WhatsApp Live Chat: Arti dan Fungsinya

whatsapp live chat banner

Penggunaan WhatsApp untuk keperluan chat biasa dan live chat untuk bisnis semakin populer dari hari ke hari.

Apalagi di zaman yang serba cepat ini, para konsumen ingin pertanyaan dan keluhan mereka dijawab dalam hitungan menit, atau bahkan detik.

Karena itu, WhatsApp live chat pun menjadi pilihan untuk menjembatani komunikasi ini. Selain praktis, Anda bisa mengirimkan pesan multimedia, menyelesaikan masalah dengan cepat, dan masih banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan WhatsApp live chat, kelebihan, dan bagaimana cara menambahkannya di situs web Anda.

Pengertian WhatsApp Live Chat

whatsapp live chat 1

Live chat adalah metode komunikasi populer yang memungkinkan bisnis untuk menyediakan layanan customer service digital. Dengan live chat, konsumen Anda dapat berinteraksi dengan bisnis Anda lewat komputer atau ponsel.

Bisnis biasanya menggunakan live chat untuk keperluan penjualan, menghasilkan lead, dan dukungan pelanggan secara umum. Tapi, tidak seperti saluran dukungan pelanggan lainnya seperti telepon atau email, software live chat tersemat dalam aplikasi atau situs web.

Pertanyaannya, apakah live chat bisa dilakukan melalui WhatsApp? Jawabannya, ya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, WhatsApp mulai diadopsi berbagai brand besar sebagai alat untuk layanan customer service dan marketing.

Bisnis dapat menyematkan widget WhatsApp ke aplikasi atau situs untuk membuat live chat. Bedanya dengan live chat biasa adalah, ketika pelanggan Anda memulai interaksi live chat, percakapan akan terjadi di halaman situs dalam peramban mereka atau di dalam aplikasi bisnis.

Sementara itu, jika menggunakan widget ini, aplikasi WhatsApp akan terbuka, dan interaksi akan terjadi di sana.

Baca Juga: Mengetahui WA Diblokir dengan 5 Cara Mudah Ini

Kelebihan WhatsApp Live Chat

Mengapa menggunakan WhatsApp sebagai media live chat? Apa keuntungan menggunakan live chat bagi bisnis? Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari live chat:

1. Jangkauan yang luas

Tidak seperti live chat biasa, yang terbatas pada pengunjung situs web atau aplikasi, WhatsApp memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan dengan jumlah yang besar.

Sekarang ini, jumlah pengguna WhatsApp sudah mencapai 2.95 milyar pengguna di seluruh dunia, membuatnya menjadi aplikasi perpesanan terpopuler di dunia. Hal ini tentunya menjadi peluang emas untuk bisnis yang ingin mengembangkan jangkauan mereka.

Tak peduli akan jenis industri atau target demografis, kemungkinan besar pelanggan Anda menggunakan WhatsApp. Jadi, mengadakan live chat di media yang sudah familiar untuk audiens dapat menjadi keunggulan untuk bisnis Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Menggunakan QR Code untuk WhatsApp Web

2. Penyelesaian masalah yang lebih cepat

whatsapp live chat 2

Kemampuan untuk mengobrol dengan konsumen secara real-time akan menghasilkan penyelesaian masalah yang lebih cepat dan lebih efisien. Apalagi, jika pertanyaan pelanggan memerlukan interaksi lebih dari sekali.

Karena itulah, live chat 13x kali lebih cepat daripada interaksi lewat email. Penyelesaian masalah yang cepat penting karena berkontribusi secara signifikan pada pengalaman pelanggan yang positif.

Jika Anda membuat pelanggan Anda menunggu, maka kemungkinan mereka akan lebih cepat merasa frustasi dan bahkan meninggalkan brand Anda demi kompetitor yang bisa menawarkan penyelesaian yang lebih cepat.

Baca juga: Cara Menonaktifkan WA (WhatsApp) Tanpa Menghapus Aplikasi

3. Konversi yang lebih tinggi

Live chat bisa menjadi metode yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan secara online dan pendapatan Anda.

Dengan mengintegrasikan WhatsApp live chat pada aplikasi atau situs, bisnis bisa memberikan bantuan secara cepat kepada konsumen yang mungkin memiliki pertanyaan atau keraguan selagi mereka mencari produk Anda.

Interaksi ini juga dapat menawarkan personalisasi, yang memungkinkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membangun kepercayaan.

Selain itu, live chat juga memungkinkan agen untuk memandu pelanggan melalui proses pembelian, menyarankan produk yang relevan, dan mengatasi masalah, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan conversion rate.

Dengan kemampuan untuk menangani beberapa obrolan secara bersamaan, agen dapat secara efisien terlibat dengan basis pelanggan yang lebih besar, memastikan bahwa tidak ada pertanyaan yang tidak terjawab.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui WA Disadap dan Mengatasinya

4. Customer journey yang lebih ringkas

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, WhatsApp live chat biasanya terintegrasi dengan situs web atau aplikasi. Konsumen bisa dengan mudah mengakses widget yang terpampang jelas.

Mereka tidak perlu menggali situs web Anda untuk menemukan detail kontak atau informasi lebih lanjut jika mereka memiliki pertanyaan. Hal inilah yang membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih ringkas.

Baca juga: Apa itu WhatsApp Clone? Tutorial dan Contoh Aplikasinya

5. Mengurangi keranjang belanja yang ditinggalkan

Keranjang belanja yang tertinggal bisa menjadi masalah yang signifikan dalam dunia ecommerce dan retail online. Hal ini terjadi ketika konsumen menambahkan barang ke dalam keranjang belanja mereka, tapi tidak menyelesaikan pembelian.

Penyebabnya bervariasi, bisa karena konsumen terdistraksi, tidak bisa menemukan apa yang mereka cari, atau menemui masalah dalam proses pembeliannya.

Dengan menyediakan WhatsApp live chat, pelanggan bisa segera mendapat jawaban atas pertanyaan mereka dan menyelesaikan pembelian.

Baca Juga: WhatsApp CRM: Pengertian, Keuntungan, dan Fitur Kunci

6. Komunikasi multimedia

whatsapp live chat 3

Kemampuan WhatsApp dalam mendukung komunikasi multimedia sangatlah berguna untuk bisnis. Dengan WhatsApp live chat, Anda bisa mengirimkan gambar, GIF, video, audio, dan dokumen.

Fitur ini akan sangat berguna, apalagi ketika menyangkut produk visual, memberikan tutorial, atau berbagi dokumen.

Konten multimedia memperkaya pengalaman digital pelanggan dengan memudahkan pengguna memahami informasi yang kompleks dan memvisualisasikan produk atau solusi.

Konten ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah, karena pelanggan dapat berbagi gambar atau video tentang masalah yang mereka hadapi, sehingga memungkinkan penyelesaian masalah yang lebih cepat dan akurat.

7. Skalabilitas tinggi

WhatsApp sudah menyediakan WhatsApp Business dan WhatsApp API yang sesuai untuk kebutuhan bisnis. Jika Anda hanya menangani sedikit chat dalam seharinya, Anda tidak memerlukan dua layanan di atas.

Tapi, jika Anda adalah pemilik bisnis besar atau berencana mengembangkan bisnis sehingga perlu menangani volume chat atau pelanggan yang lebih besar, maka Anda bisa meng-upgrade WhatsApp Anda dengan WhatsApp Business atau WhatsApp Business API melalui BSP seperti CRM.ID.

Baca Juga: WhatsApp API: Arti dan Perbedaannya dengan WhatsApp Business

Cara Menambahkan WhatsApp Live Chat di Situs Web Anda

Ada beberapa cara untuk memungkinkan pelanggan bisa mengontak Anda lewat WhatsApp live chat di situs web.

1. Click to chat

Fitur ini memungkinkan pelanggan mengeklik URL untuk langsung memulai obrolan dengan orang atau bisnis lain melalui WhatsApp. Anda tidak perlu menyimpan nomor telepon apa pun di ponsel untuk melakukan ini.

Dengan tautan tersebut, Anda cukup membuka obrolan dan mulai mengetik. Fitur ini berfungsi untuk aplikasi telepon pintar maupun WhatsApp Web.

Dengan fitur ini, Anda dapat menambahkan tautan WhatsApp ke situs web dan membuat hyperlink kalimat seperti ‘ Apa yang bisa kami bantu?’ ke WhatsApp atau membuat tombol obrolan WhatsApp. Anda juga dapat mengetik nomor telepon dan membuat hyperlink-nya.

Untuk menambahkan tautan ini, Anda bisa mengedit tautan ini:

https://wa.me/[NomorWhatsApp]

Ganti ‘NomorWhatsApp’ dengan nomor telepon yang ingin Anda gunakan.

2. QR code

Langkah lain adalah untuk membuat kode QR untuk membuat percakapan. Anda hanya perlu membuat kode dan menempatkannya di situs web atau materi pemasaran cetak.

Untuk membuat kode QR, Anda perlu membuat tautan click to chat terlebih dahulu. Tautan ini bisa Anda jadikan kode QR lewat situs web seperti QR Code Generator.

Baca Juga: Apa itu WA Bulk Sender? Pengertian dan Rekomendasinya

Apakah Anda Memerlukan Akun WhatsApp Business?

ilustrasi WA business

Anda tidak memerlukan akun WhatsApp Business untuk menambahkan WhatsApp live chat di situs web Anda. WhatsApp memiliki fitur bernama “Click to Chat” yang memungkinkan pengguna untuk memulai chat dengan Anda tanpa perlu menyimpan nomor Anda.

Dengan fitur ini, Anda dapat membuat tautan dengan pesan yang sebelumnya sudah Anda atur. Pengguna dapat mengklik tautan tersebut untuk memulai obrolan lewat WhatsApp.

Untuk menerapkan ini di situs web Anda, Anda hanya perlu membuat tautan dengan WhatsApp API yang sesuai, yang menyertakan nomor telepon Anda dan, sebagai pilihan, pesan yang telah diisi sebelumnya. Pengunjung situs web Anda kemudian dapat mengeklik tautan ini untuk memulai obrolan dengan Anda melalui WhatsApp.

Namun, jika Anda mencari fitur dan integrasi yang lebih canggih, seperti respons otomatis, analitik, dan fungsi berorientasi bisnis lainnya, maka Anda memerlukan akun WhatsApp Business, atau WhatsApp Business API untuk fitur yang lebih lengkap.

Namun, untuk fungsi obrolan dasar di situs web Anda, akun WhatsApp biasa saja sudah cukup.

Baca Juga: WhatsApp Marketing: Manfaat, Ide, dan Contohnya

Kesimpulan

WhatsApp live chat bisa menjadi alasan agar para pengunjung situs Anda tidak meninggalkan situs sebelum membeli. Karena, tim Anda bisa melanjutkan percakapan bahkan hingga konsumen meninggalkan situs web atau jika pelanggan potensial meninggalkan keranjang mereka.

Jika Anda menggunakan aplikasi CRM seperti CRM.ID, Anda akan mendapatkan kemudahan dan bantuan dalam mengatur WhatsApp live chat. Selain itu, Anda juga akan bisa mendapat hasil analisis dari CRM.ID, template chat gratis, dan bahkan menggunakan bot.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jadwalkan demo CRM.ID lewat tautan ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × five =