CRM rumah sakit menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh rumah sakit.
Seperti yang diketahui, industri rumah sakit berhubungan dengan data-data pasien yang banyak dimana Anda harus bisa mendokumentasikannya dengan baik.
Tidak heran jika rumah sakit membutuhkan manajemen data pasien ini dengan baik, salah satunya dengan menggunakan software CRM.
Selain bisa memberikan kemudahan dalam manajemen data pasien, CRM juga mendukung peningkatan hubungan dengan pasien dengan cara memaksimalkan layanan yang dimilikinya.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan mengenai software CRM rumah sakit mulai dari tantangannya, mengapa rumah sakit harus menggunakan software CRM, dan rekomendasinya.
Baca selengkapnya pada penjelasan yang ada di bawah ini:
Apa Saja Tantangan dalam Bisnis Rumah Sakit?

Rumah sakit menjadi salah satu instansi yang sangat erat dengan layanan kepada masyarakat.
Rumah sakit menjadi tempat rujukan bagi masyarakat untuk mengatasi permasalahan kesehatan.
Sebagai instansi yang sangat erat dengan layanan masyarakat, pastinya rumah sakit harus menghadapi berbagai tantangan yang ada di dalamnya.
Berikut beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh rumah sakit tersebut:
1. Perubahan Regulasi
Tantangan pertama yang harus dihadapi oleh industri rumah sakit adalah terkait adanya perubahan regulasi.
Dalam penyelenggaraan layanan kesehatan masyarakat, rumah sakit tidak berdiri sendiri namun harus taat dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.
Regulasi yang bisa berubah seiring dengan berubahnya pemimpin di negara ini, membuat ini menjadi tantangan yang mau tidak mau harus dihadapi rumah sakit.
Baca Juga: 13 Aplikasi CRM untuk Bengkel dan Dealer Mobil
2. Meningkatkan Pengalaman Pasien
Rumah sakit menjadikan pasien sebagai pelanggan dan tentunya mereka ini berbeda dengan pelanggan-pelanggan di industri lainnya.
Bisa dibilang pelanggan rumah sakit cukup sensitif karena berhubungan dengan kesehatan, bahkan nyawa seseorang.
Jadi, pihak rumah sakit harus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pasiennya.
Baca Juga: 15 Fitur yang Harus Ada dalam Software CRM
3. Kurangnya Penyedia Layanan
Kenyataannya di Indonesia ini penyediaan layanan kesehatan belum merata.
Ada daerah-daerah yang belum bisa menjangkau layanan kesehatan dengan baik dan ini jadi tantangan tersendiri bagi industri rumah sakit.
Ketika rumah sakit berada di daerah yang masih minim layanan kesehatannya, maka rumah sakit harus berhadapan dengan pasien yang banyak dan kesulitan memberikan edukasi kepada mereka.
Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM untuk Industri Keuangan
4. Pemrosesan Pembayaran
Proses pembayaran juga menjadi hal yang sangat diperhatikan dalam industri rumah sakit.
Misalnya bagaimana regulasi dalam menggunakan asuransi baik itu BPJS ataupun asuransi dari pihak swasta.
Tidak heran jika saat ini banyak rumah sakit yang mulai menerapkan teknologi dalam sistem pembayaran yang dimilikinya, misalnya dengan menggunakan software kasir.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Bisnis Transportasi
5. Menghadapi Keluhan
Tantangan yang terakhir adalah terkait menghadapi keluhan dari pasien dan keluarga pasien.
Seperti penjelasan sebelumnya, rumah sakit memiliki jenis pelanggan yang berbeda dengan jenis bisnis lain.
Keluhan dari pasien tidak hanya bisa berakhir dengan review buruk tetapi bisa menjadi kasus yang berhubungan dengan kode etik.
Ini terjadi karena rumah sakit berhubungan dengan kesehatan dan bahkan nyawa seseorang.
Jadi, rumah sakit harus bisa memberikan solusi dalam menghadapi keluhan pelanggan tepat.
Salah satunya adalah dengan melakukan pengelolaan layanan pelanggan secara baik dan benar bersama CRM.ID.
Anda tertarik untuk menggunakan CRM.ID? Dapatkan informasi lengkapnya dengan klik banner di bawah ini:

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Outsourcing dan Tantangannya
Mengapa Rumah Sakit Harus Menggunakan Software CRM?

Layanan pelanggan (pasien) menjadi bagian penting harus dikedepankan oleh industri rumah sakit.
Seperti penjelasan sebelumnya, rumah sakit memiliki pelanggan yang berbeda dengan industri lainnya.
Ibaratnya begini, pelanggan pada industri atau bisnis lain ketika menghadapi pelayanan yang buruk, mereka paling besar kemungkinannya adalah memberikan keluhan dan menulis review yang buruk di media sosial.
Ini berbeda dengan rumah sakit di mana ketika pasien mendapatkan layanan yang buruk dari pihak rumah sakit, mereka bisa melaporkan ke dinas kesehatan dan pihak rumah sakit bisa mendapatkan sanksi.
Bahkan jika ini berhubungan dengan pelayanan dari dokter, pihak rumah sakit dan dokter yang berkaitan bisa menghadapi sanksi kode etik yang ada.
Pun, menghadapi pasien dan keluarga pasien bukan hal yang mudah karena berhubungan dengan kesehatan dan nyawa seseorang.
Mereka bisa datang dalam keadaan yang panik dan ini bisa berpengaruh pada layanan yang diberikan.
Oleh karenanya penting bagi rumah sakit untuk memberikan layanan pelanggan yang baik.
Dengan adanya layanan pelanggan yang baik, pihak rumah sakit dapat dengan cepat mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pasien sebelum menjadi lebih luas dan memberikan dampak yang lebih besar.
Software CRM menjadi pilihan terbaik bagi rumah sakit untuk mendukung pengelolaan layanan pelanggan pada industri ini.
Software CRM memungkinkan bagi rumah sakit untuk menghubungi setiap pasien dengan cepat dan mudah tanpa takut adanya batasan atau diblokir.
Dengan cara ini rumah sakit bisa memberikan layanan maksimal sehingga bisa meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan, yakni pasien yang berobat di rumah sakit tersebut.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis B2B
Apa Saja Rekomendasi Software CRM untuk Rumah Sakit?
Setelah Anda mengetahui alasan mengapa bisnis rumah sakit harus menggunakan software CRM, berikut rekomendasi software CRM yang bisa menjadi pilihan untuk industri rumah sakit:
1. CRM.ID

Rekomendasi pertama datang dari CRM.ID yakni sebuah aplikasi CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.
CRM.ID sangat cocok untuk digunakan oleh berbagai jenis bisnis, termasuk untuk industri rumah sakit.
Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh CRM.ID di antaranya:
- Mendukung pelayanan pelanggan tanpa perlu takut diblokir.
- Dilengkapi dengan fitur unlimited dan tanpa biaya bulanan.
- Tampilan antar muka yang bersih dan mirip dengan WhatsApp sehingga memudahkan bagi tim dalam memahami cara kerjanya.
- Mendapatkan layanan zoom 1 on 1 secara gratis dan tanpa adanya batasan.
- Telah terintegrasi dengan REST API.
- Dapatkan centang hijau WhatsApp secara gratis jika memenuhi persyaratan.
- Satu nomor bisa digunakan oleh banyak agen sekaligus.
Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM Logistik Terbaik
2. Zoho CRM

Rekomendasi kedua datang dari Zoho CRM yakni sebuah platform manajemen bisnis dengan basis cloud yang bisa memberikan layanan untuk semua ukuran bisnis.
Ada berbagai alat otomatisasi yang ditawarkan oleh Zoho CRM ini di antaranya alat otomatisasi penjualan dan pemasaran, alat analisis, dan juga dukungan pelanggan.
Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Zoho CRM ini:
- Lebih mudah terhubung dengan pelanggan di mana pun pelanggan berada.
- Lebih hemat waktu dengan fitur otomatisasi.
- Bisa mendapatkan lebih banyak laporan dan hasil yang dilakukan secara real time.
- Memiliki fitur AI untuk pelacakan penjualan.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Real Estate dan Tantangannya
3. Pipedrive

Pipedrive merupakan software CRM yang mendukung perencanaan aktivitas penjualan dan juga pemantauan transaksi bisnis Anda.
Dengan software CRM ini, Anda juga bisa menyederhanakan setiap tindakan yang ada dan juga membantu proses operasional dan alur kerja harian dari bisnis Anda.
Berikut beberapa kemudahan yang dimiliki oleh Pipedrive ini:
- Memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan mudah untuk dipahami.
- Dilengkapi dengan fitur Visual Sales Pipeline yang akan memudahkan pengguna untuk melihat kemajuan penjualan dan mengidentifikasi area yang perlu perbaikan.
- Telah terintegrasi dengan alat pemasaran seperti email yang akan menjaga data kontak dan audiens agar tetap sinkron.
Baca Juga: Software CRM Pendidikan: Tantangan, Fitur, dan Cara Kerjanya
4. Zendesk

Zendesk bisa menjadi pilihan terbaik software CRM rumah sakit Anda.
Ini sangat cocok untuk perusahaan medis dan farmasi di mana Anda bisa dengan mudah meningkatkan penjualannya,
Beberapa kemudahan yang bisa diberikan oleh Zendesk di antaranya:
- Melacak semua aktivitas, catatan, dan komunikasi dengan perwakilan Anda, termasuk untuk dilakukan secara offline.
- Dilengkapi dengan fitur email template di mana ini akan memudahkan mengirim email dengan template yang ada.
- Telah dilengkapi dengan fitur mobile sales management & offline access.
Baca Juga: Software CRM Sales: Keuntungan, Fitur, dan Rekomendasinya
5. Onpipeline

Rekomendasi selanjutnya datang dari software CRM Onpipeline.
Onpipeline merupakan CRM rumah sakit yang bisa memberikan bantuan untuk mengakuisisi pasien.
Dengan cara ini Anda bisa membuat interaksi yang dipersonalisasikan di mana mengarah pada pengalaman pasien yang lebih baik secara keseluruhan.
Beberapa kemudahan yang diberikan oleh Onpipeline ini di antaranya:
- Membuat profil pasien dengan 360 derajat.
- Memudahkan dalam menyiapkan prospek untuk membeli.
- Memudahkan menghasilkan prospek baru.
- Lebih hemat waktu dengan fitur otomatisasi
- Kepatuhan terhadap HIPAA
Baca Juga: Aplikasi CRM Klinik: 10 Rekomendasi Terbaiknya
6. Bitrix24

Bitrix24 merupakan sistem CRM yang memudahkan Anda dalam mengatur dan melacak interaksi dengan pelanggan dan juga mitra potensial.
Software ini juga memungkinkan bagi Anda untuk melakukan pencatatan dan pengelolaan interaksi pelanggan, menangkap dan menyimpan data proyek, menghasilkan laporan penjualan, hingga lebih mudah dalam melakukan segmentasi target audiens.
Berikut kemudahan yang bisa diberikan oleh Bitriz24:
- Dilengkapi dengan fitur manajemen proyek yang akan memudahkan pengelolaan proyek dengan lebih mudah.
- Bisa melakukan custom pipelines.
- Dilengkapi dengan fitur analisis bagi sales.
- Real time sales management.
Baca Juga: 15 Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis di Indonesia
7. Nimble

Rekomendasi software CRM untuk rumah sakit datang dari Nimble.
Nimble merupakan software CRM yang menawarkan solusi berupa widget browser dan otomatisasi tenaga penjualan untuk bisnis kecil dan menengah.
Ini bisa membantu Anda dalam mengisi profil pelanggan dan juga riwayat transaksi dari daftar kontak yang ada, percakapan email, hingga aktivitas media sosial yang ada di berbagai platform.
Beberapa kemudahan yang bisa didapatkan dengan Nimble di antaranya:
- Adanya fitur Nimble protector di mana bisa melindungi data yang dimiliki seluruh pengguna Nimble.
- Kemudahan pengelolaan hubungan dengan pelanggan.
- Memiliki segmentasi yang luas.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Terbaik dan Tipsnya
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan secara lengkap mengenai CRM rumah sakit yang dapat Anda jadikan referensi.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa pengelolaan layanan pelanggan jadi bagian yang sangat penting bagi industri rumah sakit.
Ini karena rumah sakit berhadapan dengan pasien dengan karakteristik yang berbeda-beda dan dengan pelayanan yang baik bisa meningkatkan pengalaman dan kepuasan pasien.
CRM.ID menjadi rekomendasi software CRM terbaik yang akan membantu kemudahan pengelolaan layanan pelanggan di rumah sakit Anda.
CRM.ID adalah aplikasi CRM dengan produk WhatsApp Business API yang bisa Anda gunakan secara unlimited tanpa takut diblokir.
Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami di tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025