SEO Lokal: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

seo lokal banner (1)

Apakah Anda pernah mendengar tentang local SEO atau SEO lokal? Di era internet yang semakin maju ini, masyarakat terbiasa menggunakan bantuan mesin pencari seperti Google dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, mencari rekomendasi tempat makan terbaik di sekitar mereka.

Kemungkinan besar, mereka akan memilih tempat makan yang muncul paling awal di halaman Google, memiliki ulasan dan bintang yang banyak, atau terlihat meyakinkan di Maps. Bisnis seperti inilah yang cenderung ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, Anda juga perlu mengoptimalkan usaha Anda agar bisa terlihat di Google. Nah, strategi untuk meningkatkan ranking Anda di pencarian lokal inilah yang menjadi tujuan dari SEO lokal. Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan SEO lokal?

Nah, artikel ini akan membahas tentang SEO lokal, mulai dari pengertian, manfaat, cara kerja, hingga cara mengoptimalkannya. Simak, ya!

Apa Pengertian SEO Lokal?

SEO lokal adalah strategi untuk membantu Google memahami suatu bisnis, seperti: lokasi bangunan, apa yang mereka jual, dan seberapa kredibel bisnis itu.

Hal-hal ini akan meningkatkan ranking bisnis tersebut di mesin pencari lokal, sehingga masyarakat sekitar atau orang-orang yang sedang mencari bisnis di area tertentu dapat menemukan bisnis itu dengan cepat.

Misalnya, Anda sedang mencari tempat makan di area Jogja, maka Google akan menampilkan hasil seperti berikut:

lokal seo 1

SEO lokal dapat membantu bisnis Anda untuk muncul di local pack seperti dua restoran di atas, sehingga akan lebih terlihat oleh masyarakat luas dan mendorong lebih banyak kunjungan serta transaksi.

Hampir semua hasil pencarian dipersonalisasi oleh Google tergantung dari negara pengguna. Tapi, SEO lokal berfokus untuk menjangkau orang-orang di lokasi spesifik, seperti kota, kabupaten, atau desa.

Jadi, tidak hanya restoran, tetapi semua usaha yang berdiri di toko fisik seperti bengkel, minimarket, tempat les, dan lain sebagainya akan mendapat manfaat dari lokal SEO.

Baca Juga: Pengertian Competitor Analysis, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Mengapa SEO Lokal Penting?

SEO lokal penting karena banyak orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan bisnis lokal di sekitar mereka.

Menurut statistik dari Google:

  • 30% dari pencarian dari ponsel berkaitan dengan lokasi.
  • 78% orang yang mencari suatu bisnis di sekitar mereka melalui ponsel akan segera mengunjungi bisnis itu di hari yang sama.
  • 28% dari pencarian itu menghasilkan pembelian.

Singkatnya, masyarakat selalu aktif mencari tempat-tempat yang ingin mereka kunjungi di Google. Jika Anda memiliki bisnis yang ingin dikunjungi masyarakat, maka sekaranglah saatnya untuk mengoptimalkan SEO lokal.

Baca Juga: Marketing Mix: Pengertian dan Contoh Penerapannya

Bagaimana Cara Kerja SEO Lokal?

Google menunjukkan dua jenis hasil berbeda untuk pencarian lokal, yaitu hasil local pack dan pencarian organik blue link. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

lokal seo 2

Hasil local pack

Map pack atau local pack adalah fitur Google SERP (Search Engine Result Page) yang menunjukkan daftar bisnis lokal teratas dan sebuah peta. Hasil ini sering muncul di laman Google untuk pencarian lokal.

Jika Anda ingin naik rank di Google Mpas dan local pack, perhatikan tiga kriteria berikut ini:

  • Relevansi: Seberapa cocok bisnis ini dengan apa yang pengguna cari.
  • Jarak: Seberapa jauh jarak lokasi bisnis dengan lokasi pencari.
  • Keunggulan: Seberapa terkenal dan bagaimana ulasan dari bisnis ini.

Hasil pencarian organik

Anda pasti sudah familiar dengan tampilan ini. Hasil ini juga biasa disebut ’10 tautan biru/blue link‘ dan biasanya muncul tepat di bawah hasil map pack.

Jika Anda ingin muncul di hasil pencarian ini, pertimbangkan beberapa faktor di bawah:

  • Relevansi: Seberapa cocok situs web Anda dengan apa yang pengguna cari.
  • Kualitas: Apakah konten Anda membantu dan dapat dipercaya.
  • Kegunaan: Seberapa bagus performa situs web Anda (seperti kecepatan dan mobile friendliness).

Baca Juga: 5 Cara dan 7 Tips Mengatasi Keluhan Pelanggan dengan Baik

Bagaimana Cara Mengoptimalkan SEO Lokal?

Untuk mengoptimalkan SEO lokal, Anda perlu memperbaiki hasil local pack dan hasil pencarian organik. Caranya adalah dengan mengoptimisasi faktor ranking lokal.

Berikut ini adalah proses mengoptimalkan SEO dari awal hingga akhir:

1. Buat Profil Bisnis di Google

Profil Bisnis menyediakan informasi terkait bisnis dan akan membantu bisnis Anda muncul di Google Maps dan hasil local pack.

Google sendiri menyatakan bahwa masyarakat 70% lebih mungkin mengunjungi suatu bisnis dengan Profil Bisnis yang lengkap. Mereka juga 50% lebih mungkin melakukan pembelian dari bisnis-bisnis ini.

Jadi kesimpulannya, melengkapi dan mengoptimalkan Profil Bisnis Google adalah hal yang wajib jika Anda ingin menarik perhatian lebih banyak pengunjung.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melengkapi profil bisnis dari Google:

  • Tentukan kategori bisnis yang spesifik
  • Tentukan jam bisnis beroperasi
  • Tambahkan alamat toko
  • Tambahkan produk atau layanan yang Anda tawarkan
  • Tambahkan foto-foto
  • Mintalah pembeli untuk memberikan ulasan

Baca juga: Landing Page: Pengertian, Tips, hingga Contoh Desainnya

2. Dapatkan lebih banyak ulasan

Ulasan atau review menunjukkan pendapat dan opini dari konsumen, serta biasanya juga digunakan sebagai referensi oleh calon pembeli.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memperoleh lebih banyak ulasan dari Google:

  • Ingatkan pembeli untuk meninggalkan ulasan
  • Fokus mendapatkan ulasan di Profil Bisnis Google
  • Merespon ulasan pembeli untuk membangun rasa saling percaya
  • Jangan membeli ulasan (perbuatan ini melanggar aturan Google)
  • Jangan meminta ulasan bagus secara langsung pada pembeli

Baca Juga: Customer Relationship: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

3. Lakukan local keyword research

Local keyword research atau riset kata kunci lokal adalah proses memahami bagaimana orang-orang mencari layanan yang Anda tawarkan. Sebelum memulai, Anda memerlukan daftar pendek dari kaca kunci yang biasa orang-orang gunakan untuk menemukan bisnis lokal.

Misalnya, jika Anda memiliki usaha bengkel di Jakarta, Anda bisa menggunakan kata kunci seperti ‘bengkel terdekat’ atau ‘bengkel di Jakarta’. Pertimbangkan juga untuk menggunakan kata kunci terkait layanan yang lebih spesifik. Contohnya, ‘ganti oli’ atau ‘memperbaiki mobil Kijang’.

Anda juga bisa melakukan riset terhadap kompetitor untuk mencari ide atau mengungguli mereka. Gunakan tools seperti Semrush atau ahrefs untuk memeriksa kata kunci.

lokal seo 3

Anda juga bisa memfilter hasil pencarian berdasarkan volume, KD%, dan intent. Volume menunjukkan rata-rata pencarian dalam satu bulan untuk kata kunci itu. KD% (keyword difficulty) menunjukkan tingkat kesulitan untuk mendapat ranking secara organik di kata kunci itu. Sementara itu, intent merujuk pada maksud dan tujuan dari kata kunci (masyarakat bisa mencari kata kunci untuk sekadar mendapat informasi, untuk melakukan pembelian, dan lain sebagainya).

4. Dapatkan backlink

Backlink adalah tautan dari situs lain yang menuju ke situs Anda, dan merupakan faktor sinyal yang kuat dalam algoritma Google.

Menurut statistik, dari 16.000 kata kunci dan 300.000 posisi ranking, 15 posisi teratas memiliki backlink yang kuat. Karena itu, semakin relevan situs web yang memberi Anda backlink, maka semakin besar kemungkinannya Anda bisa naik ranking pada kata kunci yang relevan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membandung tautan lokal:

  • Hubungi bisnis lokal lain (selain kompetitor Anda) terkait permasalahan tautan
  • Dukung dan sponsor event lokal dan minta situs web mereka untuk menyematkan tautan ke situs Anda

Baca Juga: Optimasi Layanan Pelanggan: Ini 7 Cara Melakukannya

5. Tingkatkan on-page SEO

lokal seo 4

On-page SEO adalah praktek mengoptimalkan halaman situs web Anda agar bisa mendapat ranking yang tinggi di hasil pencarian lokal.

Berikut ini adalah tips mengoptimalkan on-page SEO Anda:

  • Pastikan Kata Kunci Terkandung Dalam URL: Hanya gunakan satu atau dua kata kunci saja. Selain itu, hapus kata-kata yang tidak diperlukan. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis restoran pizza bernama Pizza Jogja dan menargetkan kata kunci ‘pizza durian terenak’, maka URL Anda bisa seperti: www.pizzajogja.com/pizza-durian-terenak.
  • Optimasi Judul Halaman: Buat judul di bawah 60 karakter yang mengandung kata kunci. Sematkan nama brand Anda dalam judul. Misalnya, “Daftar Pizza Durian Terenak di Indonesia 2024 – Blog Pizza Jogja”
  • Gunakan Header: Buat konten lebih terorganisir dengan menggunakan header yang mengandung kata kunci. Letakkan kata kunci yang paling penting di header 1 dan header 2.
  • Masukkan Kata Kunci di Dalam Konten: Sebarkan kata kunci di seluruh isi konten secara alami. Tetapi, jangan mengulang-ulang kata kunci secara berlebihan atau Google akan menganggapnya spam.
  • Tambahkan Gambar atau Unsur Visual Lain: Tambahkan visual menarik yang relevan dengan isi konten dan sisipkan di antara teks-teks Anda agar konten terlihat lebih nyaman dibaca. Gunakan gambar yang sudah dikompres agar waktu load situs jadi lebih cepat.
  • Tambahkan Meta Description: Deskripsi meta yang menarik dan merangkum isi halaman akan mengundang lebih banyak klik. Pastikan deskripsi memuat kata kunci dan kurang dari 160 karakter.
  • Tambahkan Internal Link: Bantu mesin pencari memahami hubungan antar halaman di situs web Anda dengan menambahkan tautan internal di dalam konten. Tambahkan tautan menuju halaman lain dengan topik konten yang masih relevan.
  • Tambahkan External Link: Tautan eksternal ke situs web yang kredibel dan dapat dipercaya akan membuat Google juga menganggap situs web Anda kaya akan referensi.

Baca Juga: Pengertian CRM, Manfaat, dan Rekomendasi Terbaiknya

Kesimpulan

SEO lokal sangat penting karena masyarakat selalu aktif mencari tempat-tempat yang ingin mereka kunjungi di Google. Jadi, jika Anda ingin bisnis Anda muncul di pencarian teratas Google, Anda bisa mengoptimalkan SEO lokal sekarang juga.

Pastikan bisnis Anda sudah memiliki Profil Bisnis, lalu mintalah konsumen yang puas untuk memberikan ulasan. Buatlah situs web dan muat konten-konten yang menggunakan kata kunci yang sudah diriset sebelumnya. Sertakan backlink dan juga on-page SEO yang optimal.

Selain mengoptimalkan SEO lokal, penting bagi Anda untuk terus menjalin komunikasi dengan pelanggan Anda. Dengan komunikasi dan interaksi yang baik, kemungkinan pelanggan akan melihat Anda lebih dari sekadar ‘brand’ saja.

Karena itu, gunakan aplikasi seperti CRM.ID, software yang akan membantu Anda melayani pelanggan sebanyak mungkin, tanpa khawatir batasan. Software CRM ini juga secara otomatis menyimpan semua riwayat percakapan dan Anda bisa mencarinya untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Aplikasi ini memiliki tampilan seperti WhatsApp, sehingga Anda akan merasa familier saat mengoperasikannya. Selain itu, semua fiturnya bisa Anda akses dengan harga sebesar Rp40 per pesan saja.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan CRM, Anda bisa menggunakan tautan ini untuk mulai mendaftar demo dengan Tim Hebat CRM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 3 =