10 Rekomendasi Software CRM Bisnis Transportasi

software crm bisnis transportasi

Software CRM bisnis transportasi menjadi salah satu teknologi yang harus dimiliki untuk mendukung kemajuan.

Seperti yang diketahui, dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini membuat semua bisnis harus bisa bergerak cepat, termasuk untuk bisnis transportasi dan logistik.

Perusahaan-perusahaan ini dituntut untuk bisa mengirimkan barang atau mengantarkan penumpang dengan cepat dan aman.

Di sinilah perusahaan transportasi membutuhkan dukungan yakni berupa software CRM.

Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai software CRM untuk bisnis transportasi mulai dari tantangannya, mengapa bisnis transportasi harus menggunakan software CRM, hingga rekomendasinya.

Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Saja Tantangan dalam Bisnis Transportasi?

software crm bisnis transportasi

Dalam menjalankan bisnis transportasi dan logistik, ada berbagai tantangan yang harus dihadapi.

Berikut beberapa tantangan tersebut:

1. Biaya yang Tinggi

Bisnis transportasi dan logistik memiliki biaya yang tinggi di mana ini berkaitan dengan biaya operasional, seperti biaya bahan bakar, biaya perawatan kendaraan, pajak kendaraan, hingga untuk asuransi.

Dengan biaya yang tinggi ini pula membuat bisnis satu ini harus memiliki modal yang tinggi pula untuk mendukung jalannya bisnis.

Baca Juga: Rekomendasi Software CRM Rumah Sakit Beserta Fiturnya

2. Infrastuktur yang Belum Merata

Tantangan yang kedua adalah infrastruktur yang belum merata.

Seperti yang diketahui, di Indonesia infrastruktur yang dimiliki belum merata, khususnya di daerah-daerah di luar Pulau Jawa.

Ini sering membuat bisnis transportasi dan logistik kesulitan untuk mengakses daerah-daerah tersebut.

3. Regulasi dan Kepatuhan

Regulasi dan kepatuhan dalam bisnis transportasi juga cukup ketat.

Setiap pengiriman barang ada berbagai aturan yang wajib dipenuhi, misalnya harus disertai dengan surat jalan di mana surat ini akan dicek oleh petugas untuk mengetahui barang apa saja yang dibawa.

Selain surat jalan, perusahaan transportasi dan logistik juga harus dilengkapi dengan asuransi perjalanan untuk melindungi dari risiko kecelakaan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Outsourcing dan Tantangannya

4. Adanya Perubahan Iklim dan Bencana

Tantangan berikutnya adalah berkaitan dengan perubahan iklim dan bencana alam.

Ini menjadi tantangan yang ada di luar kendali pemiliki bisnis, namun bisa menjadi risiko terbesar bagi bisnis transportasi.

Oleh karenanya setiap bisnis transportasi harus disertai dengan asuransi untuk melindungi risiko tersebut.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM untuk Industri Keuangan

5. Layanan Customer Service yang Buruk

Tantangan yang kelima adalah layanan customer service yang buruk.

Ini karena biasanya perusahaan transportasi lebih memfokuskan bisnis mereka dengan layanan operasional, sehingga untuk layanan customer service masih kurang baik.

Padahal pelanggan datangnya dari layanan customer service ini.

Baik atau buruknya layanan customer service ini sangat berpengaruh untuk menciptakan loyalitas pelanggan.

crm 1

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis B2B

Mengapa Bisnis Transportasi Harus Menggunakan Software CRM?

software crm bisnis transportasi

Setelah Anda mengetahui apa saja tantangan yang harus dihadapi oleh bisnis transportasi dan logistik, Anda pasti mengetahui pentingnya layanan pelanggan atau customer service pada bisnis ini.

Padahal layanan pelanggan ini penting untuk dioptimalkan oleh semua jenis bisnis, termasuk untuk bisnis transportasi dan logistik.

Nah, Anda bisa mendukung layanan pelanggan ini dengan menggunakan software CRM.

Software CRM akan memberikan berbagai kemudahan dan berikut beberapa kemudahan yang menjadi alasan mengapa Anda harus menggunakan software CRM untuk bisnis transportasi:

1. Komunikasi yang Lebih Efisien

Alasan mengapa bisnis transportasi harus menggunakan software CRM yang pertama adalah untuk menghasilkan komunikasi yang lebih efisien.

Ketika visibilitas pada perusahaan Anda semakin kuat, maka lebih mudah bagi Anda untuk menciptakan komunikasi yang efisien.

Hal ini akan sulit dilakukan tanpa adanya teknologi CRM untuk bisnis logistik.

Terlebih, industri logistik merupakan industri yang beragam dan memiliki berbagai saluran, sehingga penting untuk memiliki visibilitas pada seluruh bagian untuk mendukung pergerakan dari rantau produksi dan distribusi.

Dengan penggunaan sistem CRM ini, perusahaan transportasi dapat menciptakan transparansi dan keselarasan perusahaan yang sehat melalui tampilan yang dimiliki.

Anda juga bisa memantau dan melacak semua aktivitas yang ada di industri sehingga menjadi lebih mudah tanpa harus berganti aplikasi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Real Estate dan Tantangannya

2. Kolaborasi Tim Dapat Meningkat

Alasan kedua adalah CRM akan mendukung kolaborasi tim di mana bisa menjadi lebih meningkat.

Ini didapatkan dengan adanya transparansi dan komunikasi lintas tim yang didapatkan dari sistem CRM, sehingga produktivitas bisa meningkat.

CRM juga memiliki berbagai tools yang dapat digunakan untuk mengelola hubungan pelanggan melalui database yang dapat diakses oleh tim sales, marketing, hingga customer service.

Tidak hanya itu, setiap anggota tim Anda juga bisa melakukan kolaborasi dan penyerahan tugas tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM Logistik Terbaik

3. Mendukung Pengembalian Investasi atau ROI

Ketiga, dengan penggunaan software CRM Anda bisa memberikan dukungan untuk pengembalian investasi atau ROI.

Dengan adanya visibilitas, efisiensi, dan skalabilitas CRM, memudahkan bagi Anda untuk memperoleh ROI yang baik.

Ini karena sistem CRM menjadi bagian yang sangat berharga.

Dengan database yang dimiliki oleh sistem CRM membuat Anda lebih mudah dalam menyusun strategi yang lebih efisien dan membuat perkiraan tren penjualan.

Ini akan memudahkan Anda dalam mendapatkan ROI di waktu yang singkat.

Baca Juga: Software CRM Sales: Keuntungan, Fitur, dan Rekomendasinya

Apa Saja Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis Transportasi?

software crm bisnis transportasi

Untuk memudahkan Anda dalam memilih software CRM untuk bisnis transportasi, berikut rekomendasinya untuk Anda:

1. CRM.ID

crm.id

Rekomendasi pertama datang dari CRM.ID yakni sebuah software CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan layanan pelanggan untuk bisnis transportasi.

CRM.ID merupakan WhatsApp API platform yang dapat digunakan untuk melayani pelanggan tanpa perlu khawatir diblokir.

Semua yang didapatkan di aplikasi ini serba unlimited dan tanpa adanya tambahan biaya bulanan.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh CRM.ID ini:

  • Tampilan antar muka yang bersih dan mirip dengan WhatsApp sehingga akan memudahkan bagi tim Anda untuk memahami cara kerja CRM.ID.
  • Tidak memerlukan training selama berbulan-bulan.
  • Mendapatkan layanan via Zoom 1 on 1 secara gratis, dan tanpa adanya batasan. Tim CRM.ID akan membantu seluruh proses onboarding, training karyawan, hingga asistensi selama penggunaan.
  • Riwayat percakapan yang dapat otomatis tersimpan dan dapat dicari dengan mudah melalui mesin pencarian mutakhir.
  • Mendapatkan nomor masking dari WhatsApp dan jika memenuhi syarat juga bisa mendapatkan centang hijau WhatsApp tanpa adanya tambahan biaya.
  • Telah terintegrasi dengan RES API yang tersedia.
  • Dapat melayani pelanggan sebanyak mungkin tanpa khawatir adanya batasan.
  • Satu nomor WhatsApp dapat digunakan untuk melayani banyak agent sekaligus.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis di Indonesia

2. Creatio

aplikasi crm restoran creatio

Rekomendasi kedua dari software CRM yakni Creatio.

Creatio merupakan perusahaan yang menyediakan CRM untuk kelas atas di mana akan memudahkan dalam pemasaran, penjualan hingga otomatisasi layanan pelanggan.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengotomatisasikan seluruh perjalanan pelanggan dengan tingkat kebebasan yang maksimum.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Creatio:

  • Dashboard untuk memantau aktivitas bisnis
  • Mendukung memaksimalkan pengelolaan campaign yang diadakan oleh perusahaan
  • Membantu menganalisis ROI
  • Memudahkan dalam menganalisis layanan pelanggan
  • Laporan yang dapat disesuaikan
  • Manajemen dokumentasi yang optimal
  • Mendukung memaksimalkan email marketing pada bisnis

3. Pipeliner

pipliner

Pipeliner menjadi rekomendasi berikutnya yang dapat membantu bisnis Anda dalam mendorong engagement pengguna melalui tampilan antar muka yang ramah penjualan.

Aplikasi CRM ini memungkinkan bagi Anda untuk mempelajari sistem secara cepat sehingga mendorong tingkat adopsi yang tinggi dan ROI yang lebih cepat.

Selain itu, Pipeliner juga telah dilengkapi dengan visual sales pipiline yang mudah untuk digunakan bersama sistem drag n drag, pengeditan in-line, hingga dengan alat non-teknis lainnya.

Berikut fitur yang dimiliki oleh Pipeliner:

  • Manajemen kontak
  • Database pelanggan
  • Laporan yang dikustimisasi
  • Manajemen dokumen
  • Manajemen penjualan
  • Perkiraan penjualan

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Terbaik dan Tipsnya

4. NetHunt CRM

software crm bisnis transportasi

Rekomendasi berikutnya adalah dari NetHunt, yakni sebuah software CRM yang saat ini tersedia dalam versi aplikasi web, namun belum ada untuk versi aplikasi seluler.

Berikut beberapa fitur yang dimililiki oleh NetHunt CRM:

  • Aplikasi web dari NetHunt
  • Manajemen kontak
  • Deals & opportunities management
  • Manajemen pelanggan
  • Multiples pipelines

5. Pipedrive

pipedrive

Pipedrive merupakan software CRM yang memiliki tools yang dapat digunakan untuk memaksimalkan tim penjualan.

Aplikasi ini dirancang secara sederhana namun memiliki kekuatan dengan cara memberikan prioritas ke berbagai bidang,

Penggunaannya juga sangat mudah sehingga Anda bisa melakukan penjualan dengan lebih banyak menggunakan aplikasi CRM ini.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Pipedrive:

  • Sistem pengingat
  • Manajemen panggilan
  • Manajemen campaign
  • Client/Property Matching
  • Code-free development
  • Alat kolaborasi yang canggih

Baca Juga: 15 Fitur yang Harus Ada dalam Software CRM

6. Efficy

efficy

Buat Anda yang membutuhkan software CRM untuk bisnis transportasi dengan penyesuaian pada ukuran dan kebutuhan spesifik, Efficy bisa menjadi pilihan Anda.

Efficy merupakan software CRM yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan bisnis dengan cara yang lebih terstruktur.

Dengan aplikasi ini Anda bisa memudahkan dalam mengatur data sehingga karyawan bisa lebih mudah menjalankan tugas mereka.

Berikut beberapa fitur yang dimilikinya:

  • Manajemen aktivitas
  • Manajemen prospek
  • Laporan dan analisis
  • Portal dukungan pelanggan
  • Manajemen kontak
  • Chat atau pesan

7. Nutshell

nutshell

Nutshell merupakan aplikasi CRM all-in-one di mana dapat membantu bisnis transpotasi Anda dalam mendapatkan lebih banyak penjualan.

Dengan desain yang sederhana, Nutshell ini dilengkapi dengan kontak CRM tanpa adanya batasan, dan didukung dengan bantuan migrasi data.

Berikut fitur yang dimiliki oleh Nutshell ini:

  • Template email
  • Manajemen penjualan
  • Analisis atau laporan penjualan
  • Sales pipeline management
  • Manajemen tugas

Baca Juga: 10 Keuntungan Menggunakan Software CRM bagi Bisnis

8. Freshsales

freshsale

Freshsale menjadi rekomendasi berikutnya buat Anda yang membutuhkan software CRM untuk industri transportasi.

Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh Freshsales di antaranya:

  • Manajemen kontak
  • Pelacakan prospek
  • Otomatisasi penjualan
  • Telepon dengan sekali klik
  • Email marketing
  • Intergrasi
  • Analisis penjualan

9. Oracle Netsuite

oracle netsuite

Oracle Netsuite merupakan software CRM yang dapat melayani semua jenis industri, termasuk pada bisnis transportasi.

Pembeliannya juga sangat mudah di mana Anda bisa mendapatkan opsi penjualan secara tahunan dengan uji coba gratis.

Berikut beberapa fitur yang dimilikinya:

  • Manajemen keuangan dan akuntansi
  • Manajemen rantai pasok dan inventaris
  • Revenue management
  • CRM
  • Manajemen proyek

10. Nimble

software crm bisnis transportasi

Rekomendasi yang terakhir adalah datang dari Nimble, sebuah aplikasi CRM yang bisa menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk mengelola kontak dan hubungan pelanggan.

Dengan tampilan 360 derajat memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi kontak dan riwayat interaksi dengan tim.

And ajuga bisa mengirimkan email grup yang dipersonalisasi dan dilengkapi dengan fitur analitik, pelaporan, dan pelacakan dengan email pribadi.

Berikut fitur yang dimiliki oleh Nimble:

  • Manajemen kontak
  • Pengayaan kontak
  • Database pelanggan
  • Email marketing
  • Manajemen penjualan

Baca Juga: Aplikasi CRM Klinik: 10 Rekomendasi Terbaiknya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai software CRM untuk bisnis transportasi yang bisa Anda jadikan referensi.

Dari penjelasan artikel di atas, dapat diketahui bahwa untuk mendukung kemudahan layanan pelanggan, bisnis transportasi harus mendukungnya dengan menggunakan software CRM.

Software CRM memiliki berbagai fitur canggih di mana perusahaan transportasi dan logistik bisa memaksimalkan dan mengoptimalkan layanan pelanggan sehingga penjualan dapat meningkat.

CRM.ID menjadi rekomendasi aplikasi CRM terbaik untuk bisnis tranportasi.

Ini karena CRM.ID dilengkapi dengan berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan layanan pelanggan, salah satunya di mana Anda bisa mendapatkan centang hijau dari WhatsApp secara gratis jika memenuhi persyaratan.

Jadi tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami di tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 9 =