CRM Tools: Pengertian dan Rekomendasi Terbaiknya

crm tools banner

CRM tools adalah alat yang bisnis gunakan untuk meningkatkan hubungan mereka dengan pelanggan.

Dengan semakin ketatnya persaingan untuk merebutkan hati pelanggan, mengelola hubungan yang baik dan meningkatkannya adalah suatu hal wajib bagi bisnis yang ingin terus berkembang.

Sekarang ini, ada begitu banyak customer relationship management (CRM) tools yang ada di pasar sekarang. Masing-masing memiliki fitur, integrasi, dan kemampuannya sendiri.

Pada artikel ini, kami akan membagikan rekomendasi tools crm yang bisa bisnis Anda gunakan, lengkap dengan tips memilihnya.

Pengertian CRM Tools

Pada intinya, aplikasi CRM membantu Anda mengelola data pelanggan, menjaga detail kontak pelanggan agar up to date, melacak setiap interaksi pelanggan, dan mengelola akun pelanggan.

Alat ini juga didesain untuk membantu bisnis meningkatkan hubungan pelanggan (customer relationship) dan nilai masa hidup pelanggan (customer lifetime value /CLV).

CRM membantu tim Anda bekerja dengan lebih baik. Misalnya, berfungsi sebagai platform terpadu untuk mengatur tiket customer support dan permintaan layanan agar menghasilkan respon layanan yang cepat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan CRM untuk mengelola lead, melacak peluang penjualan, mengorganisir interaksi pelanggan, membantu pemasaran, dan bahkan menawarkan analisis dan laporan terhadap perilaku dan tren pembelian pelanggan.

Baca Juga: Customer Satisfaction: Faktor, Cara Mengukur dan Tips Meningkatkannya

Rekomendasi Tools CRM Untuk Bisnis Anda

1. CRM.ID

aplikasi wa blast

CRM.ID merupakan software CRM buatan anak bangsa dengan berbagai fitur yang dapat memaksimalkan produktivitas dan kinerja tim Anda.

Sistem CRM ini punya tampilan yang user-friendly, sehingga tim Anda tidak akan kesulitan menggunakannya.

Sebagai penyedia WhatsApp API, CRM.ID memungkinkan Anda untuk menjalankan kampanye pemasaran lewat saluran dengan jumlah pengguna terbesar di Indoneia, yaitu WhatsApp.

Fitur lain

Fitur lain CRM.ID meliputi:

  • Mult Agent, atau semua agen Anda bisa melayani pelanggan menggunakan satu nomor WhatsApp.
  • Unlimited MAU, atau kemampuan mengirim pesan tanpa batasan jumlah pesan, kontak, dan penerima.
  • Mendapat nomor masking dan centang hijau dari WhatsApp
  • Kemampuan mengintegrasikan sistem Anda dengan CRM.ID menggunakan REST API
  • Mendapat dukungan layanan tanpa batas. Tim CRM.ID akan membantu proses onboarding, training karyawan, hingga asistensi selama penggunaan.

Baca juga: Program CRM untuk Bisnis Kecil: Manfaat dan Tips Memilihnya

2. CRM tools Zendesk Sell

crm zendesk

Zendesk Sell menawarkan sistem CRM modern yang pengaturan dan penggunaannya mudah untuk bisnis dengan segala skala. CRM ini juga memiliki aplikasi HP yang user-friendly dan tersinkron dengan versi desktop-nya.

Zendesk Sell juga memiliki tool email yang memungkinkan Anda untuk melacak semua komunikasi lewat email dengan fitur seperti laporan aktivitas, templat otomatis, real-time push notification, dan lain-lain.

Fitur lain

Fitur lain Zendesk Sell meliputi:

  • Pelacakan email dan otomatisasi
  • Pelaporan aktivitas dan analitik
  • Kustom dashboard penjualan
  • Aplikasi ponsel CRM
  • Integrasi
  • Platform terpusat

Baca Juga: Contoh CRM dan Pengunaannya Untuk Bisnis

3. CRM tools HubSpot

hubspot 6

HubSpot adalah pilihan populer untuk bisnis yang baru mulai menggunakan software CRM. Dengan tampilan dashboard terpusat yang bersih, HubSpot mempermudah Anda menemukan data-data penting.

Seperti kebanyakan CRM tools lainnya, HubSpot menawarkan kustomisasi dan fitur seperti percakapan dan pelacakan email.

Fitur lain

  • Dashboard laporan
  • Informasi perusahaan
  • Melacak kesepakatan
  • Manajemen pipeline

4. Less Annoying

customer relationship management less annoying

Jika Anda masih kebingungan tentang CRM tools, mungkin Less Annoying bisa menjadi pilihan platform yang cocok untuk bisnis Anda.

Dari namanya saja sudah menunjukkan bahwa fitur utama dari software ini adalah kesederhanaannya, membuat Less Annoying menjadi pilihan solid bagi bisnis yang baru pertama kali terjun di dunia CRM.

Selain itu, Less Annoying juga menawarkan fitur pencarian yang tidak bertele-tele dalam sistem manajemen kontaknya. Sehingga, Anda bisa melacak kontak yang Anda inginkan dengan mudah.

Fitur lain

  • Kalender dan tugas
  • Manajemen pipeline yang sederhana
  • Kustomisasi
  • Akses lewat HP

Baca Juga: WhatsApp CRM: Pengertian, Keuntungan, dan Fitur Kunci

5. Sales Creatio

customer relationship management less annoying sales creatio

Tercipta untuk perusahaan berukuran sedang dan besar, Sales Creatio menawarkan tools CRM yang komprehensif, memungkinkan Anda mengelola penjualan, pemasaran, dan layanan dari satu titik saja.

Sales Creatio mengklaim bahwa Anda tidak perlu memahami teknologi untuk menggunakan software mereka. Jadi, bisa dibilang, Sales Creation cocok untuk tim dengan kemampuan teknologi yang masih terbatas.

Fitur lain

  • Tampilan pelanggan 360 derajat
  • Manajemen proyek
  • Pesanan dan invoice

6. CRM tools Apptivo

customer relationship management apptivo

Dengan sistem CRM yang sangat kompatibel dan sepenuhnya online, Apptivo memungkinkan Anda untuk memusatkan semua kebutuhan layanan pelanggan dari perangkat apa pun saat menggunakan peramban apa pun.

Selain itu, Apptivo juga menawarkan lebih dari 65 aplikasi terintegrasi dan sistem manajemen alur penjualan yang kokoh. Jadi, dengan integrasi dan fitur sebanyak ini, artinya tidak ada lagi waktu yang terbuang saat melacak calon pelanggan.

Fitur lain

  • Umpan berita sosial
  • Integrasi email IMAP
  • Templat email drag-and-drop
  • Pengembang API

7. CRM tools Insightly

customer relationship management insightly

Jika Anda memiliki ahli Google yang hebat di tim Anda, Insightly mungkin menjadi salah satu pilihan perangkat lunak CRM terbaik Anda.

Insightly memungkinkan Anda untuk sepenuhnya mengintegrasikan semua kebutuhan hubungan pelanggan Anda ke dalam program Google yang sudah ada. Jadi, tim Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mempelajari perangkat lunak baru.

Namun, jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan, Anda mungkin merasa Insightly kurang cocok untuk Anda. Sebab, CRM yang satu ini tidak menyediakan dukungan 24/7.

Fitur lain

  • Buku alamat otomatis
  • Pencarian cepat
  • Formulir web ke kontak
  • Berbagi berkas

Baca Juga: 10 Tips Memilih CRM untuk Proses Telemarketing

8. CRM tools Salesforce

contoh crm salesforce

Salesforce adalah CRM yang sangat terkenal. Berkat kemampuan kecerdasan buatan (AI), pengguna Salesforce dapat mengotomatiskan banyak tugas dan menyederhanakan alur kerja mereka.

Kemampuan ini sangat bagus untuk membebaskan anggota tim Anda dari tugas-tugas yang repetitif dan membosankan seperti entri data. Sehingga, mereka bisa lebih fokus pada penjualan.

Salesforce memiliki jumlah fitur yang sangat lengkap, termasuk manajemen komisi dan manajemen pusat panggilan. Namun, mungkin fitur ini tidak terlalu dibutuhkan bagi bisnis kecil dan sedang.

Fitur lain

  • Manajemen peluang
  • Prediksi penjualan
  • Manajemen dokumen

9. Copper

crm copper

Seperti Insightly, Copper dibuat dengan mempertimbangkan pengguna Google. Banyak orang yang memilih Copper karena kemampuan integrasi G-Suite-nya.

Meskipun fitur-fiturnya tidak selalu unik, banyak pengguna menyebut kualitas terbaik Copper ada pada user experience-nya.

Fitur lain

  • Pelaporan alur kerja
  • Integrasi Google
  • Manajemen proyek
  • Otomatisasi tugas

10. Zoho

contoh crm zoho

Walaupun kebanyakan CRM didesain secara spesifik untuk bisnis kecil atau besar, tapi Zoho CRM adalah opsi yang bagus untuk semua skala bisnis.

Zoho CRM membawa fitur-fitur canggih seperti asisten AI bernama Zia. Zia dapat membantu pengguna Zoho untuk menjawab pertanyaan dan membuat laporan penjualan.

Fitur lain

  • Otomatisasi alur kerja
  • Manajemen transaksi
  • Manajemen proses

Baca Juga: 15 Fitur yang Harus Ada dalam Software CRM

Tips Memilih CRM Tools yang Tepat untuk Bisnis Anda

Saat mencari solusi CRM yang tepat untuk Anda, pertimbangkan beberapa faktor utama sebelum membuat keputusannya. Anda memiliki berbagai variasi platform yang bisa Anda pilih.

Setiap platform memiliki gabungan antara fitur, fungsi, dan paketnya sendiri-sendiri. Pilihlah kombinasi mana yang paling cocok dengan perusahaan Anda.

Kemudahan penggunaan

Menghabiskan waktu dan uang untuk menerapkan dan mempelajari sistem yang baru dan rumit tidak akan menguntungkan perusahaan Anda. Jadi, pilihlah CRM dengan penggunaan yang mudah.

Bisnis Anda bisa segera beroperasi dengan lancar jika CRM Anda menawarkan hal-hal berikut ini:

  • Antarmuka yang Ramah Pengguna: Dengan platform yang intuitif, Anda dapat mulai menggunakan CRM hanya dalam beberapa jam. Lalu, Anda tidak perlu menghabiskan waktu bulanan atau tahunan untuk menyiapkan CRM Anda sepenuhnya.
  • Kustomisasi: Berbagai macam integrasi siap pakai dan API yang canggih memungkinkan Anda menyesuaikan CRM agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu mempekerjakan konsultan yang mahal, sehingga menghemat waktu dan uang Anda.
  • Administrasi yang Mudah: Kebutuhan admin yang minimal berarti lebih sedikit uang yang harus Anda habiskan untuk dukungan dan sumber daya yang mahal, dan Anda bisa lebih banyak mengucurkan waktu untuk fokus pada pelanggan Anda.

Baca Juga: 10 Keuntungan Menggunakan Software CRM bagi Bisnis

Pengaturan yang sederhana

Beberapa CRM sulit dipasang dan dikonfigurasi, dan Anda bahkan mungkin perlu mempekerjakan seseorang untuk mengelolanya. Pilih CRM yang dapat Anda pasang dengan mudah sehingga Anda dapat segera memulai dan menjalankannya.

Apa pun ukuran organisasi Anda, menemukan CRM dengan pengaturan yang sederhana sangatlah bermanfaat. Perusahaan yang baru merintis memiliki jadwal yang padat, jadi mereka akan kesulitan meluangkan waktu untuk mempelajari CRM dari awal.

Sementara itu, perusahaan besar biasanya segera membutuhkan CRM, agar karyawan mereka bisa segera melanjutkan pekerjaan.

Total biaya kepemilikan

Tentu saja, anggaran perusahaan Anda selalu menjadi faktor dalam penerapan alat bisnis baru seperti CRM. Namun, jika Anda menghitung total biaya kepemilikan CRM, biasanya membeli perangkat lunak CRM berkualitas tinggi sepadan dengan investasinya.

Saat memutuskan CRM apa yang akan Anda gunakan, mulailah dengan membandingkan harga. Jangan lupa menghitung biaya tambahan yang mungkin tidak tertera.

Anda mungkin perlu membayar untuk hal-hal seperti:

  • Biaya implementasi
  • Biaya pemeliharaan
  • Konsultan
  • Add-on

Beberapa tools CRM menawarkan versi gratis, tetapi mengenakan biaya untuk fungsi yang benar-benar Anda inginkan. Jadi, pertimbangkan untuk berinvestasi pada CRM yang akan menguntungkan dalam jangka panjang.

Integrasi dengan sistem Anda

Penting untuk memilih CRM dengan platform yang terbuka dan fleksibel, jadi Anda bisa menggunakannya dengan sistem yang sudah Anda gunakan sekarang.

Dengan menggabungkan semua sistem dan data konsumen, Anda akan memahami audiens dengan lebih mendalam.

Jika Anda memiliki CRM dengan kemampuan integrasi API seperti CRM.ID, Anda dan tim bisa segera mengintegrasikan CRM dengan sistem yang sudah Anda jalankan sekarang ini.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Sekarang Anda telah memahami pengertian tools CRM, beberapa rekomendasi, dan juga tips memilihnya. CRM adalah alat yang penting untuk mendukung hubungan Anda dengan pelanggan, menjembatani proses penjualan, dan membuat operasional bisnis semakin efektif.

Dengan menggunakan aplikasi CRM yang tepat, Anda dapat mendongkrak produktivitas dan efisiensi kerja tim yang pada akhirnya dapat meningkatkan keuntungan usaha Anda.

Dari pilihan di atas, Anda bisa mempertimbangkan CRM.ID. Dengan alat ini, Anda bisa melayani pelanggan tanpa khawatir akan batasan jumlah agen, kontak, dan tanpa biaya tambahan atau biaya bulanan.

Tertarik menggunakan CRM.ID? Yuk, jadwalkan demo sekarang juga melalui tautan ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × four =