Dalam dunia bisnis modern yang kompetitif, pengukuran kinerja sangat penting untuk menentukan keberhasilan strategi pemasaran yang dijalankan. Karena itu, KPI marketing berperan sebagai alat ukur yang memungkinkan bisnis untuk memahami, mengevaluasi, dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Memilih KPI yang tepat…
Product Knowledge: Arti, Contoh, dan Tips Meningkatkannya
Dalam dunia digital marketing yang serba dinamis dan kompetitif ini, product knowledge memainkan peran penting dalam menghubungkan interaksi pelanggan dan mempromosikan produk dengan efektif. Product knowledge adalah salah satu strategi bisnis yang melibatkan pengetahuan mendalam terkait produk atau layanan dari…
Cara Membuat NIB untuk Pelaku Usaha
Bagi para pemilik usaha, khususnya jika Anda baru memulai, legalitas bisnis adalah aspek yang tak boleh Anda abaikan. Salah satu langkah penting dalam mengurus legalitas usaha adalah mendapatkan Nomor Induk Berusaha atau NIB. Nomor Induk Berusaha bukan hanya sekadar nomor…
Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya
Mengetahui contoh komplain pelanggan dan cara mengatasinya adalah dua hal yang sangat penting untuk Anda ketahui sebagai seorang pebisnis. Komplain pelanggan adalah hal yang tidak bisa kita hindari. Bahkan perusahaan besar sekali pun kadang membuat kesalahan dalam kontrol kualitas, pengiriman,…
Cara Mudah Membuat KPI untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis
Key Performance Indicators (KPI) adalah alat penting yang bisnis gunakan untuk mengukur kinerja dan kesuksesan dalam mencapai tujuan strategis mereka. Dengan menetapkan KPI yang tepat, perusahaan dapat memantau kemajuan, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan…
20 KPI Sales Penting untuk Pertumbuhan Bisnis
KPI sales merupakan indikator terpenting bagi tim Anda. Jika Anda menghitungnya dengan tepat, maka KPI dapat memberikan informasi untuk mengoptimalkan proses penjualan Anda. Perusahaan perlu KPI sales untuk mengukur kinerja tim penjualan secara objektif, memastikan bahwa mereka sudah mencapai target,…
Tugas Sales Promotor, Gaji, dan Jenjang Karirnya
Sales promotor adalah profesi yang memberi peluang untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan membangun hubungan dengan orang lain. Profesi ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin memasarkan produknya di toko retail. Profesi ini bertugas mengedukasi pelanggan dalam berbagai bidang dan melakukan penjualan…
Brand Positioning: Pengertian, Contoh, dan Strateginya
Sekarang ini, masyarakat punya banyak pilihan untuk berbelanja. Jadi, mengapa mereka harus berbelanja dari Anda? Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lainnya? Untuk menjawab pertanyaan di atas, pengusaha menggunakan brand positioning. Strategi ini menunjukkan keunikan suatu brand dibandingkan…
Sales Advisor: Tugas, Gaji, dan Skill yang Diperlukan
Sales advisor merupakan anggota penting dari tim penjualan suatu bisnis yang bertanggung jawab untuk memberi saran kepada pelanggan tentang produk atau layanan perusahaan. Mereka bertindak sebagai jembatan antara perusahaan dan pelanggannya, serta berupaya meningkatkan penjualan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Apakah…
9 Indikator KPI Customer Support dan Cara Menghitungnya
Mengukur indikator KPI customer support sudah seperti mengukur detak jantung bisnis karena begitu pentingnya. Customer support adalah layanan yang bertugas menghubungkan bisnis dengan asetnya yang paling berharga, yaitu pelanggan. Dengan memantau dan melacak KPI, bisnis dapat mengetahui kinerja departemen customer…