Internet Marketing: Jenis, Manfaat, dan Contohnya

internet marketing

Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat bisnis bisa memasarkan produk dengan mudah, salah satunya melalui internet marketing.

Internet marketing ini merupakan metode dalam pemasaran yang menggunakan internet sebagai media untuk memasarkan produk.

Seperti yang diketahui, saat ini internet menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat dan memasarkan di internet ini menjadi pilihan terbaik yang bisa menjangkau banyak target konsumen.

Lalu apa manfaat dari pemasaran internet ini dan bagaimana cara membuat strategi internet marketing yang tepat dan efisien?

Pada artikel ini CRM.ID akan menjelaskan secara lengkap mengenai internet marketing mulai dari pengertiannya, manfaat, jenis, hingga cara membuat strategi yang tepat.

Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud dengan Internet Marketing?

internet marketing

Internet marketing, yang juga sering disebut sebagai online marketing atau digital marketing adalah proses menggunakan internet untuk menjangkau audiens target yang lebih luas untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan dari suatu bisnis.

Pemasaran internet adalah istilah yang mencakup semua alat atau strategi pemasaran yang dilakukan secara online.

Ada berbagai platform yang saat ini dapat digunakan untuk memasarkan di internet, mulai dari melalui website, mesin pencari, email, hingga media sosial.

Untuk mendukung efektivitas pemasaran internet ini, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan, yakni mulai dari Search Engine Optimization (SEO), web design, email, media sosial, PPC, hingga strategi lainnya yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Di internet ini selain bisa memasarkan produk hingga mendapatkan penghasilan bagi bisnis, pemasaran internet juga bisa mendukung bisnis membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

crm banner 2

Baca Juga: 10 Contoh Digital Marketing dan Strategi Terbaiknya

Apa Saja Manfaat dari Internet Marketing?

internet marketing

Kampanye pemasaran internet yang sukses menawarkan beberapa manfaat bagi bisnis yang semuanya berdampak pada keuntungan perusahaan.

Beberapa manfaat terbesar dari mengintegrasikan pemasaran internet ke dalam strategi pemasaran keseluruhan Anda meliputi:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat yang pertama adalah pemasaran internet dapat membantu bisnis dalam meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek.

Ketika Anda mulai mempromosikan produk Anda di internet, maka orang-orang akan mulai mengenal produk Anda dari postingan yang dibuat.

Ini akan membuat produk Anda melekat di ingatan audiens.

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

Buat Anda yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung website Anda, pemasaran internet bisa menjadi strategi yang dipilih.

Di sini Anda bisa menggunakan strategi SEO atau Search Engine Optimization di mana akan membantu website Anda berada di posisi pertama mesin pencari.

Dari posisi pertama ini nantinya akan banyak orang yang melakukan kunjungan ke website Anda.

Baca Juga: Marketing Adalah: Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

3. Mendorong Lebih Banyak Prospek

Selain manfaat meningkatkan jumlah pengunjung website, pemasaran internet juga bisa mendorong lebih banyak prospek.

Ini karena pemasaran melalui internet dapat membantu bisnis menjangkau lebih banyak audiens, sehingga orang-orang yang memiliki ketertarikan atau butuh suatu barang akan melakukan pembelian produk.

4. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari pemasaran internet tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan penjualan.

Ini dilakukan dengan memperkenalkan dan mempromosikan produk melalui internet, baik website, email, ataupun media sosial.

Biasanya di akhir promosi akan ada kalimat CTA atau Call to Action yang mengajak audiens untuk melakukan aksi, salah satunya aksi untuk membeli.

5. Meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan

Buat Anda yang ingin meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan, pemasaran melalui internet bisa menjadi salah satu cara yang dipilih.

Melalui pemasaran internet ini, Anda bisa membuat konten yang relevan dengan audiens atau target pasar Anda.

Dengan cara ini loyalitas pelanggan bisa meningkat karena pelanggan merasa dekat dengan brand.

Baca Juga: Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Apa Saja Jenis-Jenis Internet Marketing?

pemasaran

Ada beberapa jenis pemasaran internet, yakni sebagai berikut:

1. Web Design

Web design merujuk pada daya tarik visual dan fungsionalitas situs web perusahaan Anda.

Situs web yang dirancang dengan baik akan mendorong pengunjung situs Anda untuk tinggal lebih lama di situs Anda, dan semakin lama pengunjung tinggal di situs Anda, semakin besar kemungkinan mereka merespons ajakan bertindak Anda.

2. SEM atau Search Engine Marketing

Pemasaran mesin pencari atau search engine marketing (SEM) adalah upaya pemasaran yang bertujuan untuk mengoptimalkan situs web Anda agar peringkatnya lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari seperti Google.

Baik melalui Search Engine Optimization (SEO) maupun kampanye iklan berbayar di mesin pencari (PPC) termasuk dalam pemasaran mesin pencari, tetapi keduanya berbeda.

SEO adalah proses di mana konten, kualitas, dan fungsionalitas situs web Anda secara alami meningkatkan peringkat SERP Anda.

Kampanye SEO yang efektif memerlukan riset kata kunci yang mendalam dan kemampuan untuk menulis konten berkualitas tinggi dan bernilai berdasarkan kata kunci yang Anda pilih.

Kampanye iklan berbayar di mesin pencari dikenal sebagai iklan pay-per-click (PPC).

Baca Juga: Pengertian Ambient Marketing dan Contohnya

3. Iklan Pay-Per-Click

Iklan pay-per-click adalah bentuk pemasaran mesin pencari di mana Anda membayar setiap kali seseorang mengklik tautan Anda dari halaman hasil mesin pencari atau iklan display.

Hasil ini ditandai sebagai “sponsored” atau “ad” untuk menunjukkan bahwa mereka merupakan bagian dari kampanye iklan berbayar.

Anda membayar biaya tetap setiap kali seseorang mengklik tautan berbayar Anda dari SERP atau iklan display.

Saat Anda menjalankan kampanye iklan PPC teks, mesin pencari menempatkan tautan Anda di bagian atas atau dekat bagian atas SERP untuk pencarian yang menggunakan kata kunci spesifik yang Anda targetkan

Saat Anda menjalankan kampanye iklan PPC display, iklan Anda ditampilkan di seluruh internet kepada konsumen yang sesuai dengan demografi audiens target Anda.

Iklan yang muncul di umpan berita Anda saat Anda menggulir Facebook adalah contoh iklan display.

4. Social Media Marketing

Social media marketing adalah proses menggunakan platform media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, tetap terhubung dengan pelanggan, membangun loyalitas pelanggan, dan menghasilkan leads penjualan.

Pemasaran media sosial terdiri dari pemasaran organik dan iklan berbayar.

Ada berbagai media sosial yang saat ini bisa digunakan untuk memasarkan produk, mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, X atau Twitter, hingga Threads.

Baca Juga: Campaign Marketing Adalah? Ini Manfaat, Jenis, dan Contohnya

5. Content Marketing

Content marketing digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek, mendidik dan menginformasikan pelanggan dan pengunjung situs Anda, serta membangun kepercayaan terhadap pengetahuan dan keahlian perusahaan Anda.

Hal-hal ini pada akhirnya mengarah pada peningkatan leads dan penjualan.

Pemasaran konten merujuk pada semua konten yang ditulis dan dipublikasikan secara online untuk mempromosikan merek Anda.

Konten dapat mencakup artikel blog, e-book, studi kasus, white paper, dan posting tamu

6. Email Marketing

Email marketing memberikan cara untuk tetap berkomunikasi dengan daftar klien Anda, mengiklankan produk atau layanan baru, menawarkan diskon dan promosi, serta mengingatkan mereka tentang perusahaan Anda.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan daftar email Anda, seperti meminta pelanggan untuk memberikan alamat email mereka saat melakukan pembelian dan menggunakan tombol “bergabung dengan daftar email kami” serta ajakan bertindak di seluruh situs web Anda.

Anda juga dapat menawarkan diskon atau kupon khusus untuk mendorong pelanggan mendaftar ke daftar email Anda.

Baca Juga: Apa itu CPM (Cost Per Mille) dalam Digital Marketing?

7. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan pemasaran yang dilakukan oleh seorang influencer atau orang yang memiliki pengaruh di media sosial sehingga bisa mendorong pembelian produk atau layanan dari suatu bisnis.

Selain penjualan, tujuan dari pemasaran influencer ini juga untuk meningkatkan kesadaran merek.

Hal ini dikarenakan influencer memiliki ikatan emosional dengan audiens mereka sehingga bisa memberikan pengaruh pada preferensi dan perilaku dari audiens.

8. Affiliate Marketing

Jenis pemasaran internet berikutnya adalah affiliate marketing yakni pemasaran yang dilakukan oleh sekelompok orang yang bergabung ke dalam program affiliate.

Program affiliate ini akan memberikan sejumlah komisi kepada marketer yang berhasil mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis.

Baca Juga: 8 Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda dan Tipsnya

9. Video Marketing

Video marketing merupakan strategi yang dilakukan dengan menggunakan video untuk memasarkan dan mempromosikan produk atau layanan dari suatu bisnis.

Tujuan dari video marketing ini adalah agar keterlibatan dapat meningkat melalui saluran digital atau sosial yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan product dan brand awareness kepada pelanggan.

10. Retargeting

Jenis pemasaran di internet yang terakhir adalah retargeting yakni sebuah bentuk iklan penargetan online yang ditujukan kepada pengunjung website ataupun menjadi kontak pada basis data Anda.

Tujuan dari penargetan ulang ini adalah agar mereka dapat mengunjungi website dan menunjukkan kepada pengunjung terkait iklan visual atau teks yang relevan ketika mengunjungi situs website.

Untuk melakukan retargeting ini Anda bisa menggunakan platform seperti Google Ads, Facebook, Iklan LinkedIn dan platform iklan retargeting lainnya.

Baca Juga: SEO Marketing: Pengertian, Cara Kerja, dan Strategi Memulainya

Bagaimana Cara Membuat Strategi Internet Marketing yang Tepat?

internet marketing

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat strategi pemasaran internet yang sukses

1. Lakukan riset pasar

Langkah pertama dalam membuat strategi pemasaran internet yang sukses adalah melakukan riset pasar.

Riset pasar ini bertujuan untuk mengidentifikasi siapa target audiens Anda, saluran online mana yang paling efektif untuk menjangkau target audiens Anda, strategi pemasaran online apa yang digunakan oleh pesaing Anda, dan seberapa efektif strategi pemasaran online tersebut bagi pesaing Anda.

2. Tentukan kebutuhan pemasaran online perusahaan Anda

Selanjutnya, gunakan wawasan yang diperoleh dari riset pasar Anda untuk mengevaluasi tujuan pemasaran perusahaan dan menentukan kebutuhan pemasaran online perusahaan Anda.

Pada tahap ini, Anda perlu mengidentifikasi saluran online mana yang perlu digunakan untuk menjangkau audiens target dan mencapai tujuan pemasaran Anda.

Misalnya, Anda mungkin menyimpulkan bahwa perusahaan Anda membutuhkan kehadiran media sosial yang kuat, situs web yang dioptimalkan dengan blog aktif, dan optimasi mesin pencari.

3. Buat anggaran

Setelah mengetahui kebutuhan pemasaran online perusahaan Anda, Anda dapat membuat anggaran pemasaran yang mencakup setiap kebutuhan pemasaran online Anda.

Jika anggaran pemasaran awal Anda tidak cukup untuk mencakup biaya semua strategi pemasaran online yang ingin Anda gunakan, pertimbangkan untuk memulai dengan hanya satu atau dua strategi dan secara bertahap.

Cara ini dapat meningkatkan anggaran pemasaran Anda seiring dengan mulai mendapatkan pengembalian investasi awal Anda.

Baca Juga: Digital Marketing: Pengertian, Jenis, dan Strateginya

4. Desain situs web yang ramah pengguna

Situs web perusahaan Anda kemungkinan besar akan menjadi dasar dari semua kampanye pemasaran online Anda.

Fokus utama sebagian besar kampanye pemasaran online lainnya adalah mengarahkan lebih banyak trafik kembali ke situs web Anda dan mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan saat berada di sana.

Situs web yang dirancang dengan baik dan ramah pengguna sangat penting bagi bisnis.

Dalam desain situs web, ramah pengguna berarti situs web memiliki desain yang menarik dan menawan, mudah dinavigasi dan berinteraksi, serta dioptimalkan untuk berbagai platform, seperti komputer, laptop, dan perangkat seluler.

5. Optimalkan situs web Anda

Setelah Anda membuat situs web yang ramah pengguna dan siap menarik lalu lintas ke situs Anda, Anda perlu mengoptimalkan situs web untuk pemasaran mesin pencari.

Mulailah dengan membuat strategi optimasi mesin pencari (SEO) dan tentukan kata kunci yang ingin Anda targetkan.

Kemudian buat konten yang berharga untuk situs web Anda yang menargetkan kata kunci tersebut. Pastikan Anda mengoptimalkan baik untuk optimasi on-page maupun off-page.

6. Buat profil perusahaan di media sosial

Selanjutnya, pertimbangkan untuk membuat profil perusahaan di setidaknya satu platform media sosial.

Banyak bisnis menggunakan beberapa platform media sosial, tetapi cara Anda menggunakan setiap platform lebih penting daripada jumlah platform yang Anda miliki profil di dalamnya.

Pertimbangkan platform media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh audiens target Anda, lalu buat strategi pemasaran media sosial yang dirancang khusus untuk platform-platform tersebut.

Baca Juga: Brand Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

7. Tentukan jenis pemasaran online tambahan yang akan digunakan

Setelah Anda memiliki situs web yang ramah pengguna dan dioptimalkan, serta telah membuat profil media sosial perusahaan Anda, Anda dapat menentukan jenis kampanye pemasaran online lain yang ingin Anda sertakan dalam strategi pemasaran online Anda.

Anda juga mungkin ingin memulai secara bertahap, membuat rencana untuk mengimplementasikan jenis kampanye pemasaran online yang berbeda ke dalam strategi keseluruhan Anda pada waktu yang berbeda.

Misalnya, Anda dapat memulai dengan kampanye pay-per-click di media sosial dan kampanye SEO untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda sebelum memulai kampanye email beberapa bulan kemudian.

8. Ukur, tinjau, dan analisis hasil

Setelah Anda mengimplementasikan strategi pemasaran online Anda, Anda perlu melacak dan mengukur hasil upaya pemasaran Anda dengan cermat.

Ada beberapa alat yang tersedia untuk membantu Anda memantau seberapa baik setiap bagian dari kampanye pemasaran online Anda berkinerja.

Analisis hasil Anda untuk melihat strategi mana yang memiliki dampak terbesar dan strategi mana yang dapat Anda perbaiki.

Baca Juga: Konten Digital: Ini Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Contoh Internet Marketing dalam Bisnis

Buat Anda yang ingin menerapkan internet marketing pada bisnis Anda tapi bingung bagaimana caranya, berikut beberapa contohnya untuk Anda:

1. Buat Website dan Lakukan Optimasi

Contoh yang pertama yang bisa diterapkan ke dalam bisnis Anda adalah dengan membuat website dan lakukan optimasi.

Website atau situs web merupakan rujukan utama yang dibutuhkan ketika calon pelanggan ingin mendapatkan informasi mengenai produk Anda.

Melalui website ini juga Anda bisa memudahkan pengunjung yang ingin membeli, misalnya dengan menghubungkan ke keranjang dan kemudahan untuk checkout.

Jangan lupa untuk melakukan optimasi agar website Anda berada di halaman pertama mesin pencari.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Marketing Tools untuk Bisnis dan Contohnya

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi platform yang banyak digunakan orang-orang menghabiskan hari dan ini menjadi media yang tepat untuk memasarkan produk.

Ada berbagai pilihan media sosial yang bisa digunakan untuk menjangkau audiens mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan sebagainya.

Di media sosial, Anda juga bisa membangun komunitas sehingga audiens bisa saling terhubung dan membuat bisnis Anda semakin dikenal sehingga bisa menarik audiens menjadi pelanggan.

3. Gunakan Iklan

Menggunakan iklan saat ini menjadi salah satu strategi yang bisa membuat konten atau postingan Anda menjangkau lebih banyak audiens.

Ada banyak platfom iklan yang bisa dipilih dan juga pilihan budgetnya.

Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis dan anggaran yang dimiliki.

Baca Juga: Sales Marketing: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai internet marketing yang bisa menjadi referensi Anda.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa internet marketing menjadi salah satu strategi dalam pemasaran modern yang bisa menjadi pilihan Anda.

Seperti yang diketahui, saat ini kehidupan masyarakat tidak bisa dipisahkan dari internet dan Anda harus bisa memanfaatkannya untuk memasarkan produk Anda.

Untuk mendukung pemasaran internet ini, pastikan Anda melakukan pengelolaan layanan pelanggan secara tepat dan efiesien.

Gunakan aplikasi CRM dari CRM.ID untuk mendukung optimasi layanan pelanggan pada bisnis Anda.

CRM.ID merupakan aplikasi manajemen hubungan pelanggan yang dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan Anda dalam melayani pelanggan secara optimal.

Yuk daftar CRM.ID sekarang juga dan jadwalkan demo Zoom bersama tim hebat kami dengan klik tautan ini.

Desi Murniati

Tinggalkan Komentar

3 × five =