10 Rekomendasi Aplikasi CRM Cloud untuk Bisnis Anda

aplikasi crm cloud banner

Aplikasi CRM cloud adalah aplikasi customer relationship management yang di-host melalui internet oleh penyedia pihak ketiga.

Customer relationship management (CRM) adalah teknologi yang membantu Anda mengelola hubungan, mendapatkan wawasan berharga, dan memberikan interaksi yang lebih personal kepada pelanggan.

Biasanya, banyak bisnis menggunakan sistem CRM on-premise, yang mengharuskan mereka berinvestasi pada software dan hardware yang kemudian juga harus mereka kelola sendiri.

Karena itu, banyak yang telah beralih ke aplikasi CRM cloud, di mana software dan penyimpanan data berada di internet dan dikelola secara offsite.

Manfaat aplikasi CRM cloud sangat beragam, termasuk lebih mudah diatur dan lebih fleksibel.

Pada artikel ini kami akan membahas apa itu aplikasi CRM cloud, manfaat, dan tips memilihnya untuk bisnis Anda.

Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM Cloud

Entah Anda menjalankan perusahaan B2B atau B2C, UMKM atau perusahaan besar, aplikasi cloud CRM dapat membantu Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari aplikasi CRM berbasis cloud:

1. Lebih hemat biaya

Dengan CRM berbasis cloud, Anda tidak perlu membeli perangkat keras, mengelola server, memastikan keamanan, atau memelihara sistem sendiri.

Hal ini berarti biaya awal maupun biaya operasional jauh lebih rendah.

Anda bisa mengimplementasikan CRM dan mengintegrasikannya ke dalam sistem yang sudah ada dengan investasi awal yang lebih kecil.

Sementara itu, Anda juga tidak perlu pusing memikirkan perawatan sistem karena penyedia layanan yang akan menanganinya.

2. Minim gangguan

Jika solusi CRM Anda berada di cloud, bukan di on-premise, tidak akan ada downtime untuk instalasi atau pembaruan software.

Semua proses tersebut terjadi secara otomatis dan ditangani oleh penyedia sistem.

Hasilnya, bisnis Anda terhindar dari banyak gangguan dan tim IT dapat lebih fokus pada tugas lain yang lebih strategis.

3. Data terpadu dan selalu terbaru

Karena mudah diintegrasikan dengan sistem SaaS lainnya, cloud CRM memungkinkan Anda mengurutkan, membersihkan, menganalisis, dan mengonsolidasikan berbagai sumber data menjadi satu tampilan pelanggan terpadu secara lebih efisien.

4. Customer journey yang lebih personal

Dengan data terpadu dari aplikasi CRM cloud, bisnis Anda dapat menciptakan pesan dinamis yang disesuaikan untuk setiap pelanggan.

Karena data dalam CRM dapat langsung diakses begitu diperbarui, upaya pemasaran dapat terus disempurnakan dan dipersonalisasi sesuai dengan perjalanan pelanggan yang selalu berubah.

5. Keamanan terpercaya

Keamanan adalah hal terpenting bagi CRM, mengingat sistem ini mengelola data pelanggan yang sensitif.

Aplikasi cloud CRM memiliki standar keamanan yang handal dan otomatis melindungi data pelanggan dan bisnis Anda dari ancaman terbaru.

6. Fleksibilitas dan skalabilitas

Dengan aplikasi cloud CRM, lebih mudah untuk meningkatkan atau menurunkan kapasitas sesuai dengan perkembangan bisnis dan perubahan kebutuhan.

Anda bisa menambahkan atau menghapus karyawan dari sistem dengan cepat dan mengintegrasikan alat baru sesuai kebutuhan.

7. Akses mudah dari mana saja

CRM berbasis cloud memberi tim Anda kemampuan untuk mengakses sistem kapan saja dan dari perangkat apa saja.

Mereka bisa menggunakannya dari kantor, rumah, maupun di lapangan. Hal ini memungkinkan tim untuk lebih kolaboratif dan responsif.

Dengan ini, mereka bisa bekerja sama dari mana pun mereka berada untuk menyesuaikan diri dengan kondisi serta perilaku pelanggan yang selalu berubah.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik Untuk Bisnis Logistik

10. Rekomendasi Aplikasi CRM Cloud

1. CRM.ID

CRM.ID

CRM.ID adalah aplikasi CRM cloud yang dirancang khusus untuk membantu bisnis melayani pelanggan melalui WhatsApp resmi.

Fitur-fiturnya sangat sesuai bagi usaha yang bergantung pada pesan WhatsApp sebagai saluran utama komunikasi pelanggan.

Platform ini memungkinkan interaksi tanpa batasan untuk agen, kontak, pesan, dan penggunaan bulanan aktif (MAU.

Dengan begitu, Anda bisa fokus melayani pelanggan tanpa khawatir terkait kapasitas atau biaya tambahan.

Fitur Utama:

  • Unlimited agent, kontak, pesan, dan MAU
  • Antarmuka bersih dan mudah digunakan
  • Unlimited dukungan 1-on-1 via Zoom
  • Fitur pencarian dan filter percakapan
  • Nomor masking & centang hijau WhatsApp
  • Integrasi REST API
  • Keamanan & Standarisasi ISO/IEC 27001

2. Copper

aplikasi crm cloud copper

Aplikasi CRM Copper dirancang untuk mengelola penjualan dan membangun hubungan pelanggan bagi bisnis kecil.

Copper membawa fitur-fitur berguna seperti email marketing, peramalan penjualan, dan integrasi media sosial.

Jika Anda menggunakan Google Workspace seperti Gmail, Google Drive, Sheet, Dokumen, dan lainnya, Anda akan menyukai integrasi Copper dengan G-Suite.

Dengan Copper, Anda bisa memperbarui data secara otomatis berdasarkan percakapan di Gmail, serta menyinkronkan jadwal pertemuan dengan kontak.

Fitur Utama:

  • Email marketing
  • Manajemen sales pipeline
  • Forecasting
  • Manajemen tugas
  • Manajemen channel
  • Alat kolaborasi

Baca Juga: 6 Aplikasi CRM Untuk Kelola Customer Database

3. Freshsales

alternatif software CRM Freshsales

Digunakan terutama oleh tim penjualan dan pemasaran, Freshsales adalah CRM yang fokus mempermudah pertumbuhan serta manajemen hubungan pelanggan.

Freshsales terkenal karena perusahaan induknya, Freshdesk, yang juga menawarkan produk bisnis tambahan seperti Freshteam (untuk tim HR) dan Freshservice (untuk manajemen layanan TI).

Selain itu, Freshsales juga memiliki asisten AI bernama Freddy, yang memberikan wawasan berbasis data, rekomendasi, serta saran untuk langkah terbaik berikutnya dalam penjualan.

Fitur Utama:

  • Wawasan berbasis AI
  • Manajemen kampanye
  • Manajemen prospek (lead management)
  • Segmentasi
  • Portal layanan mandiri
  • Marketing automation

4. Engagebay

aplikasi crm cloud engagebay

Merupakan solusi all-in-one untuk penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, Engagebay adalah paket CRM multifungsi dengan beragam fitur organisasi.

Engagebay juga memiliki tim layanan pelanggan yang sangat responsif, sehingga proses penyelesaian masalah menjadi cepat dan mudah.

Fitur yang tersedia di Engagebay mencakup manajemen knowledge base, penjadwalan real-time, serta pelacakan konversi.

Selain itu, Engagebay menawarkan sales leaderboard untuk mendorong komunitas penjualan yang berorientasi pada kinerja tinggi.

Fitur Utama:

  • Dukungan chat online
  • Auto-responder
  • Progressive dialer
  • Pelaporan/analitik
  • Peramalan penjualan
  • Lead generation

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Untuk Bisnis Konstruksi

5. Creatio

aplikasi crm indonesia creatio

Creatio menawarkan koleksi fitur CRM yang dirancang untuk fleksibilitas dan skalabilitas.

Platform ini mencakup fitur untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang sangat terpersonalisasi tanpa perlu keterampilan coding tingkat tinggi.

Perusahaan menengah hingga besar menggunakan Creatio untuk mengelola seluruh perjalanan pelanggan secara efisien.

Creatio menyediakan fitur standar CRM seperti manajemen pipeline, marketing automation, manajemen prospek, dan segmentasi.

Fitur Utama:

  • Marketing automation
  • Integrasi desktop
  • Metrik kinerja
  • Sistem kalender/pengingat
  • Manajemen pipeline
  • Segmentasi

6. Salesforce

salesforce

Salesforce adalah salah satu vendor CRM paling populer di dunia. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur, termasuk pelacakan aktivitas, pelacakan referral, dan metrik kinerja.

Salah satu fitur terpopuler adalah Einstein Voice Assistant, yang mampu menangkap catatan percakapan sekaligus memberikan briefing harian yang personal.

Selain itu, Salesforce juga memiliki aplikasi mobile yang memudahkan tim penjualan bekerja di mana saja.

Fitur Mobile Publisher memungkinkan pengguna membangun aplikasi dengan konsistensi brand, lengkap dengan penyesuaian warna, ikon, dan nama sesuai kebutuhan tim internal.

Fitur Utama:

  • Dashboard aktivitas
  • Email tracking
  • Pelaporan komprehensif
  • Peramalan penjualan
  • Manajemen peluang
  • Analisis prediktif

Baca Juga: Rekomendasi Tools CRM: Kelebihan, Kekurangan, dan Harga

7. Keap

keap crm

Keap adalah solusi CRM yang paling cocok untuk perusahaan eCommerce. Platform ini menawarkan fitur populer seperti marketing automation, template yang dapat disesuaikan, serta campaign builder dengan tampilan visual yang menarik

Selain itu, aplikasi CRM cloud ini juga menyediakan lebih dari 2.500 integrasi, sehingga kompatibel dengan sebagian besar aplikasi penjualan.

Salah satu fitur unggulan Keap adalah playbook, yang memungkinkan pengguna membangun kerangka lengkap untuk pemasaran dan penjualan dengan metodologi bawaan Keap.

Keap juga memiliki sistem penjadwalan otomatis yang efisien dan dapat menyinkronkan kalender antara perangkat mobile dan desktop, sehingga dapat diakses dari mana saja.

Fitur Utama:

  • Segmentasi pelanggan tingkat lanjut
  • Template
  • Drip campaigns
  • Pelacakan hubungan (relationship tracking)
  • Pelacakan pengunjung website
  • Metrik kinerja

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi CRM Untuk Bisnis Asuransi

8. Apptivo

apptivo-crm

Keunggulan utama Apptivo terletak pada nilai dari berbagai aplikasi bisnis yang ditawarkan dengan satu harga kompetitif.

Platform ini mencakup spektrum layanan penuh mulai dari penjualan dan pemasaran hingga penagihan dan dukungan, serta menjanjikan tampilan 360° terhadap basis pelanggan untuk menciptakan sinergi di seluruh sistem.

Apptivo menawarkan berbagai fitur CRM termasuk segmentasi untuk membagi populasi pelanggan dan manajemen tugas agar aktivitas penjualan tetap terpantau.

Selain itu, Apptivo menyediakan produk untuk mendukung aktivitas penjualan, seperti pelaporan pengeluaran melalui perangkat mobile, penagihan online, dan manajemen proyek.

Fitur Utama:

  • Sistem kalender/pengingat
  • Manajemen pemasaran
  • Pembuatan penawaran/estimasi
  • Manajemen wilayah
  • Kualifikasi prospek
  • Integrasi chat internal

Baca Juga: Rekomendasi 8 Aplikasi CRM Telemarketing Terbaik

9. SAP

aplikasi crm cloud sap

Dengan fitur analitik data yang kuat, pemasaran media sosial, serta kampanye multichannel, SAP adalah solusi CRM yang solid untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Aplikasi CRM cloud ini telah digunakan di berbagai industri, termasuk fashion, produk konsumen, teknologi tinggi, asuransi, hingga otomotif.

SAP berkomitmen membantu perusahaan memperoleh wawasan pelanggan yang lebih baik, sehingga mereka dapat menciptakan pengalaman super-personalized yang mendorong engagement.

Selain platform CRM, SAP juga menawarkan produk bisnis lainnya, termasuk Supply Chain Management dan Human Capital Management.

Fitur Utama:

  • Manajemen kontak
  • Manajemen kontrak pelanggan
  • Integrasi desktop
  • Integrasi ERP
  • Pembuatan dokumen output
  • Integrasi jejaring sosial

10. Salesflare

aplikasi crm bisnis kecil salesflare

Salesflare adalah CRM penjualan B2B yang secara otomatis melacak pelanggan berdasarkan data yang sudah ada di Google Workspace dan Microsoft Office 365.

Dengan begitu, Anda dan tim tidak perlu menghabiskan banyak waktu atau tenaga untuk melakukannya sendiri.

Salesflare juga menawarkan plugin yang mengintegrasikan CRM langsung ke dalam Gmail, Outlook, dan LinkedIn, sehingga Anda tidak perlu lagi berpindah tab.

Fitur Utama:

  • Sistem pengingat otomatis
  • Manajemen pipeline penjualan
  • Email sequence
  • Pelacakan email dan web
  • Analisis kekuatan hubungan
  • Integrasi LinkedIn

Baca Juga: 7 Software CRM Perusahaan Dagang dan Tantangannya

Tips Memilih Aplikasi CRM Cloud untuk Bisnis Anda

Untuk memilih aplikasi CRM cloud terbaik, Anda perlu mengetahui tujuan dan kebutuhan bisnis Anda.

Dari sini, Anda bisa mengevaluasi berbagai CRM yang sesuai dengan kriteria Anda. Lalu, selagi memilih dari CRM tersebut, pertimbangkan hal-hal di bawah ini:

  1. Dukungan Pelanggan: Begitu Anda mengimplementasikan CRM, maka aplikasi itu akan sangat berperan penting bagi bisnis. Karena itu, pilihlah penyedia aplikasi yang terkenal memberikan dukungan pelanggan yang konsisten dan handal beserta pelatihan kepada agen Anda.
  2. Harga: Tetapkan anggaran yang jelas dengan mempertimbangkan biaya bulanan atau biaya tambahan lainnya juga ada.
  3. Fleksibilitas: Bisnis Anda pasti akan terus berkembang seiring waktu. Jadi, pilihlah aplikasi CRM yang bisa tumbuh bersama bisnis Anda.
  4. Kustomisasi: Kustomisasi akan membantu Anda untuk mengatur aplikasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, seperti mengelola jenis data atau menambahkan dashboard.
crm banner 2

Baca Juga: 7 Rekomendasi Software CRM Usaha Jasa Terbaik

Kesimpulan

Aplikasi CRM cloud adalah tool yang sangat berguna untuk bisnis, memberikan semua manfaat seperti yang dijelaskan di atas beserta fleksibel, handal, aman, dan juga terjangkau.

Sebelum memilih aplikasi CRM, ketahui kebutuhan bisnis Anda terlebih dahulu. Lakukan riset untuk mengetahui daftar aplikasi CRM cloud yang bisa menjawab kesulitan Anda.

Dari daftar di atas, Anda bisa mencoba CRM.ID yang cocok untuk bisnis di Indonesia yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran komunikasi.

Dengan fitur tanpa batasan, Anda bisa fokus melayani pelanggan tanpa takut terblokir.

Yuk, jadwalkan demo sekarang juga lewat tautan ini.

Tinggalkan Komentar

fifteen + fourteen =