Pelayanan Prima: Konsep dan Cara Memberikannya

pelayanan prima

Dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan, pelayanan prima jadi bagian penting untuk dimiliki bisnis.

Ketika sebuah bisnis bisa memberikan pelayanan prima, maka mereka bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Selain itu, dengan adanya pelayanan prima di dalam perusahaan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga bisa menjadikannya sebagai standar operasional sehari-hari.

Meski ini begitu penting, namun memiliki pelayanan prima tidak bisa dilakukan oleh semua bisnis.

Untuk itu penting bagi bisnis untuk memiliki pengetahuan dan informasi yang berkaitan dengan pelayanan prima ini agar bisa memberikan yang terbaik bagi bisnis.

Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai pelayanan prima mulai dari pengertiannya, mengapa penting, manfaat, cara memberikannya, hingga contohnya.

Baca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud Pelayanan Prima?

pelayanan prima

Pelayanan prima adalah sebuah cara yang dilakukan oleh perusahaan guna memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Ini dilakukan agar pelanggan bisa merasakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan.

Banyak orang yang mengira layanan prima hanya berlaku pada bisnis jasa saja, padahal nyatanya semua jenis bisnis wajib memberikan layanan prima untuk membentuk kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Namun dalam layanan yang diberikan tentunya berbeda antara satu jenis bisnis dengan bisnis lainnya, di mana disesuaikan dengan industri bisnis tersebut.

Sebagai contoh, bagi bisnis yang memproduksi produk, layanan prima dapat dilakukan pada bagian customer service ataupun pada kualitas produk yang tinggi.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa layanan prima berhubungan dengan komitmen perusahaan atau lembaga lembaga yang membuat produk atau layanan dengan kualitas terbaik.

Dengan cara ini bisnis dapat menciptakan kepuasan pelanggan.

crm banner 2

Baca Juga: Apa Itu Layanan Pelanggan? Ini Jenis dan Contohnya

Mengapa Pelayanan Prima Penting bagi Bisnis?

pelayanan prima

Bagi sebuah bisnis, layanan prima sangatlah penting, khususnya bagi bisnis yang bergerak di bidang jasa.

Hal ini dikarenakan pada layanan prima bisnis dapat mendatangkan banyak pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama.

Meski sangat berpengaruh pada bisnis jasa, namun pada bisnis lain layanan prima juga perlu untuk tetap dilakukan.

Ini dilakukan agar bisnis bisa menjaga kepercayaan pelanggan melalui layanan customer service yang dimilikinya.

Ketika sebuah bisnis bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, sangat mudah bagi mereka untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Selain itu, bisnis juga mendapatkan kesempatan di mana pelanggan lama dapat merekomendasikan produk melalui word of mouth marketing.

Baca Juga: 8 Strategi Layanan After Sales Terbaik untuk Pelanggan

Apa Saja Konsep dalam Pelayanan Prima?

Ada beberapa konsep yang dimiliki dalam layanan prima, yakni:

1. Attitude

Konsep yang pertama adalah attitude, yakni memberikan sikap yang ramah, penuh perhatian, dan juga rasa bangga kepada perusahaan.

Dalam memberikan layanan kepada pelanggan, tim yang bertugas juga harus memiliki penampilan yang sopan dan menarik yang disesuaikan dengan branding perusahaan.

Baca Juga: Optimasi Layanan Pelanggan: Ini 7 Cara Melakukannya

2. Attention

Konsep yang kedua adalah attention, di mana tim layanan pelanggan harus bisa memberikan perhatian dan melakukan analisis keinginan dari pelanggan.

Nah, sebelum Anda memulai memberikan layanan pelanggan ini, jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menanyakan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Dari sini Anda bisa mulai memahami kebutuhan pelanggan dan memenuhinya.

Di sini pastikan Anda memberikan layanan dengan cepat, tepat, dan juga ramah agar bisa membuat pelanggan merasakan puas.

Baca Juga: 6 Program Bantuan UMKM 2025 dan Cara Daftarnya

3. Action

Konsep yang terakhir adalah action di mana ini menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk mewujudkan action dalam layanan prima adalah dengan mencatat pesanan pelanggan, menegaskan bahwa pesanan telah benar, menyelesaikan pesanan pelanggan, dan mengakhirinya dengan berterima kasih.

Ini menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan bisnis untuk memberikan layanan prima.

Baca Juga: Sales Marketing: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Apa Tujuan Pelayanan Prima?

pelayanan prima

Berikut beberapa tujuan dari layanan prima yang diberikan bisnis kepada pelanggan:

  • Untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan sesuai standar yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Memberikan fasilitas kepada pelanggan agar bisa menyelesaikan permasalahan sesuai kebutuhan yang dimiliki pelanggan.
  • Untuk mencegah keluhan dari pelanggan yang dapat memberikan kerugian kepada perusahaan baik untuk norma hukum ataupun norma yang ada pada masyarakat.
  • Menciptakan loyalitas dan rasa bangga dari pelanggan karena menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda.
  • Ketika semua tujuan dari layanan prima berhasil dilakukan, bisnis tidak perlu lagi melakukan pemasaran karena tugas yang tersisa adalah mempertahankan kualitas layanan yang telah dimiliki.

Baca Juga: Cara Menghitung Target Penjualan dan Contohnya

Apa Manfaat Pelayanan Prima?

Pada pelayanan prima, bisnis bisa mendapatkan manfaat yakni memberikan kepuasan pelanggan sehingga bisa menciptakan loyalitas yang akan memberikan keuntungan kepada bisnis.

Selain itu, layanan prima juga memiliki manfaat lainnya, yakni:

  • Memberikan produk dengan kualitas terbaik kepada masyarakat.
  • Memberikan kepuasan pribadi kepada karyawan setelah mereka berhasil menciptakan layanan prima kepada pelanggan.
  • Menciptakan rasa bangga di kalangan karyawan layanan pelanggan karena berhasil menciptakan kesejahteraan dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.
  • Untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan khususnya bagi lembaga atau unit layanan.

Baca Juga: 100 Kumpulan Kata-Kata Promosi untuk Tingkatkan Penjualan

Bagaimana Cara Memberikan Pelayanan Prima?

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan layanan prima kepada pelanggan:

1. Sapa dengan Ramah

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memberikan layanan prima adalah dengan menyapa pelanggan dengan ramah.

Menyapa pelanggan dengan ramah adalah etika dasar yang harus diterapkan bisnis.

Di sini Anda bisa menempatkan satu pegawai di pintu masuk untuk menyambut tamu yang datang.

Menyapa pelanggan dengan ramah bisa memberikan kesan positif, termasuk ketika harus menghadapi pelanggan yang datang untuk mengajukan keluhan.

2. Beri Batas Waktu Layanan

Cara kedua adalah dengan memberikan batas waktu pelayanan yakni dengan cara memberikan waktu tunggu yang tidak panjang.

Misalnya, dalam bisnis makanan, Anda bisa menerapkan batas waktu tunggu yakni maksimal selama 10 menit.

Anda bisa memberikan informasi mengenai batas waktu ini kepada pelanggan ataupun bisa menjadi aturan untuk tim internal saja.

Baca Juga: Large Language Model: Cara Kerja dan Contohnya

3. Lakukan dengan Responsif dan Reaktif

Membuat pelanggan menunggu terlalu lama bisa menurunkan kepuasan pelanggan, jadi penting bagi bisnis Anda untuk responsif dan reaktif.

Ini dapat dilakukan dengan memastikan Anda memiliki jumlah pegawai yang cukup agar bisa memberikan respons dengan baik ketika ada kendala.

Bagi tugas secara tepat kepada setiap karyawan agar mereka bisa melaksanakan tugas masing-masing secara fokus.

4. Buat Survei dan Evaluasi

Utuk bisa mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, Anda bisa mengadakan survei.

Lakukan survei ini saat pelanggan menyelesaikan transaksi ataupun sebelum mereka keluar dari perusahaan.

Kemudian, Anda bisa mengumpulkan hasil survei untuk melakukan evaluasi terkait pelayanan pelanggan, mana yang perlu dipertahankan dan mana yang harus ditingkatkan kembali.

Ini adalah bagian penting yang akan mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Baca Juga: Service Quality Adalah: Elemen dan Cara Meningkatkan

5. Pastikan Memperhatikan Penampilan

Kata siapa penampilan dalam pelayanan pelanggan tidak penting?

Ketika pelanggan atau calon pelanggan pertama kali datang, yang akan dilihat adalah penampilan dari tim layanan pelanggan.

Penampilan yang harus ditekankan di sini adalah berpenampilan sopan dan juga memiliki tutur kata yang sopan.

Dengan cara ini Anda bisa membuat bisnis Anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan pelanggan juga merasa nyaman.

6. Layani dengan Sepenuh Hati

Melayani dengan sepenuh hati adalah kunci yang harus dimiliki setiap bisnis untuk menciptakan pelayanan prima.

Di sini setiap karyawan harus bersikap profesional dan memberikan pelayanan terbaik.

Ini sesuai dengan tugas yang dimiliki oleh tim layanan pelanggan yakni harus selalu siap sedia untuk memberikan layanan kepada pelanggan yang memerlukan bantuan.

Baca Juga: Customer Care Adalah: Tugas dan Bedanya dengan Customer Service

7. Miliki Pengetahuan dan Keterampilan

Pengetahuan dan keterampilan jadi poin yang tidak kalah penting untuk dimiliki oleh setiap tim layanan pelanggan.

Ini bisa dari pengetahuan sesuai pendidikan yang dimiliki ataupun keterampilan yang mendukungnya, misalnya lulusan dari jurusan yang sesuai hingga keterampilan komunikasi yang akan membantu melayani pelanggan dengan baik.

8. Disiplin dan Penuhi Janji

Sikap disiplin harus dimiliki oleh setiap tim layanan pelanggan.

Tim pelayanan pelanggan harus datang tepat waktu dan jika memiliki janji dengan pelanggan harus ditepati.

Nah, sebelum membuat janji pastikan juga tim layanan pelanggan ini mempertimbangkan apakah bisa menepatinya atau tidak.

Jika memang tidak maka sebaiknya tidak membuat janji apapun.

Baca Juga: Customer Service: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengoptimalkannya

9. Bersikap Jujur dan Pegang Kepercayaan

Untuk menciptakan pelayanan prima, bersikap jujur harus diberikan dalam segala aspek, baik itu dalam bentuk aturan, jujur dalam hal harga produk hingga jujur ketika menyelesaikan pekerjaan.

Kejujuran ini adalah kunci untuk memegang kepercayaan, baik bagi rekan kerja, atasan, atau pelanggan.

10. Lakukan secara Efisien

Salah satu bagian yang dituntut dalam layanan pelanggan adalah bagaimana tim layanan pelanggan bisa melakukannya secara efisien.

Dari efisien ini akan bisa menghasilkan biaya murah, waktu singkat, dan hasil pelayanan yang berkualitas.

Jadi, penting bagi bisnis untuk mewujudkannya.

Baca Juga: Customer Relation: Ini Perbedaannya dengan Customer Service

Contoh Pelayanan Prima dalam Bisnis

service

Untuk memudahkan Anda memahami pelayanan prima yang ada di dalam bisnis, berikut beberapa contohnya untuk Anda:

Pelayanan secara Langsung

  • Merespons setiap keluhan pelanggan dengan baik, baik itu berkaitan dengan jenis layanan ataupun produk yang diberikan.
  • Menyediakan divisi khusus yang akan bertugas menangani masalah pelanggan.
  • Memilih karyawan yang memiliki tanggung jawab untuk melayani keluhan dari pelanggan.

Pelayanan secara Tidak Langsung

  • Meningkatkan kualitas produk dan layanan yang dimiliki melalui inovasi produk, membuat produk baru berdasarkan kebutuhan pelanggan, dan memberikan produk terbaik dengan harga yang terjangkau.
  • Membuat inovasi produk yang diminati oleh pasar.
  • Mempromosikan produk secara kreatif, inovatif, edukatif, dan juga bisa menghibur.
  • Memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan produk di pasar, misalnya dengan menambahkan sistem pemesanan seperti bayar di tempat atau pengiriman yang cepat.

Baca Juga: Mengenal Jobdesk Customer Service, Gaji, dan Peluang Karirnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai pelayanan prima yang dapat menjadi referensi Anda.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa pelayanan prima menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh setiap bisnis.

Ketika sebuah bisnis bisa memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, maka mudah bagi bisnis untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Lalu bagaimana cara untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan?

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID untuk mengoptimalkan layanan pelanggan di perusahaan Anda.

CRM.ID merupakan aplikasi manajemen hubungan pelanggan yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan Anda memberikan pelayanan pelanggan terbaik.

Dengan CRM.ID Anda bisa melayani pelanggan tanpa perlu khawatir terblokir atau adanya batasan yang akan menghambat pelayanan prima.

Jadi tunggu apa lagi, segera daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.

Desi Murniati

Tinggalkan Komentar

nineteen − 6 =