Dalam sebuah bisnis, pelanggan menjadi bagian yang sangat penting dan Anda wajib mengetahui apa itu pelanggan.
Ini karena bisnis pasti membutuhkan pelanggan, apapun jenis dari bisnis tersebut.
Pelanggan akan memberikan bisnis pendapatan dan akhirnya akan memberikan keuntungan.
Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan pelanggan?
Apa saja jenis-jenis pelanggan dan apa perbedaan pelanggan dengan konsumen?
Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan mengenai apa itu pelanggan dan jenis-jenis yang dimilikinya.
Anda dapat membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:
Apa Itu Pelanggan?

Pelanggan atau dalam bahasa Inggris customer adalah individu ataupun perusahaan yang membeli dan menggunakan produk dari sebuah perusahaan atau bisnis.
Bagi sebuah bisnis, keberadaan customer sangatlah penting karena dari mereka ini bisnis akan mendapatkan pendapatan hingga memperoleh keuntungan.
Sebuah bisnis juga akan melakukan berbagai strategi untuk menarik minat customer dan juga membuat customer merasa puas.
Ketika seorang pelanggan merasa puas dengan produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan, mereka akan membeli kembali produk atau jasa yang dijual dan menjadi pelanggan yang loyal.
Tidak hanya itu, customer juga dapat berperan sebagai komunitas dimana mereka akan memberikan ulasan dan umpan balik atas produk dan layanan melalui media sosial ataupun platform lainnya.
Ketika mereka memberikan ulasan yang baik di media sosial, ulasan ini bisa membuat orang lain yang sebelumnya tidak tertarik menjadi tertarik.
Reputasi yang dimiliki oleh seorang customer juga sangat penting untuk citra dan kesuksesan perusahaan.
Oleh sebab itu, perusahaan harus secara aktif berinteraksi dengan customer dan mendengarkan keluhan serta kebutuhan mereka.
Dengan begitu, perusahaan bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan meningkatkan pendapatan.
Baca Juga: Apa Itu Klien: Ini Pengertian dan Perbedaannya dengan Pelanggan
Apa Saja Jenis-Jenis Pelanggan?

Berikut beberapa jenis pelanggan yang wajib untuk Anda ketahui:
1. Calon Pelanggan
Calon pelanggan adalah mereka yang berada di awal tahap penjualan.
Mereka dalam posisi masih mengevaluasi pilihan mereka dan mempertimbangkan apakah produk atau layanan dari bisnis dapat memenuhi kebutuhan mereka.
Biasanya, mereka akan sering mencari informasi secara rinci terkait produk, harga, atau promosi untuk membantu membuat keputusan.
Ketika Anda ingin memberikan dukungan kepada calon customer, Anda harus memahami niat ereka dan memberikan informasi sehingga mereka bisa membuat keputusan yang tepat.
Anda juga harus mengenali dan merespon pelanggan dengan tepat, khususnya terkait informasi tambahan yang diperlukan.
Anda bisa melakukannya dengan melakukan demonstrasi produk atau layanan secara terperinci, testimoni dari customer yang merasa puas, dan bagan perbandingan yang mudah dipahami.
Komunikasikan juga apakah mereka membutuhkan informasi tambahan agar Anda bisa mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan.
Baca Juga: 10 Peluang Usaha Belum Banyak Pesaing dan Tipsnya
2. Pelanggan yang Ragu
Pelanggan yang ragu adalah mereka yang masih mempertimbangkan apakah akan membeli produk atau tidak membelinya.
Mereka masih terombang-ambing di antara berbagai pilihan dan tampak tidak yakin dengan manfaat produk Anda.
Mereka biasanya akan mencari informasi secara luas dan juga mencari kepastikan sehingga mereka memiliki banyak pertanyaan, meminta perbandingan, dan membutuhkan waktu yang lama untuk mempertimbangkan pilihan mereka.
Anda harus memperlakukan pelanggan ragu-ragu dengan kesabaran dan keterampilan.
Tawarkan opso dan rekomendasi yang jelas dan ringkas.
Gunakan keahlian yang Anda miliki untuk memandu mereka dalam mengambil keputusan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Baca Juga: 10 Indikator Kepuasan Pelanggan dan Cara Meningkatkannya
3. Pelanggan Loyal
Pelanggan yang loyal adalah tujuan dari semua jenis bisnis.
Ketika seorang pelanggan setia, mereka akan melakukan pembelian berulang kali dari satu merek dan mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain.
Mereka biasanya memiliki hubungan emosional yang kuat dan kepercayaan kepada produk atau layanan yang ditawarkan.
Pelanggan jenis ini juga menghargai kualitas yang konsisten dan layanan customer yang sangat baik.
Mereka juga tidak ragu untuk memberikan umpan balik dan ulasan yang memuaskan terkait produk yang mereka gunakan.
Anda dapat mendukng customer loyal dengan cara dengan mengenali kesetiaan mereka, baik itu melalui program loyalitas dimana memberikan penghargaan atas pembelian berulang dan referensi yang diberikan.
Baca juga: Perilaku Konsumen: Pengertian dan Jenisnya
4. Pelanggan yang Direkomendasikan
Pelanggan yang direkomendasikan datang ke bisnis melalui rekomendasi dari customer yang telah menggunakan produk atau layanan.
Mereka biasanya memiliki kecenderungan yang positif dan mereka percaya pada brand karena sumber rujukan yang diberikan terpercaya.
Pelanggan yang direkomendasikan memiliki ekspektasi yang harus dipenuhi dan dilampaui.
Ini karena kesan pertama mereka sangat dipengaruhi oleh orang yang memberikan referensi, jadi pastikan mereka mendapatkan layanan terbaik sejak awal.
Anda juga harus mengucapkan terima kasih kepada pihak yang memberikan referensi dan pertimbangkan memberikan diskon atau penawaran promosi sebagai bentuk dukungan.
Baca Juga: Mengenal Pentingnya Loyalitas Pelanggan Bagi Bisnis
5. Pelanggan yang Mencari Diskon
Ketika seorang customer datang untuk mencari diskon atau promosi, mereka akan sangat responsif terhadap penawaran khusus, penjualan, dan juga diskon.
Mereka sering termotivasi oleh rasa takut kehilangan penawaran terbaik dan mungkin melakukan pembelian yang sebelumnya tidak mereka pertimbangkan.
Untuk mendukung jenis customer ini, Anda dapat mempertahankan daftar promosi terkini yang diperbarui dan mudah diakses dan pastikan tim Anda memahami setiap detailnya.
Siapkan juga pemberitahuan untuk promosi yang akan datang untuk membuat pelanggan tetap terlibat dan cenderung melakukan pembelian berulang.
6. Pelanggan Impulsif
Adalah mereka yang melakukan pembelian dengan cepat dan tidak terenacana berdasarkan dorongan tiba-tiba atau keinginan spontan.
Mereka sering tertarik pada tampilan yang menarik, penawaran dengan waktu terbatas, dan proses pembayaran yang mudah.
Mereka akan membuat keputusan dengan cepat, dimana sering didorong oleh emosi daripada mempertimbangkan dengan matang.
Anda harus membuat informasi dan manfaat produk harus menonjol dan juga dapat menarik minat mereka dengan segera.
Sarankan juga produk atau layanan pelengkap untuk meningkatkan kepuasan dan nilai pesanan mereka secara keseluruhan.
7. Pelanggan Baru
Pelanggan baru adalah mereka yang membeli produk atau layanan untuk pertama kalinya.
Mereka ini mungkin tidak terbiasa dengan produk, layanan, ataupun proses pembelian.
Mereka biasanya juga masih dalam proses membentuk opini mereka terhadap suatu merek.
Untuk menangani customer baru, berikan proses orientasi yang jelas, ramah, dan informatif sangat penting untuk awal yang baik dalam menjalin hubungan.
Baca Juga: Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan dan Tipsnya
Apa Saja Karakteristik Pelanggan?

Berikut beberapa karakteristik yang dimiliki oleh pelanggan:
1. Kebutuhan yang Dimiliki
Karakteristik yang pertama adalah terkait kebutuhan yang dimiliki oleh customer.
Seorang customer memiliki kebutuahn yang spesifik terkait produk atau layanan yang sedang mereka cari,
Anda harus bisa memahami kebutuhan mereka ini untuk menemukan solusi yang tepat dan efektif untuk menarik pelanggan.
2. Preferensi
Preferensi adalah pertimbangan yang dimiliki seorang customer ketika memilih sebuah produk.
Preferensi ini akan memengaruhi keputusan mereka, dimana ini terdiri dari kualitas produk, fitur yang dimiliki, kepraktisan, hingga aoakah produk tersebut ramah lingkungan.
Dari preferensi ini nantinya akan memengaruhi customer dalam membuat keputusan.
Baca Juga: Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya
3. Jumlah Pembelian
Jumlah pembelian adalah seberapa banyak customer melakukan pembelian, termasuk frekuensi mereka dalam melakukan pembelian.
Ketika Anda mengetahui jumlah pembelian dari customer, Anda dapat menentukan penawaran atau promosi yang relevan.
4. Sensitifitas pada Harga
Bagi customer yang memburu diskon, biasanya mereka akan lebih sensitif terhadap harga yang dimiliki produk.
Biasanya mereka akan membandingkan harga sebelumnya dan harga saat ini, termasuk harga produk kompetitor.
Mereka akan memilih produk dengan harga yang paling rendah.
Baca Juga: Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan dan Tips Meningkatkannya
5. Tingkat Loyalitas
Tingkat loyalitas berhubungan dengan seberapa sering mereka melakukan pembelian dan ketertarikan mereka terhadap produk.
Ketika pelanggan memiliki loyalitas yang baik, mereka akan cenderung kembali dan akan tertarik dengan program loyalitas yang diberikan.
6. Anggaran
Anggaran adalah batas pengeluaran yang bisa dikeluarkan seseorang untuk membeli suatu produk,
Dalam hal anggaran, setiap orang pasti memiliki anggaran yang berbeda-beda.
Dari anggaran yang dimiliki ini, bisnis dapat mempromosikan produk atau layanan dengan rentang harga yang sesuai dengan yang dimiliki customer.
7. Responsif pada Promosi
Bagi customer yang tertarik dengan diskon, biasanya mereka akan responsif terhadap prmosi yang diberikan.
Di sini Anda dapat menawarkan promosi atau diskon untuk menarik minat pelanggan untuk membeli.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan dan 5 Contohnya
Apa Perbedaan Pelanggan dengan Konsumen?

Di antara Anda pasti ada yang masih bingung membedakan antara pelanggan dengan konsumen.
Mungkin ada di antara Anda yang menganggap keduanya adalah hal yang sama, padahal jelas saja keduanya ini berbeda.
Berikut penjelasan perbedaannya untuk Anda:
- Pelanggan adalah individu atau perusahaan yang melakukan pembelian produk atau layanan dari perusahaan. Mereka akan melakukan transaksi secara langsung dan melakukan pembayaran untuk produk tersebut. Dari pembelian ini, pelanggan bisa menggunakan prodik secara langsung atau membeli produk untuk orang lain.
- Konsumen adalah pengguna akhir dari suatu produk atau layanan. Mereka akan menggunakan produk atau layanan yang mereka beli. Dalam beberapa kasus pelanggan dan konsumen adalah orang yang sama, tetapi ada juga situasi dimana pelanggan dan konsumen adalah orang yang berbeda.
Baca Juga: Segmentasi Pelanggan: Jenis dan Cara Melakukan Segmentasi
Kesimpulan
Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu pelanggan yang dapat menjadi referensi Anda.
Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa pelanggan merupakan bagian penting bagi sebuah bisnis.
Kehadiran mereka akan berhubungan dengan mendapatkan dari sebuah bisnis dan pada akhirnya akan memberikan keuntungan kepada bisnis.
Karena pentingnya keberadaan mereka ini, sebuah bisnis harus bisa memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan.
Anda bisa mewujudkan pelayanan terbaik dengan menggunakan aplikasi CRM dari CRM.ID.
Aplikasi CRM.ID merupakan aplikasi customer relationship management yang akan membantu memudahkan memberikan layanan kepada para pelanggan.
Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengirimkan pesan melalui WhatsApp Business API tanpa khawatir terblokir.
Jadi tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.
- 8 Rekomendasi Software CRM Logistik Terbaik - 4 Juni 2025
- Testimoni Adalah: Manfaat, Jenis, dan Tips Mendapatkannya - 4 Juni 2025
- 7 Cara Menonaktifkan WA Sementara Paling Mudah - 3 Juni 2025