Sales force adalah bagian penting bagi sebuah bisnis di mana berperan untuk melakukan penjualan produk baik itu berupa barang atau jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan.
Mereka adalah tulang punggung dari sebuah perusahaan di mana mereka yang akan langsung berinteraksi dengan pelanggan, menjelaskan produk atau layanan, hingga mengubah minat menjadi transaksi yang sukses.
Tidak heran jika sebuah perusahaan atau bisnis sebaiknya memahami peran yang dimiliki oleh sales force ini.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan mengenai sales force mulai dari apa yang dimaksud, mengapa sales force penting, hingga tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya yang dimilikinya.
Baca selengkapnya hanya pada penjelasan yang ada di bawah ini:
Apa yang Dimaksud Sales Force?

Bagi para pemilik bisnis, sudahkah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan sale force?
Sales force adalah sekelompok orang yang tergabung di dalam tim yang memiliki tugas menjual produk atau layanan yang dimiliki perusahaan.
Mereka mengemban tanggung jawab untuk mencapai target penjualan yang ada, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, melakukan presentasi produk, melakukan konversi peluang menjadi penjualan, dan juga mengelola siklus penjualan secara kesleuruhan.
Ada berbagai peran yang ada di dalam sales force, di antaranya sales representative (perwakilan penjualan), sales manager (manajer penjualan), sales executive (eksekutif penjualan), dan lainnya.
Dengan adanya mereka ini, sebuah bisnis akan mendukung pertumbuhan dan juga memaksimalkan produktivitas mereka.
Menggunakan software CRM bisa menjadi salah satu dukungan untuk memaksimalkan peran sales force ini.
Buat Anda yang tertarik menggunakan software CRM, Anda bisa mendapatkan informasi CRM dengan klik banner yang ada di bawah ini:

Baca Juga: Sales Counter: Tugas, Keterampilan, dan Perannya
Mengapa Sales Force Penting bagi Bisnis?

Bagi Anda yang masih baru di dunia bisnis, mungkin akan bertanya, mengapa sales force ini penting bagi sebuah bisnis?
Berikut beberapa manfaat yang bisa diberikan untuk bisnis Anda:
1. Meningkatkan Penjualan
Manfaat yang pertama adalah sales force mampu membantu meningkatkan penjualan sebuah bisnis.
Ini karena dengan keberadaan mereka, itu artinya Anda memiliki tim penjualan yang terlatih dan memiliki dedikasi, sehingga perusahaan bisa mengoptimalkan upaya dari penjualan mereka.
Ini termasuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan, hingga bisa memberikan solusi yang tepat untuk permasalahan pelanggan.
Ketika mereka bisa melakukan interaksi secara langsung dan juga personal, maka sebuah bisnis dapat meyakinkan pelanggan untuk melakukan penjualan sehingga konversi penjualan dapat meningkat.
Tidak hanya itu, mereka juga bisa melakukan tindak lanjut setelah penjualan, sehingga bisa memastikan pelanggan merasa puas dan mampu mendorong loyalitas untuk jangka panjang.
Dari sinilah nantinya pendapatan Anda bisa meningkat secara signifikan.
Baca Juga: Perbedaan Sales dan Marketing yang Harus Anda Ketahui
2. Memperluas Market Shate
Market share atau pangsa pasar jadi bagian penting bagi sebuah bisnis.
Dengan ini, tim penjualan yang andal bisa melakukan riset pasar dan melakukan identifikasi setiap peluang yang ada untuk memperluas pasar.
Keberadaan sales ini sangat penting karena mereka bisa menjangkau target pasar secara luas hingga bisa menarik pelanggan baru.
Baca Juga: Mengenal Sales Management, Jenis, dan Teknik Terbaiknya
3. Mendorong Loyalitas
Dengan sales ini Anda juga bisa mendorong loyalitas pelanggan terhadap produk yang dijual.
Ketika Anda memiliki tim penjualan yang terampil dan berdedikasi, maka mereka bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.
Ini dilakukan dengan cara melakukan interaksi personal dan memberikan layanan yang berkualitas.
Pada akhirnya mereka bisa memahami kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan, sehingga bisa memberikan solusi yang tepat dan loyalitas dapat terdorong dengan sendirinya.
Untuk jangka panjang, dengan cara ini perusahaan bisa mendapatkan pelanggan yang setia, menciptakan loyalitas, hingga memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Baca Juga: Software CRM Sales: Keuntungan, Fitur, dan Rekomendasinya
4.Meningkatkan Reputasi
Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa meningkatkan reputasi perusahaan melalui sales ini.
Ketika perusahaan memiliki representatif yang baik dan memiliki tim penjualan profesional, maka perusahaan dapat membangun citra yang baik di antara para pelanggannya.
Seorang sales yang kompeten bisa menyampaikan informasi secara akurat dan memberikan pengalaman positif kepada para pelanggan, di mana ini akan mencerminkan kualitas atau layanan yang dimiliki perusahaan.
Selain itu, sales ini juga memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah atau keluhan dari pelanggan dengan cara yang efektif dan cepat sehingga bisa menunjukkan bahwa perusahaan berkomitmen terhadap kepuasan para pelanggan.
Baca Juga: Sales Marketing: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan
5. Mendorong Kepuasan Pelanggan
Manfaat dan alasan mengapa sales force ini penting berikutnya adalah karena mereka bisa mendorong kepuasan pelanggan.
Kepuasan pelanggan ini jadi bagian yang sangat penting di mana akan berdampak kepada penjualan secara keseluruhan.
Ketika perusahaan memiliki tim yang bisa memberikan dukungan dan bantuan kepada pelanggan selama proses penjualan, maka ini akan membuat pelanggan merasa dihargai.
Ketika tim penjualan mampu memastikan kepuasan pelanggan, maka tim dapat membantu hubungan dalam jangka panjang, meningkatkan loyalitas, dan bisa menghasilkan rekomendasi yang positif di mana ini akan berdampak besar pada pertumbuhan sebuah bisnis.
Baca Juga: Wajib Tahu! 10 Teknik Negosiasi Penting untuk Sales
6. Bisnis Lebih Efisien
Manfaat yang terakhir adalah tim ini bisa mendukung bisnis yang lebih efektif.
Ketika bisnis memiliki tim penjualan yang terorganisasi dan terlatih dengan baik, maka mereka dapat mengoptimalkan proses penjualan, mengidentifikasi peluang terbaik, dan juga mengalokasikan sumber daya secara tepat.
Pada akhirnya keberadaan mereka akan mendukung perbaikan berkelanjutan dalam strategi dan taktik penjualan yang akan mendukung efisiensi dan peningkatan produktivitas bisnis.
Baca Juga: Sales Pipeline: Pengertian, Tahapan, dan Cara Membuatnya
Apa Peran Sales Force?

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa bisnis membutuhkan sales force, selanjutnya adalah peran dari sales ini.
Sales force ini memiliki peran dalam menjalankan kegiatan yang berhubungan dengan penjualan produk atau jasa.
Mereka memiliki tugas utama yakni terlibat interaksi secara langsung dengan pelanggan dan mendukung prospek dengan cara melakukan kunjungan atau panggilan telepon.
Tidak hanya itu, sales ini juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan dan juga memahami kebutuhan serta preferensi pelanggan untuk dapat menjual produk atau layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
Terlebih tugas utama dari sales adalah menjual produk baik itu barang atau jasa kepada pelanggan.
Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan identifikasi peluang penjualan, menawarkan produk kepada calon pelanggan, menjawab pertanyaan yang diajukan pelanggan, hingga memastikan pelanggan merasa puas dengan produk yang mereka beli.
Baca Juga: 8 Strategi Layanan After Sales Terbaik untuk Pelanggan
Apa Tugas dan Tanggung Jawab Sales Force?

Selain manfaat dan peran yang dimiliki oleh sales force ini, berikut tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh tim penjualan ini:
1. Menjual Produk
Tugas dan tanggung jawab yang pertama adalah menjual produk kepada pelanggan.
Setiap tim penjualan harus bisa menjual produk atau jasa kepada para pelanggan.
Mereka harus bisa berupaya dengan keras agar produk yang dijual bisa ke tangan konsumen dengan baik.
Ini dilakukan agar bisnis bisa mendapatkan pendapatan dan keuntungan.
2. Mencapai Target KPI
Bisnis biasanya mengukur pencapaian KPI tidak hanya pada pendapatan saja, tetapi juga bagaimana kinerja sales yang mereka miliki.
Ini dilakukan agar mereka bisa memastikan bahwa tim penjualan memiliki kinerja yang baik.
Ini juga agar mereka dapat menghubungkannya dengan perhitungan insentif dan evaluasi kinerja yang mereka miliki.
Baca Juga: Sales Associate: Gaji, Pekerjaan, dan Skill yang Dibutuhkan
3. Melacak Aktivitas Tim Sales
Tugas dan tanggung jawab selanjutnya adalah untuk melacak aktivitas tim sales.
Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan dukungan software CRM di mana dengan CRM ini Anda bisa melacak dan mengatur aktivitas tim sales Anda.
Bahkan Anda bisa melakukannya dengan mudah dengan kurun waktu selama 2 jam.
4. Melakukan Komunikasi dengan Tim Manajer
Mereka juga bertugas untuk mengomunikasikan aktivitas penjualan dengan tim manajer.
Seorang tim penjualan yang baik akan bisa melakukan komunikasi dengan tim manajer, khususnya yang berkaitan dengan data penjualan.
Mereka juga bisa menjadi bagian yang membantu meningkatkan komunikasi dan budaya manajemen perusahaan sehingga bisa meningkatkan kolaborasi dan kerja sama di dalam tim.
Baca Juga: Personal Selling: Pengertian, Jenis, dan Strateginya
5. Berkomunikasi dengan Pelanggan
Tugas yang terakhir adalah sales force bertugas melakukan komunikasi dengan pelanggan.
Sebagai garda terdepan yang langsung berhadapan dengan pelanggan, sales force memiliki peran yang sangat penting karena apapun kebutuhan pelanggan pertama kali akan dikatakan kepada mereka.
Ini termasuk ketika pelanggan memiliki keluhan, tim penjualan ini yang akan menawarkan solusi pertama kali.
Baca Juga: Sales Representative: Definisi, Tugas, dan Gaji
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai sales force yang dapat menjadi referensi Anda.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa sales force jadi bagian penting di dalam bisnis, di mana mereka akan menjadi garda terdepan dalam melayani pelanggan.
Untuk mendukung kinerja mereka, bisnis Anda harus memberikan fasilitas terbaik, salah satunya dengan menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID.
CRM.ID merupakan aplikasi CRM yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.
CRM.ID merupakan platform WhatsApp Business API di mana Anda bisa melakukan layanan tanpa perlu takut diblokir atau dibatasi.
Jadi tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwal demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025