Customer Care Adalah: Tugas dan Bedanya dengan Customer Service

customer care adalah

Customer care adalah bagian penting bagi sebuah bisnis yang berperan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

Keberadaan customer care ini akan membuat pelanggan merasa bahwa bisnis memedulikan kenyamanan dan kepuasan mereka terhadap produk yang dijual.

Tentunya sebagai pebisnis Anda harus memahami pentingnya keberadaan customer care ini dan cara meningkatkan layanan customer care yang ada pada bisnis Anda.

Pada artikel ini CRM.iD akan menjelaskan secara lengkap mengenai customer care, mulai dari mengapa bisnis harus memiliki customer care, perbedaan customer care dengan customer service, tugas, dan cara meningkatkan layanannya.

Baca selengkapnya hanya pada penjelasan di bawah ini:

Mengapa Bisnis Harus Memiliki Customer Care?

customer care adalah

Bagi sebuah bisnis, layanan pelanggan memegang pernan yang sangat penting untuk memastikan pelanggan merasa puas.

Customer care adalah sebuah program layanan pelanggan yang diberikan oleh dalam jangka waktu lama oleh pihak perusahaan.

Dengan customer care ini perusahaan ingin memastikan mereka telah memberikan layanan terbaik agar pelanggan merasa puas, meningkatkan loyalitas, dan agar pelanggan tidak berpindah ke kompetitor.

Tidak hanya itu, melalui customer care ini juga perusahaan dapat menjalin hubungan emosional melalui interaksi yang dilakukan secara intens dengan para pelanggan.

Ibaratnya, tanpa keberadaan customer care ini, perusahaan tidak bisa mendapatkan dukungan untuk membuat pelanggan bertahan dengan produk yang dijual.

Ini berbeda ketika perusahaan tidak memilikinya, perusahaan tidak bisa memberikan ‘rasa peduli’ di mana ini akan membuat pelanggan menjadi loyal terhadap produk yang dimiliki oleh perusahaan.

CC ini akan menjadi garda terdepan untuk menangani setiap kebutuhan pelanggan atau klien.

Tidak heran jika perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mendukung keberadaan mereka di perusahaan.

crm 2

Baca Juga: Pentingnya Follow Up dengan Customer dan Cara Melakukannya

Apa Perbedaan Customer Care dan Customer Service?

customer care adalah

Selain customer care, ada layanan pelanggan lainnya yang tidak asing yakni customer service.

Customer service merupakan sebuah dukungan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan untuk menangani permasalahan yang dialami oleh para pelanggan ini.

Ini termasuk ketika pelanggan membutuhkan informasi yang berhubungan dengan produk layanan dari bisnis tersebut.

Berikut beberapa perbedaan yang dimiliki oleh keduanya:

1. Tujuan yang Dimilikinya

Perbedaan yang pertama adalah terkait tujuan yang dimilikinya.

Memang, keduanya sama-sama bertugas melayani pelanggan, tetapi tujuan keduanya berbeda.

Customer service memiliki tujuan fokus dalam memberikan layanan pelanggan yang memuaskan pada saat itu juga.

Mereka akan berfokus pada bagaimana cara menyelesaikan permintaan pelanggan di waktu yang sama.

Ini berbeda dengan customer care dimana tujuan mereka adalah untuk menarik pelanggan agar mereka dapat setiap terhadap produk atau jasa yang diberikan.

Ini dilakukan dengan cara membangun kepercayaan dari pelanggan dan juga menjaga reputasi yang dimiliki oleh brand khususnya di mata para pelanggan.

Baca Juga: Customer Relation: Ini Perbedaannya dengan Customer Service

2. Lamanya Pelayanan

Tentunya, keduanya memiliki masa pelayanan yang berbeda dan ini menjadi perbedaan kedua yang dimiliki oleh keduanya.

Customer service hanya memberikan layanan sebentar dimana pada saat pelanggan memiliki keluhan atau real time.

Ini berbeda dengan customer care di mana mereka berfokus pada memberikan rasa nyaman kepada pelanggan.

Jadi, mereka akan berupaya untuk menyenangkan hati pelanggan agar pelanggan dapat loyal terhadap produk yang mereka jual.

3. Cara Kerja

Perbedaan ketiga yang ada pada keduanya adalah berkaitan dengan cara kerja yang mereka miliki.

Customer service akan bertugas memenuhi permintaan pelanggan yang berhubungan dengan informasi produk ataupun jasa.

Jadi, mereka akan berfokus pada solusi yang bisa diberikan secara cepat agar permasalahan yang dialami pelanggan tidak tambah berat dan serius.

Ini berbeda dengan customer care dimana mereka bertugas memberikan pelayanan secara mendalam.

Mereka akan menawarkan produk dan mengumpulkan umpan balik yang bisa menjadi modal untuk mengembangkan produk menjadi lebih baik lagi.

Dibandingkan berfokus pada solusi cepat yang bisa diberikan, mereka memberikan solusi yang dapat memuaskan pada pelanggan, agar loyalitas dapat tumbuh karenanya.

Tidak heran jika mereka harus bisa menguasai setiap informasi yang berkaitan dengan produk agar dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh pelanggan.

Baca Juga: Customer Journey Mapping: Pengertian dan Langkahnya

Apa Saja Tugas Customer Care?

CS

Berikut beberapa tugas yang dimiliki oleh tim ini:

1. Memastikan Hubungan Pelanggan Dapat Terjalin Lama

Tugas pertama adalah untuk memastikan hubungan dengan pelanggan dapat terjalin lama.

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa tugas mereka tidak hanya menangani permasalahan yang ada tetapi juga menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan.

Mereka harus bisa memberikan rasa nyaman agar pelanggan merasa mereka menjadi bagian dari produk atau jasa tersebut dan menumbuhkan loyalitas di dalam diri para pelanggan.

Untuk mencapai ini semua, Anda bisa menggunakan metode yakni mendokumentasikan dan melaporkan setiap interaksi yang terjalin dengan pelanggan.

Dari interaksi ini, Anda bisa membuat strategi terbaik yang didasarkan pada hasil analisis yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Juga: Customer Engagement: Pengertian, Strategi, dan Cara Mengukur

2. Memastikan Permasalahan Pelanggan Dapat Teratasi

Tugas yang kedua adalah mereka bertugas untuk memastikan permasalahan pelanggan dapat teratasi dengan baik.

Seperti yang diketahui, setiap pelanggan pasti memiliki permasalahan dan kebutuhan masing-masing.

Nah, di sini mereka bisa jenis untuk memahami setiap kebutuhan yang ada agar pelanggan bisa merasa nyaman.

Ketika pelanggan bisa merasakan kenyamanan dan keluhan yang mereka miliki dapat teratasi dengan baik, mereka bisa merasa dekat dengan brand dan meningkatkan loyalitas.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tugas yang ketiga adalah mereka bertugas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

Mereka ini harus bisa memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang mereka gunakan.

Ini dapat dilakukan dengan cara memonitoring secara berkala.

Anda bisa memulainya dengan mengirimkan survey yang berkaitan dengan mengukur kepuasan pelanggan.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengunjungi pelanggan dan memeriksanya secara langsung.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi CRM untuk memudahkan pengiriman survei kepuasan pelanggan,

Aplikasi CRM dilengkapi dengan fitur fimana Anda bisa mengelola survei dalam sistem yang terpadu.

Baca Juga: 8 Cara Mengoptimalkan Customer Acquisition Cost (CAC)

Apa Saja Tips Meningkatkan Layanan Customer Care dan Customer Service?

customer care adalah

Untuk mendukung peningkatan layanan yang dimilikinya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, apa saja?

1. Siap Sedia untuk Melayani Pelanggan

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan selalu siap sedia dalam melayani pelanggan, khususnya ketika pelanggan membutuhkan bantuan Anda.

Jika memungkinkan, perusahaan bisa siap sedia selama 24 jam untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Khususnya di tengah persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat.

Jangan sampai pelanggan Anda beralih ke bisnis lain karena mereka merasa tidak puas karena pelayanan lambat yang diberikan.

Jika Anda khawatir tim Anda tidak bisa memberikan pelayanan selama 24 jam, Anda bisa menggunakan fitur Chatbot di mana fitur ini memungkinkan bagi bisnis Anda untuk memberikan pelayanan pelanggan tanpa stop.

Fitur Chatbot ini menjadi salah satu fitur yang disediakan oleh aplikasi customer service, seperti CRM.ID.

Baca Juga: Customer Centric Adalah? Ini Arti, Cara Mengukur, dan Tips

2. Mampu Menjadi Pendengar yang Baik

Tips kedua adalah Anda harus mampu menjadi pendengar yang baik dimana Anda bisa memberikan respon yang sesuai dengan harapan pelanggan.

Pastinya ketika pelanggan Anda menghubungi tim Anda tujuannya adalah agar keluhan mereka dapat didengarkan.

Nah, di sinilah tugas Anda untuk mendengarkannya dengan baik dan penuh perhatian.

Tunjukan kepada mereka bahwa Anda dan tim mempedulikan setiap keluhan mereka dan buatlah mereka merasa dihargai.

Cara ini bisa memudahkan Anda dalam mengidentifikasi setiap kendala yang dihadapi pelanggan sehingga Anda bisa memberikan tanggapan dan solusi terbaik untuk setiap keluhan dari pelanggan.

3. Tawarkan Solusi yang Dibutuhkan

Ketiga, Anda harus bisa menawarkan solusi yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Biasanya, pelanggan menghubungi tim Anda untuk mendapatkan solusi dari kendala atau masalah yang mereka hadapi.

Jadi, tugas seorang customer care adalah memberikan solusi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak baik itu dari sisi pelanggan ataupun perusahaan.

Pastikan juga bahwa solusi yang diberikan itu tidak menimbulkan kerugian baik secara materil ataupun non material.

Baca Juga: Cara Menghitung dan Meningkatkan Customer Lifetime Value

4. Akui Kesalahan dan Tepati Janji yang Telah Dibuat

Jika Anda membuat kesalahan, jangan sungkan untuk mengakuinya dan meminta maaf dengan pelanggan.

Misalnya, produk yang dijual memang terdapat kesalahan produksi atau dalam melayani pelanggan tim Anda masih kurang maksimal.

Meski harus meminta maaf, Anda tidak perlu khawatir hal ini bisa mengurangi kredibilitas bisnis di mata para pelanggan.

Selain mengakui kesalahan, Anda juga harus selalu menaati janji yang Anda buat dengan pelanggan.

Jika memang ada hal mendesak yang membuat Anda harus membatalkan janji, maka katakan dengan jujur apa alasan Anda.

Ini bertujuan untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan membuat mereka tetap stay dengan produk yang Anda jual.

5. Mintalah Feedback dari Pelanggan

Terakhir, jangan lupa untuk minta feedback dari pelanggan.

Dari feedback yang diberikan pelanggan ini, Anda bisa mengetahui informasi perusahaan yang berkaitan dengan pelayanan yang diberikan, apakah sudah memuaskan atau tidak.

Selain itu, ketika pelanggan diminta feedback dari tim Anda, ini bisa membuat mereka merasa dihargai dan didengar pendapat mereka.

Baca Juga: Mengenal Jobdesk Customer Service, Gaji, dan Peluang Karirnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai customer care yang bisa Anda jadikan referensi.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa customer care memiliki peran yang penting di dalam perusahaan, dimana mereka bertugas menjawab setiap kendala dari pelanggan dan memberikan rasa nyaman sehingga pelanggan bisa loyal.

Keberadaan customer care inis sangat penting bagi sebuah bisnis dan setiap perusahaan harus bisa memberikan dukungan terbaik untuk mereka.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan fasilitas layanan pelanggan terbaik melalui aplikasi CRM.

CRM.ID menjadi rekomendasi aplikasi CRM yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mendukung kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.

CRM.ID merupakan platform WhatsApp Business API yang bisa memberikan layanan pesan kepada pelanggan tanpa takut terblokir.

Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 2 =