9 Rekomendasi Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Anda

Rekomendasi Aplikasi CRM banner

Customer Relationship Management (CRM) telah menjadi salah satu alat penting bagi bisnis untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

CRM memungkinkan perusahaan untuk mengakses berbagai fitur yang dapat membantu meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan komunikasi, dan memaksimalkan keuntungan. Jika perusahaan tidak menggunakan CRM, mereka berisiko kehilangan jejak interaksi dengan pelanggan, kesulitan mengelola data pelanggan, dan membangun hubungan jangka panjang.

Namun, dengan banyaknya aplikasi CRM yang tersedia, memilih aplikasi CRM yang tepat bisa menjadi tantangan. Terutama dengan banyaknya opsi yang menawarkan keunggulan berbeda-beda.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi aplikasi CRM terbaik yang mungkin cocok untuk bisnis Anda beserta fitur dan harganya.

1. CRM.ID

aplikasi wa blast

CRM.ID adalah platform penyedia WhatsApp API yang berfokus untuk membantu bisnis dalam mempermudah pelayanan pelanggan.

Dengan antarmuka yang minimalis dan rapi, Anda bisa membuat template pesan kustom dengan mudah, menyimpan kontak pelanggan secara otomatis, dan mendapatkan analisis yang lengkap.

Selain itu, CRM.ID juga memungkinkan Anda untuk mengirim pesan tanpa batasan dan tanpa batasan agen, sehingga jika Anda memiliki tim dengan banyak anggota pun, semua bisa menggunakan satu CRM.ID saja.

Bisnis apa yang cocok menggunakan CRM.ID?

Bisnis dengan segala ukuran, tetapi terutama bisnis kecil dan menengah yang menginginkan solusi untuk pelayanan pelanggan bisa menggunakan CRM.ID.

Jika Anda baru merintis bisnis atau belum pernah menggunakan CRM sebelumnya, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, CRM.ID menawarkan dukungan one-on-one untuk melatih karyawan hingga asistensi selama penggunaan.

Harga

CRM.ID tidak memungut biaya bulanan, tetapi hanya biaya per pesan saja, yaitu Rp40 per pesan.

Baca Juga: Pengertian CRM, Manfaat, dan Rekomendasi Terbaiknya

2. Zoho

rekomendasi aplikasi crm 1

Zoho adalah software CRM dengan fitur kokoh dan harga yang kompetitif. Aplikasi ini serba bisa dan mampu memenuhi kebutuhan bisnis dan industri dalam berbagai skala dengan fiturnya yang luas dan integrasinya yang lengkap.

Zoho CRM menyediakan lusinan fitur penting seperti otomatisasi penjualan dan pemasaran serta kustomisasi produk. Beberapa fiturnya bisa Anda gunakan secara gratis tanpa perlu mendaftar untuk akun premium. Misalnya, dengan akun gratis saja, Anda sudah bisa membuat dan mengirim email kustomisasi.

Salah satu kelebihan Zoho yang lain adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Akan tetapi, fitur ini hanya tersedia dalam paket Enterprise dan Ultimate.

AI akan membantu Anda dalam memprediksi respon pelanggan dan menentukan waktu dan metode yang paling optimal untuk berinteraksi dengan mereka. Zoho juga menggunakan AI untuk mentranskrip dan merangkum panggilan, sehingga Anda bisa memahami inti percakapan secepat mungkin.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Zoho?

Zoho CRM adalah pilihan yang ideal untuk startup atau usaha yang memerlukan fitur manajemen klien dan kontak, juga dengan fitur prediksi penjualan dan otomatisasi pemasaran.

Harga

Zoho CRM bisa Anda gunakan mulai dari Rp193.250 per bulan untuk paket Standard hingga Rp717.667 per bulan untuk paket ultimate.

Baca juga: WhatsApp API: Arti dan Perbedaannya dengan WhatsApp Business

3. Monday.com

Monday.com adalah open platform berbasis cloud yang mengizinkan pebisnis untuk menciptakan aplikasi dan tools manajemen pekerjaan mereka sendiri.

Awalnya, aplikasi ini hanya sebatas aplikasi penunjang kolaborasi kerja. Tapi setelah selama bertahun-tahun, sekarang ini Monday.com bisa mendukung berbagai alur kerja seperti CRM, manajemen proyek, pengembangan software, hingga HR.

Anda bisa menggunakan format alur kerja yang sudah Monday.com sediakan atau membuatnya sendiri dari awal.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Monday.com?

Monday.com adalah software CRM yang cocok untuk tim dengan segala ukuran dan mampu berfungsi dengan baik di banyak bidang industri.

Jika Anda adalah pendiri startup yang sedang mencoba menarik pasar atau pun bisnis yang sudah stabil, Monday.com dengan antarmukanya yang intuitif dan menarik serta kemampuan kustomisasinya yang fleksibel dapat membantu tim bekerja dengan lebih efisien.

Harga

Anda bisa mencoba Monday.com secara gratis dan menguji beberapa tools dan fiturnya tanpa perlu membagikan informasi kartu kredit Anda. Jika Anda ingin mendaftar untuk layanan premium, maka layanan CRM Monday.com mulai dipatok seharga $12 per bulan untuk paket Basic.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi WA Blast Terbaik

4. Apptivo

rekomendasi aplikasi crm 4

Apptivo adalah software CRM dengan kustomisasi yang super fleksibel, sehingga cocok untuk bisnis yang ingin menggunakan berbagai tools sesuai dengan kebutuhan mereka yang spesifik.

Selain kelebihan dari segi kustomisasi, Apptivo juga menyediakan fitur yang memungkinkan bisnis untuk menganalisis proses penjualan mereka. Fitur lainnya adalah otomatisasi penjualan yang akan membantu Anda menghemat waktu dalam melakukan kegiatan yang repetitif.

Apptivo juga tersedia di ponsel, jadi ini adalah pilihan yang tepat untuk pebisnis dengan tim penjualan on-the-go. Selain itu, Apptivo juga menyajikan metrik perfoma CRM, proyeksi penjualan, dan analisis dalam bentuk visual yang mudah dicerna.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Apptivo?

Apptivo cocok untuk bisnis berbasis layanan yang memerlukan fitur-fitur yang akan membantu mereka dalam mengelola kontak dan leads dengan efektif. Sebab, Apptivo memiliki berbagai tools dan fitur terkait layanan dan sangat mudah untuk Anda kustomisasi dengan integrasinya pada API.

Harga

Anda bisa menggunakan Apptivo dengan membayar mulai dari $15 per bulan untuk paket Lite. Jika Anda ingin mencobanya dulu sebelum membeli, Anda bisa mendaftar untuk akun trial selama 30 hari atau menjadwalkan demo.

Baca juga: Optimasi Layanan Pelanggan: Ini 7 Cara Melakukannya

5. Agile CRM

agile crm

Aplikasi yang satu ini kaya akan fitur, termasuk kemampuan mengotomatisasi tugas pemasaran yang kompleks, sehingga sangat membantu bisnis kecil yang kekurangan sumber daya.

Selain itu, aplikasi yang satu ini memiliki fitur Drag-and-Drop, jadi pengguna dengan kemampuan teknis yang terbatas sekalipun dapat membuat alur kerja yang baik. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda sudah bisa menciptakan marketing campaign yang kompleks.

Kelebihan Agile CRM yang lain adalah kemampuan otomatisasi penjualannya. Platform ini dapat mengidentifikasi lead dan mengarahkannya ke sales representatif Anda yang paling cocok. Karena itu, kerja sama antara tim sales dan pemasaran pun akan jadi lebih mudah.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Agile CRM?

Agile adalah CRM yang layak bagi bisnis dengan anggaran terbatas yang membutuhkan cara sederhana untuk mengelola kontak, kalender, dan mengirim email massal.

Sebenarnya, Agile masih memiliki fitur yang lebih banyak, tetapi fitur tersebut baru bisa Anda akses dengan membeli paket berbayar. Sementara itu, harga paket berbayar Agile tergolong mahal.

Harga

Agile CRM gratis dan bisa digunakan sampai maksimal 10 pengguna. Jika Anda menginginkan akses ke fitur-fitur seperti email campaign atau pembuat landing page, Anda harus mendaftar paket premium dengan harga mulai dari $8.99 hingga $79.99 per bulan.

Baca Juga: Cara WA Blast, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

6. HubSpot

hubspot 6

HubSpot adalah software CRM yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu bisnis berjualan dengan lebih efektif, seperti otomatisasi formulir, segmentasi daftar, live chat dan rekomendasi SEO, membantu bisnis menciptakan leads, dan mengatur hubungan antara konsumen dan tim pemasar.

Selain fitur di atas, HubSpot juga terintegrasi dengan CallRail, sebuah sistem pelacak panggilan dari Google Ads, dan langsung menambahkannya secara otomatis ke database.

Bisnis apa yang cocok menggunakan HubSpot?

HubSpot adalah CRM yang dirancang secara spesifik untuk bisnis berukuran kecil dan medium karena tools-nya cocok untuk tim berukuran kecil atau bisnis dengan sumber daya terbatas.

Jika Anda baru pertama kali menggunakan CRM, HubSpot adalah pilihan yang tepat karena mudah diatur dan digunakan, lalu tools yang tersedia dari versi gratisnya pun cukup lengkap.

Begitu Anda mulai familiar dan ahil menggunakan CRM, Anda bisa menambahkan tools lain atau beralih ke paket berbayar mereka.

Harga

HubSpot menyediakan paket gratis yang tersedia untuk maksimal 5 orang. Jika Anda ingin melakukan upgrade, make Anda bisa memilih paket Starter seharga $15 per bulan.

Anda juga bisa membuat paket kustom jika Anda hanya menginginkan satu atau dua fitur spesifik dan membayar biaya berlangganannya per bulan atau per tahun.

Baca juga: 10 Aplikasi Ticketing System, Fitur Penting, dan Tips Memilihnya

7. Zendesk Sell

aplikasi crm zendesk

Zendesk Sell adalah platform CRM dari Zendesk, yang juga menawarkan platform help desk yang bisa Anda integrasikan ke CRM. Dengan Zendesk Sell, Anda bisa mengatur support tickets, membuat chatbot, membuat help center untuk berkomunikasi lewat media sosial, dan masih banyak lagi.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Zendesk Sell?

Zendesk Sell adalah software CRM yang mudah Anda pelajari, jadi ideal untuk bisnis yang sebelumnya belum pernah menggunakan CRM.

Software ini juga cocok untuk bisnis yang ingin berpindah dari model kerja berbasis kertas ke solusi CRM yang serba otomatis serta yang memerlukan platform yang terintegrasi dengan sistem lain.

Bisnis yang ingin melacak prospek melalui saluran penjualan atau bisnis dalam semua ukuran yang mencari alat manajemen penjualan yang komprehensif juga bisa menggunakan Zendesk Sell.

Sayangnya, Zendesk Sell kurang cocok untuk bisnis yang membutuhkan CRM gratis bisnis yang tidak menjual produk atau layanan secara langsung ke konsumen. Sebab, semua fitur Zendesk Sell lebih fokus ke tim yang berorientasi pada penjualan.

Harga

Zendesk Sell bisa Anda dapatkan mulai dari harga $19 per agen per bulan jika Anda membayarnya secara tahunan. Tapi jika Anda ingin membayar per bulan, maka harganya menjadi $25.

Untuk versi Professionalnya, Anda perlu membayar $149 per agen per bulan atau $115 per agen per bulan (jika pembayarannya per tahun).

Selain dua versi di atas, tersedia juga versi Enterprise dengan harga mulai dari $169 per pengguna.

Baca Juga: Customer Relationship: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

8. Salesmate

rekomendasi aplikasi crm 8

Salesmate adalah solusi CRM modern dan intuitif yang menawarkan pengguna kemudahan dalam mengelola kontak, otomatisasi penjualan, serta pekerjaan pemasaran lainnya. Meski bukan aplikasi CRM yang paling komprehensif, tetapi justru inilah daya tarik Salesmate.

Banyak aplikasi CRM lain menawarkan fitur-fitur yang berlebihan sehingga sulit dipelajari. Sementara itu, Salesmate cukup membawa fitur utama untuk layanan pelanggan dan penjualan saja.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Salesmate?

Bisnis dengan tim ahli pemasaran dan penjualan bisa menggunakan Salesmate. Tetapi karena harga berlangganannya cukup mahal, Salesmate mungkin akan lebih cocok untuk bisnis dengan potensi pendapatan yang tinggi.

Harga

Anda bisa mencoba Salesmate dengan trial selama 15 hari. Selama periode ini, Anda akan memperoleh akses tak terbatas ke produknya.

Sedangkan untuk paket berbayar Salesmate, harganya tergolong cukup mahal yaitu mulai dari $23 per bulan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp, Manfaat, dan Syaratnya

9. Pipedrive

rekomendasi aplikasi crm 9

Seperti namanya, aplikasi CRM yang satu ini berfokus pada pipeline penjualan. Pipeline sendiri adalah visualisasi dari rangkaian proses penjualan yang tersaji dalam bentuk seperti batang pipa.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Pipedrive?

Pipedrive cocok untuk bisnis skala kecil yang memerlukan solusi terjangkau untuk mengotomatisasi proses penjualan.

Namun, untuk memanfaatkan semua fiturnya, Anda akan perlu bantuan dari tim pengembang dan akses API untuk membuat fitur kustom atau integrasi dengan aplikasi pihak ketiga yang berguna untuk tim pemasaran dan customer support.

Selain itu, Pipedrive juga kurang cocok untuk bisnis yang membutuhkan CRM gratis atau memerlukan fitur-fitur yang lebih kompleks.

Harga

Pipedrive tidak menyediakan versi gratis. Harga berlangganan Pipedrive mulai dari $14 hingga $99 per bulan.

Baca Juga: 15 Fitur yang Harus Ada dalam Software CRM

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui bahwa ada banyak CRM dengan fitur dan harga yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda adalah tipe bisnis yang tidak membutuhkan banyak fitur kompleks dan hanya ingin fokus untuk melayani pelanggan dengan efisien, maka Anda bisa mempertimbangkan CRM.ID.

Dengan CRM.ID, Anda dapat melayani pelanggan tanpa batasan jumlah kontak, agen, dan pesan, sehingga sangat cocok untuk bisnis yang memiliki tim customer service tersendiri.

Selain itu, CRM.ID juga tidak memerlukan biaya berlangganan bulanan yang mahal. Cukup dengan Rp40 per pesan saja, Anda sudah bisa mengakses semua fiturnya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba CRM.ID, Anda bisa menjadwalkan demo dengan menggunakan tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =