Dalam bisnis mana pun, service level agreement (SLA) adalah hal yang sangat penting. SLA adalah perjanjian yang biasanya digunakan oleh perusahaan atau vendor dengan pelanggan mereka. Keberadaan SLA sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, karena dapat membuat pelanggan memiliki ekspektasi…
Panduan Lengkap Menggunakan QR Code untuk WhatsApp Web
WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan instan yang dipercaya milyaran orang di seluruh dunia. WhatsApp terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan penggunanya, salah satunya adalah menggunakan WhatsApp melalui desktop. Hadirlah WhatsApp Web dan fitur QR code yang membantu Anda untuk menghubungkan WhatsApp…
Pengertian Brand Awareness dan Strategi Membangunnya
Sekarang ini, banyak perusahaan berlomba-lomba untuk membangun dan meningkatkan brand awareness mereka. Tapi, mengapa? Jawabannya adalah karena dengan brand awareness, suatu merek dapat melekat pada gaya hidup dan kebiasaan konsumen dalam membeli, sehingga mereka tidak perlu berpikir dua kali sebelum…
WhatsApp Live Chat: Arti dan Fungsinya
Penggunaan WhatsApp untuk keperluan chat biasa dan live chat untuk bisnis semakin populer dari hari ke hari. Apalagi di zaman yang serba cepat ini, para konsumen ingin pertanyaan dan keluhan mereka dijawab dalam hitungan menit, atau bahkan detik. Karena itu,…
Tugas Marketing, Peran, dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan
Tim marketing memiliki posisi dan tugas yang krusial di hampir semua perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola brand, menyajikan nilai brand yang positif, distribusi pasar, mengelola hubungan pelanggan, dan juga strategi penjualan. Pekerjaan tim marketing sangat mempengaruhi pertumbuhan perusahaan. Karena…
WhatsApp Chatbot: Manfaat, Fitur, dan Cara Mendapatkannya
Apakah Anda tahu apa itu WhatsApp chatbot? Atau malah sudah pernah menggunakannya? Sekarang ini, banyak bisnis yang sudah menggunakan WhatsApp chatbot untuk keperluan komunikasi mereka. Chatbot ini berperan sebagai asisten yang selalu perhatian dan siap menangani pertanyaan pelanggan serta membantu…
Program CRM untuk Bisnis Kecil: Manfaat dan Tips Memilihnya
Mungkin Anda sudah tahu bahwa CRM adalah kependekan dari customer relationship management atau proses mengelola interaksi dengan prospek dan pelanggan selama proses penjualan. Tapi, bagaimana dengan program CRM? Program CRM mengacu pada software atau teknologi yang bisnis gunakan untuk mengelola…
Perbedaan Sales dan Marketing yang Harus Anda Ketahui
Sales dan marketing adalah dua komponen penting yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis yang sukses. Keduanya bekerja sama untuk mencapai tujuan akhir perusahaan, yaitu: menemukan, menarik, dan mempertahankan pelanggan. Meski departemen sales dan marketing memiliki tujuan yang sama, tapi ada…
CRM Tools: Pengertian dan Rekomendasi Terbaiknya
CRM tools adalah alat yang bisnis gunakan untuk meningkatkan hubungan mereka dengan pelanggan. Dengan semakin ketatnya persaingan untuk merebutkan hati pelanggan, mengelola hubungan yang baik dan meningkatkannya adalah suatu hal wajib bagi bisnis yang ingin terus berkembang. Sekarang ini, ada…
Marketing 360: Pengertian, Kelebihan, dan Tipsnya
Pernah mendengar istilah marketing 360? Istilah yang terdengar keren ini semakin sering digunakan dalam dunia marketing. Tapi, sebenarnya apa artinya? Sekarang ini, industri pemasaran sangatlah kompetitif. Untuk bersaing, bisnis memerlukan strategi dan pendekatan untuk menargetkan pelanggan dari semua sisi. Nah,…