prospek baru dan pelanggan yang ada.

6. Pemasaran yang Lebih Efektif

CRM memungkinkan Anda membuat pemasaran yang lebih terarah, yang dapat mengarahkan komunikasi kebutuhan spesifik pelanggan dan mengembangkan produk atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

7. Profitabilitas yang Meningkat

Dengan CRM, Anda dapat mengidentifikasi pelanggan yang paling menguntungkan dan mengelola setiap segmen secara efektif biaya.

Hal ini tidak hanya membantu mengoptimalkan biaya tetapi juga meningkatkan profitabilitas dengan fokus pada pelanggan yang memberikan kontribusi terbesar.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur CRM sepenuhnya, bisnis Anda dapat tumbuh lebih efisien dan efektif dalam pasar yang kompetitif.

Apa Saja Fitur Penting dalam CRM?

CRM menyediakan berbagai fitur yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Berikut adalah pengertian dan jenis fitur utama yang dimiliki CRM:

1. Manajemen Kontak

Manajemen kontak menjadi dasar dari setiap sistem CRM karena memungkinkan Anda untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menyusun database pelanggan Anda.

Efektivitas tindakan selanjutnya bergantung pada kualitas database pelanggan Anda. Jadi, pastikan CRM Anda memiliki semua fitur yang diperlukan untuk menjaga database tetap bersih dan terorganisir dengan baik.

Untuk memastikan fitur manajemen kontak yang optimal, pilih sistem CRM yang menyediakan berbagai jenis bidang untuk Anda menyimpan semua informasi yang Anda butuhkan, seperti nama depan dan belakang, jabatan, media sosial, alamat email, lokasi, perusahaan, dan sebagainya.

Semua data di atas nantinya dapat digunakan untuk segmentasi pelanggan selanjutnya.

Baca juga: 10 Keuntungan Menggunakan Software CRM bagi Bisnis

2. Manajemen Prospek

Manajemen prospek adalah bagian integral dari proses penjualan yang mencakup penangkapan prospek, kualifikasi prospek (skoring prospek), dan pengasuhan prospek.

Manfaat paling signifikan dari sistem CRM dengan fungsi manajemen prospek yang canggih adalah penangkapan prospek otomatis.

Oleh karena itu, carilah sistem yang memungkinkan Anda menangkap prospek dari berbagai sumber, termasuk situs web, media sosial, dan email.

3. Email Marketing

Dengan fitur email marketing, Anda dapat membuat dan menyimpan template email, mengirim email dalam jumlah besar, segmentasi database, pelacakan email, dan sebagainya.

4. Management Pipeline

Management pipeline atau manajemen jalur penjualan yang efektif adalah solusi untuk jalur penjualan yang stagnan.

Jika bisnis Anda cenderung memiliki siklus penjualan yang lebih panjang, Anda mungkin memerlukan sistem CRM yang memungkinkan Anda melihat keseluruhan jalur penjualan dan dengan cepat mengdeintifikasi hambatan.

5. Otomatisasi Penjualan

Semakin banyak proses yang dapat Anda otomatisasi dengan CRM, maka akan semakin baik.

CRM modern menawarkan fungsi otomatisasi penjualan yang lengkap unutk membantu Anda menghilangkan tugas-tugas rumit dan berulang dari pekerjaan sehari-hari tim penjualan Anda.

Dengan menggunakan aturan, Anda dapat mengatur software CRM untuk melakukan tindakan tertentu berdasarkan pemicu atau peristiwa.

6. Pelaporan dan Analitik

Carilah sistem CRM yang menawarkan berbagai laporan yang berbeda, baik laporan bulanan maupun metrik jalur penjualan secara real-time.

Untuk mengambil keputusan binis Anda, tentunya Anda perlu menerjemahkan aktivitas penjualan ke metrik yang paling penting.

7. Manajemen Karyawan

Pilih software CRM yang menawarkan ruang pribadi unutk karyawan melacaak jam kerja, tugas, pertemuan, angka penjualan, tujuan, dan item lainnya secara individual.

Hal ini membantu manajer dan C-suite melacak aktivitas dan pencapaian harian karyawan.

8. Pelacakan Interaksi

Untuk lebih memahami prospek dan pelanggan Anda, Anda perlu memiliki akses penuh ke riwayat komunikasi Anda dengan mereka.

Oleh karena itu, Anda harus mencari solusi CRM yang menawarkan fungsi pelacakan interaksi.

Anda harus dapat menghubungkan setiap email masuk dan keluar, pesan obrolan, dan panggilan secara otomatis antara perwakilan penjualan dan prospek atau pelanggan.

9. Manajemen Penawaran

Cari sistem CRM yang dapat membantu Anda menyederhanakan pembuatan dan distribusi penawaran/proposal.

Sistem CRM yang ideal memiliki fungsi manajemen penawaran yang luas yang membantu membangun penawaran, menawarkan fungsi ekspor proposal, dan sebagainya.

10. Kustomisasi

Sistem CRM seharusnya dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Sistem CRM yang baik harus memudahkan proses bisnis Anda, menyederhanakan proses penjualan, dan tidak menambah beban kerja Anda.

Setiap elemen CRM harus sangat dapat disesuaikan, mulai dari tampilan dashboard hingga urutan bidang catatan kontak.

11. Aplikasi Seluler

Karena semakin banyak orang yang memilih ponsel mereka daripada komputer atau laptop stasioner untuk bekerja, Anda perlu mencari software CRM yang berfungsi dengan baik di perangkat seluler.

CRM juga sebaiknya memiliki versi seluler atau menawarkan aplikasi terpisah untuk iOS atau Android.

12. Integrasi

Kemungkinan besar Anda sudah memiliki serangkaian alat bisnis yang Anda gunakan untuk penjualan dan pemasaran. Oleh karena itu, implementasi CRM tidak boleh menghalangi Anda menggunakan teknologi lama yang Anda percayai.

Sebaliknya, Anda harus mengintegrasikan aplikasi yang sudah ada ke dalam CRM.

13. Fungsi Kerjasama

CRM adalah alat yang dapat mendekatkan departemen yang berbeda dalam perusahaan Anda dan menempatkan mereka semua pada halaman yang sama.

Cari sistem CRM yang menawarkan fungsionalitas kolaboratif yang luas dan memungkinkan orang dari tim lain untuk bekerja pada proyek yang sama secara real-time.

14. Keamanan

Dengan banyak orang mengakses data CRM, Anda perlu memastikan solusi CRM Anda terlindungi dengan baik.

Tidak ada karyawan yang dendam atau peretas terampil yang seharusnya mengancam kesejahteraan database pelanggan Anda.

Pastikan CRM Anda memiliki kepemilikan data, izin akses, autentikasi dua langkah, kepatuhan privasi, enkripsi data, dan perlindungan penghapusan.

Apa Saja Rekomendasi CRM Terbaik?

Setelah memahami pengertian, manfaat, serta fiturnya, berikut adalah beberapa rekomendasi CRM terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:

1. CRM.ID

CRM.ID adalah platform WhatsApp API yang dirancang untuk memudahkan bisnis Anda dalam melayani pelanggan.

Dengan fitur serba unlimited dan tanpa biaya bulanan, CRM.id menawarkan solusi lengkap untuk manajemen pelanggan.

Fitur Utama

  • Multi Agent
  • Unlimited MAU
  • Searchable & Filterable
  • Clean & Sleek Interface
  • Unlimited 1 on 1 Support
  • Nomor Masking & Centang Hijau
  • REST API Integration

Harga

Mulai dari Rp40 per pesan.

2. Microsoft Dynamics CRM

Microsoft Dynamics adalah rangkaian software perencanaan sumber daya perusahaan dan CRM yang beroperasi pada sistem Microsoft Windows.

Dynamics 365 menawarkan alat CRM yang fleksibel, namun memiliki beberapa kelemahan seperti biaya yang relatif tinggi dan kurangnya dukungan khusus untuk pengguna.

Fitur Utama:

  • Manajemen Hubungan Pelanggan
  • Otomatisasi Dokumen
  • Otomatisasi Tenaga Penjualan
  • Pelacakan Layanan Pelanggan
  • Berbagi Cloud
  • Kemampuan Pemasaran
  • Peningkatan Produktivitas

Harga

Mulai dari $50 per user setiap bulannya.

3. Salesforce

Salesforce adalah perusahaan software berbasis cloud yang berkantor pusat di San Francisco, California.

Mereka menawarkan berbagai aplikasi perangkat lunak CRM sebagai solusi pelengkap yang terkait dengan layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, dan pengembangan aplikasi.

Fitur Utama

  • Sales Cloud
  • Marketing Cloud
  • Service Cloud
  • Sales Platform dan App Exchanger
  • Salesforce Chatter

Harga

Mulai dari $25 per user setiap bulannya.

Baca juga: WhatsApp CRM: Pengertian, Keuntungan, dan Fitur Kunci

4. HubSpot CRM

HubSpot adalah aplikasi software CRM yang relatif baru. Setiap akun HubSpot memiliki kode pelacakan unik untuk memantau lalu lintas situs web.

Fitur Utama

  • Obrolan Langsung
  • Chatbot
  • Email Marketing
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Manajemen Penjualan
  • Pelaporan dan Analisis Bisnis
  • Manajemen Kontak

Harga

HubSpot CRM menawarkan coba gratis dengan harga berlangganan yang dapat disesuaikan.

5. Freshsales

Freshsales adalah salah satu aplikasi perangkat lunak CRM terbaik untuk perusahaan yang mencari semua fitur yang dibutuhkan dalam satu alat.

Fitur Utama

  • Tiket
  • Kolaborasi
  • Otomatisasi
  • Pelaporan & Analitik
  • Pelacakan Email
  • Pelacakan Acara
  • Manajemen Penjualan

Harga

Freshsales menawarkan opsi gratis untuk hingga tiga pengguna dan paket berbayar mulai dari $15 per pengguna per bulan.

Kesimpulan

Setelah memahami pengertian CRM, manfaat, dan berbagai fiturnya, dapat disimpulkan bahwa CRM merupakan alat yang sangat penting bagi bisnis untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, menyederhanakan proses penjualan, dan meningkatkan efisiensi operasional.

CRM tidak hanya membantu dalam mengelola interaksi dengan pelanggan, tetapi juga memberikan wawasan berharga melalui analitik yang mendalam.

Implementasi CRM yang tepat dapat membawa banyak manfaat, seperti meningkatkan retensi pelanggan, penjualan yang lebih tinggi, dan produktivitas yang lebih baik.

Salah satu rekomendasi CRM yang wajib Anda pertimbangkan adalah CRM.ID.

Melalui software ini, Anda dapat melayani dan mengelola pelanggan dengan baik, tanpa batasan jumlah agen, tanpa batasan jumlah kontak, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Dengan demikian, Anda dapat lebih fokus dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Tertarik mencoba? Yuk, jadwalkan demo dengan klik tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =