Aspek Pemasaran: Ini Tujuan dan Komponennya

aspek pemasaran

Dalam sebuah bisnis, aspek pemasaran menjadi bagian penting yang harus selalu dipertimbangkan oleh pemilik bisnis.

Dengan adanya aspek pemasaran ini, sebuah bisnis bisa lebih mudah dalam memetakan pasar, sekaligus mengetahui kelayakan dari bisnis yang Anda jalankan.

Di sini Anda bisa lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Oleh karenanya penting bagi Anda untuk memahami mengenai aspek pemasaran mulai dari pengertiannya, tujuan, hingga komponen yang dimilikinya.

Untuk lebih lengkapnya Anda dapat menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa yang Dimaksud Aspek Pemasaran?

aspek pemasaran

Seperti penjelasan sebelumnya, aspek marketing jadi bagian penting yang harus dipahami oleh pemilik bisnis.

Bagi bisnis, memahami aspek marketing dapat membantu untuk lebih memahami keadaan pasar terhadap produk yang telah dibuat.

Di sini dapat diartikan bahwa aspek pemasaran atau aspek marketing adalah faktor-faktor yang ada di dalam proses perencanaan, pengembangan, promosi, dan distribusi produk ataupun layanan yang ada pada suatu bisnis.

Dalam aspek marketing, seorang pemilik bisnis harus bisa memahami pasar, memenuhi kebutuhan pelanggan, hingga membangun hubungan secara berkelanjutan dengan para pelanggan.

Dengan cara ini Anda dapat terbantu untuk bisa mencapai tujuan dengan menjual produk atau layanan secara efisien dan juga efektif.

crm banner 1

Baca Juga: Strategi Pemasaran Online: Manfaat dan Cara Menyusunnya

Mengapa Aspek Pemasaran Penting bagi Bisnis?

aspek pemasaran

Setelah Anda mengetahui pengertian dari aspek marketing, pertanyaan yang mungkin Anda ajukan adalah mengapa aspek pemasaran ini penting bagi bisnis?

Sebagai pemilik bisnis tentunya Anda ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih maju lagi, bukan?

Dengan adanya aspek marketing ini Anda bisa menggunakannya untuk mengembangkan bisnis dengan ditinjau dari sisi marketing.

Manager pemasaran dapat menggunakan aspek marketing ini untuk memperlancar kinerja.

Dari sini juga sebuah bisnis bisa membuat pemetaan yang akan membantu dalam membuat strategi pemasaran yang tepat.

Baca Juga: 14 Contoh Strategi Pemasaran dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Tujuan dari Aspek Pemasaran?

marketing

Salah satu tujuan yang dimiliki aspek marketing adalah untuk bisa mencapai hasil yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Berikut beberapa tujuan yang dimiliki oleh aspek marketing:

1. Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Tujuan yang pertama adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang dimiliki perusahaan.

Seperti yang diketahui, tujuan utama dari marketing adalah agar produk yang dimiliki perusahaan bisa terjual sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

Ketika bisnis memiliki strategi marketing yang tepat, maka bisnis dapat menarik lebih banyak pelanggan sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Iklan Penawaran: Ini Cara Membuat dan Contohnya

2. Untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Tujuan yang kedua adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Selain kebutuhan pelanggan, ada bagian lain yang juga ingin dipenuhi melalui aspek marketing ini, yakni keinginan dan preferensi konsumen.

Dengan cara ini akan membantu bisnis untuk menghasilkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan dari pelanggan.

Baca Juga: 10 Strategi Pemasaran Produk untuk Bisnis Anda dan Contohnya

3. Untuk Branding

Selain dua tujuan di atas, aspek marketing juga memiliki tujuan sebagai branding.

Ketika sebuah bisnis memiliki branding yang baik, maka ia dapat menciptakan hubungan emosional yang baik di kalangan pelanggan dan juga memudahkan membedakan bisnis dengan pesaing yang ada di pasar.

Baca Juga: Konten Digital: Ini Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

4. Menciptakan Brand Awareness

Tujuan berikutnya adalah untuk menciptakan awareness atau kesadaran di kalangan konsumen.

Kesadaran ini berkaitan dengan produk atau layanan yang dimiliki.

Ketika bisnis berhasil menciptakan kesadaran di kalangan konsumen, maka bisnis bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk melakukan pembelian.

Baca Juga: Pelayanan Prima: Konsep dan Cara Memberikannya

5. Mendorong Profit

Tujuan yang kelima adalah untuk mendorong profit atau keuntungan pada bisnis.

Dengan terciptanya permintaan yang kuat dari aspek-aspek yang telah dilakukan, maka akan memberikan dampak pada peningkatan keuntungan yang didapatkan bisnis.

Ini terjadi karena aspek-aspek pemasaran yang dilakukan berhasil mendorong penjualan dan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

6. Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

Apakah Anda ingin membangun loyalitas di antara para pelanggan bisnis Anda?

Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah dengan memperhatikan aspek-aspek yang ada pada marketing produk atau layanan Anda.

Kenyataannya loyalitas terbangun karena bisnis mampu menghadirkan produk dan layanan terbaik, dan ini bisa Anda wujudkan melalui aspek-aspek marketing yang ada pada bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Contoh Digital Marketing dan Strategi Terbaiknya

7. Untuk Memenangkan Persaingan Pasar

Membangun bisnis artinya Anda harus siap dengan persaingan yang ada di pasar dan salah satu tujuan dari aspek marketing adalah memenangkan persaingan pasar yang ada.

Di sini marketing akan membantu bisnis menghadapi persaingan dengan membuat strategi yang tepat.

Anda juga akan didorong untuk lebih memahami tren yang ada di pasar dan melakukan identifikasi keunggulan yang dimiliki oleh kompetitor, sehingga perusahaan bisa memenangkan pesaingan yang ada di pasar.

8. Meningkatkan Market Share

Market share atau dalam bahasa Indonesia pangsa pasar adalah indikator yang digunakan untuk mengukur seberapa besar bisnis dapat menguasai pasar.

Nah, aspek-aspek pemasaran ini bisa membantu bisnis dalam meningkatkan pangsa pasar atau market share.

Ketika bisnis memiliki pangsa pasar yang lebih luas, maka bisnis bisa menarik lebih banyak pelanggan dan memiliki posisi teratas di industri yang sama.

Baca Juga: Marketing Plan: Jenis, Cara Membuat, dan Contohnya

9. Untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Tujuan berikutnya dari aspek marketing adalah untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

Sebagai pemilik bisnis pastinya Anda ingin bisnis Anda terus bertumbuh, bukan?

Ketika pemasaran dilakukan secara efektif, maka bisnis dapat terbantu untuk mengembangkan bisnis melalui ekspansi produk, diversifikasi, hingga penetrasi pasar yang lebih dalam.

10. Untuk Mendukung Evaluasi Kinerja

Tujuan yang terakhir adalah untuk mendukung evaluasi kinerja.

Evaluasi kinerja ini biasanya dilakukan pada strategi marketing yang telah ditetapkan oleh bisnis sebelumnya.

Dengan melakukan evaluasi kinerja, bisnis bisa mengetahui bagian-bagian mana saja yang telah dilakukan secara tepat, bagian mana yang harus ditingkatkan, dan bagian mana yang harus diubah.

Baca Juga: Search Engine Marketing: Cara Kerja dan Bedanya dengan SEO

Apa Saja Komponen dalam Aspek Pemasaran?

aspek pemasaran

Berikut 7 aspek pemasaran yang wajib dipahami oleh bisnis, apa saja?

1. Strategi Marketing

Aspek yang pertama adalah strategi marketing, yakni segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengubah calon konsumen menjadi konsumen melalui penjualan.

Ada beberapa bagian yang ada di dalam strategi marketing ini, yakni proporsi nilai perusahaan, pesan brand utama, data terkait demografi, hingga elemen-elemen penting lainnya.

Dalam strategi marketing ini dikenal istilah 4P yakni product, price, place, dan promotion.

Tujuan akhirnya adalah agar bisnis bisa mendapatkan dan mengkomunikasikan keunggulan kompetitif secara berkelanjutan terhadap perusahaan pesaing dengan cara memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam strategi marketing ini, mulai dari dari desain iklan cetak, kustomisasi massal, hingga melakukan kampanye melalui media sosial.

Untuk menciptakan strategi marketing yang tepat, Anda bisa melakukan riset pasar agar bisa memetakan kampanye dengan tepat dan juga bisa meningkatkan penjualan bisnis.

2. Riset Pasar

Riset pasar atau market research menjadi aspek marketing yang tidak kalah penting.

Riset pasar ini adalah proses yang dilakukan bisnis untuk menilai kelayakan produk atau layanan sebelum produk ini diluncurkan ke pasar.

Riset pasar akan menguji apakah nantinya produk atau layanan yang dihasilkan dapat diterima dengan baik oleh pasar.

Dengan adanya riset pasar ini, bisnis bisa lebih mudah menemukan pasar yang tepat sehingga bisa mendapatkan pendapat dan umpan balik dari konsumen berkaitan dengan produk atau layanan yang dimiliki.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam riset pasar ini, mulai dari dilakukan langsung oleh internal perusahaan ataupun menggunakan pihak luar atau pihak ketiga untuk melakukannya.

Anda dapat melakukan riset pasar ini melalui survei, uji produk, hingga membuat kelompok fokus.

3. Penawaran Produk

Penawaran produk jadi aspek marketing yang tidak kalah penting bagi bisnis Anda.

Di sini Anda perlu memahami rincian dari produk yang dijual, mulai dari manfaatnya, fitur unik yang dimilikinya, hingga komponen-komponen lainnya.

Setelah itu Anda bisa menyesuaikan informasi yang ada dengan kebutuhan dari target audiens untuk mengetahui nilai jual dari produk tersebut,

Dari sini Anda bisa mulai untuk memasarkan produk Anda melalui cara yang tepat dan efektif.

Baca Juga: 10 Contoh Media Promosi dan Fungsinya

4. Segmentasi Pasar

Selain komponen-komponen dalam aspek pemasaran yang ada di atas, komponen yang tidak kalah penting lainnya adalah segmentasi pasar.

Pada segmentasi pasar ini Anda dapat mengelompokkan target audiens Anda guna menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen yang nantinya akan menciptakan kepuasan pelanggan.

Untuk pembagiannya biasanya didasarkan pada karakteristik konsumen, misalnya dari segi umur, sosial, ekonomi, hingga keadaan khusus yang dimiliki konsumen lainnya.

5. Promosi Produk

Aspek berikutnya yang ada di dalam marketing adalah promosi produk.

Promosi produk merupakan cara yang dilakukan bisnis untuk mengenalkan produk atau layanan yang dimiliki kepada target pasar sehingga bisa menciptakan penjualan dan memberikan keuntungan kepada bisnis.

Dalam promosi produk, ada fitur-fitur yang diperlukan, seperti melalui iklan atau memberikan potongan harga.

Baca Juga: 10 Cara Mempromosikan Produk Anda di Tahun 2025

6. Anggaran Bisnis

Pada aktivitas pemasaran, anggaran bisnis menjadi hal yang tidak bisa dilewatkan.

Anggaran dibutuhkan untuk mendukung terlaksananya setiap strategi marketing yang dibuat, misalnya untuk pembuatan materi iklan, membayar biaya iklan, dan lainnya.

Di sini Anda dapat menetapkan metrik yang akan memberitahu kepada Anda untuk berhenti jika tidak menghasilkan ROI (return on investment) yang memadai.

7. Monitoring

Aspek marketing yang terakhir adalah monitoring yang dilakukan untuk memastikan kegiatan pemasaran dapat berjalan dengan lancar.

Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Analytics untuk melacak keberhasilan Anda dengan cara mengkonversi aktiviras digital marketing menjadi penjualan.

Kemudian bandingkan anggaran yang Anda keluarkan dengan ROI yang sesungguhnya.

Setelah itu lakukan pengujian progra, A/B testing selama periode 30 hingga 60 hari, dan lakukan evaluasi terhadap hasilnya.

Lakukan pengulangan produk apapun yang bisa memberikan hasil penjualan dan singkirkan yang tidak menghasilkan penjualan.

Baca Juga: 100 Kumpulan Kata-Kata Promosi untuk Tingkatkan Penjualan

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai aspek pemasaran yang bisa menjadi referensi Anda.

Dalam aspek pemasaran terdapat tujuan-tujuan yang ingin dicapai di mana keseluruhannya ada pada satu tujuan yakni menghasilkan penjualan.

Dari penjualan yang dihasilkan ini nantinya bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang akan mendukung kemajuan bisnis ke depannya.

Untuk mendukung aspek-aspek pemasaran ini, penting bagi bisnis Anda untuk melengkapinya dengan layanan pelanggan terbaik.

Anda bisa menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID untuk mengoptimalkan layanan pelanggan.

CRM.ID merupakan aplikasi CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.

Yuk daftar CRM.ID sekarang juga di tautan ini dan rasakan semua kemudahan layanan pelanggan tanpa batasan dan tanpa takut terblokir.

Desi Murniati

Tinggalkan Komentar

4 × 3 =