12 Rekomendasi Aplikasi CRM Hotel Beserta Fiturnya

aplikasi crm hotel banner

Dalam industri perhotelan, mengelola hubungan dengan pelanggan sangatlah penting untuk kesuksesan bisnis.

Jika berhasil meninggalkan pengalaman yang berkesan, pengunjung biasanya akan memberikan ulasan positif, yang akan menarik lebih banyak tamu ke hotel Anda.

Karena itu, untuk memfasilitasi layanan pelanggan yang baik, hotel memerlukan aplikasi CRM (customer relationship management).

Dalam artikel ini, kami akan membahas 12 aplikasi CRM hotel beserta ringkasan fitur, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Tantangan yang Dihadapi Bisnis Hotel

1. Harapan personalisasi

Kemampuan teknologi yang terus berkembang telah melatih konsumen untuk mengharapkan tingkat personalisasi yang tinggi dari perusahaan tempat mereka berinteraksi.

Karena itu, perusahaan perhotelan perlu memanfaatkan teknologi, seperti CRM untuk menyediakan layanan yang dipersonalisasi dan mengatasi masalah pelanggan dengan cepat.

2. Meningkatnya persaingan

Industri perhotelan terkenal sangat kompetitif. Apalagi di era digital ini, pelanggan dapat dengan cepat dan mudah menemukan hotel dengan harga, penawaran, atau fasilitas yang lebih baik.

Karena itu, perusahaan perhotelan harus terus memantau kinerja, strategi, dan harga pesaing untuk menentukan cara terbaik membedakan diri dari pesaing di industri mereka.

3. Fluktuasi musiman

Semua sektor dalam industri perhotelan harus mengantisipasi fluktuasi permintaan dalam musim ramai dan sepi.

Musim ramai berarti permintaan yang lebih besar, dan dengan kontrol keuangan dan manajemen permintaan yang tepat, berpotensi mengundang peningkatan keuntungan.

Namun, musim sepi berarti penurunan permintaan, dan perusahaan perhotelan harus dapat mengelola arus kas mereka secara efektif untuk bertahan di masa sulit.

4. Ancaman keamanan siber

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi serangkaian serangan keamanan siber dan pelanggaran data yang menjadi sorotan di industri perhotelan.

Hotel menyimpan banyak sekali data pribadi dan pembayaran pelanggan, sehingga mereka menjadi target utama bagi penjahat siber.

Untuk mengurangi risiko siber yang meningkat dan semakin kompleks, Anda harus berinvestasi pada perangkat yang dapat mengimbangi lingkungan ancaman siber.

5. Mempertahankan reputasi online

Perusahaan perhotelan sangat menyadari bahwa mereka bisa menerima ulasan buruk berikutnya hanya dengan sekali klik.

Faktanya, sebagian besar wisatawan yang cerdas akan membaca ulasan online sebelum memesan liburan, kamar hotel, atau reservasi tempat makan.

Karena itu, mengelola reputasi online tetap menjadi tantangan bagi banyak perusahaan perhotelan.

Sebab, mereka harus selalu waspada untuk terus memantau ulasan serta mempertahankan interaksi dan penyelesaian yang konstruktif dengan pelanggan yang tidak puas.

crm 1

Baca Juga: Contoh CRM dan Pengunaannya Untuk Bisnis

Mengapa Hotel Memerlukan Aplikasi CRM?

CRM dapat menjadi salah satu alat paling berharga bagi hotel untuk memberikan pengalaman yang luar biasa bagi tamu, tapi bukan hanya itu saja.

Berikut ini adalah penjelasan mengapa hotel memerlukan aplikasi CRM:

1. Meningkatkan pengalaman tamu hotel

Aplikasi CRM memungkinkan Anda membuat profil terperinci untuk setiap tamu berdasarkan preferensi, riwayat interaksi, dan umpan balik atau komentar mereka.

Dengan data ini, hotel dapat mempersonalisasi pengalaman setiap tamu, mulai dari memberikan kamar hingga layanan yang tepat.

Misalnya, jika tamu lebih suka kamar dengan pemandangan laut, hotel dapat menetapkan kamar yang sesuai dengan preferensi ini pada reservasi berikutnya tanpa harus bertanya lagi atau menunggu mereka memintanya.

2. Mengoptimalkan manajemen reservasi

Dengan aplikasi CRM, hotel dapat mengantisipasi periode permintaan tinggi atau rendah dan mengoptimalkan harga dan penawaran untuk memaksimalkan keuntungan.

Misalnya, CRM menunjukkan bahwa secara historis, jumlah permintaan di periode April cenderung lebih rendah dari bulan lainnya.

Dengan data ini, hotel dapat bersiap untuk membuat rencana promosi untuk menarik lebih banyak tamu.

3. Komunikasi dan layanan pelanggan yang lebih baik

Aplikasi CRM bisa menjadi sarana komunikasi yang mudah dengan tamu hotel Anda sebelum, selama, dan setelah mereka menginap.

Dengan menggunakan CRM, Anda dapat mengirim pesan personal dengan detail reservasi, memberikan informasi terbaru tentang layanan dan acara hotel Anda, dan mengumpulkan umpan balik.

4. Memperlancar operasi dan menghemat waktu

Selain manfaat di atas, Anda juga dapat menggunakan CRM untuk mengotomatiskan tugas repetitif dan mengelola informasi lewat satu data terpusat.

Hal ini meningkatkan efisiensi operasional, berpotensi menghemat waktu dan sumber daya, serta memberi staf untuk fokus memberikan layanan yang sangat baik kepada tamu Anda.

5. Memungkinkan Anda membuat keputusan strategis berdasarkan data

CRM tidak hanya mengumpulkan banyak data, tetapi juga memandu Anda membuat keputusan yang tepat dan menyesuaikan strategi bisnis Anda.

Lewat CRM, Anda bisa mengidentifikasi tren pemesanan, preferensi tamu, dan area yang memerlukan peningkatan.

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan strategi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Misalnya, jika hotel mendeteksi adanya peningkatan minat terhadap aktivitas fisik saat menganalisis data preferensi tamu, hotel dapat mempertimbangkan untuk menambahkan fasilitas olahraga.

Contoh yang lebih sederhana adalah jika banyak tamu yang mengirim umpan balik bahwa mereka menginginkan pilihan sarapan yang lebih sehat, hotel dapat menyesuaikan menunya untuk memenuhi preferensi tersebut.

Sederhananya, pendekatan berbasis data ini meningkatkan pengambilan keputusan, membantu hotel untuk memenuhi harapan dan permintaan pelanggannya.

6. Membantu Anda meningkatkan loyalitas tamu

Dengan mempertahankan preferensi dan kebutuhan tamu, aplikasi CRM memungkinkan hotel untuk menawarkan layanan yang sangat personal dan memuaskan.

Pendekatan ini meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan, karena tamu merasa dihargai dalam setiap interaksi dengan hotel.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software CRM Terbaik dan Tipsnya

12 Rekomendasi Aplikasi CRM untuk Hotel

1. Aplikasi CRM.ID

software CRM

Pertama, ada CRM.ID, aplikasi CRM penyedia WhatsApp Business API yang cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan bisnis hotel Anda.

Beberapa fitur yang CRM.ID bawa di antaranya adalah segmentasi pelanggan dengan fitur tagging, membuat template pesan, metrik kinerja agen, pengelolaan kontak dan profil pelanggan, serta masih banyak lagi.

Kelebihan:

  • Semua fitur tersedia secara tidak terbatas dengan satu harga
  • Dukungan pelanggan 24/7
  • Standar keamanan internasional ISO 27001
  • Antarmuka yang intuitif, sehingga Anda bisa mengoperasikannya dengan mudah
  • Dukungan pelatihan gratis

Kekurangan:

  • Sistem biaya dihitung per pesan, sehingga mungkin akan cukup mahal untuk bisnis yang harus menangani volume pesan yang tinggi

2. Cendyn CRM

aplikasi crm hotel cendyn

Platform manajemen pelanggan Cendyn menawarkan analisis terperinci data tamu untuk jaringan hotel serta hotel independen besar dan menengah.

Fitur Cendyn CRM di antaranya adalah pengelolaan profil pengunjung, otomatisasi pemasaran, segmentasi, dan analisis dengan AI.

Kelebihan:

  • Mampu membantu menghitung customer lifetime value/nilai seumur hidup tamu.
  • Memungkinkan hotel menyesuaikan segmen audiens, mempersonalisasi pesan, dan memastikan interaksi tepat waktu menggunakan penargetan geolokasi.
  • Membuat customer journey yang dipersonalisasi menggunakan fitur Journey Builder.
  • Antarmuka yang ramah pengguna, terutama dalam alat desain email marketing, yang menampilkan editor drag-and-drop yang intuitif.

Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal dibanding kompetitor
  • Fitur terbatas untuk pengguna tingkat lanjut

3. Aplikasi CRM hotel Zoho

contoh crm zoho

Zoho CRM menawarkan fitur-fitur tangguh untuk industri perhotelan seperti alat customer service yang luar biasa, terintegrasi dengan berbagai sistem, dan analitik terperinci.

Kelebihan:

  • Fitur-fitur lengkap
  • Kustomisasi yang tinggi dengan Canvas Builder
  • Fitur gamifikasi yang terintegrasi
  • Integrasi yang mulus dengan alat-alat lain
  • Mampu membantu Anda mengumpulkan dan mengolah data perilaku pelanggan yang penting

Kekurangan:

  • Rumit bagi pengguna baru
  • Kebanyakan fitur canggih hanya tersedia untuk paket berlangganan termahal
  • Kustomisasi mungkin memerlukan bantuan dari dukungan

Baca Juga: 9 Rekomendasi Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Anda

4. Aplikasi CRM hotel Profitroom

aplikasi crm hotel profitroom

Profitroom Marketing Automation adalah aplikasi CRM dan otomatisasi pemasaran komprehensif yang dirancang khusus untuk para pelaku bisnis perhotelan.

Beberapa fitur Profitroom di antaranya adalah pembuatan template, segmentasi, dan otomatisasi pemasaran.

Kelebihan:

  • Solusi CRM khusus yang dirancang khusus untuk industri perhotelan
  • Menawarkan fitur untuk manajemen pemesanan langsung dan pengoptimalan pendapatan
  • Menyediakan opsi integrasi dengan sistem manajemen hotel populer

Kekurangan:

  • Harga cenderung lebih tinggi daripada beberapa CRM lain di pasaran

5. Aplikasi CRM hotel Salesforce

software CRM terbaik

Selanjutnya adalah Salesforce, salah satu aplikasi CRM terpopuler untuk hotel berskala besar.

Aplikasi ini membawa berbagai fitur seperti teknologi Einstein AI, kustomisasi, integrasi dengan lebih dari 5.000 aplikasi, dan alat produktivitas intuitif.

Kelebihan:

  • Kustomisasi yang sangat tinggi. Anda dapat memodifikasi hampir setiap elemen agar sesuai dengan kebutuhan bisnis spesifik Anda.
  • Paket dengan harga terendah mencakup fitur-fitur canggih, seperti Einstein Activity Capture yang didukung AI, laporan dan dasbor yang dapat disesuaikan, produk dan buku harga, templat email, dan pengiriman email massal.
  • Salesforce menawarkan berbagai pilihan materi dukungan, video, dan tutorial, serta komunitas online yang membantu.

Kekurangan:

  • Karena banyaknya pilihan penyesuaian dan otomatisasi, penyiapan dapat memakan waktu dan kemungkinan memerlukan pelatihan untuk tim pemasaran dan administrator internal Anda.
  • Kustomisasi elemen-elemen tertentu dalam Salesforce memerlukan pengetahuan tentang Cascading Sheets Style (CSS), HTML, dan bahasa pengodean lainnya.
  • Dengan banyaknya produk, opsi, dan add-on berbayar, memilih paket Salesforce yang sesuai anggaran dapat menjadi tantangan.

6. Aplikasi CRM hotel Pipedrive

pipedrive

Selanjutnya adalah Pipedrive, CRM yang dirancang untuk menyederhanakan proses departemen penjualan dan memaksimalkan konversi.

Aplikasi ini membawa fitur seperti manajemen proses penjualan, platform email terintegrasi, lead generation, asisten AI, dan alat segmentasi pelanggan.

Kelebihan:

  • Kustomisasi pelacakan transaksi dan alur kerja
  • Pelacakan dan pelaporan aktivitas penjualan
  • Integrasi yang lancar dengan berbagai alat bisnis populer
  • Tersedia di aplikasi mobile untuk akses saat bepergian

Kekurangan:

  • Fitur otomatisasi pemasaran terbatas
  • Beberapa fitur yang paling berguna, seperti pelaporan lanjutan, peramalan, dan perutean prospek, hanya tersedia pada paket yang mahal.
  • Akses ke dukungan telepon terbatas pada pelanggan Power dan Enterprise.

Baca Juga: 10 Keuntungan Menggunakan Software CRM bagi Bisnis

7. NetSuite

aplikasi netsuite

Selanjutnya adalah NetSuite, layanan perangkat lunak CRM yang menawarkan pandangan holistik tentang pelanggan Anda.

Aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap seperti sales forecasting, rekomendasi upsell, manajemen komisi, program manajemen partner, analisis dan pelaporan, dan portal pelanggan.

Kelebihan:

  • Rangkaian fitur CRM yang komprehensif untuk penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan
  • Kemampuan pelaporan dan analitik tingkat lanjut untuk pengambilan keputusan berdasarkan data
  • Solusi yang dapat diskalakan

Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan sendiri, Anda harus berlangganan Oracle NetSuite
  • Terlalu banyak fitur yang mungkin tidak akan Anda gunakan
  • Fleksibilitas terbatas untuk kustomisasi yang ekstensif

8. Freshworks

aplikasi freshworks

Sebelumnya, Freshworks CRM dikenal sebagai Freshsales. Aplikasi CRM ini mampu membantu Anda menawarkan layanan personal dan membangun hubungan yang kuat.

Fitur-fitur Freshworks CRM antara lain adalah

Kelebihan:

  • Sistem CRM yang kaya fitur dengan berbagai alat untuk penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan
  • Antarmuka yang ramah pengguna dan navigasi yang intuitif
  • Menyediakan fitur otomatisasi untuk email, manajemen prospek, dan alur kerja

Kekurangan:

  • Waktu respons dukungan pelanggan dapat bervariasi, tergantung pada paket langganan
  • Paket berlangganan terbawah dari Freshworks tidak termasuk beberapa fitur penting

9. GetResponse

aplikasi crm hotel getresponse

GetResponse adalah maestro aplikasi CRM hotel, yang menawarkan berbagai alat untuk pemasaran email, landing page, corong konversi, dan webinar.

Fitur GetResponse mencakup manajemen kampanye, pelaporan sederhana, otomatisasi pemasaran, dan dukungan chat dan email 24/7.

Kelebihan:

  • Menawarkan kemampuan pemasaran email dan otomatisasi
  • Menyediakan jalur penjualan yang dapat disesuaikan dan pelacakan transaksi
  • Paket harga terjangkau yang cocok untuk bisnis kecil

Kekurangan:

  • Kurangnya fungsionalitas dan fitur tingkat lanjut
    Pilihan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga terbatas
  • Alat segmentasi terbatas
  • Fitur pelaporan yang kurang memadai untuk analisis mendalam

Baca Juga: 15 Fitur yang Harus Ada dalam Software CRM

10. Insightly

aplikasi crm hotel insightly

Jika Anda ingin mengumpulkan data tamu untuk mengoptimalkan proses penjualan dan mendapatkan pelanggan tetap, Anda bisa mempertimbangkan Insightly CRM.

Fitur Insightly CRM mencakup alat analitik dan pelaporan yang canggih, pengelolaan kontak, hingga penjadwalan dengan klien.

Kelebihan:

  • Antarmuka yang ramah pengguna dengan fitur manajemen kontak dan proyek yang intuitif
  • Menawarkan opsi integrasi yang kuat dengan aplikasi pihak ketiga yang populer
  • Menyediakan alur kerja otomatisasi dan alur kerja yang dapat disesuaikan
  • Menawarkan kemampuan manajemen proyek di samping fungsionalitas CRM

Kekurangan:

Kurangnya dukungan pelanggan yang efektif
Platform yang lebih besar memiliki analitik yang lebih baik

10. EspoCRM

aplikasi crm hotel espocrm

Aplikasi CRM hotel selanjutnya dalam daftar ini adalah EspoCRM yang memungkinkan Anda mengelola perusahaan dan proyek dalam satu antarmuka.

EspoCRM menawarkan fitur-fitur seperti manajemen kontak, sinkronisasi dengan Google Calendar, pengelolaan e-mail, manajemen data privasi, dan integrasi VoIP.

Kelebihan:

  • Bersifat open-source, sehingga Anda bisa menyesuaikan fitur dan alur kerjanya
  • Fleksibilitas tinggi, dengan begitu bisnis bisa mengadaptasi CRM sesuai kebutuhan
  • Menyediakan opsi integrasi dengan aplikasi pihak ketiga yang populer
  • Cocok untuk bisnis kecil hingga menengah
  • Kekurangan:
    Antarmuka pengguna dan desain keseluruhan mungkin tidak semenarik atau seintuitif CRM lainnya
  • Cukup sulit untuk pemula, karena penggunaannya yang kompleks

11. Microsoft Dynamics

contoh crm microsoft dynamics

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Microsoft. Bahkan, perusahaan raksasa ini juga memiliki produk CRM hotelnya sendiri yang bernama Microsoft Dynamics.

Microsoft Dynamics mengusung fitur-fitur seperti otomatisasi penjualan dan pemasaran, manajemen data pelanggan, serta pelaporan.

Kelebihan:

  • Integrasi mendalam dengan alat dan aplikasi Microsoft lainnya
  • Solusi yang dapat diskalakan, sehingga cocok untuk bisnis kecil hingga organisasi besar
  • Kemampuan pelaporan dan analitik yang kuat untuk wawasan berbasis data
  • Menawarkan solusi khusus dan opsi penyesuaian khusus industri, tidak hanya industri perhotelan saja.

Kekurangan:

  • Kurangnya fitur manajemen proyek dan payroll/human resource
  • Biaya implementasi dan pemeliharaan yang tinggi

12. Revinato

aplikasi crm hotel revinate

Apakah Anda ingin hotel Anda menarik sebanyak mungkin calon pelanggan? Revinate bisa menjadi CRM yang tepat untuk Anda.

Revinato menawarkan fitur manajemen reputasi, pemasaran, dan pengumpulan umpan balik tamu, sehingga menjadikannya solusi komprehensif untuk kebutuhan CRM Anda.

Kelebihan:

  • Menyediakan alat manajemen reputasi, sehingga Anda bisa memantau ulasan daring hotel
  • Menawarkan pemasaran email yang dipersonalisasi dan fitur komunikasi tamu
  • Membantu hotel mendorong loyalitas tamu dan meningkatkan reputasi daring mereka

Kekurangan:

  • Pilihan harga mungkin tidak terjangkau untuk hotel tertentu
  • Dukungan pelanggan mungkin bergantung pada forum dan sumber daya komunitas

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Usaha Jasa

Kesimpulan

Aplikasi CRM hotel dapat membantu Anda membangun dan menjaga hubungan yang lebih baik dengan tamu sebelum, selama, dan setelah mereka menginap.

Dengan menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa, Anda dapat membuat tamu kembali menginap lagi.

Ingat, pengalaman pelanggan adalah bagian terpenting dari perhotelan, dan CRM dapat membantu Anda memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan.

Aplikasi CRM.ID memudahkan bisnis Anda dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan tamu dan meningkatkan pengalaman mereka dengan bisnis hotel Anda.

Melalui WhatsApp Business API, Anda dapat mulai berkomunikasi dengan pelanggan secara aktif, cepat, dan responsif.

Siap menggunakan CRM untuk membangun bisnis hotel Anda? Coba CRM.ID sekarang juga di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 9 =