Key Resources Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

key resources

Dalam dunia bisnis key resources adalah modal penting yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan operasional sehingga bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencapai tujuan bisnis.

Key resourcse ini di dalamnya terdiri dari aset, kemampuan, hingga sumber daya utama yang dibutuhkan oleh bisnis.

Dengan adanya sumber daya ini, memungkinkan bagi bisnis Anda untuk menyampaikan USP, meningkatkan brand awareness, value proposition, hingga menjalin interaksi dengan target audiens.

Lalu apa yang dimaksud dengan key resources dan apa saja contoh dari key resource ini?

Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai key resources mulai dari pengertiannya, peran yang dimilikinya, jenis dan kategorinya, hingga contohnya.

Baca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud dengan Key Resource?

key resources

Key resources adalah elemen di mana di dalamnya terdiri dari aset, kompetensi, dan elemen-elemen penting lainnya yang dimiliki dan dioperasikan oleh bisnis demi menjaga kegiatan utamanya.

Di dalam sebuah bisnis, key resource ini di dalamnya terdapat beberapa aspek yakni modal finansial, infrastruktur, teknologi, sumber daya manusia, hingga hubungan dengan pihak-pihak eksternal.

Ketika sebuah bisnis tidak memiliki key resource yang memadai, maka bisnis akan kesulitan untuk menjalankan operasional secara efektif, termasuk kesulitan mencapai tujuan jangka panjangnya.

Ini artinya key resources adalah fondasi yang akan menopang seluruh aktivitas yang ada di dalam bisnis dan dijadikan peran kunci untuk menggerakkan perusahaan hingga bisa mencapai kesuksesan.

crm banner 1

Baca Juga: Key Performance Indicator (KPI): Pengertian dan Karakteristiknya

Peran Key Resources bagi Bisnis

key resources

Bagi sebuah bisnis, key resource memiliki peranan penting yang akan mendukung seluruh aktivitas di dalam bisnis.

Peran penting berkaitan dengan bagaimana perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan, mencapai tujuan kompetitif, hingga untuk beradaptasi pada perubahan di pasar.

Sebagai contoh perusahaan teknologi sangat menggantungkan diri pada tim R&D yang hadir sebagai bagian dari sumber daya kunci sehingga bisa mendukung inovasi dan penciptaan produk baru.

Ketika sebuah bisnis memiliki sumber daya yang memadai, maka bisa bisa menciptakan kualitas layanan secara konsisten, bisa meningkatkan efisiensi operasional, hingga bisa memperluas daya jangkau pasar.

Di sini sumber daya kunci tidak hanya dijadikan sebagai penopang, tetapi juga sebagai tolak ukur bagi pertumbuhan dan untuk keberlanjutan sebuah perusahaan.

Baca Juga: Key Partners Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Memilihnya

Jenis dan Kategori Key Resources dalam Bisnis

Ada beberapa jenis yang ada di dalam sumber daya kunci yakni sebagai berikut:

1. Sumber Daya Fisik

Jenis yang pertama adalah sumber daya fisik di mana ini terdiri dari fasilitas-fasilitas seperti pabrik, kantor, dan alat-alat yang mendukung kegiatan harian dari perusahaan.

Tanpa adanya infrastruktur yang memadai, sebuah bisnis akan merasa kesulitan dalam menjalankan operasi secara efektif dan juga efisien.

2. Sumber Daya Intelektual

Jenis yang kedua adalah sumber daya intelektual di mana ini mencakup hak paten, merek dagang, data yang dimiliki pelanggan, hingga keahlian khusus yang bisa memberikan identitas yang unik terhadap perusahaan.

Sumber daya intelektual ini menjadi elemen yang membuat bisnis bisa lebih bernilai dan membuatnya berbeda dengan para pesaing yang ada di pasar.

Baca Juga: 7 Aplikasi CRM untuk Tingkatkan Layanan Lembaga Pendidikan

3. Sumber Daya Finansial

Jenis selanjutnya adalah sumber daya finansial di mana ini terdiri dari modal yang digunakan untuk membiayai operasional, berinvestasi, hingga untuk mengembangkan bisnis.

Untuk mendukung bisnis tumbuh lebih baik lagi, perusahaan perlu didukung oleh keahlian, kreativitas, dan juga dedikasi individu di dalam perusahaan.

Baca Juga: Pahami 5 Kategori Key Activities dan Cara Menentukannya

4. Sumber Daya Manusia

Sebagai bagian penting bagi perusahaan, sumber daya manusia memiliki peran vital di mana akan memberikan dukungan dalam mengembangkan bisnis.

Ketika sebuah tim diisi oleh sumber daya manusia yang kompeten dan berbakat, maka memungkinkan bagi mereka untuk mengembangkan keahlian, kreativitas, hingga dedikasi individu yang mendukung kemajuan bisnis.

Baca Juga: Konten Digital: Ini Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

5. Sumber Daya Sosial dan Relasional

Jenis yang terakhir adalah sumber daya sosial dan relasional.

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, mitra bisnis, hingga jaringan eksternal bisa memberikan keuntungan yang kompetitif tak ternilai bagi perusahaan.

Dengan adanya sumber daya ini bisa membantu Anda untuk membangun kepercayaan dan mendukung perusahaan Anda mencapai tujuan secara lebih luas.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Marketing Tools untuk Bisnis dan Contohnya

Apa Saja Contoh Key Resources dalam Bisnis?

sumber daya kunci

Berikut beberapa contoh dari sumber daya kunci yang ada di dalam sebuah bisnis:

1. Contoh Platform Teknologi

Untuk bisnis dengan basis teknologi seperti e-commerce, platform, hingga perusahaan dengan sistem software, sumber daya kunci menjadi bagian yang cukup krusial.

Dalam platform ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan secara efisien, menangani transaksi, hingga memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggannya.

Baca Juga: 9 Langkah Membuat Social Media Strategy dan Penerapannya

2. Tim Ahli

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi ataupun keuangan, sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman menjadi sumber daya kunci yang sangat penting.

Tim ahli berperan dalam hal memberikan pengetahuan yang membantu perusahaan sehingga bisa melayani pelanggan dengan sebaik mungkin, membangun reputasi, hingga bisa memperkuat kepercayaan klien.

3. Jaringan Distribusi

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur ataupun ritel, jaringan distribusi yang luas dan cakap adalah key resource yang cukup penting.

Di sini mereka berperan dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan secara cepat dan efisien, meningkatkan kepuasan pelanggan, hingga memperluas jaringan pasar.

Baca Juga: Contact Center: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Apa Saja Manfaat dari Mengembangkan Key Resource?

key resources

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengembangkan key resources untuk bisnis Anda?

1. Tingkatkan Kapasitas Operasional Bisnis

Manfaat yang pertama adalah dengan adanya key resource ini Anda bisa meningkatkan kapasitas operasional bisnis Anda.

Dengan cara ini Anda bisa dengan mudah mengembangkan key resource yang ada di dalam perusahaan Anda.

Anda bisa meningkatkan kapasitas bisnis ini dengan cara menggunakan teknologi yang canggih, menerapkan sistem manajemen yang lebih baik, hingga penggunaan sumber daya manusia yang lebih terampil.

Dengan cara ini Anda bisa membuat perusahaan meningkatkan kapasitas operasional bisnis.

Ketika Anda menerapkan pengelolaan operasional yang lebih baik, Anda tidak hanya bisa mengurangi biaya yang ada namun juga bisa meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

2. Bangun Keunggulan Kompetitif

Manfaat yang kedua adalah dengan adanya key resource Anda bisa membangun keunggulan kompetitif, di mana ini bisa didukung dengan teknologi terbaik, data pelanggan yang aman, hingga membuat perusahaan berbeda dengan kompetitor.

Ketika perusahaan Anda bisa mengembangkan key resource secara berkelanjutan membuat Anda bisa membuat sesuatu yang ‘eksklusif’ yang susah untuk ditiru perusahaan lain sehingga Anda bisa mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan.

Baca Juga: 16 KPI Marketing yang Harus Anda Ketahui untuk Bisnis

3. Dukung Inovasi Produk dan Layanan

Ketika perusahaan Anda mampu mengembangkan key resource dengan baik dan tepat, maka perusahaan akan lebih mudah dalam berinovasi.

Dengan adanya inovasi ini bisa membuat perusahaan meningkatkan daya tarik dari produk sehingga bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan.

4. Maksimalkan Loyalitas dan Pengalaman Pelanggan

Manfaat berikutnya adalah Anda bisa memaksimalkan loyalitas dan pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan.

Ini bisa dilakukan dengan cara memfokuskan diri pada layanan pelanggan seperti melengkapinya dengan daya analitik, memberikan layanan pelanggan terbaik, hingga memilih saluran komunikasi yang tepat.

Ketika pelanggan Anda merasa puas dengan layanan yang diberikan, maka mereka akan meningkatkan loyalitas yang dimiliki sehingga berpotensi untuk melakukan pembelian ulang dan meningkatkan pendapatan yang dimiliki perusahaan.

5. Tingkatkan Nilai Aset Perusahaan

Manfaat yang terakhir adalah dengan meningkatkan nilai aset yang dimiliki oleh perusahaan.

Ketika perusahaan Anda bisa mengembangkan key resource dengan baik maka Anda bisa meningkatkan nilai aset perusahaan Anda.

Dengan meningkatkan nilai aset perusahaan Anda, Anda bisa meningkatkan peluang dalam mencari pendanaan dan mengakuisisi perusahaan lain untuk meningkatkan bisnis Anda.

Baca Juga: 9 Indikator KPI Customer Support dan Cara Menghitungnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai key resource yang dapat menjadi referensi Anda.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa key resources jadi bagian penting bagi sebuah bisnis.

Key resource sendiri merupakan elemen penting di dalam bisnis yang terdiri dari aset, kompetensi, dan elemen-elemen penting lainnya yang akan mendukung kegiatan utama bisnis.

Agar key resources yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar perlu bagi Anda untuk mendukungnya dengan melakukan pengelolaan layanan pelanggan terbaik dengan CRM.ID

CRM.ID merupakan aplikasi CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.

Dengan CRM.ID Anda bisa memberikan layanan pelanggan dengan efektif melalui WhatsApp Business API yang membuat Anda bisa mengirimkan pesan secara unlimited kepada pelanggan.

Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dengan klik tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Tinggalkan Komentar

3 + 10 =