Contoh WhatsApp Marketing Software untuk Bisnis Makanan

WhatsApp Marketing Software

Misalnya ada pertanyaan, “Apakah ada WhatsApp marketing software yang cocok untuk bisnis makanan?” dan “Apa bisa menangani pengelolaan data pelanggan yang banyak dengan respon cepat?”

Jawabannya ada. untuk itu di section berikutnya akan dibahas lebih detail. 

Terlebih dalam beberapa tahun terakhir, industri makanan di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat.

Perubahan perilaku konsumen saat ini mencari informasi, memesan makanan, hingga berinteraksi dengan pemilik brand kuliner melalui berbagai aplikasi seperti sosial media dan WhatsApp.

Untuk itulah WhatsApp marketing software untuk menjawab perubahan perilaku dan tren pasar di bisnis kuliner ini.

Pemilik bisnis makanan dapat mengelola pesanan dengan lebih cepat, mengirimkan promo pesan massal, menggunakan chatbot untuk membantu tim customer support, dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Artikel CRM.ID ini akan membahas bagaimana WhatsApp marketing software diterapkan pada bisnis makanan, mulai dari fitur, strategi, manfaat, hingga contoh penerapannya.

Peran WhatsApp di Bisnis Makanan Saat Ini

Peran WhatsApp di Bisnis Makanan Saat Ini

Perkembangan tren perilaku konsumen membuat persaingan bisnis makanan semakin ketat.

Pemilik usaha kuliner, baik itu restoran, kedai kopi, brand minuman, hingga pedagang makanan rumahan (catering), menggunakan berbagai cara untuk tetap bisa bersaing dan menyampaikan produknya ke publik.

Hampir semua konsumen makanan memiliki WhatsApp dan membuka aplikasi tersebut setiap hari.

WhatsApp menyediakan semua kebutuhan itu, sehingga tidak mengherankan jika banyak pemilik bisnis kuliner mulai menjadikannya sebagai bagian penting menerima pesanan.

Bahkan, banyak pengguna yang lebih nyaman memesan makanan melalui WhatsApp dibandingkan aplikasi food delivery seperti GoFood, GrabFood, Shopee Food, dan sejenisnya.

Mereka bisa menanyakan menu, harga, lokasi, opsi pengiriman, hingga voucher tertentu langsung via aplikasi chatting.

Semuanya terlihat baik-baik saja, sampai ketika bisnis makanannya sudah mulai berkembang, pembeli sudah semakin banyak, dan Anda sudah mulai kewalahan membalas pesan satu per satu sekalipun menggunakan customer service.

Konsumen saat ini ingin mendapatkan informasi secara cepat, ingin merasakan proses pemesanan yang praktis, serta ingin menerima respon lebih cepat (di bawah 10 menit). Menggunakan WhatsApp bisnis biasa saja sudah tidak lagi cukup.

Untuk itu Anda perlu menggunakan WhatsApp marketing software dan menangani permasalahan tersebut.

crm banner 1

Baca Juga: 11 Rekomendasi Marketing Tools untuk Bisnis dan Contohnya

Apa Itu WhatsApp Marketing Software?

WhatsApp marketing software adalah aplikasi atau platform yang dirancang untuk membantu berbagai bisnis memaksimalkan fungsi WhatsApp sebagai tools untuk pemasaran (marketing), komunikasi, dan otomatisasi proses penjualan.

Software ini biasanya berbasis API (application programming interface) resmi dari Meta, sehingga penggunaannya aman untuk kegiatan bisnis skala kecil sampai besar.

Yang membedakan WhatsApp marketing software dari WhatsApp Business biasa adalah kemampuannya untuk melakukan otomatisasi pesan dan pembuatan template dalam jumlah banyak.

WhatsApp Business biasa tidak mampu mengirim broadcast ke banyak kontak karena mudah terkena banned, tidak bisa digunakan oleh banyak agen admin, dan tidak memiliki chatbot asisten admin.

Dengan software marketing yang berbasis API ini, Anda bisa melakukan pengiriman pesan massal (broadcast), integrasi chatbot, manajemen customer service (CS) multi agent, hingga pembuatan template pesan lebih profesional.

Dalam konteks bisnis makanan, software ini memungkinkan proses pemesanan berlangsung lebih cepat.

Misalnya, pelanggan yang menanyakan menu tidak perlu menunggu admin. Mereka langsung menerima daftar menu secara otomatis melalui chatbot.

Atau ketika pelanggan bertanya apakah restoran masih buka, chatbot bisa memberikan jawaban tanpa perlu menunggu admin.

Mempersingkat respon, efisien bukan?

Tapi meskipun efisien, kita tidak bisa meniadakan peran admin. Admin bertugas mengawasi pesan dari chatbot dan mengambil alih sewaktu-waktu jika diperlukan.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Customer Service Response Time

Mengapa Bisnis Makanan Membutuhkan WhatsApp Marketing Software?

Bisnis Makanan butuh WhatsApp Marketing Software

Sebagaimana sedikit pembahasan di section sebelumnya, Bisnis makanan bisa menangani banyak pesan masuk dan jumlahnya bisa naik pada jam tertentu dan turun pada jam lainnya.

Ketika jam makan siang atau jam makan malam, biasanya pesan yang masuk membludak.

Jika bisnis Anda sudah mulai punya basis pelanggan puluhan hingga ratusan, mengandalkan WhatsApp Business biasa akan sulit untuk mengelola lonjakan pesan tersebut.

Selain itu, bisnis makanan memiliki kebutuhan untuk mengirimkan promo di waktu tertentu dan secara berkala.

Contohnya promo makan siang, buy 1 get 1, diskon khusus tanggal tertentu, menu baru, atau campaign musiman seperti promo Bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, atau Hari Natal.

WhatsApp efektif untuk menyampaikan promo-promo ini karena tingkat open rate-nya sampai 90% dibandingkan email atau media sosial.

Bayangkan berapa persen orang yang membuka email saat hari-hari besar tersebut, tapi hampir semua orang membuka WhatsApp.

Ada juga kebutuhan untuk mengelola pelanggan tetap loyal. Bisnis kuliner yang Anda jalankan bisa mencatat riwayat pembelian pelanggan untuk mengelompokkan mereka berdasarkan perilaku pesanan.

Dengan WhatsApp marketing software, segmentasi pelanggan menjadi lebih mudah berupa pengiriman promo khusus kepada pelanggan yang sering membeli menu tertentu.

Makanan adalah produk konsumsi cepat, sehingga pelanggan tidak ingin menunggu lama ketika ingin memesan sesuatu.

Tools yang tepat memberikan pengalaman tersebut melalui chatbot dan balasan otomatis (quick reply) yang bekerja sepanjang hari.

Baca Juga: 10 Cara Promosi Makanan di WhatsApp Paling Mudah

Fitur WhatsApp Marketing Software Apa Saja untuk Bisnis Makanan?

CRM ID

Ada beberapa fitur-fitur WhatsApp marketing software yang bermanfaat untuk menjalankan bisnis makanan, seperti:

1. Fitur WhatsApp Marketing Software: Chat Automation untuk Pemesanan

Chat automation atau otomasi pesan membantu Anda menjawab pertanyaan dari calon pelanggan, pengunjung, dan pelanggan jauh lebih cepat.

Misalnya, ketika pelanggan bertanya apa saja menu yang tersedia hari ini, Anda bisa langsung mengirimkan menu melalui otomasi pesan.

Dan mereka akan langsung menerima daftar menu lengkap beserta harga tanpa admin harus mengetik secara manual.

Proses ini mempercepat transaksi dan mengurangi risiko pelanggan pergi karena menunggu terlalu lama.

2. Fitur WhatsApp Marketing Software: Broadcast Promosi Makanan

Fitur broadcast bisa mengirimkan promo ke beberapa pelanggan sekaligus dalam satu waktu.

Misalnya, ketika restoran memiliki promo makan siang gratis es teh di Hari Jum’at, broadcast dapat dikirim ke seluruh pelanggan yang pernah bertransaksi atau ke calon pelanggan yang masih ragu-ragu membeli.

Cara seperti ini bisa memantik meningkatkan traffic kunjungan dan penjualan saat jam tertentu, bahkan menarik minat calon pelanggan baru.

3. Fitur WhatsApp Marketing Software: Multi Agent untuk Handling Komunikasi dengan Banyak Agen

Bisnis makanan yang memiliki banyak cabang membutuhkan sistem untuk membagi pesan ke banyak agen CS.

WhatsApp marketing software menyediakan sistem dashboard yang bisa digunakan oleh beberapa admin sekaligus. Sehingga memudahkan koordinasi dan tidak melewatkan pesan pelanggan.

4. Fitur WhatsApp Marketing Software: Label dan Tag untuk Segmentasi Pelanggan

Dengan menggunakan fitur tag dan label, Anda bisa mengatur segmentasi pelanggan.

Misalnya mengelompokkan pelanggan berdasarkan lokasi, makanan favorit, frekuensi pembelian, perilaku dan unsur psikografis lainnya.

Penyebaran promo menjadi lebih tepat sasaran dan mengurangi potensi pesan dicuekin.

5. Fitur WhatsApp Marketing Software: Standar Quality Assurance

Fitur quality assurance (QA) berfungsi dalam hal penilaian kinerja agen, kecepatan respon, product knowledge, penyelesaian komplain,dan lain sebagainya.

Standar QA ini bisa Anda tetapkan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan standar bisnis makanan Anda.

Aplikasi CRM.ID, Anda bisa menambah kategori QA (judul, deskripsi, bobot) dan bisa diedit sewaktu-waktu seiring perubahan kebijakan dan kebutuhan tim.

Baca Juga: Cara Menggunakan 5 Fitur WhatsApp CRM untuk Customer Service

Strategi Menggunakan WhatsApp Marketing Software untuk Bisnis Makanan

Strategi WhatsApp Marketing Software untuk Bisnis Makanan

1. Flash Promo di Jam-Jam Ideal

Bisnis makanan bisa mengalami sepi di jam-jam tertentu, atau bisa saja dalam sehari bisa sangat sepi.

Untuk meningkatkan penjualan di jam-jam tertentu, pemilik bisnis bisa membuat flash promo dan mengirimkannya melalui broadcast WhatsApp.

Flash promo bisa meningkatkan konversi penjualan karena terdorong oleh sifat urgensinya tinggi.

2. Menggunakan Chatbot untuk Mengurangi Beban Admin

Chatbot bisa mengambil alih banyak tugas admin seperti menjawab FAQ, memberikan informasi menu secara umum, atau membalas pesan masuk saat admin sedang offline atau sedang menangani pelanggan lain.

Dengan begitu, admin hanya perlu menangani kasus yang lebih kompleks, butuh pemahaman teknis dan detail tinggi.

3. Follow Up Pelanggan Agar Repeat Order

Follow up sangat penting di semua jenis bisnis, termasuk bisnis makanan. 

Pelanggan yang sudah puas dengan pesanan sebelumnya kemungkinan besar akan membeli lagi jika mendapatkan reminder.

Admin yang menggunakan WhatsApp marketing software bisa follow up yang dikirim setelah beberapa hari setelah pelanggan melakukan pembelian terakhir.

4. Membangun Database Pelanggan Sejak Awal

Bisnis makanan yang menginginkan perkembangan bisnis harus sudah membangun database pelanggan sejak awal.

Software WhatsApp marketing seperti CRM.ID, memberikan opsi untuk mengatur dan menyimpan database dengan rapi di sistem dan bisa digunakan kembali untuk marketing campaign di waktu yang akan datang.

Baca Juga: 6 Aplikasi CRM Untuk Kelola Customer Database

Contoh Penggunaan WhatsApp Marketing Software di Bisnis Makanan

Contoh Penggunaan WhatsApp Marketing Software di Bisnis Makanan

Sebuah restoran cepat saji yang menerima ratusan pesanan setiap hari dapat menggunakan chatbot untuk pesan atau pertanyaan FAQ, atau bisa langsung agen yang membalasnya.

Nah setelah pesan sudah lebih teknis dan dalam yang tidak bisa tertangani oleh chatbot, admin bisa mengambil alih peran tersebut. Sistem chatbot hanya sedikit membantu dalam hal percepatan dan menangani saat agen sedang sibuk.

Pesan broadcast bisa mengirimkan penawaran khusus seperti diskon untuk pesanan awal atau promo bundling makanan ke banyak kontak sekaligus, misalnya menjual es teh jasmine sekaligus dengan kentang goreng.

Anda bisa mengelompokkan pelanggan untuk pengiriman pesan dan sekaligus menjangkau pelanggan lama lebih mudah.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi CRM untuk Bisnis Indonesia 2025

Best Practice Memilih WhatsApp Marketing Software Terbaik untuk Bisnis Makanan Anda

Ketika memilih aplikasi atau tools, Anda harus memastikan aplikasi tersebut menggunakan WhatsApp API resmi dari Meta agar aman (tidak terkena banned).

Anda juga perlu memperhatikan fitur-fitur yang ditawarkan, seperti apakah ada fitur bot, template broadcast (pesan massal), multi user, dashboard analitik data, multi agent, dan integrasi lainnya.

Dan yang paling penting adalah kemudahan penggunaan, karena tampilan aplikasinya minimalis dan mirip seperti menggunakan WhatsApp pada umumnya.

Terlebih jika Anda tidak ingin membebankan biaya operasional untuk mempelajari lebih lama aplikasinya.

Jadi pilih WhatsApp marketing software terbaik di Indonesia yang memiliki tampilan sederhana dan dukungan customer support responsif seperti CRM.ID.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang WhatsApp marketing software untuk bisnis makanan.

Software ini memberikan banyak keuntungan bagi bisnis makanan yang ingin kembangkan dan yang telah memiliki jumlah customer banyak.

Misalnya dari otomatisasi layanan, percepatan pemesanan, pengiriman promosi berdasarkan segmentasi pelanggan, hingga pengelolaan pelanggan yang lebih rapi menggunakan dashboard.

Dengan pemanfaatan software yang tepat, bisnis makanan Anda meningkatkan produktivitas, mengurangi operational cost, menghadapi persaingan ketat, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Jika Anda ingin mencapai keuntungan tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba Aplikasi CRM.ID.

WhatsApp marleting software CRM.ID ini adalah aplikasi WhatsApp CRM dan penyedia WhatsApp Business API dengan fitur unlimited message.

Fitur lainnya adalah pengelolaan kontak, pemberian label pesan, pengaturan agen dan transfer agen (admin). Pengiriman per pesan hanya Rp 40,- (sangat murah, bukan?).

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera lakukan demo produk di tautan ini bersama tim kami.

Ainur Rohman

Tinggalkan Komentar

one + two =