Software CRM menjadi bagian penting yang harus digunakan oleh semua perusahaan dagang.
Seperti yang diketahui, perusahaan dagang menjadi salah satu perusahaan dengan kegiatan utama membeli, menyimpan, dan menjual kembali.
Kegiatan utama ini membuat perusahaan dagang wajib memiliki layanan pelanggan terbaik yang akan mendukung kepuasan pelanggan.
Software CRM hadir untuk mendukung layanan pelanggan yang optimal bagi perusahaan dagang.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai software CRM perusahaan dagang mulai dari tantangan yang dimilikinya, mengapa perusahaan dagang perlu memiliki software CRM, hingga rekomendasinya.
Baca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:
Apa Saja Tantangan dalam Usaha Dagang Mengembangkan Usaha Dagang?

Perusahaan dagang merupakan perusahaan dengan aktivitas utama melakukan aktivitas pembelian dan penjualan barang dengan harga di atas harga pokok sehingga bisa mendapatkan keuntungan.
Untuk mendapatkan keuntungan di dalam perusahaan dagang, Anda bisa mencari selisih antara harga jual barang dengan harga pembelian barang.
Kemudian untuk mendapatkan keuntungan bersih, Anda dapat menghitung laba kotor dikurangi dengan biaya operasional yang dimiliki.
Sebagai salah satu jenis bisnis yang berhubungan dengan jual beli barang, pastinya perusahaan dagang ini memiliki tantangan yang harus dihadapi.
Berikut beberapa tantangan tersebut:
1. Kondisi Ekonomi yang Kurang Stabil
Tantangan yang pertama adalah kondisi ekonomi yang kurang stabil.
Sebagai perusahaan yang berfokus pada perdagangan, kondisi ekonomi memegang peranan yang sangat penting.
Kondisi ekonomi ini berpengaruh pada kemampuan konsumen dalam melakukan pembelian, sehingga ketika kondisi ekonomi sedang tidak stabil maka akan berpengaruh terhadap penurunan daya beli masyarakat.
Lebih dari itu kondisi ekonomi ini tidak dapat dikendalikan karena dipengaruhi oleh kebijakan yang ada di Indonesia.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Perusahaan Ritel dan Tantangannya
2. Sumber Daya yang Masih Terbatas
Tantangan kedua yang harus dihadapi oleh perusahaan dagang adalah sumber daya yang masih terbatas, ini berlaku khususnya untuk sumber daya manusia.
Kenyataannya mencari talenta atau sumber daya yang memadai untuk mendukung kesuksesan bisnis bukan hal yang mudah.
Baca Juga: Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya
3. Persaingan Bisnis yang Ketat
Tantangan berikutnya adalah persaingan bisnis yang ketat, terlebih untuk bisnis yang bergerak di perdagangan.
Persaingan bisnis ini jika tidak dibarengi dengan strategi yang tepat bisa membuat bisnis Anda tertinggal dan kalah dengan kompetitor lainnya.
Baca Juga: 11 Rekomendasi Marketing Tools untuk Bisnis dan Contohnya
4. Adanya Perubahan Teknologi
Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, maka semakin besar tantangan yang harus dihadapi oleh bisnis.
Ini juga berlaku bagi bisnis yang bergerak di bidang perdagangan atau pada perusahaan dagang.
Salah satu teknologi yang harus dihadapi oleh perusahaan dagang adalah sistem penjualan yang saat ini sebagian besar dilakukan secara online.
Jika perusahaan dagang tiba beradaptasi dengan perubahan yang ada ini tentunya perusahaan dagang akan tertinggal dan tidak diminati oleh pasar.
5. Adanya Perubahan Perilaku Konsumen
Tantangan terakhir yang saat ini harus dihadapi oleh perusahaan dagang adalah terkait adanya perubahan perilaku konsumen.
Seiring berjalannya waktu dan seiring terjadinya perubahan teknologi, perilaku konsumen juga akan semakin berubah.
Salah satu perilaku konsumen yang berubah adalah terkait kepuasan layanan perusahaan dagang terhadap konsumen.
Saat ini konsumen berhadap bisa mendapatkan layanan yang memuaskan baik berhubungan dengan kebutuhan informasi produk hingga kebutuhan ketika terjadi keluhan dari mereka.
Ini membuat perusahaan dagang harus bisa mendukung layanan pelanggan yang optimal, salah satunya dengan menggunakan software CRM.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Online Shop
Mengapa Perusahaan Dagang Membutuhkan Software CRM?

Agar perusahaan dagang bisa menghadapi tantangan yang ada tersebut, tentunya perusahaan dagang harus bisa memiliki strategi yang tepat.
Salah satunya adalah dengan menggunakan software CRM untuk mendukung perusahaan dagang dalam menghadapi setiap tantangan yang ada.
Software CRM yang hadir untuk memudahkan pengelolaan layanan pelanggan akan membuat perusahaan dagang bisa dengan mudah memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggannya.
Ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh software CRM yang membuat perusahaan dagang wajib untuk menggunakannya untuk mempermudah layanan pelanggan di perusahaan.
Apa saja manfaat yang dimiliki oleh software CRM ini? Berikut penjelasannya:
1. Mendukung Peningkatan Hubungan Pelanggan
Manfaat yang pertama adalah untuk mendukung peningkatan hubungan dengan pelanggan.
CRM dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mendukung kemudahan dalam memberikan layanan pelanggan.
Misalnya dengan fitur unlimited chatting yang akan memberikan fasilitas mengirimkan pesan secara unlimited.
Dengan cara ini Anda bisa memberikan pelayanan pelanggan yang optimal sehingga bisa mendukung peningkatan hubungan dengan pelanggan.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik Untuk Bisnis Logistik
2. Membantu Meningkatkan Retensi Pelanggan
Buat bisnis yang ingin meningkatkan retensi pelanggan, penggunaan software CRM adalah hal yang wajib untuk dilakukan.
Software CRM mendukung memberikan layanan pelanggan terbaik sehingga pelanggan bisa merasa puas dengan layanan yang diberikan.
Dengan cara ini pelanggan akan setia menggunakan produk Anda dan dengan begitu retensi pelanggan dapat ditingkatkan.
3. Membantu Meningkatkan Produktivitas
Bagi Anda yang ingin meningkatkan produktivitas dalam bisnis Anda, software CRM bisa membantunya.
Layanan pelanggan yang optimal membuat bisnis Anda bisa memiliki lebih banyak waktu yang tersisa dibandingkan dengan layanan pelanggan manual.
Waktu yang dimiliki ini bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas.
Baca Juga: Perbedaan Sales dan Marketing yang Harus Anda Ketahui
4. Optimalkan Layanan Pelanggan
Tentu saja manfaat yang sangat penting yang dimiliki oleh software CRM adalah terkait mengoptimalkan layanan pelanggan.
Software CRM memungkinkan bagi bisnis untuk mengoptimalkan layanan pelanggan melalui fitur-fitur yang dimilikinya.
5. Menghemat Biaya Operasional
Ketika Anda menggunakan software CRM, maka Anda juga telah mendapatkan manfaat yakni terkait lebih hemat untuk biaya operasional yang dimilikinya.
Software CRM dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengelolaan layanan pelanggan lebih cepat dan dengan harga yang terjangkau.
Ini merupakan cara yang lebih hemat dibandingkan menggunakan cara manual.
Baca Juga: Marketing 360: Pengertian, Kelebihan, dan Tipsnya
Rekomendasi Software CRM untuk Perusahaan Dagang
Berikut beberapa rekomendasi software CRM untuk perusahaan dagang yang bisa menjadi pilihan Anda:
1. CRM.ID

Rekomendasi yang pertama datang dari software CRM asli dari Indonesia yakni CRM.ID.
CRM.ID merupakan software CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung kemudahan pengelolaan layanan pelanggan pada bisnis Anda.
Sebagai software CRM asli dari Indonesia, CRM.ID sangat cocok untuk digunakan bisnis di Indonesia.
Fitur utama:
- Serba unlimited: CRM.ID memberikan fasilitas serba unlimited yakni terdiri dari tanpa adanya batasan jumlah agen, tanpa batasan jumlah kontak, tanpa batasan MAU, hingga tanpa batasan jumlah pesan. Fotur ini membuat Anda tidak perlu ribet hitung batasan lagi, sehingga bisa fokus layani pelanggan-mu!
- Clean & Sleek Interface: CRM.ID dilengkapi tampilan antar muka yang bersih, mudah dan mirip dengan WhatsApp sehingga memudahkan tim Anda untuk memahami cara kerja CRM.ID. Anda tidak perlu lagi training berbulan-bulan hanya untuk memulai melayani pelanggan.
- Unlimited 1 on 1 Support: Dengan CRM.ID Anda berkesempatan mendapatkan layanan via zoom 1 on 1 secara gratis, dan tanpa batasan. Di sini tim Hebat CRM.ID akan membantu proses onboarding, training karyawan, hingga asistensi selama penggunaan.
- Searchable & Filterable: Riwayat percakapan akan tersimpan secara otomatis, dan dapat dicari dengan mudah menggunakan mesin pencarian mutakhir. Percakapan yang dilakukan juga dapat difilter untuk mendapatkan hasil yang akurat.
- Nomor Masking & Centang Hijau: Anda berkesempatan mendapatkan nomor masking dari WhatsApp, dan jika memenuhi syarat Anda juga bisa mendapatkan centang hijau WhatsApp tanpa adanya biaya tambahan.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi CRM Cloud untuk Bisnis Anda
2. Salesforce CRM

Rekomendasi kedua adalah dari Salesforce CRM di mana CRM ini sangat cocok untuk perusahaan dagang dengan skala yang besar.
Salesforce memiliki fitur unggulan yakni otomatisasi marketing dan adanya integrasi pihak ketiga, yang semuanya akan mendukung skalabilitas yang lebih tinggi.
Fitur utama:
- Analitik kinerja: Fitur ini akan memberikan laporan yang mendalam sehingga bisa membantu meningkatkan strategi bisnis.
- Otomatisasi pemasaran: Dengan fitur otomatisasi pemasaran, Anda bisa melakukan efisiensi untuk setiap kampanye pemasaran.
- Integrasi multi-aplikasi: Fitur ini mendukung kemudahan dalam melakukan sinkronisasi dengan berbagai alat bisnis.
Baca Juga: 6 Aplikasi CRM Untuk Kelola Customer Database
3. HubSpot CRM

Rekomendasi berikutnya adalah dari HubSpot CRM di mana software CRM ini banyak digunakan oleh bisnis yang baru diluncurkan.
HubSpot dilengkapi dengan tampilan antar muka yang bersih dan berbagai fiturnya juga gratis sehingga mudah untuk digunakan dan mendukung operasional yang lebih efisien.
Fitur utama:
- Live chat dan chatbot: Fitur ini dapat membantu dalam meningkatkan respons dari pelanggan.
- Manajemen penjualan: Memudahkan dalam memberikan pandangan secara menyeluruh terkait pipeline,
- Otomatisasi marketing: Dengan fitur ini pemasaran menjadi lebih mudah sehingga bisa mengurangi tugas-tugas manual yang ada.
Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Untuk Bisnis Konstruksi
4. Zoho CRM

Zoho CRM merupakan software CRM yang sangat cocok digunakan oleh UMKM karena fleksibilitas yang dimilikinya.
Dengan Zoho CRM ini, Anda bisa melakukan pengelolaan pipeline penjualan, mengotomatisasi tugas, hingga menyediakan laporan secara mendalam.
Dengan adanya integrasi Zoho dengan berbagai saluran komunikasi, Anda bisa menghemat biaya dan tetap bisa mendapatkan fitur canggih yang dibutuhkan bisnis.
Fitur utama:
- Otomatisasi penjualan: Membantu memudahkan pengelolaan pipeline penjualan.
- Manajemen tim: Dapat digunakan untuk membantu mengelola aktivitas tim yang dilakukan secara terpusat.
- Laporan analitik: Dapat memberikan insight yang akan membantu dalam pengambilan keputusan.
Baca Juga: Rekomendasi Tools CRM: Kelebihan, Kekurangan, dan Harga
5. Pipedrive

Buat Anda yang membutuhkan software CRM yang fokus dengan fitur visualisasi pipeline, Pipedrive ini cocok untuk Anda.
Pipeline merupakan software CRM yang dirancang khusus untuk membantu bisnis sehingga bisa meningkatkan konversi dan efisiensi opersional.
Fitur utama:
- Pipeline visual: Fitur ini membantu memudahkan dalam mengelola alur penjualan.
- Pelacakan aktivitas: Bisa memberikan notifikasi untuk langkah-langkah selanjutnya.
- Otomatisasi penjualan: Bisa membantu mengurangi pekerjaan manual dengan menggunakan fitur yang otomatis.
Baca Juga: 7 Software CRM Perusahaan Jasa Terbaik dan Fiturnya
6. Keap

Keap merupakan software CRM yang akan membantu dalam memudahkan pengelolaan penjualan dan pemasaran.
Buat Anda pelaku UMK yang ingin melakukan otomatisasi pengelolaan prospek, Keap ini sangatlah cocok karena bisa digunakan untuk pengelolaan prospek, pengiriman email, hingga untuk melacak interaksi dengan pelanggan.
Fitur utama:
- Pre-built reminders: Fitur ini akan membantu mengirimkan notifikasi terkait tugas yang belum diselesaikan.
- Automated emails: Digunakan untuk mengirimkan email secara otomatis.
- Keeps calls and messages separate: Ini fitur saluran panggilan dan layanan pesan pelanggan yang dibuat secara terpisah.
- Automated follow-up: Fitur ini akan mempermudah tim dalam membuat tindak lanjut prospek secara otomatis.
Baca Juga: 7 Aplikasi CRM untuk Tingkatkan Kinerja Customer Service
7. Apptivo

Rekomendasi software CRM untuk perusahaan dagang berikutnya adalah dari Apptivo, yakni software CRM dengan basis cloud yang bisa memberikan solusi all-in-one yang mendukung pengelolaan penjualan, marketing, hingga untuk proyek.
Fitur utama:
- Manajemen prospek: Fitur ini dapat digunakan untuk memudahkan pelacakan dan pengelolaan prospek.
- Invoice dan tagihan: Fitur invoice dan tagihan digunakan untuk memberikan dukungan invoice secara otomatis.
- Pelaporan kustom: Fitur ini menyediakan laporan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Software CRM untuk Perusahaan Konstruksi
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai software CRM perusahaan dagang yang dapat menjadi referensi Anda.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa penggunaan software CRM untuk perusahaan dagang menjadi hal yang wajib dilakukan, khususnya bagi Anda yang ingin memudahkan pengelolaan layanan pelanggan bisnis.
CRM.ID menjadi rekomendasi software CRM yang dilengkapi berbagai fitur yang akan mendukung kemudahan pengelolaan layanan pelanggan pada bisnis Anda.
Dengan CRM.ID ada berbagai fitur yang bisa Anda nikmati, salah satunya adalah Anda berkesempatan mendapatkan centang hijau dari WhatsApp secara gratis jika Anda memenuhi persyaratan.
Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025