Fitur Pesan Marketing WhatsApp Business, Ini Kata Meta!

Fitur Pesan Marketing Whatsapp Business, Ini Kata Meta!

Fitur pesan marketing WhatsApp Business berfungsi untuk kebutuhan marketing menggunakan WhatsApp Business.

Tujuan fitur ini memang dirancang khusus oleh developer WhatsApp (Meta) untuk kegiatan bisnis dan marketing.

Meta, sebagai perusahaan induk WhatsApp selalu mengembangkan fitur-fitur baru yang memungkinkan pemilik bisnis memaksimalkan potensi WhatsApp untuk kebutuhannya.

Salah satunya adalah fitur pesan marketing WhatsApp Business. Lalu apa saja fungsi dan cara menerapkannya.

Untuk itu di artikel dari CRM.ID ini akan membahas fitur pesan marketing WhatsApp Business, alasan penggunaan, beberapa ketentuan penggunaan dari Meta Business, serta strategi dan cara memanfaatkannya.

Apa Itu Fitur Pesan Marketing WhatsApp Business?

Fitur Pesan Marketing WhatsApp Business

WhatsApp Business dirancang khusus oleh WhatsApp untuk memenuhi tujuan marketing dan bisnis.

Fitur pesan marketing WhatsApp Business adalah fitur yang membuat Anda mudah berkomunikasi dengan pelanggan melalui pesan otomatis, broadcast, katalog produk, quick reply (balas cepat), integrasi API, dan fitur tambahan lainnya.

Secara umum pesan marketing ini untuk menyampaikan pesan broadcast promosi, seperti promosi voucher diskon, produk baru, penambahan beberapa fitur aplikasi, dan sebagainya.

Perbedaan WhatsApp Biasa dan WhatsApp Business

Meta membuat WhatsApp Business secara terpisah karena kebutuhan bisnis berbeda dari pengguna biasa.

Dalam versi bisnis, terdapat fitur-fitur khusus seperti katalog, otomasi pesan, label chat, broadcast pesan khusus marketing, hingga integrasi API.

WhatsApp versi biasa tidak memiliki kemampuan seperti:

  • Mengirim pesan promosi ke banyak pelanggan (ratusan sampai ribuan pelanggan)
  • Mengatur jam operasional bisnis
  • Menyediakan katalog produk yang bisa terlihat oleh pelanggan
  • Menyimpan quick reply pesan
  • Menggunakan API untuk skalabilitas pertumbuhan bisnis

Semua fitur tersebut termasuk dalam kelompok fitur pesan marketing WhatsApp Business yang terus dikembangkan Meta dari tahun ke tahun semenjak tahun 2018.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Quick Reply WhatsApp Bisnis

Fitur Pesan Marketing WhatsApp Business

crm banner 3

Meta menekankan jika fitur-fitur pada WhatsApp Business dirancang bukan hanya untuk efisiensi, tapi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Berikut adalah fitur-fitur pesan marketing WhatsApp Business yang dianggap penting oleh Meta.

Fitur Marketing WhatsApp Business 1: Broadcast Message (Fitur Pengiriman Pesan Massal)

Meta memberikan perhatian khusus pada fitur broadcast karena fitur ini menjadi salah satu tools mengirim marketing campaign melalui WhatsApp.

Broadcast memungkinkan bisnis Anda mengirim pesan promosi kepada banyak pelanggan sekaligus, tanpa harus menggunakan grup.

Sama seperti pesan pribadi, pesan broadcast akan diterima sebagai pesan personal.

Kelebihan penggunaan broadcast pesan:

  • Pesan terlihat lebih tertarget, tidak hanya mengirim pesan seperti di grup
  • Cocok untuk promosi, pengumuman, dan pembaharuan produk
  • Open rate sangat tinggi (>90%)
  • Tidak mengganggu kenyamanan pelanggan

Batasan yang perlu diperhatikan yaitu Meta bisa mengatur hanya pelanggan yang menyimpan kontak bisnis yang menerima pesan broadcast.

Hal ini dilakukan untuk menghindari spam dan menjaga pengalaman pengguna.

Baca Juga: Apa itu Customer Experience? Contoh dan Strateginya

Fitur Marketing WhatsApp Business 2: Katalog Produk

Katalog produk adalah salah satu fitur penting di WA Business. Fitur ini memungkinkan customer melihat daftar produk atau layanan tanpa harus membuka platform lain.

Ada beberapa alasan penggunaan katalog produk untuk marketing:

  • Memudahkan orang melihat Informasi lengkap produk (harga, foto, detail deskripsi)
  • Mengurangi pelanggan bertanya untuk informasi-informasi dasar
  • Menjaga professional dan kepercayaan orang pada bisnis Anda

Katalog adalah bagian dari pengalaman berbelanja (customer experience) di ekosistem WhatsApp, untuk itu Anda perlu mengoptimalkannya.

Berikut ini cara mengoptimalkan katalog produk menurut Meta:

  • Menggunakan foto produk dengan resolusi gambar tinggi agar tidak buram atau pecah-pecah
  • Deskripsi harus jelas, padat dan tidak bertele-tele
  • Informasi dan katalog produk harus terus diperbarui menyesuaikan dengan kondisi terbaru
  • Menggunakan CTA seperti “Klik tautan ini untuk demo produk

Baca Juga: Tips Menulis Call to Action Persuasif yang Banyak Diklik!

Fitur Marketing WhatsApp Business 3: Quick Replies

Quick Replies WA Business

Quick replies membantu menanggapi pesan pelanggan lebih cepat. Fitur ini sangat penting karena kecepatan respon itu berpengaruh pada pengalaman pelanggan.

Ada beberapa contoh penggunaannya:

  • Promo hari ini hanya tersedia untuk kategori produk tertentu
  • Untuk melihat detail produk kami, Anda bisa melihat katalog produk disini
  • Untuk melakukan pemesanan, Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut

Quick replies menjaga konsistensi layanan. Tidak peduli siapa adminnya,  pelanggan akan mendapatkan pesan yang konsisten dan hampir sama polanya dengan sedikit melakukan penyesuaian.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Quick Reply WhatsApp Bisnis

Fitur Marketing WhatsApp Business 4: Auto Reply (Quick Reply) WhatsApp

Quick reply WhatsApp itu terdiri dari pesan sambutan, away message atau saat out of office, dan template pesan integrasi API dengan aplikasi lain seperti CRM.

Alasan penggunaan quick reply WA adalah memberikan respon 24 jam walaupun toko tutup atau out of office.

Fitur Marketing WhatsApp Business 5: WhatsApp Business API untuk Skalabilitas Bisnis

Meta mengembangkan WhatsApp Business API untuk memudahkan skalabilitas usaha atau bisnis yang membutuhkan otomatisasi dan pengelolaan data lebih lanjut. 

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda bisa melakukan banyak hal seperti:

  • Chatbot otomatis lebih mudah
  • Integrasi dengan aplikasi CRM
  • Pengiriman pesan massal tanpa takut terblokir
  • Pengaturan template pesan yang sesuai dengan kebijakan Meta Business
  • Pesan tidak terbatas kontak yang menyimpan nomor
  • Cocok untuk broadcast pesan bernuansa campaign marketing

Baca Juga: Campaign Marketing Adalah? Ini Manfaat, Jenis, dan Contohnya

Fitur Marketing WhatsApp Business 6: Label dan Tagging Chat

Menggunakan pesan marketing itu perlu menggunakan manajemen chat agar lebih tepat sasaran, salah satu bentuk manajemen chat ini adalah menggunakan label dan tagging pesan.

Jenis label atau tag:

  • Pelanggan baru
  • Loyal customer
  • Calon customer
  • Demo produk
  • Dormant customer
  • Follow up
  • Hot atau warm prospect
  • Dan lain-lain, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan

Baca Juga: Mengenal 10 Strategi Prospecting yang Efektif Dalam Sales

Pernyataan Meta Terkait Penggunaan Pesan Marketing WhatsApp Business

Pernyataan Meta: Pesan Marketing WhatsApp Business

Ada pernyataan dari WhatsApp, jika:

Anda perlu menyatakan dan menjamin bahwa akan menggunakan Aplikasi WhatsApp Business dan fitur pesan marketing hanya untuk tujuan bisnis, dan komersial, serta bukan untuk penggunaan pribadi.

WhatsApp menyediakan aplikasi WhatsApp Business berdasarkan kebijakan dan ketentuan layanan WhatsApp Business.

Saat Anda menggunakan aplikasi WhatsApp Business, Anda menyetujui ketentuan tambahan ini dan ketentuan tersebut termasuk ke dalam perjanjian ini dengan referensi.

Selain ketentuan tersebut, Meta juga melihat jika tren perilaku orang-orang saat ini menggunakan chat untuk kebutuhan bisnis, berarti ada opportunity mengubah menjadi pelanggan. 

Lewat pesan marketing di WA Business tercipta pengalaman chatting sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan.

Istilah dari Meta adalah conversational commerce, yang menggabungkan pengalaman personal chatting dengan kemudahan online shop.

Meta menilai kalau:

  • Pelanggan memiliki keterlibatan lebih tinggi di pesan marketing yang menggabungkan chat dengan kebutuhan marketing (online shop)
  • Menggunakan pesan personal memiliki conversion rate lebih tinggi
  • Otomatisasi dan manajemen pesan marketing melalui API aplikasi bisa meningkatkan performa penjualan

Baca Juga: Bagaimana WhatsApp Mengubah Tren Komunikasi Bisnis

Strategi Mengoptimalkan Fitur Pesan Marketing WhatsApp Business

Strategi Mengoptimalkan Fitur Pesan Marketing WhatsApp Business

Ada beberapa strategi yang cocok diterapkan oleh berbagai jenis bisnis Anda, seperti:

1. Menggunakan Pesan Broadcast

Menggunakan broadcast message membantu menyebarkan pesan marketing Anda ke beberapa kontak terpilih secara lebih personal.

Broadcast pesan sebagian besar memiliki signature seperti marketing tone, jadi Anda harus memastikan memanfaatkannya dengan tidak spammy.

2. Menggunakan Label atau Tag untuk Kategori Pesan dan Kontak

Pengelompokan pesan atau kontak berdasarkan label dan tag tertentu itu punya impact pada kemudahan pekerjaan yang lebih terorganisir, cepat, dan memberikan pengalaman mengesankan.

3. Waktu (Timing) Pengiriman Pesan Harus Tepat

Meta memperingatkan jika terlalu sering mengirim pesan dalam rentang waktu tertentu bisa dianggap spam.

Jadi sebaiknya Anda memberikan jeda waktu pengiriman pesan dari pertama kali mengirim, dan memberikan ruang kenyamanan bagi pelanggan.

4. Memanfaatkan Katalog Produk dan CTA yang Memikat

Anda perlu memanfaatkan katalog produk sebagai pusat informasi awal. Beberapa orang saat mengunjungi profil WA Business Anda setidaknya akan mengecek katalog produk.

Setelah tidak menemukan informasi yang mereka butuhkan, akan bertanya melalui pesan.

5. Otomasi dan Quick Reply Menggunakan Chatbot dan WhatsApp Business API

CRM ID

Untuk mempermudah penyampaian pesan marketing bisnis yang sudah berkembang (contoh: menerima ratusan pesan per harinya), sebaiknya menggunakan WhatsApp Business API.

Selain itu menggunakan chatbot bisa mempermudah menjawab pertanyaan-pertanyaan umum sebelum pengalihan ke admin atau menjawab pertanyaan sesuai dengan product knowledge.

Baca Juga: WhatsApp Chatbot: Manfaat, Fitur, dan Cara Mendapatkannya

Kesimpulan

Sekian penjelasan terkait fitur pesan marketing WhatsApp Business dan panduan penggunaan dari Meta.

Fitur tersebut memiliki banyak manfaat untuk keberlangsungan bisnis Anda. Hanya saja harus tetap mematuhi panduan kebijakan dan komunitas dari Meta Business, khususnya WhatsApp.

Dengan memanfaatkan fitur seperti broadcast, katalog produk, quick replies, label dan tagging, serta integrasi dengan WhatsApp Business API, Anda bisa mengatur dan mengelola pesan sekaligus mempromosikan produk terkait.

Dengan memahami setiap fitur pesan marketing WhatsApp Business dan menerapkan strategi tepat sasaran (misalnya menggunakan aplikasi CRM).

Anda bisa meningkatkan peluang conversion rate, kepercayaan pelanggan, dan ketepatan strategi marketing.

Jadi tunggu apa lagi? Anda perlu segera melakukan demo produk di kontak berikut ini bersama tim hebat Kledo.

Ainur Rohman

Tinggalkan Komentar

four × five =