Untuk Anda sebagai business owner pasti pernah menggunakan WhatsApp bukan? Apa saja yang sudah pernah Anda lakukan dengan WhatsApp Business?
WhatsApp Business dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis, memiliki banyak fitur yang mempermudah komunikasi produk ke pelanggan dan menangani masalahnya.
Dengan menggunakan WhatsApp Business API memudahkan integrasi dengan aplikasi lainnya, sehingga Anda bisa melakukan banyak hal.
Misalnya dengan memaksimalkan pesan marketing bisa meningkatkan penjualan, membangun hubungan pelanggan, efisiensi biaya, dan memperkuat brand positioning.
Jadi, apa saja yang bisa Anda lakukan menggunakan pesan marketing WA Business? bagaimana cara mengoptimalkannya? Apa saja tips terbaik agar pesan Anda tidak dianggap spam?
Temukan jawabannya pada artikel CRM.ID dibawah ini!
Pesan Marketing WhatsApp (WA) Business

Pesan marketing WhatsApp Business adalah jenis pesan yang dikirimkan oleh pemilik bisnis atau divisi lainnya (customer service, support, marketer, sales, atau business development executive) kepada pelanggan.
Tujuannya antara lain untuk kebutuhan marketing, promosi, menginformasikan, atau follow up.
Berbeda dengan pesan biasa, pesan marketing ini dirancang khusus agar lebih menarik, persuasif, dan terukur dalam menarik lebih banyak closingan.
Perbedaan Pesan Marketing dan Pesan Biasa
Pesan biasa yang dikirim melalui WhatsApp lebih ke arah menginformasikan atau sebagai percakapan biasa, tidak memiliki tujuan marketing.
Sementara pesan marketing WhatsApp Business biasanya memiliki struktur yang lebih terorganisir, seperti ada headline, pesan pembuka (menyentuh permasalahan target audience, isi pesan yang menawarkan solusi, dan ada call to action (CTA).
Pesan marketing juga menggunakan fitur-fitur tambahan seperti gambar, video, katalog produk, dan template sebagai pendukung menyebarkan pesan.
Peran WhatsApp Business App dan WhatsApp Business API
Aplikasi WhatsApp Business cocok untuk UMKM dan bisnis kecil lainnya yang ingin meningkatkan pelayanan pelanggan secara manual dengan fitur-fitur dasar.
Seperti pembuatan katalog, produk, pengisian informasi profil bisnis, penggunaan quick reply, greeting message (pesan sambutan), dan broadcast message, dan lain-lain.
Sementara WhatsApp Business API atau disebut juga WhatsApp Business Platform menawarkan penggunaan fitur yang lebih advance dan bisa dikustomisasi dengan aplikasi lain.
Misalnya bisa digunakan untuk keperluan:
- Otomasi pesan
- Broadcast ke pelanggan dalam jumlah besar tanpa takut dianggap spam
- Mengirim template message resmi sesuai kebijakan WhatsApp
- Terintegrasi dengan CRM dan sistem lainnya
- Ada chatbot yang bisa customize.
- Menganalisis data lanjutan seperti kontak baru, pesan terkirim, dan performa lain
Pemilihan platform bergantung pada kebutuhan bisnis, seperti fleksibilitas, skalabilitas, batasan-batasan, budget, dan kebijakan bisnis Anda.
Misalnya untuk skala bisnis yang masih berkembang dan bisa meng-handle pelayanan pelanggan maka cukup menggunakan WhatsApp Business.
Sementara penggunaan WhatsApp Business API untuk bisnis yang sudah memiliki pesan masuk sampai ratusan atau ribuan per hari dan tidak terhandle.
Jika Anda punya keahlian teknis seperti pemrograman, bisa mengintegrasikan WhatsApp Business API dengan sistem Anda.
Jika tidak, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan layanan WhatsApp CRM.
Karena tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan integrasi, hanya berfokus pada pelayanan pelanggan dan penggunaan aplikasi secara praktis.
Misalnya menggunakan CRM.ID yang menawarkan kemudahan ini.

Penggunaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Business API sebagai channel penjualan dan komunikasi pelanggan, keduanya bisa memaksimalkan pesan marketing WA Business. Anda bisa melakukan banyak hal dengan keduanya.
Kategori Pesan Marketing WhatsApp Business yang Biasa Dipakai Bisnis
Ada beberapa kategori pesan marketing WA Business, seperti:
- Promo, voucher penawaran, dan diskon
- Edukasi dan menginformasikan ke pelanggan
- Reminder janji atau acara (meeting)
- Follow up leads atau pembeli
- Pengenalan produk baru dan/atau fitur-fitur baru
- Konfirmasi status pemesanan
- Dll
Baca Juga: Business Marketing: Sama atau Berbeda dengan Marketing?
Manfaat Pesan Marketing WhatsApp Business

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan pesan marketing WA Business:
1. Membangun Hubungan dan Kepercayaan Baik dengan Pelanggan
Pesan marketing WA memberikan penawaran terbaik dan relevan untuk membangun kepercayaan (trust) dengan calon customer atau pun customer.
Misalnya profil WA business Anda sangat lengkap dan jelas, ada detail jam operasional, link website dan sosial media, terdapat katalog produk, saat mereka menghubungi Anda direspon dengan cepat.
2. Mendatangkan Leads Berkualitas
Pesan marketing WA yang tepat sasaran meyakinkan/menarik pengunjung untuk mencoba produk Anda.
Pengiriman pesan marketing bisa dengan cara follow up dan meningkatkan probabilitas menjadi pelanggan.
3. Meningkatkan Conversion atau Penjualan
Dari leads berkualitas bisa merubah menjadi pelanggan. Strategi delivery pesan yang tepat sasaran memantik mereka untuk segera melakukan pembelian.
CTA bagus, kombinasi dengan penawaran menarik, membuat pesan marketing WA Business Anda membawa peluang conversion rate.
4. Memiliki Jangkauan Luas
Penggunaan WhatsApp di Indonesia itu mencapai kurang lebih 122 juta pengguna. Sebagian besar orang-orang menghabiskan waktu di WhatsApp untuk kebutuhan komunikasi dan jualan.
Sehingga membuat pesan marketing melalui WA Business bisa menjangkau lebih banyak pengguna.
5. Segmentasi dan Personalisasi Pesan Lebih Tepat Sasaran
Data-data kontak WhatsApp memudahkan Anda mengirim pesan yang sesuai minat mereka, menargetkan berdasarkan riwayat pembelian, dan segmentasi pelanggan lainnya.
6. Menciptakan Pelanggan Loyal
Menyampaikan pesan marketing WA business yang disertai dengan konten-konten edukasi dan penawaran yang lebih relevan, membuat pelanggan yang sudah pernah bertransaksi melakukan repeat order.
Repeat order menciptakan pelanggan yang lebih loyal (setia) dan mereka akan sukarela menyebarkan pesan marketing Anda melalui word of mouth atau rekomendasi ke kerabat.
Baca Juga: Loyalitas Konsumen: Pengertian dan 7 Cara Meningkatkannya
Fitur Pesan Marketing WhatsApp Business yang Perlu Dimaksimalkan

WhatsApp Business memfasilitasi fitur-fitur untuk pengiriman pesan marketing lebih tepat sasaran. Fitur-fitur tersebut:
1. Broadcast Message
Fitur ini memungkinkan pemilik bisnis mengirim satu pesan ke banyak kontak sekaligus. Sangat cocok digunakan untuk:
- Promo-promo di waktu-waktu khusus
- Informasi produk baru dan feature update
- Update penting lainnya
- Dan broadcast lainnya yang berhubungan dengan aktivitas marketing
Orang yang menerima pesan broadcast itu setidaknya kontak yang sudah Anda simpan atau untuk memaksimalkan pengiriman dan menghindari sebagai spam.
2. Quick Reply (Balasan Cepat)
Fitur ini untuk meningkatkan efisiensi. Anda bisa membuat template balasan untuk pertanyaan yang sering muncul, seperti:
- Harga dan list produk
- Jam operasional
- Cara pemesanan
- Cara pembayaran
- Dan lainnya
Template quick reply bisa dengan bantuan bot, untuk mempercepat respon Anda walaupun menerima traffic pesanan tinggi.
3. Greeting Message dan Away Message
Fitur ini untuk menyapa pelanggan baru yang pertama kali menghubungi bisnis Anda. Sapaan bisa dengan perkenalan dan penawaran awal.
Ketika sedang di luar jam operasional kerja atau admin tidak bisa membalas cepat, pesan ini bisa memberitahu pengunjung dan pelanggan kapan mereka bisa mendapatkan respon dari admin.
4. Katalog Produk
Fitur katalog produk bisa membantu bisnis Anda memajang produk menggunakan foto, harga, dan deskripsinya.
Hal ini berguna agar pesan marketing WA Business karena pelanggan bisa melihat produk tanpa perlu menggunakan chat, jika diperlukan lebih detail baru akan menghubungi Anda.
5. Label dan Tag untuk Segmentasi Pelanggan
Segmentasi pelanggan membantu Anda mengirim pesan broadcast marketing yang lebih relevan dengan selera dan karakteristik personanya. Pemberian label dan tag bisa berdasarkan:
- Prospek baru (leads)
- Pelanggan loyal (loyal customer)
- Pelanggan yang tertarik tapi belum ingin membeli
- Pelanggan wholesaler (pelanggan yang membeli produk Anda kemudian untuk dijual kembali di toko mereka dengan harga lebih tinggi)
- Pelanggan yang non aktif (dormant customer)
- Dll
6. Template Message
Untuk bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API, Anda bisa mengirim pesan dengan template resmi sesuai kebijakan WhatsApp. Format template berguna untuk penggunaan:
- Reminder
- Follow up calon pelanggan (leads)
- Promosi terjadwal, dan lain-lain
7. Otomasi Pesan Menggunakan Bot
Dengan bot, Anda bisa mengotomasikan pesan, membuat operasional seolah seperti bekerja 24 jam.
Juga memudahkan pengiriman pesan secara terjadwal, follow up lebih rapi, hingga pengaturan campaign yang terorganisir.
Baca Juga: WhatsApp Chatbot: Manfaat, Fitur, dan Cara Mendapatkannya
Jenis-jenis Pesan Marketing WhatApp Business

Beberapa kategori pesan marketing yang paling sering digunakan oleh beberapa jenis bisnis:
1. Pesan Promosi dan Voucher Khusus
Jenis pesan marketing ini berfokus untuk melakukan pembelian. Bentuknya dalam bentuk flash sale, promo bulanan atau musiman, grand opening, produk baru dan fitur baru.
2. Pesan Edukasi Tapi Lebih Soft Selling
Memberikan edukasi tentang produk, fitur-fiturnya, pertanyaan yang sering ditanyakan, dan isu-isu atau tren di bidang bisnis Anda.
Hal yang semacam ini berguna menciptakan added value bagi calon pelanggan dan membuatnya makin percaya pada produk dan layanan bisnis Anda.
Contohnya tips penggunaan produk, tutorial, info perawatan (issues), data tren atau statistik terbaru terkait bisnis Anda.
3. Pengingat atau Reminder
Reminder membantu dalam hal peningkatan transaksi. Karena saat ada agenda atau demo produk, target audience bisa saja lupa atau tidak aware.
Untuk itu Anda perlu melakukan reminder supaya mereka tidak melupakan agenda yang telah disepakati.
Misalnya pengingat agenda meeting, pengingat pembayaran, pengingat produk yang belum di-checkout (masih di keranjang belanja), atau ketika ada event.
Waktu pengiriman reminder bisa 1-2 hari sampai 30 menit sebelum waktunya.
4. Pesan Follow Up Pelanggan
Follow up bisa meningkatkan peluang closingan. Karena tidak semua target audience itu aware ketika menerima pesan pertama kali. Jadi harus ada tindak lanjut.
Ada beberapa contoh ke follow up pelanggan, seperti:
- Follow up setelah pelanggan menanyakan harga lebih detail
- Follow up setelah melakukan uji coba produk Anda
- Follow up setelah pembelian pertama untuk meningkatkan repeat order
5. Pesan Rekomendasi Produk
Pesan marketing seperti rekomendasi produk itu meningkatkan upselling dan cross selling, seperti rekomendasi produk sejenis, produk pelengkap dari produk utama, bundling produk, hingga upgrade product.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi CRM untuk Bisnis Indonesia 2025
Strategi dan Cara Mengoptimalkan Pesan Marketing WA Business

Untuk mengoptimalkan pesan marketing,tidak hanya mengirim pesan saja. Ada beberapa strategi agar pesan tersebut lebih maksimal, misalnya:
1. Strategi Pengoptimalan Pesan WhatsApp MarketingPenentuan Segmentasi Pelanggan Lebih Tepat
Pengiriman satu pesan tidak bisa dikirimkan pada semua pelanggan. Harus ada pengelompokan berdasarkan segmentasinya, seperti loyal customer, pelanggan baru, calon pelanggan (leads), dan segmen lainnya.
Tujuannya jelas untuk meningkatkan relevansi pesan ke berbagai karakteristik pelanggan dan meningkatkan peluang konversi.
2. Menggunakan Pesan yang Spesifik (Terpersonalisasi)
Penggunaan pesan seperti nama pelanggan, penyesuaian pesan dengan minat mereka, Pengiriman berdasarkan riwayat pembelian sehingga bisa meningkatkan engagement dengan audience.
3. Menentukan Timing Pengiriman
Pemilihan timing pengiriman adalah salah satu strategi yang bisa menentukan keberhasilan pesan marketing WA Business.
Waktu yang sebaiknya dihindari adalah ketika jam-jam sibuk dan saat jam istirahat. Terus kapan waktu terbaiknya? Ada beberapa waktu terbaik biasanya pagi, siang, sore, atau malam hari.
4. Penggunaan Ajakan Call to Action Kuat
Call to action (CTA) harus punya ajakan yang kuat agar audience tertarik untuk mencobanya, contoh:
- Klik disini untuk demo
- Dapatkan voucher Anda dengan memasukkan kode berikut
- Cek katalog kami
5. Menceritakan Kisah Inspiratif
Penceritaan (storytelling) itu memiliki kesan kuat menyampaikan pesan marketing lebih tepat sasaran.
Contohnya seperti:
“Banyak pelanggan kami yang dulunya mengalami masalah penggunaan aplikasi CRM dengan fitur overkill dan tampilan ribet. Setelah berpindah ke aplikasi CRM.ID masalah terselesaikan, karena fiturnya sesuai kebutuhan, tampilannya bersih dan minimalis”
Baca Juga: Personal Selling: Pengertian, Jenis, dan Strateginya
Best Practice Pesan Marketing WA Business Agar Tidak Dianggap Spam

Cara-cara terbaik ini bisa Anda terapkan supaya pesan marketing WA Business agar tidak dianggap spam.
- Perlu membatasi frekuensi pengiriman dan tidak mengirim lebih dari 2 atau 3 kali seminggu, kecuali jika ada event penting (Harbolnas, Ramadhan, dan sebagainya). Karena jika tidak bisa dianggap spam.
- Menyebarkan values (manfaat) bukan hanya jualan
- Tidak memaksa pelanggan yang tidak mau menerima pesan dan menghargai privasi mereka. Jika Anda ingin mengirimkan pesan secara beruntun harus ada persetujuannya.
- Menciptakan brand Anda terkenal dan terpercaya di benak target audience.
- Mengikuti kebijakan Meta Business agar terhindar dari kontak terblokir.
Baca Juga: Cara Mengatasi Spam WA dan Tips Mengenalinya
Kesimpulan
Sekian penjelasan terkait apa saja yang bisa Anda lakukan jika menggunakan pesan marketing WA Business, dan beberapa penjelasan lainnya seperti manfaat, fitur-fitur, jenis, strategi, dan best practicenya.
Pesan marketing WA Business adalah satu dari sekian strategi marketing yang bermanfaat di zaman sekarang.
Dengan open rate mendekati 100% (>90%) dan fitur-fiturnya memudahkan operasional bisnis, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari promosi, edukasi pelanggan, follow up, hingga meningkatkan loyalitas pelanggan.
Dengan memahami fitur-fiturnya, strategi, hingga best practice-nya, Anda bisa memaksimalkan potensi pesan marketing untuk meningkatkan hubungan pelanggan, brand positioning, dan growth business Anda.
Jika Ingin mencapai semua benefitnya, Anda bisa menggunakan aplikasi CRM.ID.
Aplikasi WhatsApp CRM.ID adalah WhatsApp Business API integrator dengan fitur-fitur yang mendukung pesan marketing.
Fitur-fitur tersebut seperti broadcast message menggunakan template, pengelolaan data pelanggan lebih rapi, transfer dan multi agent, serta bisa melakukan follow up.
Fitur lainnya adalah pengelolaan kontak, pemberian label pesan dengan pengiriman per pesan hanya Rp 40, dan itu sangat murah.
Jadi yuk coba menghubungi tim kami dan bisa menjadwalkan demo produk di kontak berikut ini.
- Lakukan Banyak Hal dengan Pesan Marketing WhatsApp Business - 8 Desember 2025
- Fitur Pesan Marketing WhatsApp Business, Ini Kata Meta! - 8 Desember 2025
- Contoh WhatsApp Marketing Software untuk Bisnis Makanan - 8 Desember 2025