Jika Anda adalah pebisnis yang ingin memasarkan produk Anda dengan lebih efektif, maka Anda bisa mempekerjakan marketing executive. Marketing executives memainkan peran penting dalam kesuksesan suatu perusahaan.
Tugas mereka adalah mengelola eksekusi dari berbagai strategi pemasaran untuk suatu perusahaan.
Dengan kemampuan mereka, mereka mempromosikan produk dan jasa melalui kampanye pemasaran yang spesifik.
Dalam artikel ini, kami akan membahas marketing executive, tugas, kemampuan yang dibutuhkan, jobdesk, dan gajinya.
Pengertian Marketing Executive
Eksekutif pemasaran adalah seorang profesional yang merencanakan, mengembangkan, dan mengawasi keseluruhan strategi dan kampanye pemasaran untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan perusahaan.
Selain melaksanakan berbagai jenis kampanye pemasaran, seorang eksekutif pemasaran juga melakukan penelitian, membuat materi pemasaran, merancang cara baru untuk memasarkan produk, dan menganalisis laporan kinerja.
Biasanya, para profesional ini bekerja di departemen pemasaran suatu perusahaan dan membantu perusahaan mencapai proyek dan tujuan pemasaran mereka.
Sementara sebagian besar eksekutif pemasaran bekerja sebagai karyawan full-time, ada juga yang berstatus sebagai pekerja lepas atau karyawan part-time. Beberapa industri umum yang mempekerjakan eksekutif pemasaran adalah media, keuangan, teknologi, ritel, manufaktur, atau industri lainnya.
Baca Juga: 16 KPI Marketing yang Harus Anda Ketahui untuk Bisnis
Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Executive
Tugas dan tanggung jawab seorang marketing executive bisa bervariasi tergantung industri dan sektor tempat mereka bekerja. Tapi umumnya, mencakup beberapa hal berikut ini:
- Menciptakan kesadaran dan mengembangkan merek perusahaan
- Berkomunikasi dengan target audiens dan membangun serta mengembangkan hubungan dengan pelanggan
- Membantu dengan rencana pemasaran, periklanan, pemasaran langsung, dan kampanye
- Mencari peluang periklanan dan memasang iklan di media cetak atau pers
- Bekerja sama dengan agensi kreatif internal atau eksternal untuk merancang materi pemasaran seperti brosur dan iklan
- Menulis dan mengoreksi copy pemasaran untuk kampanye online dan cetak
- Memproduksi konten kreatif, termasuk video dan posting blog
- Menjalankan saluran media sosial
- Mengatur dan menghadiri acara seperti konferensi, seminar, resepsi, dan pameran
- Mencari dan mengamankan sponsor
- Berhubungan dengan desainer dan percetakan serta mengatur pemotretan
- Mengatur distribusi materi pemasaran yang efektif
- Menjaga dan memperbarui basis data pelanggan
- Melakukan riset pasar, misalnya menggunakan kuesioner pelanggan dan kelompok fokus
- Mengembangkan hubungan dengan pemangku kepentingan utama, baik internal maupun eksternal.
Marketing executive yang berpengalaman juga biasanya mengemban tugas berikut:
- Mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran sebagai bagian dari program penjualan dan pemasaran yang lebih luas
- Mengevaluasi dan meninjau kampanye pemasaran, periklanan, dan SEO untuk memastikan perusahaan menggunakan media yang tepat dan efektif.
- Melacak kinerja pemasaran dan laba terhadap investasi serta menyiapkan laporan mingguan atau bulanan untuk manajemen
- Memantau dan melaporkan aktivitas pesaing
- Memimpin agensi eksternal, jika perlu, untuk mengelola acara, hubungan pers, permintaan editorial, presentasi, materi promosi, dan aktivitas online secara efektif
- Mengawasi dan mengelola anggaran pemasaran.
Baca Juga: Marketing Funnel: Pengertian, Tahapan, dan Strateginya
Skill yang Dibutuhkan Marketing Executive
Saat memilih seorang marketing executive untuk perusahaan Anda, ada skill-skill yang harus Anda pertimbangkan:
Keterampilan analitis
Marketing executive sering kali harus merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran dan periklanan secara efektif. Mereka juga melakukan penelitian lapangan terkait produk atau layanan yang mereka pasarkan.
Untuk melakukannya, mereka memerlukan keterampilan analitis yang kuat. Selain itu, seorang pemasar profesional dapat menganalisis kinerja kampanye atau strategi pemasaran terkini menggunakan keterampilan analitis mereka.
Mereka juga menggunakan keahlian mereka untuk menganalisis data konsumen dan data pesaing, melakukan analisis keuangan, dan mengikuti perkembangan tren pemasaran terkini.
Keterampilan teknis
Bidang pemasaran memerlukan beberapa keterampilan teknis dasar untuk membuat kampanye dan melacak kinerja upaya pemasaran. Kemahiran dalam menggunakan berbagai alat dan software pemasaran merupakan keterampilan sangat penting untuk industri ini.
Contohnya, menggunakan software manajemen proyek, analitis, komunikasi, CRM, dan presentasi dapat membantu marketing executive menjalankan tugas terkait pekerjaan secara efisien.
Baca juga: Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Memulai, dan Tipsnya
Kreativitas
Mengembangkan strategi pemasaran baru sambil menyempurnakan yang sudah ada memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi. Marketing executive sangat memerlukan kemampuan untuk memikirkan ide-ide baru dan inovatif.
Sebab, mereka harus selalu bisa menyesuaikan diri dengan selera masyarakat yang terus berubah dan mendorong pelanggan membeli layanan atau produk perusahaan.
Keterampilan komunikasi
Selama bekerja, marketing executive akan terus berkomunikasi dengan berbagai orang, termasuk anggota tim, kolega, manajer, dan pelanggan mereka.
Dari mengembangkan posting media sosial hingga membuat materi pemasaran, para eksekutif pemasaran menggunakan keterampilan komunikasi di hampir setiap langkah.
Menguasai komunikasi lisan dan tertulis serta memahami cara berkomunikasi yang tepat dengan berbagai orang dapat membantu mencapai tujuan organisasi.
Kemampuan interpersonal
Para marketing executive ini sering kali menjadi kepala tim yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran.
Dengan demikian, para eksekutif pemasaran harus mampu berinteraksi secara efektif dan bekerja sama dengan baik dengan orang lain untuk memastikan komunikasi yang baik.
Keterampilan interpersonal umum yang dibutuhkan oleh manajer pemasaran meliputi keterampilan mendengarkan, keterampilan menyelesaikan masalah, dan memberikan apresiasi terhadap anggota tim.
Keterampilan copywriting
Selama kampanye pemasaran, seorang marketing executive membuat salinan situs web, siaran pers, posting media sosial, dan iklan untuk iklan cetak, yang memerlukan keterampilan copywriting yang sangat baik.
Mereka juga kadang mengembangkan topik diskusi untuk wawancara TV guna menyebarkan kesadaran tentang produk atau layanan mereka.
Mengetahui dasar-dasar copywriting dan menulis secara ringkas untuk menarik pembaca merupakan keterampilan penting untuk menjadi seorang pemasar profesional yang sukses.
Keterampilan kerja sama tim
Marketing executive tidak dapat bekerja sendiri-sendiri karena mereka selalu berkomunikasi dengan berbagai departemen untuk mengembangkan dan membuat strategi pemasaran.
Mereka mungkin memerlukan masukan dari tim keuangan atau teknis untuk membuat kampanye berdasarkan anggaran dan persyaratan. Bekerja sebagai tim, berinteraksi dengan departemen lain, dan mendengarkan apa yang orang lain katakan sangat penting untuk memenuhi semua tugas khusus pekerjaan.
Baca Juga: Tugas Telesales, Skill yang Diperlukan, dan Tips Suksesnya
Contoh Deskrpisi Pekerjaan Marketing Executive
Ringkasan pekerjaan
Kami mencari seorang Marketing Executive berbakat untuk bekerja bersama kami dalam mengelola upaya marketing.
Anda akan menyelenggarakan campaign kreatif dan acara promosi yang dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan dan tetap sesuai dengan tren dan kebutuhan pelanggan.
Kandidat ideal kami adalah orang yang kreatif, memahami seni marketing, dan senang membangun ide-ide baru untuk mempromosikan produk, layanan, dan citra publik perusahaan.
Tujuannya adalah untuk menjangkau pasar dan menumbuhkan minat pelanggan terhadap produk dan layanan perusahaan dengan cara yang dapat memperkuat serta mendorong pertumbuhan berkelanjutan.
Tanggung jawab
- Menyusun dan mengembangkan strategi pemasaran yang efisien dan intuitif
- Mengatur dan mengawasi kampanye iklan/komunikasi (media sosial, TV, dll.), pameran, dan acara promosi
- Melakukan riset dan analisis pasar untuk mengevaluasi tren, kesadaran merek, dan persaingan
- Memulai dan mengontrol survei untuk menilai persyaratan dan dedikasi pelanggan
- Menulis copy untuk berbagai distribusi pemasaran (brosur, siaran pers, materi situs web, dll.)
- Menjaga hubungan dengan vendor dan penerbit media untuk memastikan kolaborasi dalam kegiatan promosi
- Memantau kemajuan kampanye menggunakan berbagai metrik dan mengirimkan laporan kinerja
- Berkolaborasi dengan manajer dalam menyiapkan anggaran dan memantau pengeluaran
Persyaratan dan keterampilan
- Pengalaman sebagai marketing executive atau peran serupa
- Pemahaman yang baik tentang teknik riset pasar, analisis data, dan metode statistik
- Pengetahuan tentang prinsip perencanaan strategis dan praktik terbaik pemasaran
- Mahir dalam MS Office dan software pemasaran (misalnya CRM)
- Akrab dengan media sosial dan analisis web
- Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang sangat baik
- Kemampuan organisasi dan manajemen waktu yang kuat
- Kreativitas dan kesadaran komersial
- Sarjana dalam pemasaran, administrasi bisnis, atau disiplin ilmu yang relevan
Baca Juga: Tugas Sales Promotor, Gaji, dan Jenjang Karirnya
Contoh Pertanyaan Wawancara Marketing Executive
Berikut ini kami cantumkan 30 pertanyaan wawancara yang terbagi menjadi pertanyaan umum, pertanyaan tentang latar belakang, dan tentang pengetahuan sebagai marketing executive yang lebih dalam.
10 pertanyaan umum
Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memahami kandidat secara lebih personal dan profesional. Anda akan memahami apakah kandidat bisa sukses berintegrasi dengan tim yang ada sekarang ini dan cara kerja mereka:
- Bisakah Anda mendeskripsikan diri Anda dalam satu kalimat?
- Apa yang biasa Anda lakukan untuk bersenang-senang saat waktu luang?
- Jenis lingkungan kerja seperti apa yang Anda lebih sukai?
- Bisakah Anda menyebutkan area yang ingin Anda kembangkan secara lebih profesional? Bagaimana rencana Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda?
- Apakah situasi paling menantang yang pernah Anda hadapi saat bekerja?
- Mengapa Anda mencari pekerjaan baru?
- Kenapa Anda menginginkan pekerjaan ini?
- Apa Anda punya ekspektasi gaji?
- Apa Anda lebih suka bekerja secara individu atau sebagai bagian dari tim?
- Apa Anda sebelumnya pernah bekerja dengan rekan yang terlalu menuntut?
10 pertanyaan tentang pengalaman dan latar belakang
Pertanyaan ini berguna untuk menentukan apakah kandidat punya kualifikasi untuk posisi yang Anda cari.
- Mengapa Anda memutuskan untuk bekerja di bidang pemasaran?
- Apakah ada kualifikasi yang baru saja Anda dapatkan belakangan ini?
- Apa saja yang Anda dapatkan dari pengalaman Anda sebelumnya dalam mempersiapkan Anda untuk peran ini?
- Dapatkah Anda memberi tahu kami tentang tren industri terkini?
- Apa pencapaian profesional terbesar Anda?
- Apa yang Anda senangi dari pekerjaan Anda sebelumnya?
- Bagaimana Anda meningkatkan keterampilan teknis Anda selama lima tahun terakhir?
- Bagaimana gaya manajemen Anda?
- Bagaimana cara Anda memotivasi tim?
- Bagaimana Anda berencana untuk mencapai tujuan karir?
10 pertanyaan mendalam tentang peran marketing executive
Pertanyaan ini akan membantu Anda mengetahui etika kerja kandidat, cara mereka mengatur tim, membagikan pekerjaan, atau menyelesaikan permasalahan yang biasa dihadapi dalam marketing.
- Jika kami meminta Anda untuk mengelola peluncuran produk, dapatkah Anda menjelaskan seperti apa rencana Anda?
- Dapatkah Anda memberi tahu kami tentang situasi sulit yang pernah Anda hadapi? Bagaimana Anda mengelolanya?
- Sistem manajemen konten apa yang Anda sukai?
- Indikator apa yang Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja kampanye media sosial?
- Apa yang dapat perusahaan ini lakukan untuk meningkatkan iklan daringnya?
- Bagaimana Anda memilih platform pemasaran yang ideal untuk audiens yang Anda tuju?
- Apakah Anda mengenal target pasar kami?
- Bagaimana Anda mengikuti perkembangan tren pasar terkini?
- Jika seorang pelanggan memberikan ulasan daring yang buruk tentang produk kami, bagaimana Anda akan menanggapinya?
- Dapatkah Anda menyebutkan dan menjelaskan tiga jenis pengoptimalan mesin telusur (SEO) yang berbeda?
Baca Juga: Sales Advisor: Tugas, Gaji, dan Skill yang Diperlukan
Kesimpulan
Marketing executive adalah seorang profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan strategi dan kampanye perusahaan. Mereka memiliki peran penting dalam mendorong brand awareness dari produk dan layanan perusahaan.
Mempekerjakan marketing executive bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengembangkan upaya pemasaran perusahaan. Tapi tentu saja, agar kinerja mereka lebih efektif, bantu mereka dengan software CRM seperti CRM.ID
CRM.ID adalah penyedia WhatsApp Business API dengan segudang fitur seperti otomatis menyimpan riwayat percakapan, penggunaan kustom templat, penggunaan chatbot, integrasi API, dan masih banyak lagi.
Semua fitur di atas bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau, dan jika marketing executive belum familiar dengan CRM sebelumnya, jangan khawatir. Sebab, tim hebat CRM.ID akan memberi dukungan, proses onboarding, training karyawan, hingga bantuan selama penggunaan.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jadwalkan demo CRM.ID sekarang juga!
- Payday Sale: Tips Maksimalkan Penjualan di Hari Gajian - 17 Januari 2025
- 25 Contoh Kata-Kata Promosi Lewat WhatsApp - 16 Januari 2025
- Net Promoter Score: Cara Menghitung dan Menggunakannya - 15 Januari 2025