Pengertian Competitor Analysis, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Seberapa baik Anda mengenal kompetitor Anda? Apakah mereka sedang mengerjakan proyek baru? Apakah Anda mengetahui strategi yang mereka gunakan untuk meraih kesuksesan? Jika tidak, mungkin Anda harus mengetahuinya dengan melakukan competitor analysis. Melakukan analisis pesaing sangat penting untuk tidak hanya…

Read More

Complaint Management: Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukannya

Dalam pengelolaan usaha, complaint management atau manajemen komplain/keluhan adalah salah satu hal terpenting. Menurut statistik, 63% pelanggan yang mengalami kendala buruk atau pengalaman yang tidak menyenangkan ketika menggunakan layanan atau produk suatu perusahaan akan segera meninggalkan perusahaan itu. Sementara itu,…

Read More

Optimasi Layanan Pelanggan: Ini 7 Cara Melakukannya

Optimasi layanan pelanggan sangat penting dilakukan sebuah bisnis. Optimasi ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Siapa sih pelanggan yang tidak ingin mendapatkan pelayanan terbaik? Ketika pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik, maka mereka akan bertahan menggunakan produk atau layanan dari…

Read More

10 Aplikasi Ticketing System, Fitur Penting, dan Tips Memilihnya

Salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis adalah dengan memberikan dukungan pelanggan yang efisien dan responsif. Namun, mengelola berbagai permintaan dan masalah yang masuk dari berbagai saluran bisa menjadi tantangan besar. Inilah yang membuat pentingnya aplikasi ticketing system. Melalui aplikasi ini,…

Read More

Customer Relationship: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

Menjaga hubungan baik merupakan bagian penting yang harus dilakukan sebuah bisnis. Customer relationship atau hubungan pelanggan ini akan membuat hubungan antara bisnis dengan pelanggan tidak hanya sekadar transaksi. Perusahaan atau bisnis perlu melakukan customer relationship dengan baik untuk membuat pelanggan…

Read More

5 Cara dan 7 Tips Mengatasi Keluhan Pelanggan dengan Baik

Mengatasi keluhan pelanggan merupakan hal yang harus dilakukan bisnis ketika mendapatkan ulasan yang buruk. Ketika pelanggan telah menggunakan atau membeli produk atau layanan, mereka akan memberikan ulasan terkait produk atau layanan tersebut. Sebuah bisnis bisa mendapatkan keluhan ketika produk atau…

Read More

Pengertian Omnichannel, Manfaat, Jenis, dan Starteginya

Selain fleksibel, di era modern seperti sekarang ini, pelanggan juga menginginkan pengaman berbelanja yang lancar dan efisien. Inilah yang membuat Anda perlu memahami pengertian omnichannel, agar dapat menciptakan sebuah strategi yang memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis melalui berbagai channel…

Read More