Apakah Anda pernah mendengar pekerjaan sales executive? Orang yang bekerja sebagai di posisi ini memiliki peran penting dalam tim penjualan perusahaan, yaitu bertanggung jawab terhadap keseluruhan penjualan perusahaan.
Seorang sales executive bertugas menjual produk perusahaan kepada individu, bisnis, atau bahkan lembaga pemerintah. Penjualan dapat dilakukan dari dalam negeri, secara internasional, atau bahkan keduanya.
Apakah Anda sedang mencari seorang kandidat untuk mengisi posisi ini atau ingin menjadi seorang sales executive tapi kurang memahami hal-hal seperti tugas, kualifikasi, dan lainnya? Jangan khawatir, sebab artikel ini akan membahas semuanya secara lengkap.
Jika Anda tertarik untuk mempelajari posisi sales executive seperti tugas, skill, dan kualifikasinya, simak artikel ini sampai habis!
Apa itu Sales Executive?
Biasanya, para pemilik bisnis mempekerjakan sales executive untuk membantu menganalisis kebutuhan pelanggan, meneliti pasar dan produk terkait, serta menyajikan produk atau layanan kepada pelanggan secara profesional.
Nantinya, Anda akan mendengarkan kebutuhan pelanggan dan membuat presentasi yang tepat untuk melakukan penjualan.
Sales executive sering kali harus melakukan panggilan telepon dan mengatur pertemuan dengan klien, menanggapi email dan panggilan telepon, serta bertemu langsung dengan klien. Jadi, nantinya mereka bisa bekerja di kantor ataupun di lapangan.
Sales executive bisa bekerja di berbagai industri berbeda, tergantung di bidang mana perusahaan tersebut bergerak. Tapi umumnya, sektor yang mempekerjakan posisi ini bergerak di bidang ini:
- FMCG (fast-moving consumer goods): Seperti makanan dan minuman, rokok, dan alkohol
- Teknis: Seperti otomotif, IT, elektronik, konstruksi, dan komunikasi
- Bisnis: Konsultasi dan saran, pelatihan, software, dan layanan komputer berbasis cloud.
- Periklanan: Termasuk penerbit majalah, radio, televisi, web, dan pesan teks.
- Farmasi: Layanan dan persediaan medis
- Finansial: Termasuk bank dan pemberi layanan finansial
Baca Juga: Direct Sales: Pengertian dan Cara Implementasinya
Tugas dan Tanggung Jawab Sales Executive
Seorang sales executive bertanggung jawab untuk melakukan negosiasi harga, biaya, pengiriman, dan spesifikasi produk dengan pembeli dan eksekutif bisnis.
Saat pelanggan melakukan pembelian, mereka juga bertugas untuk berkomunikasi dengan perusahaan pengiriman untuk melacak kemajuan pesanan.
Tugas dan tanggung jawab Sales Executive lainnya meliputi:
- Bertindak sebagai titik kontak antara pelanggan dan perusahaan
- Menegosiasikan ketentuan penjualan dan perjanjian serta menutup penjualan dengan pelanggan
- Mengumpulkan informasi pasar dan pelanggan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan
- Menanggapi pertanyaan pelanggan dan menyelesaikan keberatan mereka agar mereka melakukan pembelian
- Memberi saran kepada pengembang produk tentang perbaikan yang akan disertakan dalam pengembangan produk mendatang dan mendiskusikan promosi khusus
- Membuat dokumen proposal sebagai bagian dari prosedur penawaran resmi
- Memeriksa inventaris yang tersedia dan kualitas produk yang dipajang
- Memberikan penawaran dan perhitungan biaya yang terperinci dan akurat kepada pelanggan
Baca Juga: Tugas Sales Promotor, Gaji, dan Jenjang Karirnya
Berapa Gaji Sales Executive?
Dilansir Jobstreet, rata-rata gaji bulanan seorang sales executive di Indonesia berkisar dari Rp 4.350.000 hingga Rp 6.000.000. Angka ini bisa berbeda-beda di setiap daerah, tergantung UMR dan sektor industrinya.
Selain itu, gajinya biasanya merupakan gabungan dari gaji utama (jumlahnya tetap, tidak peduli berapa penjualan yang dilakukan) dan bonus atau komisi (berdasarkan jumlah barang yang berhasil dijual.
Ada juga sistem di mana perusahaan tidak memberikan gaji utama. Jadi, sales executive bisa mengandalkan komisi dari hasil penjualan saja.
Karena seorang sales executive seringkali perlu bepergian, banyak perusahaan yang menyediakan mobil perusahaan, tunjangan bahan bakar, dan lain sebagainya.
Baca Juga: Sales Advisor: Tugas, Gaji, dan Skill yang Diperlukan
Kualifikasi dan Skill untuk Menjadi Sales Executive
Sales executive yang hebat harus bisa menangani penjualan dalam sektor Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Customer (B2C). Dua industri ini berorientasi pada target dan membutuhkan orang-orang yang bertekad yang dapat bekerja dalam situasi yang penuh tekanan.
Kualifikasi
Walau biasanya posisi ini terbuka untuk mahasiswa dari segala jurusan, tapi hal-hal di bawah ini mungkin bisa meningkatkan peluang Anda untuk diterima:
- Jurusan bisnis, manajemen, atau marketing
- Jurusan komputer atau teknologi (untuk penjualan teknis)
- Media study (untuk periklanan dan penjualan media)
- Bahasa asing (untuk perusahaan yang beroperasi di pasar luar negeri).
Biasanya, perusahaan besar akan mencari kandidat yang memiliki satu atau dua dari poin di atas, beserta pengalaman berorganisasi, kegiatan di universitas, atau pengalaman kerja lain yang relevan.
Kualifikasi akademik biasanya tidak sepenting sikap, perilaku, kemampuan, kesadaran komersial yang kuat, serta keterampilan komunikasi yang baik.
Baca juga: Sales Promotion: Definisi, Jenis, dan Strateginya
Skill
Skill yang Anda butuhkan untuk menggeluti posisi ini meliputi:
- Keterampilan verbal dan komunikasi yang sangat baik
- Kemampuan berbicara dalam bahasa asing
- Keterampilan mendengarkan yang baik dan perhatian terhadap detail
- Tingkat ketahanan yang tinggi dan kemampuan untuk menangani penolakan dengan baik
- Keterampilan interpersonal yang sangat baik dan kemampuan untuk berkembang dalam industri yang kompetitif
- Pemahaman yang mendalam akan produk atau product knowledge
- Rasa motivasi diri, ambisi, dan tekad yang besar
- Kemampuan untuk mencapai hasil yang diinginkan baik secara individu maupun sebagai bagian dari tim
- Keterampilan presentasi dan negosiasi yang sangat baik
- Kemampuan menggunakan software penjualan seperti aplikasi CRM
- Keterampilan manajemen diri yang baik dan kemampuan untuk memprioritaskan tugas secara efektif
Baca Juga: Tugas Telesales, Skill yang Diperlukan, dan Tips Suksesnya
Jam Kerja dan Ekspektasi
Jam kerja untuk posisi ini biasanya tergantung dari sektor pekerjaan, tapi umumnya cukup lama. Selain itu, ada juga tekanan untuk memenuhi target, sehingga lembur bisa sering terjadi apalagi jika mendekati akhir kuartal atau tahun keuangan perusahaan.
Selain itu, saat bekerja sebagai sales executive, berikut ini adalah hal-hal yang biasanya terjadi dalam lingkungan kerja:
- Industri penjualan berorientasi pada target. Akibatnya, pekerjaan terkadang menjadi menuntut dan penuh tekanan.
- Kondisi kerja sangat bervariasi menurut bidang tempat Anda bekerja. Anda dapat berkantor di dalam maupun luar negeri, bekerja dari kantor atau dari rumah.
- Anda umumnya diharapkan untuk terlihat profesional dan cerdas saat berhubungan dengan klien.
- Lingkungan kerja biasanya serba cepat dan kompetitif. Tetapi jika Anda berkembang dalam budaya seperti itu, Anda dapat memperoleh kesempatan untuk mencapai hasil yang baik dan memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi.
- Biasanya, Anda harus melakukan perjalanan kerja untuk bertemu dengan klien. Ada peluang untuk bepergian ke luar negeri tergantung pada perusahaan dan klien.
Baca Juga: Soft Selling dan Hard Selling: Perbedaan dan Contohnya
Prospek dan Jenjang Karir Sales Executive
Sales executive juga memiliki jenjang karir. Kesempatan promosi biasanya diberikan tergantung pada hasil dan kinerja. Jadi, asalkan Anda berhasil membuktikan diri sebagai high-performer, Anda bisa mendapatkan promosi lebih awal.
Rekam jejak penjualan yang sukses umumnya akan menghasilkan promosi ke:
- Menangani akun pelanggan yang lebih besar dan lebih bergengsi
- Mengambil tanggung jawab atas produk-produk utama
- Bekerja untuk akun nasional, misalnya menjual ke pemilik retail dan grosir
- Menjadi pelatih sales executive.
- Menjadi sales manager yang tanggung jawab atas tim.
Banyak perusahaan besar memiliki struktur promosi yang biasanya melibatkan peningkatan dari posisi sales executive ke sales manager area, ke sales manager nasional, dan akhirnya ke direktur penjualan.
Berpindah ke perusahaan yang berbeda untuk mencapai promosi atau gaji yang lebih tinggi juga menjadi hal yang cukup umum di industri ini.
Sales executive juga memiliki pilihan untuk pindah ke bidang karir yang masih berhubungan seperti periklanan, pemasaran, manajemen komersial yang lebih umum atau hubungan masyarakat (PR).
Baca Juga: Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan dan Tips Meningkatkannya
Tips Sukses Untuk Sales Executive
Berikut ini adalah beberapa strategi sukses yang harus Anda gunakan jika menjadi sales executive
Memahami bisnis dan pelanggan Anda
- Penjualan bermula dan berakhir dengan pelanggan. Penjualan ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Memahami pelanggan secara luar dalam dapat membantu Anda membuat bisnis menjadi lebih sukses.
- Sales adalah bisnis yang sangat erat dengan hubungan antar manusia. Manusia, bahkan dalam lingkungan korporat, pada akhirnya adalah manusia biasa yang suka bekerja dengan orang-orang yang mereka sukai. Jadi, bangunlah hubungan dengan pelanggan dan member tim Anda.
- Sales berhubungan dengan data dan analisis. Saat bekerja di bidang ini, nantinya Anda akan melihat banyak data seperti data produk, data penjualan, dan lain sebagainya. Memanfaatkan dan menggunakan data untuk memahami sudut pandang klien lalu memperkuat cerita Anda adalah kunci kesuksesan.
- Nilai tambah suatu produk adalah perbedaannya dari kompetitor. Karena itu, Anda harus bisa menjelaskan dengan baik mengapa produk Anda lebih baik dari kompetitor dan bagaimana produk Anda bisa memenuhi kebutuhan calon pelanggan.
Manajemen program
- Pekerjaan sales melibatkan kerja sama tim. Tidak ada penjualan yang terjadi tanpa kontribusi dan fokus dari seluruh tim, baik di luar maupun di dalam perusahaan. Divisi finance, marketing, supply chain, dan lainnya adalah bagian penting dari perusahaan. Jadi, untuk menjadi sales executive yang baik, buatlah tim internal yang kuat.
- Tidak ada tim yang sukses tanpa perencanaan strategi yang matang. Tentukan target 90 hari, 180 hari, 1 tahun, dan 2 tahun untuk Anda dan tim, lalu berusahalah untuk mengejarnya.
- Jangan lupa untuk merayakan kesuksesan. Tim Anda sudah bekerja keras untuk meraih kesuksesan, jadi rayakanlah setiap keberhasilan sebagai tanda terima kasih.
Untuk menjadi seorang sales executive yang sukses, Anda perlu pola pikir analitis dan kemampuan manajemen program. Selain itu, meski pelanggan yang Anda hadapi berbeda-beda, tapi strategi penanganannya biasanya tetap sama.
Baca Juga: 20 KPI Sales Penting untuk Pertumbuhan Bisnis
Kesimpulan
Sales executive adalah posisi yang membantu menganalisis kebutuhan pelanggan, meneliti pasar dan produk terkait, serta menyajikan produk atau layanan kepada pelanggan secara profesional. Untuk menjadi sales executive, penting untuk menguasai skill seperti kemampuan komunikasi, negosiasi, interpersonal, hingga mampu menggunakan teknologi terkait penjualan seperti CRM.
Jika Anda sedang merekrut seorang sales executive, maka pastikan Anda membekali mereka dengan software CRM seperti CRM.ID untuk membantu pekerjaan mereka. Dengan CRM.ID, Anda bisa mengelola interaksi dengan pelanggan secara efektif dan terpusat.
Sebagai penyedia WhatsApp Business API, Anda bisa menggunakan WhatsApp untuk keperluan promosi dan komunikasi dengan pelanggan tanpa khawatir akan batasan pesan, jumlah agen, dan kontak.
Tertarik menggunakan CRM.ID? Yuk, jadwalkan demo dengan tautan ini!
- Payday Sale: Tips Maksimalkan Penjualan di Hari Gajian - 17 Januari 2025
- 25 Contoh Kata-Kata Promosi Lewat WhatsApp - 16 Januari 2025
- Net Promoter Score: Cara Menghitung dan Menggunakannya - 15 Januari 2025