Sales counter menjadi bagian penting di dalam sebuah bisnis.
Anda mungkin pernah datang ke toko atau tempat perbelanjaan dan bertemu dengan seseorang yang ramah dan siap membantu kebutuhan Anda.
Nah, mereka itulah sales counter yakni seseorang yang bertugas menjadi penghubung antara pelanggan dengan perusahaan.
Sebagai pemilik bisnis tentunya Anda harus memahami pentingnya keberadaan sales counter ini dan peran yang dimilikinya.
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai sales counter mulai dari tugas, keterampilan, hingga peran yang dimilikinya.
Anda dapat membaca penjelasan lengkapnya hanya pada penjelasan di bawah ini:
Mengapa Sales Counter Penting Dimiliki oleh Bisnis?

Sales counter merupakan karyawan dari sebuah perusahaan yang bertugas melayani pelanggan secara langsung di bagian penjualan atau kasir.
Biasa dibilang sales counter ini bagian ujung tombak perusahaan yang sangat berpengaruh pada penjualan yang ada.
Lalu mengapa sales counter ini penting untuk dimiliki oleh bisnis?
Ini karena peran mereka ini tidak main-main karena mereka akan menjadi titik interaksi utama yang terjadi antara pelanggan dengan perusahaan, termasuk mengelola transaksi, memberikan informasi produk, hingga dalam penanganan kebutuhan dan permasalahan pelanggan.
Bagi beberapa jenis bisnis seperti toko ritel hingga bisnis yang bergerak di bidang layanan pelanggan, mereka adalah wajah dari bisnis tersebut.
Tugas mereka adalah memastikan bahwa setiap transaksi yang ada dapat berjalan secara lancar dan pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang baik dan juga kepuasan.
Tidak heran jika hal utama yang wajib dimiliki oleh setiap sales counter adalah kemampuan dalam bersikap ramah dan rendah hati agar bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan.
Dengan cara ini pelanggan tidak akan sungkan untuk datang kembali atau menggunakan produk Anda kembali.

Baca Juga: Software CRM Sales: Keuntungan, Fitur, dan Rekomendasinya
Apa Saja Tugas dari Sales Counter?

Berikut beberapa tugas yang dimiliki oleh sales counter:
1. Untuk Menyambut dan Melayani Pelanggan
Tugas pertama dari seorang sales counter adalah menyambut dan melayani pelanggan dengan ramah.
Ramah ini menjadi hal yang harus dimiliki dan ketika ada pelanggan yang datang, ia harus bisa menyapa dengan senyum dan menanyakan kebutuhan dari pelanggan.
Dengan cara ini, sales dapat memastikan pelanggan merasa nyaman dan diperhatikan oleh pihak toko sehingga pengalaman belanja mereka menjadi menyenangkan dan bisa meningkatkan peluang pembelian.
2. Membantu Proses Transaksi
Tugas kedua adalah membantu proses transaksi.
Seorang sales harus bisa membantu proses transaksi yang ada di toko secara akurat, baik itu untuk pembayaran secara tunai, dengan kartu kredit, ataupun cara pembayaran lainnya.
Sales juga harus memastikan proses transaksi ini dilakukan secara akurat dan tidak terjadi kesalahan di dalamnya pencatatan pembayaran tersebut.
Baca Juga: Sales Force Adalah: Pengertian, Peran , dan Tugasnya
3. Menjelaskan Informasi Produk
Seorang sales juga memiliki tugas menjelaskan informasi yang dimikili oleh sebuah produk, baik itu terkait fitur yang dimiliki, manfaatnya, hingga harga produk kepada pihak pelanggan.
Ini termasuk membantu pelanggan dalam membuat keputusan pembelian.
Ketika seorang sales memiliki pengetahuan produk yang baik, mereka bisa merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Baca Juga: Sales Marketing: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan
4. Membantu Menangani Keluhan dan Permasalahan Pelanggan
Sales juga bertugas membantu keluhan dan permasalahan yang dialami oleh pelanggan.
Mereka adalah garda terdepan di mana pelanggan dapat mengajukan keluhan, baik yang berkaitan dengan kualitas produk atau layanan yang diberikan.
Tugas mereka adalah mampu menyelesaikan masalah dengan cara profesional dan memuaskan.
Baca Juga: Mengenal Sales Management, Jenis, dan Teknik Terbaiknya
5. Membantu Pengelolaan Stok Barang
Pengelolaan stok barang juga menjadi tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh sales counter.
Mereka akan memastikan bahwa produk yang dijual tersedia dan memiliki kondisi yang baik, juga melakukan penataan barang agar terlihat rapi dan mudah untuk dijangkau oleh pelanggan.
Tentunya tugas ini bukan tugas yang mudah dan dibutuhkan keterampilan khusus yang akan mendukung sales dalam menjalankan pekerjaan mereka.
Nah, apa saja keterampilan yang dibutuhkan oleh sales ini?
Kami akan menjelaskannya secara lengkap di bawah ini:
Baca Juga: Sales Pipeline: Pengertian, Tahapan, dan Cara Membuatnya
Apa Saja Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Sales Counter?

Untuk menjadi seorang sales counter, ada beberapa keterampilan yang harus Anda miliki, apa saja?
1. Komunikasi yang Baik
Keterampilan pertama yang penting untuk dimiliki seorang sales adalah komunikasi yang baik.
Bagaimana cara sales akan menyapa, melayani, dan membantu pelanggan akan ditentukan oleh cara sales tersebut berkomunikasi.
Mereka harus bisa berbicara dengan jelas dan juga bisa mendengarkan pelanggan dengan sebaik mungkin.
Seorang sales harus mampu berkomunikasi secara efektif guna membantu dalam memberikan informasi secara efektif sehingga permasalahan yang dialami oleh pelanggan dapat teratasi dengan cara yang memuaskan.
2. Layanan Pelanggan
Keterampilan kedua yang penting untuk dimiliki oleh seorang sales adalah kemampuan dalam memberikan layanan pelanggan.
Kemampuan ini melibatkan kemampuan dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam mengatasi keluhan pelanggan dengan baik, apapun platform yang digunakan.
Dengan kemampuan ini, sales dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan dapat menjalin hubungan secara positif dengan pelanggan.
Baca Juga: 8 Strategi Layanan After Sales Terbaik untuk Pelanggan
3. Time Management
Keterampilan manajemen waktu juga menjadi hal yang penting untuk dimiliki, khususnya ketika sales counter harus melayani banyak pelanggan di waktu bersamaan tanpa mengurangi kualitas layanan yang diberikan.
Di sini mereka harus mampu membagi prioritas tugas dan menyelesaikan transaksi dengan cepat dan juga efisien.
4. Pengetahuan Terkait Produk
Kemampuan selanjutnya yang harus dimiliki sales ini adalah terkait pengetahuan dan informasi produk.
Sales harus memiliki pengetahuan dan informasi terkait produk secara mendalam dan akurat untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhan atau pertanyaan yang dimiliki.
Baca Juga: Pre Sales Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Efektifnya
5. Melek Teknologi
Kemampuan terakhir yang tidak boleh dilupakan oleh seorang sales counter adalah melek teknologi.
Seorang sales harus memiliki kemampuan teknologi yang akan mendukung pekerjaan mereka, misalnya sistem kasir dan perangkat pemindai.
Dengan keterampilan ini, sales dapat membantu proses transaksi secara lancar dan mereka juga bisa mengelola data pelanggan dengan lebih efisien.
Mereka juga bisa menjalankan tugas secara efisien ketika memiliki keterampilan ini.
Baca Juga: Sales Associate: Gaji, Pekerjaan, dan Skill yang Dibutuhkan
Apa Saja Peran Sales Counter untuk Penjualan Bisnis?

Sebagai bagian yang langsung berinteraksi dengan pelanggan, peran yang dimiliki sales counter jelas tidak main-main.
Mereka adalah garda terdepan yang akan ditemui pelanggan pertama kali ketika pelanggan membutuhkan informasi atau mengalami permasalahan yang berhubungan dengan produk atau layanan yang diberikan.
Berikut beberapa peran sales counter yang wajib diketahui:
1. Membantu Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Peran yang pertama adalah sales counter membantu meningkatkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.
Ketika sales mampu memberikan layanan dengan ramah dan informatif, pelanggan akan merasa dihargai dan nyaman dengan sales.
Ini bisa meningkatkan kemungkinan bagi pelanggan untuk kembali bertransaksi di toko tersebut.
2. Meningkatkan Penjualan
Selain meningkatkan pengalaman pelanggan, peran sales counter juga dalam meningkatkan penjualan.
Ini dilakukan dengan cara merekomendasikan produk yang paling tepat dan juga menjelaskan kelebihan atau fitur yang dimiliki oleh produk tersebut.
Dengan cara ini, sales dapat memberikan dorongan kepada pelanggan agar pelanggan membeli lebih banyak produk atau membeli produk tambahan yang paling relevan.
Baca Juga: Wajib Tahu! 10 Teknik Negosiasi Penting untuk Sales
3. Mengumpulkan Feedback
Seorang sales juga memiliki peran dalam mengumpulkan feedback dari pelanggan yang berkaitan dengan produk dan layanan.
Feedback yang diberikan oleh pelanggan sangatlah berharga karena dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki produk atau layanan yang mereka miliki.
Baca Juga: Sales Representative: Definisi, Tugas, dan Gaji
4. Menjaga agar Bisnis Tetap Efisien
Peran keempat adalah untuk menjaga bisnis bisa tetap efisien.
Sales counter memiliki peran dalam memastikan operasional penjualan berjalan dengan lancar dan efisien.
Sales ini akan mengatasi setiap permasalahan yang ada selama proses penjualan dan menjaga segalanya tetap dijalan yang tepat.
Baca Juga: Sales Forecast: Pengertian, Cara Membuat, dan Metodenya
5. Menyediakan Data Terkait Penjualan
Peran yang terakhir adalah berkaitan dengan data penjualan.
Dalam melakukan analisis bisnis dibutuhkan data yang berhubungan dengan penjualan.
Misalnya berhubungan dengan menentukan keputusan strategi atau melakukan evaluasi kinerja penjualan secara keseluruhan.
Untuk mengoptimalkan data penjualan ini, sales counter dapat dibantu dengan perkembangan teknologi yang akan membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah, seperti dengan menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID.
Baca Juga: Perbedaan Sales dan Marketing yang Harus Anda Ketahui
Dukung Peran Sales Counter dengan CRM.ID
Untuk mendukung setiap peran yang dimiliki oleh sales counter, Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen hubungan pelanggan atau CRM.
Aplikasi CRM merupakan aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan sales counter sekaligus meningkatkan efisiensi penjualan.
Aplikasi CRM terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda adalah dari CRM.ID.
CRM.ID merupakan aplikasi CRM yang dilengkapi berbagai fitur canggih yang akan memudahkan pengelolaan layanan pelanggan.
Dengan CRM.ID Anda bisa memberikan layanan pelanggan melalui WhatsApp Business API secara unlimited tanpa perlu takut diblokir.
Dengan penggunaan CRM.ID ini, Anda bisa mengoptimalkan layanan pelanggan sehingga pelanggan bisa merasa puas.
Baca Juga: Sales Promotion: Definisi, Jenis, dan Strateginya
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan mengenai sales counter yang dapat menjadi referensi Anda.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa sales counter adalah bagian penting bagi sebuah perusahaan di mana mereka akan berhadapan langsung dengan pelanggan.
Apapun kebutuhan pelanggan dan permasalahan yang dihadapi pelanggan, sales ini yang akan menjadi garda terdepan untuk memenuhinya.
Nah, untuk mendukung tugas dan peran yang dimiliki oleh sales counter ini, pastikan Anda menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID.
CRM.ID merupakan aplikasi CRM yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan layanan pelanggan.
Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- Co-Branding: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - 27 November 2025
- Client Adalah: Ini Perbedaannya dengan Customer - 26 September 2025
- Software CRM Usaha Dagang: Tantangan dan Rekomendasinya - 22 September 2025