Di tengah kemajuan teknologi saat ini, software CRM menjadi kebutuhan bagi bisnis yang ada di Indonesia.
Hal ini dikarenakan layanan pelanggan jadi bagian krusial yang harus dimaksimalkan oleh bisnis-bisnis yang ada di Indonesia.
Sebuah bisnis harus bisa memberikan layanan pelanggan terbaik untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan.
Nah, sekarang yang sering jadi pertanyaan adalah apa saja rekomendasi software CRM terbaik untuk bisnis di Indonesia?
Dengan begitu banyaknya perusahaan yang menyediakan jasa software CRM ini pasti akan membuat bingung untuk memilihnya.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan mengenai 15 rekomendasi software CRM Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda dalam memudahkan pengelolaan layanan pelanggan.
Baca selengkapnya hanya pada penjelasan di bawah ini:
Apa Saja Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis di Indonesia?

Untuk memudahkan Anda dalam memilih software CRM Indonesia untuk membantu memudahkan layanan pelanggan di perusahaan Anda, berikut 15 rekomendasi software CRM Indonesia untuk Anda:
1. CRM.ID

Rekomendasi pertama datang dari CRM.ID yakni sebuah software CRM asli karya anak bangsa Indonesia yang didesain untuk memudahkan layanan pelanggan bisnis Anda.
CRM.ID merupakan platform WhatsApp Business API yang akan memberikan kemudahan dalam melayani pelanggan tanpa adanya rasa khawatir terblokir.
Kelebihan:
Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh CRM.ID ini di antaranya:
- Memiliki tampilan antar muka yang bersih, mudah dan mirip dengan WhatsApp sehingga memudahkan untuk memahami cara kerja CRM.ID ini.
- Tidak perlu training berbulan-bulan untuk menggunakan CRM.ID karena tampilannya yang mudah.
- Mendapatkan fasilitas unlimited 1 on 1 support, yakni Tim Hebat CRM.ID akan membantu proses onboarding. training karyawan, hingga asistensi selama masa penggunaan.
- Riwayat pesan akan otomatis tersimpan dan dapat dicari dengan mudah dengan mesin pencarian mutakhir.
- Anda bisa mendapatkan nomor masking dari WhatsApp dan juga centang hijau WhatsApp jika memenuhi persyaratan.
- Integrasi sistem dengan RES API yang telah disediakan.
- Layanan pelanggan sebanyak mungkin tanpa khawatir batasan
- Satu nomor WhatsApp dapat dilayani oleh banyak agen bersamaan.
Kekurangan:
Sedangkan untuk kekurangannya adalah sebagai berikut:
- Saat ini CRM.ID masih terbatas pelayanannya di Indonesia.
Baca Juga: 12 Rekomendasi Aplikasi CRM Hotel Beserta Fiturnya
2. Salesforce CRM

Rekomendasi kedua adalah dari Salesforce CRM yakni sebuah software CRM yang bisa memberikan solusi dan cocok digunakan untuk bisnis dengan skala besar.
Salesforce dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti otomatisasi marketing dan juga integrasi aplikasi dari pihak ketiga sehingga mendukung skala bisnis yang lebih tinggi.
Kelebihan:
- Memiliki banyak fitur canggih yang bisa digunakan oleh bisnis dengan skala besar.
- Memiliki dukungan komunitas dan juga integrasi dengan aplikasi pihak ketiga secara luas.
- Menjadi solusi fleksibel yang dapat disesuaikan dengan semua kebutuhan bisnis.
Kekurangan:
- Harga yang dimiliki terbilang tinggi dan juga dibutuhkan pelatihan pengguna untuk memastikan kinerjanya dapat maksimal.
- Memiliki kompleksitas yang tinggi, sehingga sulit digunakan oleh pengguna baru.
- Diperlukan proses implementasi yang cukup memakan waktu dan juga membutuhkan investasi besar.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Real Estate dan Tantangannya
3. Zoho CRM

Rekomendasi ketiga software CRM untuk bisnis Indonesia adalah dari Zoho CRM.
Zoho CRM merupakan software CRM yang bisa memberikan solusi terbaik melalui fleksibilitas yang dimilikinya.
Software ini dapat digunakan untuk mengelola pipeline penjualan, otomatisasi tugas, hingga menyediakan laporan yang mendalam.
Zoho CRM juga memiliki integrasi di berbagai saluran komunikasi sehingga Zoho CRM bisa dijadikan solusi yang lebih hemat biaya.
Kelebihan:
- Memiliki harga yang terjangkau dengan fitur-fitur yang terbilang lengkap untuk skala UMKM.
- Telah terintegrasi dengan berbagai produk Zoho lainnya seperti Zoho Books.
- Dapat digunakan di berbagai tingkat kustomisasi untuk berbagai kebutuhan bisnis.
Kekurangan:
- Dibutuhkan waktu untuk beradaptasi bagi pengguna baru dengan tampilan IU yang dimiliki sehingga bisa nyaman menggunakannya.
- Tidak cocok untuk bisa dengan kebutuhan yang sangat spesifik.
- Ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses dengan menggunakan paket langganan premium.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Terbaik dan Tipsnya
4. HubSpot CRM

Buat Anda yang membutuhkan software CRM dengan antarmuka yang mudah untuk digunakan, HubSpot bisa menjadi pilihan terbaik Anda.
Tidak hanya itu, software CRM HubSpot juga memiliki berbagai fitur gratis sehingga ideal untuk digunakan sebagai efisiensi operasional.
Kelebihan:
- Dapat digunakan secara gratis untuk setiap fitur dasar yang dimilikinya, sehingga sangat ideal untuk bisnis skala kecil seperti startup ataupun UMKM.
- Memiliki kemudahan untuk diintegrasikan dengan alat lainnya seperti Google Suite dan Outlook.
- Mudah digunakan oleh pengguna baru karena dokumentasi dan tutorialnya yang komprehensif.
Kekurangan:
- Memiliki biaya yang tinggi untuk fitur-fitur lainnya dan paket yang lebih lengkap.
- Software ini tidak ideal untuk digunakan oleh bisnis skala besar dengan kebutuhan yang lebuh kompleks.
- Diperlukan pembelajaran lebih lanjut untuk beberapa fitur lanjutan sehingga bisa digunakan dengan lebih optimal.
Baca Juga: Software CRM Sales: Keuntungan, Fitur, dan Rekomendasinya
5. Pipedrive

Pipedrive merupakan software CRM yang akan membantu kemudahan tim penjualan karena software ini fokus pada visualisasi pipeline.
Software iki dirancang khusus agar bisa dapat terbantu dalam meningkatkan konversi dan efisiensi operasional.
Kelebihan:
- Memiliki tampilan yang sederhana sehingga bisa mudah untuk dipahami.
- Memiliki fokus dalam meningkatkan efisiensi penjualan dan juga pengelolaan prospek bisnis.
- Memiliki uji coba gratis.
Kekurangan:
- Fitur analitik yang dimilikinya masih kurang mendalam jika dibandingkan dengan software CRM lainnya.
- Kurang cocok untuk digunakan sebagai kebutuhan pemasaran dan juga layanan pelanggan.
- Memiliki biaya yang cukup tinggi untuk bisa mengakses fitur premium yang dimilikinya.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Usaha Jasa
6. Keap

Keap merupakan apliaksi CRM yang dapat memudahkan untuk pengelolaan penjualan dan pemasaran yang dapat dilakukan secara otomatis.
Buat Anda pemiliki bisnis yang ingin mengoptimalkan pengelolaan prospek, pengiriman email, hingga untuk melacak interaksi pelanggan, Keap ini pilihan terbaik.
Kelebihan:
- Memiliki tampilan yang intuitif dan juga mudah untuk digunakan.
- Memiliki fokus pada penjualan.
- Telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi yang ada.
Kekurangan:
- Memiliki fitur analitik yang lebih terbatas dibandingkan dengan software CRM lainnya.
- Kurang tepat jika digunakan untuk pemasaran dan layanan pelanggan.
- Diperlukan biaya ekstra untuk beberapa tambahan fiturnya.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis B2B
7. Apptivo

Rekomendasi software CRM selanjutnya adalah datang dari Apptivo.
Apptivo merupakan software CRM dengan basis cloud yang menawarkan berbagai solusi all-in-one untuk manajemen penjualan, proyek, dan pemasaran.
Software Apptivo ini sangat cocok digunakan untuk bisnis kecil hingga menengah.
Kelebihan:
- Memiliki fitur yang lengkap dengan harga yang lebih bersaing.
- Sangat cocok digunakan oleh bisnis dengan skala kecil dengan kebutuhan yang multifungsi.
- Didukung dengan integrasi di berbagai tools bisnis lainnya.
Kekurangan:
- Dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahami beberapa fitur Apptivo.
- Bagi pengguna baru dibutuhkan waktu belajar yang lebih lama.
- Tidak semua fitur tersedia pada paket dasar.
Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM untuk Bisnis Retail dan Fiturnya
8. Freshsales

Buat Anda yang membutuhkan software CRM untuk memudahkan pengelolaan prospek dan pipeline penjualan, Anda bisa mempercayakannya pada Freshsale.
Freshsale merupakan software CRM yang sangat cocok digunakan untuk meningkatkan efisiensi tim penjualan.
Kelebihan:
- Freshsale mudah untuk digunakan oleh tim penjualan.
- Memiliki fitur pelacakan dimana ini dapat digunakan untuk membantu efisiensi bisnis.
- Tresedia juga aplikasi seluler yang lebih responsif.
Kekurangan:
- Untuk integrasi dengan aplikasi lain masih sangat terbatas.
- Memiliki harga yang cukup mahal pada paket premiumnya, khususnya bagi usaha kecil.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Outsourcing dan Tantangannya
9. Bitrix24

Software CRM Bitrix24 merupakan solusi yang sangat cocok untuk digunakan bisnis kecil dan menangah.
Software ini sangat mendukung otomatisasi pemasaran dan penjualan lewat alat kolaborasi tim yang kuat.
Kelebihan:
- Memiliki versi gratis dan juga berbayar yang dilengkapi dengan berbagai fitur.
- Telah terintegrasi dengan omnichannel dengan berbagai platform komunikasi.
- Fitur kolaborasi tim yang dimilikinya dapat memudahkan pengelolaan proyek internal.
Kekurangan:
- Untuk fitur gratis yang dimilikinya memiliki keterbatasan fitur khususnya untuk kebutuhan bisnis yang lebih kompleks.
- Untuk paket berbayarnya cukup mahal bagi bisnis dengan skala kecil.
- Memiliki tampilan dan cara penggunaannya bisa membingungkan bagi pengguna baru.
Baca Juga: Program CRM untuk Bisnis Kecil: Manfaat dan Tips Memilihnya
10. Microsoft Dynamics 365 CRM

Rekomendasi software CRM untuk bisnis di Indonesia berikutnya adalah dari Microsoft Dynamics 365.
Microsoft Dynamics 365 merupakan software CRM yang cocok digunakan oleh bisnis besar dan juga pemerintahan.
Software CRM ini merupakan bagian dari Microsoft yang dilengkapi dengan fitur manajemen pelanggan, pemasaran, dan juga layanan pelanggan.
Kelebihan:
- Memiliki integrasi dengan ekosistem Microsoft Office.
- Cocok digunakan oleh bisnis besar dan juga sektor pemerintahan.
- Memiliki fitur kustomisasi yang lebih fleksibel.
Kekurangan:
- Memiliki harga yang tinggi khususnya untuk bisnis dengan skala kecil.
- Dibutuhkan pelatihan yang intensif bagi pengguna baru.
- Memiliki proses implementasi yang cukup kompleks.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Online Shop
11. Sugar CRM

Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih di dalamnya, SugarCRM sangat cocok bagi bisnis yang ingin memberikan layanan pelanggan terbaik.
Namun beberapa fungsi yang ada di SugarCRM ini masih dibutuhkan perbaikan dan juga integrasi dengan saluran lainnya yang bisa dibilang cukup rumit.
Meski begitu, SugarCRM ini jadi pilihan terbaik karena bisa meningkatkan kinerja melalui fleksibilitas dan dukungan yang ditawarkan.
Kelebihan:
- Memiliki user interface yang dapat disesuaikan dengan berbagai preferensi.
- Adanya pelatihan dan juga customer support.
Kekurangan:
- Memiliki integrasi dengan saluran lain yang terbilang rumit.
- Memuliki fokus pada customer service sehingga kurang cocok untuk kebutuhan lainnya.
Baca Juga: CRM Tools: Pengertian dan Rekomendasi Terbaiknya
12. Monday CRM

Monday CRM didirikan pertama kali pada tahun 2012 sebagai platform manajemen proyek yang memiliki fokus pada kolaborasi tim.
Program CRM ini menawarkan pendakatan yang dapat disesuaikan sehingga memungkinkan bagi pengguna untuk mengatur dan mengelola data pelanggan.
Kelebihan:
- Memiliki tampilan antarmuka yang intuitif dan juga ramah pengguna.
- Integrasi yang dimiliki cukup luas dengan berbagai aplikasi.
- Dapat menyesuaikan workflow yang ada.
- Memiliki dukungan pelanggan yang cepat dan juga responsif.
Kekurangan:
- Fitur yang dimiliki lebih terbatas jika dibandingikan dengan platform khusus CRM program lainnya.
- Memiliki pengaturan awal yang cukup memakan waktu.
- Fitur prediksi dan AI masih kurang.
- Memiliki kustomisasi yang masih terbatas pada beberapa modul saja.
- Fitur otomatisasi belum sepenuhnya matang.
- Harga yang dimiliki cenderung lebih tinggi untuk fitur paket yang lebih lengkap.
13. Nutshell CRM

Nutshell merupakan software CRM yang diluncurkan pada tahun 2010 yang memiliki misi dalam membantu perusahaan dalam pengelolaan hubungan pelanggan melalui fitur-fitur canggih yang dimilikinya.
Nutshell dilengkapi dengan integrasi yang kuat dengan berbagai alat bisnis, sehingga menjadikan Nutshell CRM ini jadi pilihan tepat bagi manajer dan eksekutif untuk mendapatkan efisiensi dalam operasional.
Kelebihan:
- Memiliki dukungan pelanggan yang lebih responsif.
- Memiliki aksesn mobile yang lebih handal.
Kekurangan:
- Pilihan untuk penyesuaiannya masih terbatas.
- Untuk fitur lanjutannya membutuhkan upgrade.
- Tidak ada versi gratis dalam jangka panjang.
- Fitur pelaporannya masih kurang mendalam.
Baca Juga: Contoh CRM dan Pengunaannya Untuk Bisnis
14. Insightly

Buat Anda yang membutuhkan software CRM yang dapat menggabungkan proyek dengan fitur CRM, Insightly bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.
Software ini memberikan solusi yang komprehensif khususnya bagi bisnis yang ada di Indonesia.
Anda bisa melakukan efisiensi melalui alur kerja yang terintegrasi, mulai dari pelacakan prospek hingga dalam mengelola hubungan pelanggan.
Insightly juga mendukung pengelolaan pipeline penjualan dan juga otomatisasi proyek sehingga bisa membantu perusahaan yang ingin menjaga kolaborasi antar tim dengan baik.
Kelebihan:
- Mudah untuk digunakan dan juga lebih intuitif.
- Telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi populer,
- Memberikan dukungan bagi otomatisasi alur kerja.
- Fitur pelacakan yang dimilikinya memiliki prospek yang handal.
Kekurangan:
- Memiliki keterbatasan dalam kustomisasi laporan.
- Software ini kurang cocok jika digunakan oleh perusahaan besar.
- Paket yang dimiliki cukup mahal untuk fitur yang lebih lengkap.
- Memiliki layanan pelanggan yang kurang responsif pada beberapa kasus.
15. Copper CRM

Copper merupakan software CRM yang memiliki integrasi dengan ekosistem Google.
Software CRM ini memungkinkan adanya sinkronisasi data secara otomatis, sehingga memberikan kemudahan dalam pengelolaan kontak dan juga aktivitas penjualan.
Aplikasi ini juga memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan mudah untuk digunakan.
Kelebihan:
- Memiliki integrasi yang kyar dengan aplikasi Google.
- Antarmuka yang dimiliki sederhana.
- Memiliki fitur pelacakan aktivitas penjualan yang efisien.
- Mudah untuk digunakan oleh tim yang kurang teknis.
Kekurangan:
- Fitur yang dimiliki masih dibatasi pada paket dasar.
- Tidak ada pilihan manajemen proyek.
- Fitur kustomisasi yang dimiliki masih sangat terbatas.
- Pelaporan yang masih kurang mendalam jika dibandingkan dengan kompetitor.

Baca Juga: WhatsApp CRM: Pengertian, Keuntungan, dan Fitur Kunci
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai rekomendasi software CRM Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa untuk memudahkan pelayanan pelanggan pada bisnis Anda, Anda membutuhkan software CRM terbaik.
CRM.ID menjadi rekomendasi software CRM Indonesia terbaik yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan karyawan.
CRM.ID merupakan aplikasi CRM atau Customer Relationship Management asli buatan Indonesia sehingga fitur-fitur yang dimilikinya telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis di Indonesia.
Jadi tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demi bersama Tim Hebat kami di tautan ini.
- 10 Rekomendasi Software CRM Outsourcing dan Tantangannya - 21 Mei 2025
- 10 Rekomendasi Software CRM untuk Bisnis B2B - 20 Mei 2025
- 10 Rekomendasi Software CRM Real Estate dan Tantangannya - 19 Mei 2025