Sales Associate: Gaji, Pekerjaan, dan Skill yang Dibutuhkan

sales associate banner

Sales associate adalah pekerjaan yang banyak dibutuhkan di toko retail, dan merupakan profesi yang cocok jika Anda senang berinteraksi dengan orang lain dan memecahkan masalah.

Dengan begitu banyaknya toko retail yang ada di Indonesia, peluang menjadi sales associate pun cukup terbuka lebar.

Apakah Anda adalah seorang jobseeker yang sedang mencari posisi sebagai sales associate? Atau seorang HRD yang ingin mencari kandidat sales associate?

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lengkap tentang sales associate seperti pekerjaan sehari-hari mereka, kemampuan yang dibutuhkan, hingga gajinya.

Apa itu Sales Associate?

Seorang sales associate atau pramuniaga bekerja di toko untuk menjual produk kepada pelanggan. Seperti kasir, mereka dapat bekerja untuk memproses pembayaran pelanggan.

Tetapi, biasanya memiliki tanggung jawab lain, seperti membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka atau mengisi ulang rak.

Dalam bisnis retail, seorang sales associate dapat membuat atau menghancurkan penjualan dan pengalaman pelanggan di toko.

Dari menyambut tamu hingga mencatat pembelian, toko bergantung pada sales associate mereka untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan mendorong penjualan.

Baca Juga: Sales Representative: Definisi, Tugas, dan Gaji

crm 1

Apa Pekerjaan Sales Associate?

Sebagai sales associate, Anda adalah sosok yang mewakili bisnis tempat Anda bekerja kepada pembeli.

Itu berarti Anda dapat membantu meningkatkan laba bagi perusahaan dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara bersamaan.

Sales associate akan memiliki banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan, menjadikannya pekerjaan yang baik bagi orang-orang yang suka membantu orang lain dan dapat bersikap ramah.

Pekerjaan sales associate harian biasanya meliputi:

  • Menyambut dan berinteraksi dengan pelanggan di pintu dan di seluruh lantai penjualan
  • Mendengarkan kebutuhan pelanggan dan menyarankan produk yang sesuai
  • Menjual atau mendorong pelanggan untuk membeli produk lain yang dapat melengkapi kebutuhan mereka
  • Memeriksa dan memelihara inventaris produk
  • Mempelajari sebanyak mungkin tentang suatu produk sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan pelanggan
  • Membantu dalam kampanye pemasaran, program loyalitas, dan promosi toko
  • Membuat pajangan dan papan tanda gantung
  • Memproses pembayaran pelanggan di kasir
  • Membungkus, mengemas, atau memasukkan produk yang dibeli ke dalam kantong
  • Mempromosikan penjualan dan produk baru
  • Menyimpan inventaris baru di rak
  • Memproses pengembalian dan penukaran

Baca Juga: Sales Promotion: Definisi, Jenis, dan Strateginya

Kemampuan yang Dibutuhkan Sales Associate

Berikut adalah 15 keterampilan utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang sales associate:

1. Komunikasi

Keterampilan komunikasi memberi Anda kemampuan untuk berinteraksi dengan pelanggan, rekan kerja, dan manajer.

Gunakan keterampilan ini untuk mengedukasi pelanggan dan menjawab pertanyaan yang mungkin mereka miliki tentang produk perusahaan Anda.

Anda juga dapat menggunakan keterampilan ini untuk lebih memahami umpan balik dari manajer Anda atau untuk membantu rekan kerja menyelesaikan tugas tertentu.

2. Customer service

Keterampilan customer service membantu Anda membangun hubungan baik dengan klien, bekerja sama dengan mereka untuk memastikan mereka memiliki pengalaman yang memuaskan.

Berikan klien waktu untuk berbicara untuk menunjukkan kesabaran dan kemauan Anda dalam memberi mereka pengalaman yang positif.

Jelaskan pengetahuan teknis Anda tentang produk perusahaan Anda jika mereka ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk tersebut.

Baca juga: Content Manager: Tugas, Skill, dan Tipsnya

3. Pemecahan masalah

Keterampilan memecahkan masalah membantu Anda dalam mengatasi tantangan di tempat kerja.

Anda mungkin perlu membantu pelanggan dengan berbagai masalah, dan keterampilan ini memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat yang membuat klien senang.

Saat Anda menghadapi masalah yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri, mintalah bantuan manajer, dan buat catatan sehingga Anda dapat menyelesaikannya sendiri jika Anda menghadapi masalah yang sama lagi.

4. Penjualan

Keterampilan penjualan melibatkan sikap ramah, berpengetahuan, dan persuasif.

Anda harus dapat membantu pelanggan menemukan produk, memberikan rekomendasi, dan mendorong mereka untuk membeli suatu barang.

Mempelajari keterampilan penjualan sebagai dapat membantu Anda membangun landasan untuk pembelajaran lebih lanjut jika Anda berencana untuk mengejar jalur karier di bidang sales.

5. Manajemen waktu

sales associate 1

Sales associate memerlukan keterampilan manajemen waktu untuk menyelesaikan beberapa tugas dalam jangka waktu tertentu.

Seimbangkan waktu Anda sehingga Anda dapat menyelesaikan semua tugas, seperti membantu pelanggan, menata rak, dan menjaga kerapian toko.

Pastikan Anda memberikan perhatian penuh kepada setiap pelanggan untuk menunjukkan kepedulian Anda terhadap mereka.

Baca Juga: Sales Executive: Tugas, Gaji, dan Jenjang Karir

6. Terorganisir

Menjadi orang yang terorganisir menunjukkan bagaimana Anda dapat mengelola beban kerja.

Anda dapat mengatur tugas berdasarkan tingkat kepentingannya, seperti mengoperasikan mesin kasir, memelihara papan informasi di lantai penjualan, dan mempelajari promosi yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan.

Tetap terorganisir di tempat kerja membantu Anda beralih dengan mudah di antara tugas-tugas dalam waktu singkat.

7. Bisa diandalkan

Keterampilan ini menunjukkan kemampuan Anda untuk memenuhi tenggat waktu dan target penjualan secara konsisten.

Seorang manajer dapat memercayai Anda jika Anda dapat memenuhi target penjualan dan membangun reputasi yang baik dengan pelanggan tetap.

Jika mereka merasa Anda adalah sosok yang bisa diandalkan, manajer dan rekan kerja Anda dapat mempercayakan tugas membantu pelanggan dan menyelesaikan tugas tambahan kepada Anda.

8. Keterampilan matematika

Anda perlu menggunakan keterampilan matematika dasar saat memproses transaksi.

Anda harus tahu cara menukar uang dengan cepat, menerapkan promosi dan kupon, serta memperhatikan kesalahan dalam transaksi.

Baca Juga: 8 Strategi Layanan After Sales Terbaik untuk Pelanggan

9. Product knowledge

Anda perlu mengetahui produk yang perusahaan Anda jual untuk memengaruhi pelanggan agar membelinya.

Pelajari situs web perusahaan, mintalah tutorial kepada manajer Anda, dan luangkan waktu untuk meninjau produk di toko guna mempelajari berbagai fitur dan diskon yang tersedia.

Misalnya, jika Anda bekerja di toko perlengkapan olahraga, teliti berbagai jenis pakaian secara daring untuk memahami fitur uniknya.

Anda kemudian dapat menjelaskan fitur unik tersebut kepada pelanggan untuk membantu mereka membuat keputusan yang lebih tepat.

10. Kerjasama tim

Keterampilan kerja sama tim memungkinkan Anda berkolaborasi dengan rekan kerja dan manajer untuk membantu pelanggan.

Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif melalui kolaborasi yang sehat, yang meningkatkan interaksi Anda dengan pelanggan.

Misalnya, Anda mungkin telah mencapai target penjualan bulan ini, tetapi Anda membantu rekan kerja Anda melakukan penjualan sehingga mereka juga dapat mencapai target.

Rekan kerja Anda cenderung akan membalas bantuan Anda jika Anda membutuhkannya.

Baca Juga: Direct Sales: Pengertian dan Cara Implementasinya

11. Kemampuan beradaptasi

sales associate 2

Kemampuan beradaptasi memungkinkan Anda untuk berubah dengan cepat dalam situasi yang tidak terduga, tetap terbuka terhadap ide-ide baru, dan mengerjakan berbagai tugas untuk membantu tim Anda.

Banyak pekerjaan asisten penjualan berada di lingkungan yang serba cepat dan sering berubah.

Karena itu, kemampuan beradaptasi dapat membantu Anda mengelola tugas secara efektif sambil memberikan layanan pelanggan yang berkualitas.

12. Fleksibilitas

Fleksibilitas menunjukkan bahwa Anda bersedia menerima berbagai tugas dan shift untuk membantu manajer dan tim Anda.

Jika sesuai dengan jadwal Anda, beri tahu manajer bahwa Anda siap untuk shift yang berbeda saat mereka membutuhkan tambahan.

Bersedialah untuk melakukan berbagai tugas untuk menunjukkan fleksibilitas Anda.

Menjadi sosok yang fleksibel dapat membantu Anda memperoleh tanggung jawab baru yang dapat membuat Anda memenuhi syarat untuk promosi atau kenaikan gaji.

13. Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif berarti menunjukkan keinginan Anda untuk membantu pelanggan dan memecahkan masalah saat muncul.

Biarkan pelanggan menjelaskan kebutuhan atau masalah mereka secara lengkap sebelum Anda memberikan tanggapan.

Jika perlu, ajukan pertanyaan untuk mendapatkan perspektif lengkap tentang permintaan pelanggan. Anda akan meningkatkan keterampilan ini saat berbicara dengan lebih banyak pelanggan.

14. Persuasif

Keterampilan persuasi dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Berikan value proposition yang unik kepada pelanggan untuk membujuk mereka membeli produk perusahaan Anda.

Pastikan tanggapan Anda terhadap pertanyaan pelanggan akurat dan terperinci untuk meningkatkan keterampilan persuasi Anda.

Gunakan nada yang ramah untuk membuat pelanggan merasa lebih nyaman melakukan pembelian.

15. Keterampilan analitis

Keterampilan analitis membantu Anda memberikan solusi terbaik bagi pelanggan dan membantu mereka melakukan pembelian.

Dengan keterampilan analitis, Anda dapat mempelajari kebutuhan pelanggan, mengevaluasi produk yang Anda miliki di toko, dan memberikan saran terperinci.

Catatlah interaksi sukses yang Anda lakukan dengan pelanggan untuk melihat apakah pendekatan Anda berhasil saat berbicara dengan orang lain.

Baca Juga: 20 KPI Sales Penting untuk Pertumbuhan Bisnis

Gaji Sales Associate

sales associate 3

Kisaran gaji rata-rata seorang sales associate adalah Rp2.500.000 hingga Rp5.000.000. Jumlah ini bervariasi berdasarkan jenis penjualan yang Anda lakukan dan lokasi tempat tinggal Anda.

Faktor-faktor yang memengaruhi gaji sales associate:

  1. Pengalaman: Sebagai seorang sales associate, pengalaman dapat memengaruhi gaji Anda. Semakin banyak pengalaman yang Anda peroleh dan semakin baik Anda memahami kebutuhan pelanggan, semakin tinggi gaji Anda.
  2. Pendidikan: Persyaratan minimum untuk menjadi seorang sales associate adalah pendidikan SMA. Namun, memiliki diploma atau gelar di bidang terkait dapat memberi Anda keuntungan dan berpotensi menghasilkan gaji yang lebih tinggi. Ini juga dapat bermanfaat jika Anda ingin pindah ke peran yang lebih senior.
  3. Jenis toko tempat Anda bekerja: Toko retail mewah dan butik kelas atas cenderung membayar pramuniaga mereka lebih banyak karena mereka membutuhkan lebih banyak keahlian dan layanan yang dipersonalisasi daripada toko diskon atau toko murah.
  4. Lokasi: Lokasi adalah faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan. Pekerjaan sales associate di daerah perkotaan mungkin memiliki gaji tahunan rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pedesaan.

Baca Juga: Tugas Sales Promotor, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Kesimpulan

Sales associate adalah profesi yang bekerja di toko retail untuk menjual produk kepada pelanggan.

Selain itu, mereka membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, memecahkan masalah, dan menjawab pertanyaan pelanggan.

Untuk meningkatkan pekerjaan sales associate, Anda bisa menggunakan aplikasi CRM.ID. Sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, CRM.ID akan membantu sales Anda berkomunikasi dengan pelanggan tanpa batasan.

Selain itu, CRM.ID juga dilengkapi dengan fitur tagging, integrasi REST API, hingga analisis kinerja. Semua fitur ini bisa Anda akses hanya dengan satu harga, yaitu Rp40 per pesan saja.

Jika Anda tertarik menggunakan CRM.ID, Anda bisa menjadwalkan demo melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − thirteen =