10 Rekomendasi Software CRM Terbaik dan Tipsnya

software CRM terbaik

Manajemen hubungan pelanggan jadi bagian penting bagi sebuah bisnis dan di sini bisnis akan membutuhkan software CRM terbaik.

Software CRM terbaik akan membantu bisnis dalam melakukan pengelolaan hubungan pelanggan dengan baik sehingga pelanggan bisa merasa puas dan loyalitas meningkat.

Namun dengan banyaknya penyedia jasa software CRM, sebagai pemilik bisnis Anda merasa bingung mana yang harus dipilih.

Pada artikel ini CRM.ID akan memberikan rekomendasi 10 software CRM terbaik untuk bisnis Anda.

Anda dapat membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Saja Rekomendasi Software CRM Terbaik?

software CRM terbaik

Dengan meningkatkan kebutuhan bisnis dalam memberikan layanan pelanggan terbaik, bisnis Anda pastinya membutuhkan software CRM untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Berikut 10 rekomendasi software CRM terbaik yang dapat menjadi pilihan bagi bisnis Anda untuk memudahkan memberikan layanan pelanggan terbaik:

1. CRM.ID

software CRM

CRM.ID merupakan software CRM asli buatan Indonesia yang akan memudahkan pengelolaan layanan pelanggan di bisnis Anda.

Hal ini bisa didapatkan oleh bisnis Anda melalui WhatsApp Business API yang akan mendukung bisnis Anda melayani seluruh pelanggan tanpa perlu takut diblokir.

Apa saja fitur yang dimiliki oleh CRM.ID ini?

  • Unlimited 1 on 1 Support: yakni layanan via zoom 1 on 1 yang diberikan secara gratis dan tanpa batasan. Di sini tim dari CRM.ID akan membantu proses onboarding, training karyawan, hingga asistensi selama pemakaian.
  • Searchable & Filterable: yakni riwayat percakapan otomatis tersimpan, dan dapat dicari dengan mudah dengan mesin pencarian mutakhir. Percakapan juga dapat difilter untuk mendapatkan hasil yang akurat.
  • Nomor Masking & Centang Hijau: Anda juga bisa mendapatkan nomor masking dari WhatsApp, dan jika memenuhi syarat Anda juga dapat mendapatkan centang hijau WhatsApp tanpa adanya biaya tambahan.
  • REST API Integration: fitur ini akan mengintegrasikan dengan sistem yang sudah berjalan dengan REST API yang telah disediakan oleh CRM.ID.
  • Unlimited MAU: fitur ini memudahkan Anda dalam melayani pelanggan sebanyak mungkin, tanpa khawatir batasan.
  • Multi Agent: dengan fitur ini, satu nomor WhatsApp bisa yang Anda miliki dapat digunakan untuk melayani oleh banyak agent sekaligus.

Lalu berapa harga yang dimiliki oleh CRM.ID ini?

Untuk harganya, Anda bisa menikmati fitur-fitur terbaik dari CRM.ID dengan hara Rp40/pesan.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Anda

2. Salesforce

salesforce

Rekomendasi yang kedua datang dari Salesforce yakni sebuah software CRM yang dilengkapi dengan alat bantu canggih, sehingga bisa memberikan kemudahan penggunaan, dan mendukung pertumbuhan bisnis.

Salesforced saat ini telah mendukung lebih dari 150.000 perusahaan yang ada di seluruh dunia.

Beberapa modul yang ditawarkan oleh software ini di antaranya:

  • Sales Cloud (manajemen pipeline)
  • Service Cloud (dukungan pelanggan)
  • Marketing Cloud (otomatisasi pemasaran)
  • Commerce Cloud (e-commerce)
  • Experience Cloud (portal)
  • Einstein AI (analisis prediktif)

Pada tahun 2025, layanan ini juga juga telah dilengkapi integrasi Slack untuk kolaborasi real-time dan MuleSoft Anypoint untuk konektivitas data tanpa batas.

Banyak perusahaan memilih Salesforce karena keamanannya yang kuat, kemampuannya untuk meningkatkan skala, dan opsi kustomisasi yang didukung AI.

Lalu berapa harga yang dimiliki oleh Salesforced ini?

  • Essentials $25
  • Professional $75
  • Enterprise $150
  • Unlimited $330

Baca Juga: 12 Daftar Aplikasi CRM Hotel (+Fitur, Kekurangan, Kelebihan)

3. HubSpot CRM

hubspot

HubSpot CRM merupakan software CRM dirancang untuk tim penjualan, pemasaran, dan juga tim customer service.

Cara kerjanya adalah selayaknya aplikasi Gmail ataupun Slack, dimana HubSpot bisa secara otomatis memperbarui catatan, melacak interaksi, dan menawarkan dukungan selama 24/7 dengan pelatihan khusus melalui acara HubSpot Academy.

Fitur-fitur utama yang dimiliki oleh HubSpot di antaranya:

  • Fitur Inti Hub Terbaik Untuk
  • Hub Penjualan Manajemen kontak dan pipeline Tim Penjualan
  • Hub Pemasaran Pemasaran email, pelacakan, dan manajemen media sosial Tim Pemasaran
  • Hub Layanan Dukungan pelanggan Tim Layanan

Tidak seperti Salesforce, yang menargetkan pengguna perusahaan, HubSpot menawarkan solusi yang dapat diskalakan.

Tim dapat memulai dengan versi gratis dan mengembangkannya ke hub tingkat lanjut seiring dengan pertumbuhan kebutuhan mereka.

Baca Juga: 10 Keuntungan Menggunakan Software CRM bagi Bisnis

4. Microsoft Dynamics 365

dynamic 365

Microsoft Dynamics 365 adalah kumpulan aplikasi bisnis yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan dengan menggunakan AI dan analitik tingkat lanjut.

Contohnya adalah, ketika Dynamics 365 Business Central terbukti mampu menghasilkan ROI hingga 162% selama tiga tahun, sementara itu, Dynamics 365 Sales dapat meningkatkan produktivitas penjualan hingga 15%.

Dengan desain yang dimiliki ini memungkinkan bisnis dapat memilih alat bantu tertentu, misalnya untuk penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, layanan lapangan, atau keuangan, yang didasarkan pada kebutuhan mereka.

Berikut ini beberapa fitur yang dimiliki oleh Dynamics 365:

  • Integrasi data: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyatukan data dari berbagai departemen dan fungsi bisnis, sehingga bisa memberikan wawasan yang lebih komprehensif.
  • Peningkatan Manufaktur: Fitur ini memungkinkan Dynamic 365 digunakan untuk bisnis manufaktur.
  • Layanan Pelanggan: Fitur ini dapat penyelesaian masalah dengan menggunakan Layanan Pelanggan Dynamics 365.

Selain itu, Dynamics 365 juga menyertakan fitur-fitur seperti integrasi IoT, kemampuan mixed reality, dan analitik tingkat lanjut.

Aplikasi ini bekerja secara mulus dengan Microsoft 365, Azure, dan Power Platform, sehingga memudahkan organisasi untuk memulai dengan satu aplikasi dan mengembangkannya menjadi sistem yang terintegrasi penuh jika diperlukan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis di Indonesia

5. Zoho CRM

zoho

Buat Anda yang membutuhkan software CRM terbaik dengan pilihan yang ramah anggaran dan bisa digunakan untuk usaha kecil dan menengah, Zoho CRM bisa menjadi pilihan Anda.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh Zoho CRM di antaranya asisten AI Zia, yang membantu memprediksi prospek, menemukan anomali, dan bahkan menyediakan bantuan suara untuk operasi yang lebih lancar.

Berikut fitur-fitur utama yang dimiliki oleh Zoho CRM:

  • Email : Digunakan untuk menghubungi klien.
  • Media Sosial: Digunakan untuk memantau dan berinteraksi dengan audiens.
  • Live Chat: Untuk berinteraksi dengan klien secara real time.
  • SMS: Untuk mengisim sms dengan mudah ke klien.
  • Portal Layanan Mandiri: Memungkinkan pelanggan mengakses dukungan dan sumber daya secara mandiri.

Zoho CRM sangat mudah digunakan, sehingga bisnis dapat memodifikasi tata letak halaman, bidang, dan modul agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, ia terintegrasi dengan lancar dengan platform seperti Outlook, Google Workspace, dan Office 365.

Zoho CRM menawarkan paket-paket harga sebagai berikut:

  • Gratis: $ 0 (hingga 3 pengguna)
  • Standar: $ 14
  • Profesional: $ 23
  • Enterprise: $ 40
  • Ultimate: $ 52

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM untuk Bisnis Retail dan Fiturnya

6. Pipedrive

pipedrive

Pipedrive menjadi rekomendasi software CRM dengan manajemen visual yang mudah untuk digunakan.

Tidak heran jika Pipedrive ini menjadi alat terbaik untuk tim penjualan baik skala kecil ataupun menengah.

Ini didukung oleh tampilan antarmuka yang mudah dinavigasi, plus fitur-fitur yang membantu proses penjualan jadi lebih sederhana.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Pipedrive:

  • Manajemen pipeline: Pipeline yang dapat disesuaikan dan pelacakan kesepakatan visual
  • Manajemen prospek: Fitur-fiturnya meliputi pembuatan prospek, penilaian, dan penugasan otomatis
  • Komunikasi: Integrasi email bawaan
  • Otomatisasi: Wawasan berbasis AI dan otomatisasi alur kerja
  • Analytics: Alat pelaporan real-time
  • Integrasi: Bekerja dengan Slack, Trello, Zapier, dan menawarkan API terbuka untuk alur kerja khusus

Untuk harganya adalah sebagai berikut:

  • Essential: $14.90
  • Advanced: $34.90
  • Professional: $49.90
  • Power: $64.90
  • Enterprise: $99.90

Baca Juga: Software CRM Sales: Keuntungan, Fitur, dan Rekomendasinya

7. Freshsales

software CRM terbaik

Rekomendasi software CRM selanjutnya adalah Freshsales.

Freshsales merupakan bagian dari Freshwork yang memfokuskan diri pada penjualan.

Dengan software Freshsales ini, Anda bisa merasakan kemudahan dalam melakukan penjualan karena keseluruhan prosesnya telah terintegrasi dengan sistem yang ada di dalam ekosistem Freshwork.

Fitur yang dimiliki oleh Freshsales di antaranya:

  • Event tracking
  • Sales management
  • Collaboration
  • Report dan analisis
  • Email tracking

Untuk harga yang dimilikinya yakni mulai dari $9 per bulan.

Baca Juga: Pengertian CRM, Manfaat, dan Rekomendasi Terbaiknya

8. Sage CRM

sage

Sage CRM menggabungkan alat CRM dengan otomatisasi bisnis untuk merampingkan proses penjualan, pemasaran, dan operasional.

Berikut fitur yang dimiliki oleh Sage CRM:

  • Core Fungtion: Yakni untuk memudahkan dalam manajemen kontak dan akun, manajemen penawaran dan pesanan, hingga pipeline tracking.
  • Otomatisasi Penjualan: Fitur ini memudahkan dalam penawaran otomatis, peramalan penjualan, alur kerja konversi prospek.
  • Marketing Tools: Yakni terdiri dari template email, panduan kampanye, integrasi media sosial.
  • Mobile Access: Yakni memudahkan Anda dalam mengakses data pelanggan real-time, penjadwalan aktivitas.
  • Integrasi Sistem ERP, platform email, saluran media sosial.

Sage CRM juga telah terintegrasi dengan mudah dengan alat Sage lainnya seperti Sage X3, Sage 100c, dan Sage 300c.

Hal ini memungkinkan alur kerja otomatis di seluruh departemen, mulai dari penjualan hingga SDM dan pemasaran.

Fitur-fitur seperti wizard email tiga langkah dan integrasi Mailchimp menyederhanakan kampanye yang ditargetkan, menawarkan analitik terperinci tentang tingkat keterbukaan dan klik.

Dengan kemampuan otomatisasi dan penerapan yang fleksibel, Sage CRM adalah pilihan yang solid untuk tim yang mengandalkan data untuk mendorong keputusan.

Baca juga: 15 Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis di Indonesia

9. Keap

software CRM terbaik

Keap, yang sebelumnya dikenal sebagai Infusionsoft merupakan software CRM yang berfokus pada mengotomatiskan tugas-tugas penjualan yang berulang untuk usaha kecil dan menengah (UKM).

Keap memprioritaskan penyederhanaan proses hubungan pelanggan untuk menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Keap:

  • Manajemen Kontak: Untuk memudahkan profil kustom, catatan, dan segmentasi audiens.
  • Lead Generation: Terdiri dari formulir web, halaman arahan, dan integrasi media sosial.
  • Otomasi Pemasaran: Memudahkan kampanye email, penilaian prospek, dan pengingat tindak lanjut otomatis.
  • Saluran Penjualan: Pembangun saluran penjualan visual seret dan lepas.
  • Integrasi yang Kompatibel dengan Shopify, Zapier, dan Google Workspace.

Pengguna Keap melaporkan penghematan rata-rata 10 jam per minggu dan mengalami peningkatan pendapatan sebesar 38%.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengalihkan fokus mereka untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat daripada menangani tugas-tugas yang berulang.

Baca Juga: 15 Fitur yang Harus Ada dalam Software CRM

10. Insightly CRM

insightly CRM

Insightly CRM merupakan software CRM yang dilengkapi dengan penggabungan manajemen kontak dengan pelacakan proyek.

Ini menjadikannya sebuah pilihan software CRM terbaik dan solid untuk berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan layanan profesional, manufaktur, hingga teknologi skala kecil hingga menengah.

Berikut fitur utama yang dimiliki oleh Insightly CRM:

  • Core Functions: yakni untuk pengelolaan kontak, pelacakan prospek, pemasaran email
  • Project Tools: yakni untuk garis waktu, penugasan tugas, penyimpanan dokumen
  • Automation: yakni fitur alur kerja berbasis pemicu, templat email, pengiriman email massal
  • Integrasi: yakni fitur yang telah terintegrasi dengan Gmail, Office 365, MailChimp, Dropbox
  • Kustomisasi Lebih dari 50 bidang khusus (paket Plus), aplikasi khusus (paket Enterprise)

Lalu berapa harga yang dimiliki oleh Insightly CRM ini?

  • Plus: $29
  • Professional: $49
  • Enterprise: $99

Baca Juga: 10 Tips Memilih CRM untuk Proses Telemarketing

Apa Saja Tips dalam Memilih Software Terbaik untuk Bisnis?

software CRM terbaik

Agar Anda tidak salah pilih, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih software CRM terbaik untuk bisnis:

1. Pilih Harga yang Sesuai

Tips pertama adalah pilihan software CRM dengan harga yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Setiap penyedia jasa CRM pasti memiliki harga yang berbeda-beda, jadi Anda perlu mempertimbangkan di range harga mana yang bisa Anda pilih.

Karena sistem yang digunakan adalah langganan, maka pilihlah harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Outsourcing dan Tantangannya

2. Pilih Fitur Terbaik

Tips kedua adalah pilih fitur terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum menentukan software CRM yang akan dipilih, teliti terlebih dahulu apa saja fitur yang dimiliki oleh software CRM pilihan Anda.

Kemudian pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Real Estate dan Tantangannya

3. Pertimbangkan Integrasi

Integrasi memudahkan bisnis Anda mengelola berbagai aspek tanpa perlu berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Jadi, dengan adanya integrasi ini, semuanya bisa jadi lebih mudah karena Anda juga tidak perlu melakukan perpindahan data dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Baca Juga: Customer Relation: Ini Perbedaannya dengan Customer Service

4. Pilih dengan Skalabilitas yang Tinggi

Tips selanjutnya adalah pilihlah software yang memiliki skalabilitas yang tinggi.

Dengan cara ini, ketika pertumbuhan bisnis semakin pesat, Anda tidak perlu melakukan migrasi data karena skala yang dimiliki sudah tinggi.

Baca Juga: Telemarketing Adalah: Jenis, Tugas, dan Cara Mengoptimalkan

5. Pastikan Adanya Keamanan Data

Bagi sebuah software, keamanan data adalah hal krusial yang wajib ada.

Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena keamanan data yang kurang, jadi pilihlah software CRM yang bisa memastikan keamanan data tersebut.

6. Memiliki Layanan Pelanggan yang Respnsif

Tips keenam adalah pastikan software CRM pilihan Anda memiliki layanan pelanggan yang responsif.

Ini akan memudahkan ketika terjadi kendala karena bisa langsung diselesaikan permasalahannya.

7. Memiliki Review yang Baik

Tidak ada salahnya jika Anda memeriksa review satu per satu dari software CRM yang ingin Anda beli dan pilihlah software dengan review terbaik.

Ini akan mengantarkan Anda dalam mendapatkan software CRM terbaik untuk bisnis Anda.

crm 1

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Usaha Jasa

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai software CRM terbaik yang bisa menjadi referensi Anda.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa software CRM akan membantu Anda dalam memudahkan memberikan layanan pelanggan terbaik.

Jadi, penting bagi Anda untuk memilih software terbaik dari yang terbaik.

CRM.ID menjadi rekomendasi terbaik buat Anda yang membutuhkan aplikasi CRM untuk bisnis.

CRM.ID dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan hubungan pelanggan menjadi super mudah, dan dengan layanan pelanggan CRM.ID yang responsif, Anda tidak perlu khawatir ketika terjadi kendala.

Jadi, tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − 10 =