Di dalam sebuah bisnis khususnya bisnis jasa atau layanan, client jadi bagian yang tidak bisa dipisahkan.
Client adalah individu ataupun kelompok yang menggunakan jasa atau layanan apada periode kerja sama yang bersifat berkelanjutan.
Tentunya keberadaan klien ini sangatlah penting karena mereka akan membeli produk yang ditawarkan oleh bisnis.
Namun masih banyak yang sulit membedakan antara client dengan customer.
Meski sama-sama berhubungan dengan pembelian produk dari suatu bisnis, namun keduanya adalah dua hal yang berbeda.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai client, mulai dari pengertiannya hingga perbedaannya dengan customer.
Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:
Apa yang Dimaksud dengan Client?

Client adalah individu atau sekelompok orang yang menggunakan jasa atau layanan dari sebuah bisnis.
Untuk menerima jasa atau layanan ini, mereka akan membayarkan sejumlah uang atau ada juga yang menerima jasa terlebih dahulu.
Untuk pelayanannya, dapat dilakukan dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang yang disesuaikan dengan kesepakatan yang telah dibuat.
Namun biasanya layanan ini memiliki sifat berkelanjutan dan klien cenderung loyal terhadap perusahaan karena akan menggunakan jasa yang sama selama bertahun-tahun.
Untuk mendukung loyalitas dan membantu klien menghadapi permasalahan serta kebutuhan mereka, dibutuhkan pendampingan dari perusahaan.
Pendamping memiliki peran sebagai perantara yang akan mengatasi keluhan klien, seperti memberikan solusi berkaitan dengan jasa layanan yang didapatkan.
Sebagai contoh klien untuk bisnis yang konsultan pengacara.
Pendampingan diberikan berkaitan dengan permasalahan hukum yang dialami oleh klien hingga ditemukan solusi yang menguntungkan bagi klien.
Baca Juga: Apa Itu Klien: Ini Pengertian dan Perbedaannya dengan Pelanggan
Apa Perbedaan Client dengan Customer?

Sama-sama berkaitan dengan penjualan produk, klien dan customer atau pelanggan sering dianggap dua hal yang sama.
Padahal, klien dan customer adalah dua hal yang berbeda, di mana klien mengacu pada mereka yang membeli jasa atau layanan profesional dari sebuah bisnis.
Sedangkan customer merupakan mereka yang melakukan produk yang berupa barang yang dijual oleh perusahaan.
Lebih lengkapnya berikut 5 perbedaan antara klien dengan customer yang perlu Anda ketahui:
1. Dari Pengertiannya
Dari pengertian yang dimilikinya, klien adalah individu atau kelompok orang yang menggunakan jasa atau layanan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau bisnis.
Sedangkan customer merupakan individu atau sekelompok orang yang membeli produk berupa barang dari perusahaan ataupun bisnis.
Baca Juga: Customer Adalah: Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya
2. Berdasarkan Hubungan dengan Perusahaan
Perbedaan yang kedua adalah dari hubungan dengan pelanggan, di mana klien memiliki hubungan dalam jangka waktu yang lama dengan perusahaan.
Ini karena produk yang dibeli klien memiliki sistem langganan sehingga menimbulkan hubungan jangka panjang.
Sedangkan hubungan antara customer dengan perusahaan dilakukan dalam jangka pendek, di mana pelanggan akan melakukan pembelian satu kali dan baru akan melakukan pembelian ulang ketika mereka merasa puas dengan produk yang dijual.
3. Dari Kesepakatan yang Dilakukan
Secara umum, kesepakatan yang dilakukan antara customer dengan perusahaan bersifat formal dan hanya dilakukan selama satu kali.
Sedangkan hubungan antara klien dengan perusahaan dilakukan secara formal ditandatangani oleh kedua belah pihak di dalam jangka waktu yang panjang.
Baca Juga: Sales Representative: Definisi, Tugas, dan Gaji
4. Dari Durasi Hubungan
Dari durasi hubungan yang dimiliki, hubungan antara klien dengan perusahaan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.
Ini berbeda dengan hubungan antara customer dengan perusahaan yang memiliki durasi hubungan dalam jangka waktu pendek.
5. Berdasarkan Layanan yang Didapatkan
Perbedaan yang terakhir adalah berdasarkan layanan yang didapatkan.
Dalam memberikan layanan, perusahaan memiliki cara yang berbeda dalam memperlakukan client dan customer.
Kepada customer, layanan yang diberikan oleh perusahaan lebih sederhana yakni hanya berkaitan dengan barang yang ditawarkan.
Sedangkan untuk klien, penawaran yang diberikan berupa jasa profesional ataupun solusi yang dibutuhkan.
Baca Juga: Pentingnya Follow Up dengan Customer dan Cara Melakukannya
Apa Manfaat Memahami Client bagi Bisnis?

Ada 2 (dua) manfaat yang bisa didapatkan bisnis dengan memahami pentingnya klien bagi bisnis, yakni:
1. Memudahkan untuk Penyesuaian Strategi Layanan
Manfaat yang pertama yang bisa didapatkan bisnis dengan memahami klien adalah memudahkan bisnis dalam menyesuaikan strategi layanan yang digunakan.
Dengan cara ini bisnis lebih mudah menyusun proses layanan sehingga bisa lebih personal, cepat tanggap, dan juga lebih proaktif.
Cara ini akan memperkuat kepercayaan dan membantu meningkatkan peluang kerja sama dalam jangka waktu yang panjang.
Baca Juga: Sales Executive: Tugas, Gaji, dan Jenjang Karir
2. Memudahkan Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
Manfaat yang kedua yang bisa didapatkan bisnis dengan memahami pentingnya klien adalah mendukung peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Kepuasan klien ini tidak hanya berasal dari kualitas produk ataupun jasa yang dimiliki.
Mereka juga menghargai ketika bisnis dapat memberikan respons yang cepat, komunikasi yang jelas, dan juga perusahaan dihargai.
Cara ini akan mendukung fokus pada hubungan yang ada, bukan hanya pada transaksi yang dimiliki sehingga mendukung membangun loyalitas yang sulit untuk dikalahkan oleh kompetitor.
Baca Juga: Cross-Selling dan Upselling: Pengertian dan Cara Melakukannya
Apa Saja Contoh Perusahaan yang Fokus pada Klien dan Fokus pada Pelanggan?

Membicarakan mengenai perbedaan yang dimiliki oleh klien dan pelanggan, perlu diketahui bahwa perbedaan yang mendasar ada pada jenis layanan yang dimilikinya.
Berikut contoh perbedaan antara perusahaan yang berfokus dengan klien dan perusahaan yang berfokus pada pelanggan:
1. Client Based Service (Perusahaan yang Fokus pada Klien)
Perusahaan dengan layanan berbasis pada klien akan fokus pada mengembangkan hubungan yang kuat dengan klien, memahami kebutuhan dari klien, hingga menyediakan solusi yang dibutuhkan oleh mereka.
Ketika perusahaan dapat memprioritaskan kebutuhan dari individu, maka tujuan dari layanan adalah meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang yang baik dengan klien.
Contoh dari perusahaan yang fokus memberikan layanan kepada klien, di antaranya:
- Agen asuransi
- Lembaga akuntan atau lembaga keuangan
- Agen asuransi
- Kantor pengacara
- Agen perumahan
- Studio desain
Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Industri Keuangan dan Fiturnya
2. Customer Based Focus (Perusahaan yang Fokus pada Pelanggan)
Perusahaan yang fokus pada pelanggan akan memberikan layanan yang mengacu pada pendekatan bisnis sehingga bisa menempatkan pelanggan sebagai fokus utama dalam semua kegiatan dan keputusan yang berkaitan dengan layanan.
Tujuan dari customer-based focus adalah untuk memenuhi dan memahami kebutuhan, preferensi, hingga harapan yang dimiliki oleh pelanggan sehingga bisa memberikan pengalaman terbaik.
Pendekatan yang digunakan di sini adalah pendekatan yang mendorong bisnis lebih memahami dan lebih dari harapan yang dimiliki pelanggan.
Melalui cara ini maka bisnis dapat meningkatkan loyalitas, retensi, dan dukungan dari pelanggan.
Contoh dari customer-based focus di antaranya:
- Perusahaan SaaS
- Toko retail
- Bank
- Perusahaan dengan basis langganan
- Restoran
- Cafe
Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Untuk Bisnis Konstruksi
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai client dan perbedaannya dengan customer yang dapat menjadi referensi untuk Anda.
Dari penjelasan artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa klien merupakan seseorang atau sekelompok orang yang membeli jasa dari sebuah perusahaan.
Tentunya perusahaan harus memiliki cara tersendiri dalam memberikan layanan kepada klien agar klien terus melakukan langganan dan setia dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengelolaan pelanggan dengan sebaik mungkin.
Di sini Anda dapat menggunakan software CRM dari CRM.ID untuk memaksimalkan layanan pelanggan yang ada di perusahaan Anda.
CRM.ID merupakan aplikasi CRM terbaik yang akan memberikan kemudahan pengelolaan pelanggan di mana Anda bisa mengirimkan pesan secara unlimited sehingga tidak perlu khawatir akan terblokir.
Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025