Customer Relationship: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

Menjaga hubungan baik merupakan bagian penting yang harus dilakukan sebuah bisnis. Customer relationship atau hubungan pelanggan ini akan membuat hubungan antara bisnis dengan pelanggan tidak hanya sekadar transaksi. Perusahaan atau bisnis perlu melakukan customer relationship dengan baik untuk membuat pelanggan…

Read More

5 Cara dan 7 Tips Mengatasi Keluhan Pelanggan dengan Baik

Mengatasi keluhan pelanggan merupakan hal yang harus dilakukan bisnis ketika mendapatkan ulasan yang buruk. Ketika pelanggan telah menggunakan atau membeli produk atau layanan, mereka akan memberikan ulasan terkait produk atau layanan tersebut. Sebuah bisnis bisa mendapatkan keluhan ketika produk atau…

Read More

Pengertian Omnichannel, Manfaat, Jenis, dan Starteginya

Selain fleksibel, di era modern seperti sekarang ini, pelanggan juga menginginkan pengaman berbelanja yang lancar dan efisien. Inilah yang membuat Anda perlu memahami pengertian omnichannel, agar dapat menciptakan sebuah strategi yang memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis melalui berbagai channel…

Read More

Survey Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

Survey kepuasan pelanggan menjadi alat yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk. Pada survey yang dilakukan, perusahaan akan meminta pendapat dari pelanggan yang telah menggunakan produk mereka untuk menilai. Dari penilaian inilah nantinya perusahaan bisa melakukan evaluasi terhadap produk yang…

Read More

Customer Satisfaction: Faktor, Cara Mengukur dan Tips Meningkatkannya

Dalam bisnis, customer satisfaction atau kepuasan pelanggan adalah hal yang tidak boleh diremehkan. Statistik menunjukkan bahwa 92% pelanggan lebih cenderung melakukan pembelian ulang setelah pengalaman yang posistif, sementara lebih dari setengahnya akan beralih ke pesaing setelah mengalami satu pengalaman yang…

Read More