Sales Representative: Definisi, Tugas, dan Gaji

sales representative banner

Sales representative adalah pekerjaan yang menawarkan peluang untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan orang-orang.

Meski tugas dan tanggung jawabnya akan berbeda-beda tergantung dari industri tempat mereka bekerja, tapi sales representative biasanya melakukan cold call, menyampaikan presentasi, dan bernegosiasi.

Jika Anda adalah seorang job hunter yang berminat dengan karir ini atau pemilik bisnis yang ingin mencari sales representative, memahami tugas dan tanggung jawab sales representative akan sangat membantu Anda.

Di artikel ini, kami akan membahas tugas dan tanggung jawab sales representative, skill yang diperlukan, hingga deskripsi pekerjaannya.

Apa itu Sales Representative?

sales representative 1

Sales representative adalah pekerjaan yang langsung berinteraksi dengan klien atau pelanggan untuk menjual barang atau layanan perusahaan.

Biasanya, mereka bertanggung jawab untuk menghasilkan lead, menghubungi pelanggan potensial, dan membangun hubungan untuk meningkatkan penjualan.

Mereka juga memiliki product knowledge yang mendalam, sehingga dapat membuat penawaran yang tertarget pada konsumen.

Seorang sales representative bisa bekerja di berbagai macam industri, mulai dari teknologi, FnB, retail, keuangan, atau bahkan kesehatan.

Baca Juga: Apa itu Sales? Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Beberapa Jenis Sales Representative

Dalam pekerjaan sales, ada beberapa jenis sales representative. Anda bisa mempertimbangkan salah satu dari jalan karir ini:

  • Sales Rep Eksternal: Biasanya sering bepergian untuk bertemu dengan pelanggan prospektif secara langsung.
  • Sales Rep Internal: Biasanya bekerja di kantor untuk menghubungi lead dan membangun hubungan yang positif mewakili perusahaan
  • Sales Engineer: Ahli dalam menjual produk teknis atau ilmiah, kebanyakan untuk bisnis lainnya.
  • Account Manager: Bertugas mempertahankan sekelompok klien atau pelanggan yang sudah ada dan menawarkan mereka produk atau layanan baru untuk mengembangkan akun mereka.
  • Advertising Sales Agent: Agen penjualan iklan bertugas menjual ruang atau waktu iklan kepada bisnis dan individu. Mereka bekerja untuk memahami kebutuhan iklan klien, mengembangkan solusi iklan yang disesuaikan, dan menegosiasikan kontrak untuk memaksimalkan pendapatan bagi perusahaan mereka.
  • Business Development Representative (BDR): Perwakilan pengembangan bisnis berfokus memperoleh prospek dan memperluas basis pelanggan. Tanggung jawab utama mereka meliputi pencarian prospek, kualifikasi prospek, dan pengaturan janji temu atau demonstrasi untuk tim penjualan.

Baca Juga: Tugas Telesales, Skill yang Diperlukan, dan Tips Suksesnya

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

sales representative 2

Seorang sales representative berkomunikasi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan dan selera mereka.

Dengan menggunakan informasi ini, mereka dapat mempromosikan manfaat suatu produk atau layanan yang sesuai. Lalu, menjelaskan bagaimana produk atau layanan tersebut dapat membantu pelanggan mengatasi masalah atau mencapai tujuan.

Sering kali, seorang sales rep bekerja untuk memenuhi sasaran atau target penjualan. Target dapat berupa mingguan, bulanan, triwulanan, atau tahunan. Selain itu, mereka juga mengemban tugas-tugas berikut:

  • Menganalisis target pasar dan mengembangkan prospek serta materi penjualan
  • Melakukan panggilan telepon atau mengirim email untuk menghubungi calon pelanggan
  • Mengedukasi konsumen tentang fitur-fitur produk
  • Menyampaikan presentasi yang sesuai dengan kebutuhan klien
  • Membangun dan menjaga hubungan positif dengan klien
  • Bernegosiasi dengan klien untuk mencapai persetujuan yang menguntungkan kedu belah pihak
  • Menangani pembayaran dan menutup transaksi
  • Menyelesaikan laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan untuk digunakan dalam mengembangkan rencana dan program penjualan
  • Merencanakan dan memperkirakan sasaran penjualan
  • Melakukan inventarisasi dan stok produk jika bekerja di lingkungan ritel

Baca Juga: Sales Promotion: Definisi, Jenis, dan Strateginya

Persyaratan Menjadi Sales Representative

Kebanyakan sales rep menyelesaikan pelatihan dan mengembangkan kemampuan khusus agar bisa sukses di karirnya. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjajaki karir ini:

Pendidikan

Biasanya, syarat minimal pendidikan untuk menjadi sales representative adalah SMA. Tapi, sebagian perusahaan lebih suka mempekerjakan sales representative dengan gelar sarjana dalam bidang bisnis, pemasaran, atau jurusan sejenis.

Selain itu, mungkin akan ada syarat pendidikan tambahan, tergantung dari perusahaan. Misalnya, sales representative yang bekerja di perusahaan farmasi mungkin memerlukan latar belakang pendidikan di bidang biologi atau farmasi.

Pelatihan

Banyak sales representative yang menerima pelatihan di tempat kerja dengan bekerja di posisi pemula. Beberapa perusahaan menawarkan program pelatihan formal atau melatih sales representative baru sebagai bagian dari proses orientasi.

Beberapa posisi mungkin memerlukan pelatihan khusus, tergantung pada industrinya. Misalnya, tenaga penjual di industri real estat dapat bekerja di bawah pengawasan agen yang lebih berpengalaman untuk mempelajari bidang tersebut.

Ada juga seminar dan lokakarya pelatihan yang dapat diikuti untuk mengembangkan keterampilan yang berkaitan langsung dengan pasar atau produk mereka.

Sertifikasi

Meski kebanyakan perusahaan tidak mewajibkan sertifikasi, tapi mendapatkan sertifikat yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar akan membuat kandidat terlihat lebih menonjol di mata HRD.

Baca Juga: Sales Executive: Tugas, Gaji, dan Jenjang Karir

Skill yang Diperlukan Sales Representative

sales representative 3

Sales representative biasanya memiliki berbagai kemampuan untuk berinteraksi dengan pelanggan prospektif, menjual produk, dan memenuhi terget penjualan.

Berikut ini adalah skill yang akan berguna untuk profesin ini:

Prospecting

Kebanyakan sales representative menggunakan kemampuan prospecting untuk mengidentifikasi pembeli potensial. Prospecting adalah salah satu tahap terpenting dalam siklus penjualan.

Sales rep yang hebat menciptakan profil prospek yang ideal dan mengidentifikasi cara untuk bertemu dengan prospek. Keterampilan ini membantu mereka menentukan siapa yang mungkin tertarik pada suatu produk atau layanan, mengirim email yang personal, dan meminta referensi yang menjanjikan.

Dengan pencarian prospek yang efektif, sales rep dapat membuat materi promosi yang berkualitas dan tepat sasaran kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan yang mereka jual. Selain itu, kemampuan ini juga dapat membantu mereka menjadi ahli dalam bidangnya.

Matematika

Seorang sales rep harus menguasai keterampilan matematika. Karena, mereka akan menggunakannya untuk menambah, mengurangi, atau menghitung persentase penjualan.

Keterampilan ini juga dapat membantu mereka menjawab pertanyaan pelanggan tentang harga produk. Keterampilan matematika sangat berguna saat mengevaluasi dan bekerja untuk mencapai sasaran atau kuota penjualan.

Negosiasi

Saat menutup penjualan, sales rep menggunakan teknik negosiasi untuk mencapai harga yang adil dan optimal. Di beberapa industri, seperti otomotif dan real estat, pelanggan mungkin ragu untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Negosiasi yang efektif dapat membantu sales mendorong pembeli untuk menyelesaikan pembelian mereka dan menjalani proses penjualan, mengarahkan, serta memimpin percakapan.

Sales rep juga dapat menggunakan keterampilan negosiasi mereka untuk membuat penawaran sebelum mencapai kesepakatan akhir, membangun nilai, dan memasarkan manfaat produk atau layanan mereka.

Layanan pelanggan

Sales rep bekerja langsung dengan konsumen. Jadi, memiliki keterampilan layanan pelanggan yang kuat sangatlah penting.

Sales rep menggunakan komunikasi yang efektif dan mendengarkan secara aktif untuk terhubung dengan pelanggan dan membangun hubungan.

Mereka juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk atau layanan perusahaan, sehingga mereka dapat menunjukkan fitur-fiturnya dan menjawab pertanyaan pelanggan.

Komunikasi

Sales representative secara teratur menggunakan komunikasi verbal untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan. Mereka juga menggunakan isyarat nonverbal, seperti bahasa tubuh dan gestur, untuk memberikan presentasi penjualan dan terhubung dengan pelanggan.

Saat mengatur rapat atau menyusun kontrak, merekamenggunakan komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan secara efektif. Keterampilan komunikasi yang baik juga dapat membantu para sales ini membuat sistem dan produk yang rumit menjadi mudah dipahami oleh calon pelanggan mereka.

Baca Juga: 20 KPI Sales Penting untuk Pertumbuhan Bisnis

Lingkungan Kerja Sales Representative

ilustrasi lingkungan kerja sales rep

Tempat kerja seorang sales rep bisa dinamis dan beragam, yang mencerminkan sifat peran dan tanggung jawab mereka. Mereka dapat bekerja di berbagai tempat, termasuk kantor, lingkungan retail, atau bahkan dari jarak jauh, tergantung dari sifat produk atau layanan yang mereka jual.

Sales rep internal

  • Biasanya bekerja di lingkungan kantor, dari meja atau bilik yang dilengkapi dengan alat komunikasi seperti telepon, komputer, dan aplikasi CRM.
  • Aktivitas sehari-hari mereka meliputi melakukan panggilan telepon, mengirim email, dan melakukan rapat virtual untuk berinteraksi dengan klien potensial dan mengelola alur penjualan.
  • Sales rep internal sering kali bekerja sama erat dengan anggota tim lainnya, seperti pemasar profesional dan manajer penjualan, untuk menyelaraskan upaya mereka dengan tujuan bisnis yang lebih luas.

Sales rep eksternal

  • Sales rep eksternal, terutama yang berkecimpung di industri seperti farmasi atau solusi teknis lebih menghabiskan banyak waktu di luar kantor
  • Tempat kerja mereka dapat mencakup kantor klien, ruang rapat, atau bahkan konferensi tempat mereka berinteraksi dengan klien potensial secara langsung.
  • Sales rep eksternal terbiasa dengan lingkungan kerja yang lebih mobile dan fleksibel, sering kali mengatur jadwal mereka untuk mengakomodasi perjalanan dan pertemuan langsung.
  • Bagi sales rep yang bekerja di toko retail, tempat kerjanya biasanya adalah lingkungan retail itu sendiri. Mereka berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, menjawab pertanyaan, memberikan informasi produk, dan memfasilitasi transaksi. Lingkungan ini membutuhkan sikap ramah dan kemampuan untuk beradaptasi dengan sifat retail yang serba cepat.

Dengan maraknya kerja jarak jauh dan saluran penjualan digital, banyak tenaga penjual, terlepas dari spesialisasi mereka, mungkin memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari rumah atau lokasi terpencil lainnya.

Baca Juga: Tugas Sales Promotor, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Contoh Deskripsi Pekerjaan Sales Representative

Anda bisa meninjau contoh deskripsi pekerjaan di bawah ini untuk membantu Anda memahami peran seorang sales representative:

Terekom Solutions sedang mencari sales representative di industri telekomunikasi. Sales representative akan bertanggung jawab untuk mengidentifikasi prospek potensial, menghubungi calon pelanggan, dan menutup penjualan. Sales representative akan melakukan perjalanan harian untuk bertemu dengan pelanggan di rumah dan kantor mereka. Kandidat yang ideal memiliki pengalaman dalam penjualan, gelar sarjana bisnis, serta keterampilan teknologi, komunikasi, dan layanan pelanggan yang sangat baik.

Baca Juga: Sales Funnel: Pengertian dan Cara Menciptakannya

Gaji Sales Representative

Dilansir Indeed, rata-rata pokok sales representative di Indonesia adalah Rp3.623.653. Namun selain gaji pokok, biasanya sales rep bisa menerima kompensasi yang disebut komisi setelah berhasil menjual produk atau memenuhi target.

Selain itu, jangan lupa bahwa gaji yang sales rep berbeda-beda tergantung perusahaan, pengalaman, pendidikan, dan UMR tempat kerja.

Baca Juga: Sedang Mencari Marketing Executive? Ini Tugas dan Jobdesknya!

Kesimpulan

Sales representative adalah profesi yang menjual produk atau layanan suatu perusahaan. Mereka harus memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.

Agar kinerja sales representative meningkat, Anda bisa menggunakan CRM.ID, penyedia WhatsApp Business API. CRM.ID akan membantu agen Anda berkomunikasi dengan klien lewat WhatsApp tanpa batasan.

Selain itu, ada juga integrasi REST API, chatbot, analisis, dan akses terhadap riwayat percakapan. Fitur-fitur ini bisa Anda dan tim gunakan dengan mudah, sebab CRM.ID punya antarmuka yang user-friendly. Tim Hebat CRM juga akan memberikan dukungan penuh selama masa pelatihan.

Jika Anda tertarik menggunakan CRM.ID, Anda bisa menjadwalkan demo melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + six =