Iklan Penawaran: Ini Cara Membuat dan Contohnya

iklan penawaran

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan, salah satunya melalui iklan penawaran.

Iklan penawaran ini menjadi hal yang sering kali ditemui, baik di jalan, transportasi umum, hingga pada media-media promosi.

Dengan beragamnya pilihan yang ada, tidak heran jika iklan penawaran ini hingga saat ini masih digemari oleh pemilik bisnis.

Tentunya agar iklan yang Anda tampilkan bisa menarik banyak audiens, Anda harus bisa membuatnya semenarik mungkin.

Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan mengenai iklan penawaran mulai dari pengertian, mengapa penting, hingga cara membuatnya.

Lebih lengkapnya Anda bisa membaca penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa yang Dimaksud Iklan Penawaran?

iklan penawaran

Pernahkah Anda menemukan iklan di jalan atau di transportasi umum yang menerangkan promosi dari suatu produk?

Biasanya, iklan ini akan dilengkapi dengan promo spesial ataupun kelebihan dari produk yang bisa membuat audiens yang membacanya tertarik.

Nah, ini adalah iklan penawaran yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan penawaran produk, baik berupa barang ataupun jasa.

Cara ini banyak dilakukan oleh perusahaan atau bisnis agar produk atau jasa yang mereka miliki bisa menarik perhatian audiens sehingga mereka tertarik untuk membeli.

Iklan ini memiliki sifat mengajak dan biasanya dilengkapi dengan kalimat persuasif agar audiens yang membacanya bisa tertarik untuk melakukan tindakan pembelian.

Seiring dengan perkembangan dunia digital dan juga kemajuan teknologi saat ini, iklan penawaran semakin memiliki perkembangan ke arah yang lebih kreatif.

Begitu pula media yang digunakan untuk menawarkan produk kepada target pasar.

Tidak sedikit pula perusahaan yang rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membuat iklan ini.

Hal ini dikarenakan semakin menarik dan kreatif iklan yang dimiliki, maka semakin besar pula kesempatan bagi bisnis untuk bisa menarik target konsumen untuk melakukan pembelian.

crm banner 2

Baca Juga: 11 Rekomendasi Marketing Tools untuk Bisnis dan Contohnya

Mengapa Iklan Penawaran Penting bagi Bisnis?

iklan penawaran

Bagi sebuah bisnis, iklan penawaran memiliki peranan yang sangat penting untuk menjangkau lebih banyak target konsumen.

Ini membuat iklan ini memiliki peranan yang sangat penting.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa iklan penting bagi sebuah bisnis, apa saja?

1. Media Memperkenalkan produk

Iklan dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan produk.

Tentunya cara ini dianggap efektif untuk menjangkau lebih banyak audiens karena iklan biasanya ditempatkan di tempat-tempat yang strategi yang dilalui oleh banyak orang.

Agar iklan ini bisa lebih efektif dan efisien, iklan harus dibarengi dengan strategi marketing lainnya, misalnya melalui marketing media sosial.

Baca Juga: Aspek Pemasaran: Ini Tujuan dan Komponennya

2. Mendorong Permintaan

Agar produk bisa terjual dan berada di tangan konsumen, harus ada permintaan dari konsumen.

Anda bisa mendapatkan permintaan ini dari iklan yang dibuat oleh perusahaan Anda.

Ini terjadi karena iklan yang dibuat oleh perusahaan Anda mampu menarik target konsumen melalui pemaparan kegunaan produk dan juga kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut.

3. Memenangkan Persaingan

Alasan pentingnya iklan penawaran yang terakhir adalah agar bisnis Anda bisa memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Dengan pembuatan iklan, membuat perusahaan Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens yang menjadi target audiens produk Anda.

Ini yang akhirnya membuat mereka memilik produk Anda dan melakukan pembelian.

Baca Juga: 10 Contoh Digital Marketing dan Strategi Terbaiknya

Apa Saja Faktor yang Berpengaruh pada Iklan Penawaran?

advertising

Agar iklan penawaran yang dibuat oleh perusahaan Anda berjalan dengan efektif dan efisien, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

Faktor-faktor ini akan sangat berpengaruh pada efektivitas iklan yang Anda buat.

Apa saja faktor-faktor yang berpengaruh tersebut?

1. Pembuatan Judul

Faktor pertama yang berpengaruh pada iklan penawaran adalah judul yang dibuat.

Tentunya semakin menarik judul yang dibuat, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan perhatian dari audiens.

Di sini penting bagi Anda untuk membuat judul iklan yang menarik agar Anda bisa mendapatkan perhatian dari audien.

Ketika judul iklan ini menarik, audiens yang membacanya akan langsung terpana dan tertarik untuk membaca isi dari iklan tersebut.

Oleh karenanya, pembuatan judul iklan ini harus dibuat sekreatif mungkin dan tidak boleh dibuat secara asal.

2. Kelebihan dan Kekurangan Produk

Tugas pertama menarik perhatian audiens melalui judul telah berhasil dilakukan, selanjutnya tugas Anda adalah menarik minat audiens melalui isi konten iklan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, penting bagi Anda untuk memperhatikan keunggulan dan keuntungan dari produk yang Anda gunakan.

Ketika Anda kurang memberikan penekanan pada kelebihan dan keunggulan dari produk, maka target konsumen Anda akan kurang berminat untuk melakukan pembelian.

Cara ini yakni menekankan kelebihan dan keunggulan produk juga menjadi cara yang efektif untuk bisa unggul dari kompetitor.

Baca Juga: Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, dan Caranya

3. Adanya Call to Action

Bagian yang tidak boleh dilewatkan dalam pembuatan materi iklan adalah menyisipkan call to action atau CTA.

CTA ini menjadi bagian penting dari sebuah iklan penawaran yang berkualitas karena CTA ini akan memberikan dorongan kepada konsumen untuk melakukan pembelian produk.

Jadi, pastikan Anda menggunakan CTA ini.

4. Adanya Relevansi dengan Platform yang Digunakan

Terakhir, dalam membuat iklan penawaran, penting bagi Anda untuk memberikan relevansi iklan Anda dengan platform yang digunakan.

Seperti yang diketahui, ada berbagai platform iklan yang bisa dipilih.

Sebaiknya Anda menggunakan platform yang paling banyak dikunjungi oleh target konsumen Anda sehingga Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai dengan karakteristik yang ingin dicapai.

Baca Juga: 10 Cara Mempromosikan Produk Anda di Tahun 2025

Bagaimana Cara Membuat Iklan Penawaran?

iklan penawaran

Untuk membuat iklan penawaran, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yakni:

1. Berikan Fokus pada Kelebihan Produk

Pertama, pastikan Anda memberikan fokus pada kelebihan produk.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kelebihan dan keunggulan produk menjadi bagian penting yang akan mencuri perhatian target audiens.

Jadi ini penting untuk Anda fokuskan agar usaha Anda dalam membuat iklan tidak sia-sia.

Sebagai contoh, dalam iklan minuman, Anda bisa memberikan keterangan rasanya yang menyegarkan dengan penggunaan bahan alami.

Anda bisa menggunakan bahasa yang paling sederhana agar pesan yang ingin disampaikan bisa sampai kepada target konsumen Anda.

Baca Juga: 7 Tips Meningkatkan Penjualan Selama Peak Season!

2. Gunakan Call to Action

Cara kedua adalah dengan menggunakan call to action atau CTA.

Call to action ini dibuat untuk menarik target audiens melakukan suatu tindakan, yakni melakukan pembelian atau penggunaan produk.

Misalnya, Anda memberikan ajakan secara langsung yang bisa menimbulkan urgensi melakukan tindakan sesegera mungkin.

Anda bisa menggunakan kalimat “Terbatas hanya untuk 100 pembeli pertama.”

Kalimat ini akan memberikan urgensi yang mendorong target konsumen melakukan pembelian secepat mungkin.

3. Pastikan Visual yang Digunakan Menarik

Kata siapa visual menjadi bagian yang tidak penting, khususnya dalam iklan pemasaran.

Jika Anda ingin iklan yang Anda buat mampu menarik target audien, maka pastikan visual yang Anda gunakan menarik.

Anda bisa menggunakan foto atau video dengan kualitas terbaik untuk bisa memberikan kesan menonjol pada produk yang Anda iklankan.

Jika perlu, Anda bisa memberikan elemen-elemen warna yang cerah atau ditambah dengan ilustrasi yang unik sesuai dengan branding dari produk Anda.

Tidak kalah penting juga, pastikan visual yang dipilih bisa mencerminkan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Pastikan target audiens Anda bisa langsung memahami pesan dari iklan Anda hanya dalam satu kali lihat.

Baca Juga: 100 Kumpulan Kata-Kata Promosi untuk Tingkatkan Penjualan

4. Buat Penawaran Menggiurkan

Cara yang keempat adalah dengan membuat penawaran yang menggiurkan.

Percayalah, tidak ada target audiens yang bisa menolak penawaran yang menarik dan ini jadi bagian penting yang harus ada dalam iklan yang Anda buat.

Dengan adanya penawaran menggiurkan ini, target konsumen Anda pastinya tidak ingin melewatkannya dan membuat mereka cepat-cepat membuat keputusan.

Berikan kesan urgensi di sini agar target konsumen Anda bisa bertindak dengan cepat.

5. Sesuaikan Kalimat dengan Target Pasar

Pastikan kalimat yang Anda gunakan sesuai dengan target pasar.

Maksudnya di sini adalah berkaitan dengan gaya bahasa yang digunakan.

Ketika Anda menargetkan konsumen dengan usia remaja, gunakan bahasa yang sering digunakan oleh remaja.

Begitu juga jika Anda menargetkan mereka yang masih kuliah, sesuaikan dengan gaya bahasa dan kalimat yang digunakan.

Baca Juga: 10 Contoh Media Promosi dan Fungsinya

Contoh Iklan Penawaran bagi Bisnis

Untuk memudahkan Anda dalam membuat iklan penawaran bagi bisnis Anda, berikut contohnya untuk Anda:

1. Ikan Produk Minuman

Berikut contoh iklan pada produk makanan yang bisa Anda jadikan referensi:

“Rasanya kerenyahan dalam satu gigitan. Hanya 100 ribuan untuk satu keluarga, dapatkan di gerai terdekat secepatnya! Promo berlaku hanya minggu ini!”

2. Iklan Skincare

Untuk produk skincare berikut contoh iklannya untuk Anda:

“Kulit cerah dan mulus bukan lagi khayalan! Dengan serum ini, kamu bisa merasakan kulit seperti aktris Korea. Check-out sekarang juga.”

Baca Juga: 10 Cara Promosi Makanan di WhatsApp Paling Mudah

3. Iklan Smartphone

Smartphone saat ini menjadi produk yang digunakan oleh setiap orang di seluruh dunia.

Buat Anda yang menjual produk smartphone, berikut contohnya untuk Anda:

“Saatnya bertransformasi dengan HP lipat, HP canggih dengan ukuran mini! Hanya 10 jutaan.”

4. Iklan Pakaian

Untuk iklan pakaian, berikut contohnya untuk Anda:

“Gamis mewah hanya 100 ribuan! Bahan super lembut dijamin bikin kulimu nyaman. Yuk order sekarang dan dapatkan diskon hingga 30%.”

Baca Juga: 10 Cara Mempromosikan Produk Anda di Tahun 2025

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai iklan penawaran yang dapat menjadi referensi Anda.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa iklan penawaran ini menjadi salah satu cara yang dilakukan bisnis untuk mempromosikan produk dan mendorong penjualan produk.

Dalam membuat iklan penawaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti pembuatan judul yang menarik, menonjolkan kelebihan dan keunggulan produk, hingga penggunaan call to action.

Tentunya untuk membuat iklan ini efektif, Anda harus mendukungnya dengan berbagai aspek, salah satunya memberikan layanan pelanggan terbaik.

Layanan pelanggan ini sangatlah penting karena menjadi salah satu pertimbangan pelanggan merasakan kepuasan terhadap produk Anda.

Untuk mendukung memaksimalkan layanan pelanggan ini, Anda bisa menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID.

CRM.ID merupakan aplikasi CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan layanan pelanggan pada bisnis Anda.

Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.

Desi Murniati

Tinggalkan Komentar

13 − seven =