WhatsApp Marketing: Manfaat, Ide, dan Contohnya

WhatsApp telah menjadi salah satu platform yang paling sering digunakan, bukan hanya untuk keperluan komunikasi, tapi juga marketing. Kini, bisnis berlomba-lomba menjalankan kampanye pemasaran lewat aplikasi ini untuk meningkatkan penjualan. Dengan jumlah pengguna aktif yang selalu bertambah setiap tahunnya, jangkauan…

Read More

Direct Marketing: Pengertian dan 10 Tips Terbaik Melakukannya

Direct marketing merupakan cara yang efektif bagi perusahaan untuk membangun dan mempertahankan brand awareness serta meningkatkan minat terhadap produk dan layanan. Komunikasi langsung ini berjalan dua arah. Dengan melibatkan audiens, bisnis dapat menyebarkan informasi terkait penawaran terbatas dan produk terbaru…

Read More

Conversion Rate: Cara Hitung dan Cara Meningkatkannya

Dalam dunia bisnis, terutama di era digital saat ini, conversion rate (rasio konversi) adalah salah satu metrik kunci yang menentukan keberhasilan sebuah usaha. Rasio konversi mengukur persentase pengunjung yang melakukan tindakan yang Anda inginkan (melakukan pembelian, mendaftar layanan, atau mengisi…

Read More

Tugas Telesales, Skill yang Diperlukan, dan Tips Suksesnya

Pernahkah Anda mendengar tentang telesales? Dalam era digital ini, strategi pemasaran dan penjualan terus berevolusi. Tapi, di tengah maraknya pemasaran digital, telesales tetap relevan sebagai salah satu metode penjualan yang efektif. Telesales, atau penjualan melalui telepon, memungkinkan perusahaan untuk menjangkau…

Read More

Soft Selling dan Hard Selling: Perbedaan dan Contohnya

Dalam dunia bisnis, strategi pemasaran menjadi kunci untuk menarik perhatian konsumen. Dua pendekatan yang sering perusahaan gunakan adalah soft selling dan hard selling. Meskipun tujuan akhirnya sama, yaitu untuk meningkatkan penjualan, keduanya dilakukan dengan cara yang berbeda. Memahami perbedaan antara…

Read More

9 Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan dan 5 Contohnya

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti sudah bekerja keras untuk menarik hati pelanggan melalui kombinasi antara pemasaran, media sosial, dan strategi penjualan. Bahkan, mungkin Anda sudah menginvestasikan banyak waktu dan tenaga (mungkin juga uang) untuk memperoleh kepercayaan pelanggan. Karena itu, seharusnya…

Read More

WhatsApp CRM: Pengertian, Keuntungan, dan Fitur Kunci

WhatsApp bukan hanya sekadar aplikasi pesan instan populer, tapi juga platform terdepan untuk komunikasi bisnis-ke-pelanggan yang lancar. Menurut Statista, telah terjadi peningkatan sebesar 39 juta jumlah pengguna WhatsApp Business dari tahun 2022 hingga 2023, dan jumlahnya pun terus bertambah setiap…

Read More

10 Tips Memilih CRM untuk Proses Telemarketing

Dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif sekarang, telemarketing telah menjadi alat yang penting untuk menciptakan leads dan mendorong penjualan. Telemarketing sendiri adalah pemasaran barang atau jasa secara langsung ke pembeli potensial melalui telefon atau internet. Akan tetapi, kesuksesan telemarketing sangat…

Read More