11 Rekomendasi Marketing Tools untuk Bisnis dan Contohnya

marketing tools

Tahukah Anda dalam menjalankan bisnis ada berbagai hal yang harus dipahami, salah satunya adalah marketing tools.

Marketing tools ini merupakan alat yang dibutuhkan bisnis untuk memudahkan memasarkan produk atau layanan yang dimiliki bisnis Anda.

Dengan alat pemasaran ini, Anda bisa lebih mudah membuat konten marketing sekaligus melakukan analisis terkait strategi yang telah dibuat.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, ada berbagai alat pemasaran yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pemasaran pada bisnis Anda.

Pada artikel CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai marketing tools mulai dari mengapa penting hingga rekomendasi marketing tools untuk bisnis Anda.

Baca penjelasan lebih lengkapnya hanya di bawah ini:

Mengapa Marketing Tools Penting bagi Bisnis?

marketing tools

Dalam dunia bisnis, marketing tools menjadi bagian penting yang akan membantu bisnis mengembangkan produk sehingga bisa lebih dikenal target pasar dan mendorong penjualan.

Ada berbagai bagian yang ada di dalam alat pemasaran yakni terdiri dari teknik, strategi, sumber daya, hingga materi yang digunakan.

Setiap jenis alat pemasaran memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, di mana sebagian besar bertujuan untuk meningkatkan penjualan sedangkan bagian lainnya digunakan untuk mengumpulkan data pelanggan.

Dengan adanya alat pemasaran ini, bisnis bisa lebih mudah menetapkan strategi marketing yang nantinya akan menciptakan penjualan sehingga bisa bisa mendapatkan keuntungan.

Ada berbagai rekomendasi alat pemasaran yang bisa Anda gunakan dan Anda bisa menggunakan lebih dari satu alat pemasaran ini untuk memaksimalkan strategi pemasaran pada bisnis Anda.

crm banner 2

Baca Juga: Sales Marketing: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Apa Saja Rekomendasi Marketing Tools untuk Bisnis?

marketing tools

Berikut adalah beberapa rekomendasi alat pemasaran yang umum digunakan beserta contoh spesifiknya:

1. Untuk Kebutuhan Analisis Marketing

Rekomendasi pertama yakni untuk kebutuhan analisis marketing.

Pada jenis ini, studi data konsumen dan industri dilakukan untuk mendukung kampanye iklan perusahaan.

Pada bisnis modern, umumnya digunakan alat digital yang secara otomatis mengumpulkan dan mengkategorikan data ini, sehingga memungkinkan tim pemasaran untuk memantau tren baru secara real-time.

Dengan menggunakan alat analisis pemasaran, Anda dapat memperoleh informasi kunci tentang basis konsumen perusahaan, termasuk demografi dan preferensi mereka.

Di sini Anda juga dapat meninjau aktivitas bisnis pesaing.

Pendekatan ini memungkinkan Anda mengidentifikasi lebih banyak prospek dan mengoptimalkan strategi pemasaran untuk kampanye yang berbeda.

Berikut adalah tujuh contoh alat analisis pemasaran yang dapat dipertimbangkan:

  • Improvado
  • Oribi
  • MixPanel
  • Heap
  • Semrush
  • Kissmetrics
  • Formisimo

Baca Juga: KOL Management: Ini Fungsinya bagi Bisnis

2. Landing Page

Landing page adalah formulir situs web yang dioptimalkan yang dibuat perusahaan untuk kampanye pemasaran tertentu.

Pelanggan sering dapat mengakses halaman web ini melalui tautan eksternal di deskripsi video promosi atau email.

Banyak perusahaan modern membuat halaman arahan untuk membangun kesadaran merek, menghasilkan prospek, dan mengoptimalkan penjualan.

Dengan menggunakan alat pemasaran digital, Anda dapat membuat landing page menggunakan template dan desain grafis yang dioptimalkan untuk keterlibatan online.

Berikut adalah delapan contoh alat halaman arahan yang dapat dicoba:

  • OptiMonk
  • Unbounce
  • ClickFunnels
  • Carrd
  • ConvertKit
  • KickoffLabs
  • Swipe Pages
  • GetResponse

Baca Juga: 10 Contoh Digital Marketing dan Strategi Terbaiknya

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) melibatkan pengembangan konten situs web yang peringkatnya lebih tinggi di halaman hasil pencarian mesin pencari utama (SERP), yang dikurasi oleh algoritma.

Jika situs web perusahaan peringkat tinggi dalam algoritma mesin pencari, kemungkinan besar akan muncul di halaman pertama atau kedua hasil pencarian kata kunci yang relevan.

Banyak alat digital yang dapat membantu Anda meneliti kata kunci ini dan melacak perubahan di satu platform, yang dapat meningkatkan produktivitas kampanye secara keseluruhan.

Anda juga dapat menggunakan alat SEO untuk memeriksa peringkat situs web Anda saat ini di SERP’s, menguji opsi kata kunci baru, dan mengembangkan strategi optimasi Anda.

Pertimbangkan tujuh contoh alat SEO umum berikut:

  • Ahrefs
  • HubSpot
  • MozCast
  • Keyword Hero
  • Seolyzer
  • SplitSignal
  • Ryte

Baca Juga: Key Resources Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

4. Social Media Marketing

marketing tools

Social media marketing atau pemasaran media sosial melibatkan penggunaan profil perusahaan di situs media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, berinteraksi dengan pelanggan, dan mengiklankan produk atau layanan.

Alat pemasaran media sosial memungkinkan Anda mengoptimalkan tugas-tugas kunci, seperti membuat posting, membagikan tautan, meneliti tag, dan menanggapi komentar pelanggan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan alat media sosial untuk menjadwalkan satu iklan untuk diposting di beberapa platform secara bersamaan.

Program-program ini juga dapat membantu Anda menemukan audiens target perusahaan, menghasilkan laporan, dan melacak metrik keterlibatan.

Berikut adalah delapan contoh alat media sosial yang dapat Anda coba:

  • Hootsuite
  • BuzzSumo
  • SocialPilot
  • Brandwatch
  • Social Champ
  • Buffer
  • eclincher
  • Socialert

Baca Juga: Marketing Plan: Jenis, Cara Membuat, dan Contohnya

5. Influencer Marketing

Influencer marketing merujuk pada dukungan resmi produk atau layanan oleh selebriti online dengan banyak pengikut.

Individu-individu ini juga dapat mewakili komunitas atau bidang minat tertentu, seperti makeup atau video game

Alat pemasaran influencer dapat membantu Anda mengidentifikasi selebriti online yang basis pengikutnya sesuai dengan target audiens perusahaan.

Alat ini juga memungkinkan Anda untuk mempertahankan hubungan bisnis dengan individu-individu tersebut dan mengidentifikasi pengguna terkemuka di pasar Anda.

Pertimbangkan enam contoh alat pemasaran influencer berikut:

  • BuzzStream
  • Upfluence
  • NeoReach
  • Influencity
  • Mavrck
  • HYPR

Baca Juga: Key Opinion Leader: Pengertian dan Cara Memilihnya

6. Video Marketing

Pemasaran video umumnya merujuk pada iklan berbayar yang diputar sebelum video online yang dihosting oleh layanan streaming.

Perusahaan juga dapat memposting iklan video di situs web dan profil media sosial mereka.

Menggunakan alat khusus untuk pemasaran video dapat membantu Anda mengedit rekaman mentah dan mengoptimalkan konten untuk browser desktop dan seluler, yang dapat meningkatkan jumlah penonton.

Alat ini juga dapat membantu Anda menetapkan jadwal posting dan mengidentifikasi kata kunci relevan untuk ditandai di platform streaming yang berbeda.

Berikut adalah delapan contoh umum alat pemasaran video yang dapat Anda coba:

  • Vidgeos
  • Vimeo
  • TubeBuddy
  • Hippo Video
  • Wistia
  • Biteable
  • Animaker

Baca Juga: Search Engine Marketing: Cara Kerja dan Bedanya dengan SEO

7. Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM) merujuk pada teknik atau program yang membantu Anda membangun hubungan positif antara bisnis dan basis pelanggannya.

Menggunakan alat CRM selama kampanye pemasaran memungkinkan Anda untuk meninjau data pelanggan kunci, termasuk informasi pribadi dan riwayat pembelian mereka.

Banyak alat CRM memungkinkan Anda menganalisis tren pembelian mereka dan mengelompokkan mereka ke dalam kelompok konsumen yang berbeda.

Akibatnya, Anda dapat lebih baik mengidentifikasi strategi iklan mana yang dapat membantu perusahaan menarik basis pelanggannya.

Alat CRM juga dapat membantu Anda mengelola hadiah untuk program loyalitas pelanggan dan melacak interaksi.

Pertimbangkan lima alat CRM umum berikut untuk pemasaran:

  • CRM.ID
  • Zendesk
  • Freshsales
  • Nutshell
  • SugarCRM
  • Sugar CRM

Baca Juga: 7 Software CRM Perusahaan Dagang dan Tantangannya

8. Brand Reputation Management

alat pemasaran

Penting bagi perusahaan untuk membangun dan mempertahankan reputasi mereknya.

Brand reputation management melibatkan pemantauan diskusi tentang perusahaan agar Anda dapat memahami sudut pandang konsumen terhadap produk atau layanan.

Program khusus ini memungkinkan Anda mencari kata kunci relevan dalam basis data, sehingga mempermudah proses secara keseluruhan.

Dengan menggunakan brand reputation management, Anda dapat mengetahui kampanye pemasaran mana yang mendapatkan ulasan positif.

Upaya ini membantu meningkatkan strategi merek dan melindungi bisnis dari risiko hubungan masyarakat yang tidak terduga.

Berikut enam alat manajemen reputasi merek yang dapat dicoba:

  • Brand24
  • Reputology
  • Brandwatch
  • Digimind
  • YouScan
  • SentiOne

Baca Juga: Apa itu Marketing Inbound? 10 Strategi dan Cara Mengukurnya

9. Event Marketing

Event marketing melibatkan peningkatan kesadaran melalui acara promosi online dan offline.

Contoh umum acara promosi meliputi konferensi, seminar, presentasi pembicara, lokakarya, pameran dagang, acara penghargaan, dan toko pop-up.

Alat khusus ini memungkinkan Anda merencanakan setiap langkah acara dengan sukses dan mengorganisir upaya kerja ini.

Mereka dapat membantu Anda mengembangkan formulir pendaftaran, memposting iklan di platform berbeda, dan melacak kehadiran.

Dengan menggunakan alat manajemen acara, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek perusahaan dan mempelajari informasi baru tentang pelanggan targetnya.

Pertimbangkan delapan contoh alat manajemen pemasaran acara berikut:

  • Bizzabo
  • Webex Events
  • Cvent
  • Attendease
  • Asana
  • Judgify
  • BrightTALK
  • Social Tables

Baca Juga: Lead Generation: Pengertian, Cara Kerja, dan Tren Terkini

10. Email Marketing

Email marketing melibatkan promosi produk atau layanan perusahaan dengan mengirimkan iklan melalui email kepada pelanggan target, termasuk anggota yang berlangganan.

Alat khusus ini dapat membantu Anda mengorganisir kampanye email marketing perusahaan, mengembangkan pesan baru, dan memelihara daftar alamat email.

Alat ini juga memungkinkan Anda menjadwalkan email sesuai dengan timeline kampanye dan melacak tanggapan dari pelanggan yang membalas pesan.

Dengan menggunakan alat email marketing, Anda dapat mengoptimalkan proses email marketing dan berkomunikasi lebih efektif dengan basis konsumen.

Pertimbangkan tujuh contoh alat pemasaran email berikut:

  • Mailchimp
  • Sender
  • Benchmark Email
  • Saleshandy
  • Sendinblue
  • Respona
  • Omnisend

Baca juga: Brand Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

11. Desain Grafis

Desain grafis pemasaran melibatkan penambahan elemen visual pada konten promosi.

Contoh umum termasuk infografis, meme, ilustrasi, dan banner media sosial.

Desain grafis pemasaran juga dapat menggambarkan tata letak halaman web dan elemen lain, seperti jenis font dan skema warna.

Perangkat lunak khusus dapat membantu Anda mengembangkan konten yang estetis dan menarik bagi audiens target Anda.

Anda juga dapat menggunakan program ini untuk menyimpan desain untuk proyek-proyek berbeda dan membagikannya dengan rekan kerja atau atasan Anda.

Berikut adalah delapan contoh umum alat desain grafis pemasaran yang dapat Anda gunakan:

  • Canva
  • Design Pickle
  • Adobe Spark
  • Venngage
  • Blender
  • DesignWizard
  • Adobe Color CC
  • GIMP

Baca Juga: Marketing Adalah: Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai marketing tools yang bisa menjadi referensi Anda.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa marketing tools menjadi bagian penting yang akan mendukung strategi pemasaran dari bisnis Anda.

Di era kemajuan digital saat ini, ada berbagai alat pemasaran yang bisa Anda pilih untuk memudahkan Anda dalam memasarkan produk Anda.

Salah satu marketing tools yang tidak boleh Anda lewatkan adalah aplikasi CRM atau Customer Relationship Management.

Ketika bisnis Anda menggunakan aplikasi CRM, maka bisnis Anda bisa memberikan layanan pelanggan secara maksimal.

CRM.ID menjadi rekomendasi aplikasi CRM terbaik yang akan memudahkan Anda dalam mengelola layanan pelanggan.

Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.

Desi Murniati

Tinggalkan Komentar

eight − three =