8 Rekomendasi Aplikasi CRM Untuk Bisnis Kecil

aplikasi crm bisnis kecil banner

Menjalankan bisnis kecil bukanlah hal yang mudah, namun dengan aplikasi CRM, pekerjaan Anda bisa jadi lebih ringan.

Sayangnya, menemukan aplikasi CRM yang tepat untuk bisnis kecil Anda bisa memakan waktu, apalagi jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan CRM.

Anda perlu mencari tahu apa yang Anda butuhkan, mempelajari kemampuan platform yang Anda inginkan, dan kemudian memutuskan mana yang paling tepat.

Pada artikel ini, kami akan membahas manfaat aplikasi CRM untuk bisnis kecil beserta 8 rekomendasi terbaiknya.

Masalah yang Sering Bisnis Kecil Hadapi Tanpa Aplikasi CRM

Bisnis kecil dan menengah sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan proses manajemen bisnis mereka ke tingkat yang lebih baik.

Untuk mencapainya, mereka harus menyadari potensi dan kelemahannya, lalu berupaya memperkuat diri.

Beberapa masalah umum yang sering bisnis kecil hadapi:

1. Customer attrition tinggi

Perusahaan selalu menghitung tingkat kehilangan pelanggan (customer attrition).

Dalam bisnis, mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang sudah lama bersama perusahaan atau pelanggan loyal sangatlah penting.

Perusahaan selalu memperhatikan kapan dan pelanggan mana yang berhenti membeli produk atau berhenti menggunakan layanan mereka.

Jika terjadi pemutusan hubungan, maka akan muncul pertanyaan: mengapa pelanggan tidak lagi melakukan pembelian atau meminta dukungan?

2. Ketidakmampuan mengidentifikasi tren pelanggan

Tanpa akses ke data pelanggan yang berharga, bisnis bisa kehilangan wawasan penting yang seharusnya dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis.

Pelacakan interaksi pelanggan secara manual dapat menimbulkan masalah kualitas data, termasuk catatan ganda dan informasi yang sudah usang.

Hal ini menyulitkan bisnis untuk mengenali pola dan tren perilaku pelanggan, seperti perubahan kebiasaan pembelian, preferensi, atau kebutuhan.

Akibatnya, bisnis bisa kesulitan mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif serta sesuai dengan audiens target.

Baca Juga: 7 Aplikasi CRM untuk Tingkatkan Kinerja Customer Service

3. Persaingan ketat dengan pemain besar

Bisnis kecil selalu berhadapan dengan persaingan ketat dari pemain besar di pasar.

Perusahaan besar biasanya berupaya merebut pangsa pasar melalui harga produk yang lebih murah dan layanan pelanggan yang lebih efisien.

Namun, bisnis kecil tetap bisa bersaing dengan menemukan niche market, yakni dengan fokus pada segmen pasar tertentu.

Meski butuh waktu untuk memasuki pasar, hasil jangka panjangnya sangat menjanjikan.

Jika produknya bagus, tim penjualan konsisten menjaga wilayahnya, serta rutin melakukan follow up, pangsa pasar untuk bisnis kecil akan terbuka.

Aplikasi CRM sederhana untuk bisnis kecil biasanya juga bisa membantu merapikan kerja tim penjualan, sekaligus merekam data kompetitor untuk keperluan analisis.

4. Layanan pelanggan yang kurang maksimal

Salah satu tantangan utama bagi bisnis kecil yang tidak menggunakan aplikasi CRM adalah ketidakmampuan memberikan dukungan yang tepat waktu dan efektif kepada pelanggan.

Tim dukungan sering kesulitan mengakses informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dengan efisien.

Hal ini dapat menyebabkan waktu tunggu yang lebih lama bagi pelanggan dan menurunkan tingkat kepuasan terhadap layanan yang mereka terima.

Selain itu, tanpa sistem terpusat untuk mengelola data pelanggan, bisnis mungkin kesulitan melacak interaksi dan riwayat pelanggan, sehingga sulit untuk mengidentifikasi dan menangani masalah yang berulang.

Kondisi ini dapat membuat pelanggan merasa frustrasi karena merasa keluhan mereka tidak ditangani dengan serius.

crm banner 1

Baca Juga: 7 Aplikasi CRM untuk Tingkatkan Layanan Lembaga Pendidikan

Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM untuk Bisnis Kecil

Aplikasi CRM menawarkan berbagai fitur untuk menyederhanakan proses pengelolaan bisnis kecil.

Berikut beberapa manfaat umum yang bisa Anda rasakan setelah menerapkan CRM:

1. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan

Aplikasi CRM menyimpan detail dan informasi kontak pelanggan seperti nama, nomor telepon, alamat, dan informasi penagihan dalam basis data yang dapat Anda cari.

Karena itu, fitur ini dapat membantu tim tetap terorganisir dan mencegah mereka melewatkan tugas.

Tim sales dapat menggunakan manajemen kontak untuk mengikuti prospek sepanjang siklus penjualan, mulai dari keterlibatan awal hingga pembelian.

Sementara itu, tim marketing dapat menggunakannya untuk menilai dampak kampanye saat ini dan merancang strategi baru.

2. Proses penjualan yang lebih efisien

Tim penjualan terkadang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengelola akun daripada menghubungi prospek dan membangun hubungan.

Dengan CRM, tim dapat fokus menutup transaksi alih-alih mengurus pekerjaan administratif dan tugas berulang.

CRM juga dapat membantu tim penjualan menghasilkan, melacak, dan menetapkan prospek dengan skor prospek untuk meningkatkan konversi.

Selain itu, aplikasi CRM juga bisa mengotomatiskan tugas-tugas dengan prioritas rendah, seperti mengirim follow up atau menjaga kepatuhan data.

3. Upaya marketing yang lebih terarah

Kita berada di era di mana pelanggan menginginkan pemasaran yang lebih personal.

CRM dapat membantu memberikan informasi tentang customer journey, serta memantau kampanye media sosial.

Bisnis kecil juga dapat menggunakan data CRM untuk mendukung strategi upselling, cross-selling, dan marketing personal, misalnya dengan merekomendasikan produk terkait berdasarkan riwayat pembelian.

4. Layanan pelanggan yang lebih personal

CRM membantu meningkatkan layanan pelanggan dan membuatnya lebih personal.

Karena informasi pelanggan tersimpan di satu tempat, agen dapat dengan cepat melihat riwayat interaksi pelanggan dengan perusahaan dan mengantisipasi masalah sebelum menjadi hambatan dalam pembelian.

5. Mengurangi biaya secara langsung dan tidak langsung

Menerapkan aplikasi CRM juga dapat membantu mengurangi biaya operasional bisnis kecil Anda.

Misalnya, dengan menyimpan data pelanggan di cloud, Anda dapat mengurangi pengeluaran untuk menyimpan data di tempat lain.

Selain itu, akses mudah ke profil pelanggan memberi lebih banyak waktu bagi tim untuk mengejar prospek dan menutup transaksi, yang pada akhirnya meningkatkan ROI.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Industri Keuangan dan Fiturnya

Rekomendasi Aplikasi CRM Untuk Bisnis Kecil

1. Aplikasi CRM.ID

CRM.ID

Jika Anda menginginkan aplikasi CRM yang tidak rumit, tidak ribet, intuitif, dan mudah dipelajari, Anda bisa mencoba CRM.ID.

CRM.ID adalah mitra resmi WhatsApp Business API. WhatsApp adalah media komunikasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Karena itu, CRM.ID sangat cocok untuk bisnis kecil lokal yang menginginkan kemudahan dalam pelayanan pelanggan.

CRM.ID menyediakan fitur broadcast untuk membantu Anda mengirimkan pesan kepada banyak kontak sekaligus dalam satu ketukan.

Selain itu, Anda bisa menyimpan data pelanggan dan mengelola profil mereka dalam satu dashboard terpusat.

Kelebihan:

  • Antarmuka yang bersih dan sederhana
  • Satu aplikasi bisa digunakan oleh banyak agen sekaligus tanpa biaya tambahan
  • Menyimpan semua data dalam satu dashboard yang searchable dengan filter
  • Pembagian tugas antar agen dengan mudah

Kekurangan:

  • Karena skema harganya adalah pembayaran per pesan, jika bisnis Anda menangani pesan bervolume tinggi, mungkin pengeluaran akan meningkat.

2. Bigin by Zoho CRM

Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman menggunakan CRM dan tidak ingin UI yang kompleks, fitur yang terlalu banyak, atau kurva pembelajaran yang tinggi, Anda bisa mencoba Bigin dari Zoho.

Bisa dibilang, Bigin adalah adik dari Zoho yang dibuat khusus untuk startup dan bisnis kecil. Karena itu, ia tidak memiliki fitur selengkap Zoho.

Namun keunggulannya, Bigin lebih mudah digunakan dan tetap membawa fitur-fitur CRM yang bisnis kecil butuhkan, termasuk kemampuan VoIP.

Selain itu, Bigin juga terintegrasi dengan software Zoho dan banyak aplikasi pihak ketiga lainnya, sehingga mudah untuk mengimplementasikannya dengan alur kerja Anda.

Kelebihan:

  • Antarmuka yang intuitif
  • Kemampuan VoIP
  • Mendukung pengumpulan pembayaran
  • Integrasi dengan Zoho dan aplikasi pihak ketiga

Kekurangan:

  • Belum ada fitur AI
  • Tidak ada aplikasi untuk Windows

Baca Juga: 7 Rekomendasi Software CRM untuk Perusahaan Konstruksi

3. folk

aplikasi crm bisnis kecil folk

Selanjutnya adalah folk, aplikasi CRM yang berbeda dari aplikasi lainnya di daftar ini.

Aplikasi ini tidak menunjukkan sales pipeline atau pelaporan dalam bentuk angka-angka.

Sebagai gantinya, mereka menawarkan ultra personalisasi untuk email dan kontak Anda, sehingga Anda bisa mengirimkan pesan yang terkesan ‘manusiawi’ dan tidak seperti template.

Fitur lain yang folk miliki adalah contact enrichment, di mana aplikasi akan otomatis mencari data pelanggan yang tidak Anda miliki terkait perusahaan, pekerjaan, nomor telepon, dan berbagai informasi lainnya,

Kelebihan:

  • Mendukung berbagai pipeline
  • Tersedia fitur AI untuk personalisasi pesan
  • Memiliki ekstensi Chrome untuk integrasi dengan media sosial seperti Instagram dan LinkedIn

Kekurangan:

  • Tidak tersedia aplikasi mobile

4. Kommo

aplikasi crm bisnis kecil kommo

Jika Anda mengelola berbagai saluran penjualan seperti Meta (Facebook, Instagram, dan WhatsApp), SMS, Slack, dan Telegram, Anda bisa mencoba Kommo.

Kommo menyediakan Salesbot yang bisa menyiapkan balasan otomatis, memberi tahu agen jika seorang klien belum dibalas pesannya selama lebih dari 5 menit, dan melakukan aksi tergantung kata kunci yang Anda atur.

Fitur lain yang Kommo tawarkan adalah AI untuk membantu Anda menulis dan mengedit teks sebelum mengirimnya pada pelanggan.

Kommo juga bisa mendeteksi sentimen dari percakapan, sehingga Anda bisa mengarahkan percakapan dengan positif.

Kelebihan:

  • Mendukung berbagai pipeline
  • Deteksi keyword AI untuk mengotomatiskan percakapan
  • Melihat statistik percakapan dari berbagai channel
  • Integrasi dengan tool seperti Zapier

Kekurangan:

  • Alat manajemen tugas masih terbatas

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis Transportasi

5. NetHunt

nethunt crm

Rekomendasi selanjutnya adalah aplikasi CRM untuk bisnis kecil yang menggunakan Gmail.

Anda bisa memasang ekstensi browser NetHunt dan mengaksesnya di Gmail Anda. Lalu, Anda bisa menikmati kemudahan yang diberikan NetHunt.

Misalnya, seperti memeriksa kesepakatan, membuat dan memperbarui kontak, mengirim kampanye email ke daftar Anda, serta membuat alur kerja untuk mengotomatiskan pekerjaan yang repetitif.

Selain itu, NetHunt juga memiliki fitur pelaporan untuk metrik seperti aktivitas pengguna, waktu, dan juga pipeline.

Kelebihan:

  • Integrasi dengan LinkedIn
  • Mendukung percakapan di channel berbeda seperti WhatsApp dan Telegram
  • Kemudahan penggunaan dan alur kerja intuitif
  • Integrasi yang mulus dengan Gmail

Kekurangan:

  • Tidak adanya fitur penting seperti integrasi tugas dan selective information sharing
  • Fitur yang cukup terbatas sehingga kurang fleksibel

6. monday CRM

software crm perusahaan jasa

Meski sejatinya merupakan software manajemen pekerjaan, tapi monday CRM telah banyak mengalami peningkatan.

Dengan monday CRM, Anda bisa melihat data terkait kontak, lead, dan kesepakatan Anda. Anda juga bisa mengimpor data yang sudah ada ke dalam aplikasi untuk memudahkan pengelolaan.

Desain monday CRM juga intuitif walaupun minimalis, selalu mengikuti filosofi yang sama, sehingga Anda tidak akan kesulitan mengoperasikannya.

Fitur lain yang monday CRM tawarkan adalah kemampuan AI generatif untuk membantu Anda menulis dan membuat rangkuman.

Kelebihan:

  • Antarmuka yang intuitif
  • Akses ke fitur manajemen kerja, pengembang, dan layanan
  • Kustomisasi tinggi
  • Fitur otomatisasi lengkap

Kekurangan:

  • Membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk menambahkan fitur
  • Kurva pembelajaran tinggi, apalagi selamat proses pemasangan

Baca Juga: Rekomendasi 8 Aplikasi CRM Healthcare dan Fiturnya

7. Salesflare

aplikasi crm bisnis kecil salesflare

Untuk bisnis kecil yang bekerja dalam penjualan B2B, tentunya mereka tahu bahwa kunci kesuksesan adalah mempelajari kebutuhan calon klien dan menempatkan produk atau layanan mereka sebagai pemecah masalah.

Salesflare bisa membantu Anda untuk permasalahan ini dengan fitur-fiturnya.

Setiap Anda menambahkan kontak, Salesflare akan otomatis mencari detail kontak tersebut seperti akun sosmed, situs web, dan informasi relevan lainnya dari situs web perusahaan dan akun LinkedIn.

Setelah itu, Anda akan bisa membaca rangkuman dari Salesflare tanpa perlu melakukan Googling sedikit pun.

Bahkan meski Anda tidak menambahkan kontak secara manual sekalipun, Salesflare bisa mendeteksi email percakapan Anda dengan orang lain dan memberi saran untuk menambahkannya ke kontak Anda.

Kelebihan:

  • Alat otomatisasi yang lengkap
  • Tersedia sidebar untuk LinkedIn, Gmail, dan Outlook
  • Dukungan pelanggan yang membantu
  • Integrasi yang mulus dan tampilan yang intuitif

Kekurangan:

  • Kustomisasi yang terbatas
  • Kurang efektif untuk konteks B2C

Baca Juga: Rekomendasi Tools CRM: Kelebihan, Kekurangan, dan Harga

8. Vtiger

aplikasi crm bisnis kecil vtiger

Aplikasi CRM selanjutnya yang cocok untuk bisnis kecil adalah Vtiger, yang membawa fitur helpdesk, manajemen proyek, manajemen kontak, inventaris, hingga marketing.

Meski memiliki banyak fitur, tetapi Vtiger bisa menampilkannya dalam antarmuka yang bersih dan sederhana.

Fitur manajemen proyeknya memungkinkan Anda mengatur proyek, antrean tugas, dan mendelegasikannya kepada anggota tim.

Selain itu, ada juga Calculus AI yang bisa Anda manfaatkan untuk membalas email dan pesan, merekomendasikan dokumen relevan pada setiap interaksi, analisis prefiktif, hingga chatbot AI untuk membantu customer support.

Kelebihan:

  • Kustomisasi tinggi
  • Tersedia lebih dari 500 template email yang bisa Anda gunakan
  • Fitur yang cukup lengkap dengan sistem modul
  • Memiliki versi gratis

Kekurangan:

  • Kurva pembelajaran yang tinggi
  • Versi gratis sangat terbatas fiturnya, sehingga perlu membeli banyak add on agar bisa bekerja

Baca Juga: 10 Alternatif Software CRM Freshworks untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Bisnis kecil akan mendapat banyak sekali manfaat dari penggunaan aplikasi CRM, seperti bisa lebih fokus melayani pelanggan dan mengurangi waktu untuk mengerjakan tugas-tugas repetitif.

Bisnis kecil yang menggunakan aplikasi CRM akan lebih unggul dari kompetitornya, dan

Jika Anda tidak tahu aplikasi CRM apa yang harus Anda gunakan, Anda bisa menggunakan daftar di atas sebagai referensi.

Atau, Anda bisa mencoba CRM.ID yang memiliki fitur yang bisa Anda gunakan tanpa batasan, memiliki dukungan pelanggan yang efektif, serta cocok untuk bisnis kecil di Indonesia.

Jika Anda tertarik menggunakan CRM.ID, Anda bisa menjadwalkan demo melalui tautan ini.

Tinggalkan Komentar

5 + 10 =