Hampir semua bisnis seperti startup, bisnis fisik, atau pun perusahaan besar membutuhkan aplikasi modern untuk membantu pengelolaan bisnis. Contoh aplikasi ini adalah CRM.
Dengan banyaknya contoh CRM di pasar hari ini, masing-masing dengan fitur, integrasi, dan kemampuannya sendiri, menemukan CRM yang tepat untuk bisnis Anda bisa menjadi tantangan.
Bagaimana Anda bisa memilih CRM yang tepat untuk tim Anda? Bagaimana Anda memastikan bahwa Anda sudah memanfaatkan CRM tersebut dengan maksimal?
Dalam artikel ini, kami akan membahas contoh CRM dan penggunaannya untuk bisnis agar Anda memahami bagaimana alat ini bisa membantu Anda.
Pengertian CRM
Customer relationship management (CRM) merujuk pada proses melacak dan menangani semua interaksi antara bisnis dan pelanggannya.
Istilah ini paling sering digunakan untuk merujuk pada alat CRM yang menjalankan berbagai fungsi yang biasanya dilakukan secara manual atau melalui spreadsheet dan basis data.
Anda dapat melacak formulir, email, pesan teks, kiriman media sosial, kutipan, dan bahkan pembelian di satu lokasi menggunakan platform.
Dulu, pelanggan hanya perlu melewati beberapa langkah untuk menyelesaikan pembelian. Namun sekarang, ada banyak langkah lain yang bisa pembeli tempuh dalam perjalanan pembelian (customer’s journey) mereka di era digital ini.
Di sinilah CRM berperan dalam mengelola keseluruhan perjalanan ini, termasuk mengatur data yang ada sekaligus mengotomatiskan sebagian besar proses komunikasi.
Intinya, CRM mengelola hubungan antara bisnis Anda dan pelanggan.
Baca Juga: Pengertian CRM, Manfaat, dan Rekomendasi Terbaiknya
Mengapa CRM Penting untuk Bisnis Anda?
Software CRM penting karena:
- Memungkinkan Anda untuk menyederhanakan upaya penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan akuntansi dengan memindahkan data yang relevan ke platform yang sama.
- Meningkatkan hubungan dengan pelanggan lewat layanan yang terintegrasi
- Mengembangkan strategi untuk mendatangkan pelanggan baru
- Memberikan pandangan 360 derajat kepada bisnis tentang pelanggan potensial.
- Memberi bisnis kemampuan untuk melihat bagaimana pelanggan menanggapi upaya penjualan dan pemasaran.
- Melacak hubungan antara bisnis Anda dan setiap pelanggan.
- Menciptakan transparansi dan komunikasi bisnis yang efisien antara tim internal.
Semua fitur ini membantu bisnis Anda lebih banyak menghemat uang, mempertahankan pelanggan, dan mendatangkan lebih banyak keuntungan.
Baca Juga: 10 Keuntungan Menggunakan Software CRM bagi Bisnis
Contoh CRM dan Penerapannya dalam Bisnis
1. CRM.ID
CRM.ID adalah platform penyedia WhatsApp Business API yang handal. Platform ini memfasilitasi proses komunikasi, layanan, dan penjualan dengan konsumen Anda.
Dengan fitur-fiturnya, Anda bisa menjadikan WhatsApp, aplikasi pesan instan dengan jumlah pengguna paling banyak di Indonesia, sebagai media pendukung operasional bisnis Anda.
CRM.ID memungkinkan Anda untuk mengirim pesan tanpa batasan jumlah penerima dan pesan. Selain itu, Anda juga akan mendapat templat chat yang bisa Anda kustomisasikan dengan bebas untuk keperluan bisnis.
Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mendapat akses ke chatbot untuk mengotomatiskan berbagai respon dan layanan. Semua riwayat percakapan juga akan otomatis tersimpan dan bisa Anda cari dengan mudah.
Jika Anda tertarik menggunakan CRM.ID, Anda bisa mencoba menjadwalkan demo melalui tautan ini.
Contoh penggunaan CRM.ID: Menggunakan template kustom untuk keperluan customer service
Kustomisasi template WhatsApp memungkinkan Anda membuat pesan yang terstruktur dan dapat sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan. Misalnya, Anda bisa mengirim template untuk keperluan:
- Konfirmasi Pesanan: “Halo [Nama Pelanggan], terima kasih telah melakukan pemesanan [Nama Produk]. Pesanan Anda sedang kami proses dan akan segera dikirim. Nomor pesanan Anda adalah [Nomor Pesanan]. Anda dapat melacak pesanan Anda melalui tautan ini: [Tautan Pelacakan].”
- Follow-up: “Bagaimana pengalaman Anda dengan produk [Nama Produk]? Kami sangat menghargai jika Anda bersedia memberikan ulasan. Klik di sini untuk memberikan ulasan: [Tautan Ulasan].”
- Promosi Khusus: “Halo [Nama Pelanggan], sebagai pelanggan setia kami, Anda berhak mendapatkan diskon [Persentase]% untuk pembelian berikutnya. Gunakan kode promo [Kode Promo] saat checkout.”
Anda bisa memeriksa artikel ini untuk mengetahui contoh template broadcast WhatsApp lainnya.
Informasi harga
CRM.ID memungut biaya Rp40 per pesan, tanpa biaya pemasangan atau biaya langganan bulanan.
Baca juga: Contoh Customer Relationship Management di Perusahaan Besar
2. Microsoft Dynamics
Microsoft Dynamics adalah software CRM untuk meningkatkan produktivitas penjualan dan pemasaran. Produk besutan Microsoft ini mampu mengumpulkan informasi sosial dan menyediakan manajemen kampanye berbasis cloud.
Microsoft Dynamics dapat mengelola hubungan Anda dengan pelanggan di dalam satu aplikasi serta mengintegrasikan dan menyinkronkan data dari media sosial dengan CRM Anda.
Contoh penggunaan CRM Microsoft Dynamics: Mendapat informasi pelanggan
Dengan bantuan AI, Microsoft Dynamics membantu memberi tahu Anda cara mendapatkan prospek dan pelanggan, siapa audiens Anda, apa yang mereka butuhkan, bagaimana Anda dapat meningkatkan kepuasan mereka, dan banyak lagi.
Selain itu, Anda juga bisa memperolah informasi real-time tentang pelanggan berdasarkan data perilaku, demografi, dan transaksional serta keterlibatan dan umpan balik dari mereka (misalnya, data survei).
Anda bisa menerapkan informasi ini untuk menciptakan strategi penjualan, pemasaran, dan dukungan yang lebih tertarget dan personal.
Informasi harga
Microsoft Dynamics menyediakan uji coba gratis selama 30 hari. Untuk paket berbayarnya, harga mulai dari $65 per pengguna per bulan hingga $1.000 per perusahaan per bulan, tergantung paket mana yang Anda pilih.
Baca Juga:10 Tips Memilih CRM untuk Proses Telemarketing
3. Salesforce
CRM Salesforce, menyatukan data pelanggan, penjualan, layanan, pemasaran, dan analitik di satu lokasi. Dengan begitu, Anda bisa mengakses data secara cepat serta membagikan dan menggunakannya untuk keperluan kolaborasi.
Salesforce juga mampu mengelola prospek dan kontak, mengelola peluang penjualan, mengatur alur kerja, otomatisasi, serta menyediakan laporan dan dasbor yang dapat disesuaikan. Anda juga bisa mengakses CRM melalui aplikasi HP.
Salesforce juga menggunakan Einstein AI yang memudahkan Anda untuk mencapai tujuan bisnis. Ada juga fitur Employee Experience untuk menyederhanakan kolaborasi kerja dan meningkatkan motivasi karyawan.
Contoh penggunaan CRM: Mengotomatisasi tugas yang repetitif
Seperti banyak opsi CRM lainnya, Salesforce mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang dan memakan waktu, seperti:
- Menggunakan AI untuk menyediakan data kepada tim Anda tentang semua riwayat interaksi dengan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan komunikasi dan hubungan bisnis.
- Meningkatkan produktivitas dengan memberikan informasi yang tim Anda butuhkan, seperti klasifikasi kasus yang cerdas dan tindakan selanjutnya.
- Merekomendasikan tindakan tertentu untuk menghadapi pelanggan berdasarkan data mereka
- Mempersonalisasi dukungan untuk pelanggan
- Mengotomatiskan dukungan (jika memungkinkan) dengan bot untuk menghemat waktu.
Informasi harga
Tersedia fitur uji coba gratis selama 30 hari. Sementara itu, untuk harga berbayarnya berkisar mulai dari $25 per pengguna per bulan hingga $1.500/bulan.
Baca juga: Program CRM untuk Bisnis Kecil: Manfaat dan Tips Memilihnya
4. Zoho
Zoho adalah CRM yang sepenuhnya berbasis cloud, terintegrasi, dan menawarkan berbagai fitur termasuk manajemen dan penilaian prospek, otomatisasi alur kerja, analitik, dan pemasaran dan manajemen proses.
Asisten penjualan AI Zoho, Zia, mampu menafsirkan data CRM, melacak pengunjung situs web, dan memprediksi penjualan. Prediksi penjualan ini juga menampilkan prospek yang kemungkinan besar akan melakukan konversi dan transaksi yang kemungkinan besar akan sukses.
Fitur gamifikasi Zoho membuat perwakilan Anda tetap termotivasi dan fokus pada kuota, sementara integrasi Google Ads menyelaraskan tim penjualan dan pemasaran Anda dengan menampilkan pengeluaran iklan dan pendapatan penjualan bisnis Anda.
Contoh penggunaan CRM Zoho: Menyediakan pengalaman omnichannel
Zoho memungkinkan Anda untuk memberikan pengalaman omnichannel untuk kontak Anda yang berarti:
- Berinteraksi dengan audiens Anda melalui email, live chat, media sosial, atau pertemuan tatap muka dengan satu aplikasi. Setiap data yang diperoleh melalui interaksi ini akan disimpan ke CRM secara otomatis.
- Menyimpan semua data email Anda ke dalam CRM dan mengirim pesan langsung dari Zoho. Lalu, Zoho akan otomatis merekam riwayat percakapan email Anda dan menyimpannya.
Informasi harga
Zoho menyediakan trial gratis selama 15 hari dengan biaya berlangganan dalam bentuk paket berikut ini:
- Standard: $14/pengguna/bulan.
- Professional: $23/pengguna/bulan.
- Enterprise: $40/pengguna/bulan.
- Ultimate: $52/pengguna/bulan
Semua pembayaran di atas dilakukan per tahun.
Baca Juga: Segmentasi Pelanggan: Jenis dan Cara Melakukan Segmentasi
5. Pipedrive
Pipedrive adalah CRM penjualan dan alat manajemen pipeline yang ideal untuk tim berukuran kecil. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan fitur-fitur untuk melacak kinerja, mengelola transaksi, memprediksi pendapatan bisnis, dan mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang.
Pipedrive secara otomatis memvisualisasikan pipeline Anda sehingga Anda dapat mengidentifikasi di mana harus memfokuskan upaya Anda. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan prediksi penjualan dan integrasi dengan aplikasi lain.
Contoh penggunaan CRM Pipedrive: Melacak data dan keamanan
Anda bisa menggunakan Pipedrive untuk melacak data dan keamanan Anda dengan berbagai fitur ini:
- Memantau siapa saja yang mengakses data perusahaan Anda dan bagaimana mereka mengaksesnya.
- Identifikasi pengguna dan aktivitas yang mencurigakan secara real-time.
- Mengirim notifikasi yang memberi tahu Anda tentang kapan dan di mana pengguna masuk.
- Membuat aturan khusus untuk menjaga keamanan data Anda. Misalnya, akses terbatas waktu.
Informasi harga
Ada beberapa paket berlangganan:
- Essential: $14 per bulan
- Advanced: $34 per bulan
- Professional: $49 per bulan
- Power: $64 per bulan
- Enterprise: $99 per bulan
Pipedrive menyediakan 14 trial gratis untuk setiap paket berlangganannya.
6. Freshworks
Freshworks adalah CRM yang menggunakan AI untuk membantu tim penjualan dan pemasaran Anda memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal. Ada dua fitur utama Freshworks, yaitu Sales Cloud dan Marketing Cloud.
Sales Cloud membantu menarik pelanggan, mengkualifikasi pelanggan, dan meningkatkan keterlibatan mereka. Selain itu, Freshworks juga menggunakan AI untuk memprediksi penjualan dan tindakan penjualan yang harus Anda lakukan.
Sementara itu, Marketing Cloud membantu Anda melakukan percakapan otomatis dengan pelanggan melalui chatbot. Dengan dukungan AI, Anda akan memahami perilaku dan keterlibatan audiens sehingga Anda bisa membuat kampanye pemasaran yang tertarget.
Contoh penggunaan CRM Freshworks: Menyelaraskan sales dan marketing
Penyelarasan penjualan dan pemasaran sangat penting untuk kesuksesan bisnis apa pun. Dengan Freshworks, Anda bisa:
- Menyelaraskan tim penjualan dan pemasaran Anda untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kolaborasi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
- Mengatur dan memperbarui data kontak
- Membantu Anda mengetahui siapa target audiens yang Anda sasar.
Informasi harga
Tersedia uji coba gratis selama 21 hari. Paket berbayar meliputi:
- Growth: $15/pengguna/bulan.
- Pro: $49/pengguna/bulan.
- Enterprise: $79/pengguna/bulan.
Untuk pembayaran akan ditagihkan setiap tahun.
7. NetSuite
NetSuite adalah solusi CRM komprehensif yang NetSuite dari Oracle tawarkan. Platform ini dirancang untuk bisnis dari segala ukuran untuk memberi Anda pandangan menyeluruh tentang pelanggan Anda.
NetSuite juga memungkinkan Anda untuk mengelola seluruh siklus hidup pelanggan, mulai dari perolehan prospek hingga pelacakan peluang, layanan pelanggan, dan manajemen pesanan.
Alat ini terintegrasi dengan sistem keuangan, inventaris, dan e-commerce, menjadikannya platform terpadu untuk mengelola semua operasi bisnis.
Contoh penggunaan CRM NetSuite: Meningkatkan efektivitas penjualan
NetSuite punya kemampuan untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas tim Anda. Misalnya, membantu Anda mengelola lead dan peluang dengan mengumpulkan informasi mendetail terkait prospek dan melacak kemajuan mereka melalui pipeline.
Dengan begitu, Anda bisa melihat status lead dengan mudah dan memastikan bahwa tidak ada peluang yang terabaikan.
Informasi harga
Anda bisa berlangganan CRM NetSuite CRM dengan model biaya lisensi tahunan. Biayanya akan beragam tergantung dari jumlah pengguna, platform inti, dan modul-modul yang Anda gunakan.
Anda harus menghubungi tim NetSuite untuk mengetahui harga yang akan mereka tetapkan untuk bisnis Anda.
Baca Juga: 9 Rekomendasi Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Anda
Kesimpulan
Ada beberapa cara untuk menggunakan CRM dan contoh penggunaan di atas hanyalah beberapa di antaranya. Untuk memilih CRM yang tepat untuk tim Anda, mulailah dari memikirkan tujuan dan kebutuhan bisnis Anda.
Kemudian, gunakan aplikasi CRM Anda untuk mulai membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, menghemat waktu tim Anda, dan mengembangkan bisnis.
Kami menyarankan Anda untuk menggunakan CRM.ID, terutama jika Anda ingin menggunakan WhatsApp untuk keperluan komunikasi, pemasaran, dan penjualan dengan pelanggan.
Selain karena harganya yang terjangkau, Anda dan tim juga akan mendapatkan asistensi penggunaan gratis hingga mahir memakainya. Yuk, coba CRM.ID sekarang juga!
- Payday Sale: Tips Maksimalkan Penjualan di Hari Gajian - 17 Januari 2025
- 25 Contoh Kata-Kata Promosi Lewat WhatsApp - 16 Januari 2025
- Net Promoter Score: Cara Menghitung dan Menggunakannya - 15 Januari 2025