Sebagai bisnis yang mengandalkan layanan sebagai produknya, menggunakan software CRM bagi usaha jasa adalah hal yang wajib dilakukan.
Dengan penggunaan software CRM ini, usaha jasa bisa mengoptimalkan layanan pelanggan sehingga pelanggan merasa puas dan melakukan repeat order.
Selain itu, ketika pelanggan merasakan kepuasan, sangat mudah bagi mereka untuk meningkatkan loyalitas yang nantinya akan berdampak pada peningkatan pendapatan perusahaan.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai software CRM untuk usaha jasa mulai dari tantangan yang harus dihadapi, mengapa usaha jasa harus menggunakan software CRM, hingga rekomendasi software CRM untuk usaha jasa.
Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:
Apa Saja Tantangan yang Harus Dihadapi Usaha Jasa dalam Manajemen Konsumen?

Buat Anda yang belum mengetahuinya, software CRM merupakan perangkat lunak yang dilengkapi fitur-fitur untuk mendukung pengelolaan hubungan pelanggan.
Bagi bisnis, pengelolaan hubungan pelanggan ini sangatlah penting karena berhubungan dengan kepuasan pelanggan di mana ini akan berdampak pada repeat order dan loyalitas pelanggan.
Dengan software CRM, Anda bisa memberikan layanan pelanggan secara memuaskan karena CRM dilengkapi dengan fitur serba unlimited di mana Anda bisa mengirimkan pesan tanpa batas, jumlah agen tanpa batas, hingga jumlah kontak yang tanpa batasan.
Jadi, bayangkan jika usaha jasa yang Anda miliki tidak menggunakan software CRM, pasti ada berbagai tantangan yang harus dihadapi.
Apa saja tantangan-tantangan yang harus dihadapi tersebut?
Baca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:
1. Membutuhkan Waktu yang Lama
Tantangan pertama yang harus dihadapi adalah berkaitan dengan pengelolaan layanan pelanggan yang menyita banyak waktu.
Ini berlaku untuk berbagai aktivitas, mulai dari pembaruan data pelanggan, pencatatan transaksi, hingga untuk laporan penjualan.
Dibutuhkannya waktu lebih lama ini karena tanpa software CRM, bisnis Anda harus melakukan pengelolaan layanan pelanggan secara manual.
Baca Juga: 7 Software CRM Perusahaan Jasa Terbaik dan Fiturnya
2. Pengelolaan Data Kurang Efisien
Tantangan kedua yang harus dihadapi oleh bisnis tanpa adanya software CRM adalah pengelolaan data yang kurang efisien.
Tanpa adanya software CRM, data yang dimiliki pelanggan akan tersebar di berbagai platform seperti Spreadsheet, catatan manual, hingga di dalam aplikasi yang terpisah.
Dengan cara ini membuat Anda lebih sulit dalam mencari aplikasi karena terpisah-pisah, termasuk ketika Anda harus melakukan koordinasi tim.
Ini membuat layanan pelanggan pada bisnis jasa Anda menjadi tidak konsisten dan kurang efisien.
3. Kesulitan untuk Melacak Kinerja
Tantangan yang selanjutnya adalah bisnis Anda bisa kesulitan dalam melacak kinerja.
Ini termasuk untuk melakukan pelacakan prospek, aktivitas penjualan, hingga untuk efektivitas kampanye pemasaran.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Usaha Jasa
4. Rendahnya Loyalitas Pelanggan
Penggunaan software CRM sangat berpengaruh pada tingkat loyalitas pelanggan.
Ini karena bisnis jasa tidak dilengkapi dengan optimalisasi layanan pelanggan sehingga pelanggan rentan merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.
Ketika pelanggan merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, maka ini membuat loyalitas yang mereka miliki juga akan rendah.
5. Layanan Pelanggan yang Terbatas
Salah satu fitur yang dimiliki oleh software CRM adalah layanan pelanggan yang bisa dilakukan secara tidak terbatas atau unlimited.
Jadi bisa dibayangkan ketika bisnis tidak dilengkapi dengan software CRM, maka pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan dapat terlambat dilayani.
Jika ini dibiarkan bisa membuat pelanggan merasa kecewa dan merusak reputasi yang dimiliki oleh bisnis.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Perusahaan Ritel dan Tantangannya
Mengapa Usaha Jasa Harus Menggunakan Software CRM?

Dengan semua tantangan yang harus dihadapi bisnis tanpa adanya software CRM, ini membuktikan bahwa penting bagi usaha jasa untuk menggunakan software CRM, bahkan bisa dibilang harus.
Terlebih untuk bisnis jasa yang sangat mengandalkan layanan pelanggan di dalamnya, membuat pengelolaan layanan pelanggan menjadi bagian wajib yang tidak boleh diabaikan oleh bisnis.
Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan bisnis jasa ketika menggunakan software CRM, yakni:
- Membantu bisnis jasa dalam memenuhi ekspektasi yang dimiliki oleh pelanggan
- Untuk meningkatkan kualitas interaksi bisnis jasa dengan para pelanggan
- Memudahkan bisnis dalam mengambil keputusan yang didasarkan pada data yang ada
- Kolaborasi tim menjadi lebih efisien
- Meningkatkan peluang untuk pendapatan yang lebih tinggi
Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis Transportasi
Apa Saja Rekomendasi Software CRM untuk Usaha Jasa?

Setelah Anda mendapatkan penjelasan terkait pentingnya penggunaan software CRM untuk usaha jasa, berikut rekomendasi software CRM untuk usaha jasa terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda:
1. CRM.ID

Rekomendasi pertama software CRM untuk usaha jasa adalah CRM.ID.
CRM.ID merupakan software CRM yang dapat memudahkan bisnis jasa untuk memaksimalkan layanan pelanggan yang dimiliki oleh bisnis Anda.
Buat Anda yang ingin memberikan layanan pelanggan secara optimal, CRM.ID adalah pilihan terbaik karena aplikasi CRM ini memberikan fasilitas layanan unlimited tanpa batasan pesan dan tanpa batasan agen.
Jadi Anda tidak perlu takut adanya batasan atau dilakukan pemblokiran karena terlalu banyak mengirimkan pesan kepada pelanggan.
Berikut fitur-fitur yang dimiliki oleh CRM.ID:
- Layanan pelanggan secara unlimited
- Tampilan antar muka yang bersih
- Unlimited 1 on 1 support
- Riwayat percakapan yang akan tersimpan secara otomatis
- Kesempatan mendapatkan nomor masking dan centang hijau dari WhatsApp
- Terintegrasi dengan REST API
- Melayani pelanggan sebanyak mungkin, tanpa khawatir adanya batasan
Baca Juga: 7 Rekomendasi Software CRM untuk Perusahaan Konstruksi
2. Microsoft Dynamics 360

Rekomendasi kedua datang dari Microsoft Dynamics 360, sebuah sistem CRM yang menjadi bagian dari sistem operasi Microsoft Office dan dilengkapi berbagai fitur, seperti:
- Kemudahan dalam mengelola data pelanggan
- Kemudahan dalam membuat dokumen Excel, Word, dan Outlook langsung dari sistem CRM
- Kemudahan membuat billing dan penjualan produk
- Adanya integrasi antara CRM dengan marketing
- Lebih mudah terhubung dengan cloud seperti OneDrive ataupun SharePoint sehingga memudahkan kolaborasi
Baca Juga: Rekomendasi Tools CRM: Kelebihan, Kekurangan, dan Harga
3. Freshsales

Rekomendasi software CRM berikutnya adalah dari Freshsales, sebuah CRM yang dilengkapi dengan fitur bermanfaat bagi perusahaan.
Dengan Freshsales ini, Anda dapat mengatur dan mengelola tugas-tugas, seperti:
- Ticketing
- Automations
- Reporting & analytics
- Collaboration
- Email tracking
- Event tracking
- Sales management
Baca Juga: 10 Aplikasi CRM untuk Bisnis Outsourcing yang Bisa Anda Coba
4. Zoho CRM

Buat Anda yang membutuhkan software CRM yang cukup populer untuk berbagai kebutuhan bisnis, Zoho CRM bisa menjadi pilihan tepat.
Zoho menawarkan sejumlah kemudahan dalam melakukan otomatisasi tugas sehari-hari.
Beberapa fitur yang dimiliki oleh Zoho CRM ini adalah:
- Workflow automation yang digunakan untuk pengubahan data ataupun menindaklanjuti prospek yang ada
- Omnichannel
- Database self-service
- Integrasi dengan email dan media sosial
Baca Juga: 6 Aplikasi CRM Untuk Kelola Customer Database
5. HubSpot

Sebagai salah satu software CRM terbaik, HubsSpot memberikan tawaran solusi integrasi penjualan, marketing, hingga layanan pelanggan di mana membuat bisnis lebih mudah mengelola hubungan pelanggan di dalam satu platfom.
Tidak hanya itu, HubSpot juga menyediakan berbagai alat pemasaran di mana bisa membantu bisnis dalam meningkatkan konversi dan mengukur efektivitas kampanye.
Beberapa fitur yang dimilikinya di antaranya:
- Live chat
- Chatbot
- Email marketing
- Marketing automation
- Sales management
- Laporan dan analitik
- Contact management
Baca Juga: 8 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis di Indonesia
6. Salesforce

Salesforce merupakan software CRM dengan basis cloud yang dimiliki oleh perusahaan dengan pusat kantor di San Fransisco, California.
Salesforce menjual berbagai software yang akan memudahkan layanan pelanggan, mengotomatisasi pemasaran, analisis, hingga untuk mengembangkan aplikasi.
Beberapa fitur yang ditawarkan di antaranya:
- Cloud penjualan
- Cloud pemasaran
- Cloud pelayanan
- Sales platform dan app exchanger
- Sales chatter
Baca Juga: 7 Aplikasi CRM untuk Tingkatkan Kinerja Customer Service
7. Pipedrive

Rekomendasi berikutnya adalah dari Pipedrive, yakni aplikasi CRM dengan basis web yang menawarkan sistem cloud dan beragam fitur yang berkaitan dengan hubungan pelanggan.
Pipedrive ini tidak memiliki versi gratis, namun buat Anda yang ingin mencobanya sebelum membeli bisa menggunakan versi trial.
Beberapa fitur yang dimilikinya di antaranya:
- Lead management dan penjualan
- Pelacakan komunikasi
- Sistem otomatisasi
- Insight dan laporan usaha
- Mobile apps
- Keamanan dan privasi dalam menggunakan aplikasi
Baca Juga: 8 Rekomendasi Software CRM untuk Industri Keuangan
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai software CRM usaha jasa yang dapat menjadi referensi untuk Anda.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa software CRM menjadi perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mendukung kemudahan dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
Buat Anda yang bingung memilih software CRM untuk bisnis Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID.
CRM.ID merupakan software CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.
CRM.ID merupakan aplikasi CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.
Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh CRM.ID ini mulai dari serba unlimited untuk layanan pelanggan, hingga kesempatan mendapatkan centang hijau gratis dari WhatsApp jika memenuhi persyaratan.
Dengan semua kemudahan ini, ini adalah saat terbaik bagi Anda untuk menggunakan CRM.ID dan berikan layanan pelanggan terbaik untuk pelanggan Anda.
Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025