Campaign Marketing Adalah? Ini Manfaat, Jenis, dan Contohnya

campaign adalah

Tahukah Anda bahwa campaign marketing adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis?

Ada banyak pemilik bisnis yang menggunakan berbagai jenis campaign untuk memperkenalkan produk yang dimiliki.

Anda pasti pernah mendengar produk Kopiko, bukan?

Jika dilihat secara sekilas, Kopiko hanyalah produk permen rasa kopi biasa namun karena campaign yang berhasil, produk ini bisa dikenal di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Lalu apa yang dimaksud dengan campaign ini?

Yuk temukan jawabannya hanya pada penjelasan artikel CRM.ID yang ada di bawah ini:

Apa Pengertian dari Campaign dalam Marketing?

campaign adalah

Campaign atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kampanye adalah sesuatu yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau bisnis dengan menggunakan berbagai jenis media.

Berbagai jenis media ini dapat berupa media sosial di internet hingga media massa seperti surat kabar ataupun televisi.

Dalam sebuah kampanye, sebuah bisnis akan membuat strategi yang berisi berbagai rencana untuk mendukung keberhasilan pemasaran.

Aktivitas kampanye ini dilakukan mulai dari melakukan perencanaan hingga melaksanakan pemasaran tersebut.

Dengan membuat sebuah campaign, bisnis ingin mendapatkan kesempatan berkembang menjadi lebih baik lagi.

Jadi, dapat dikatakan bahwa kampanye adalah bagian dari pemasaran itu sendiri.

Baca Juga: Segmentasi Demografis: Pengertian, Variabel, dan Contohnya

Apa Saja Manfaat dari Campaign dalam Marketing?

campaign adalah

Dengan melakukan kampanye ini, sebuah bisnis akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

1. Dapat Membangun Brand Image

Manfaat yang pertama adalah dengan adanya kampanye ini, Anda dapat membangun brand image dari bisnis Anda.

Dengan melakukan kampanye ini, brand Anda bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat dengan pandangan yang lebih baik.

Dengan begitu, akan ada banyak orang yang lebih percaya dengan brand Anda.

2. Untuk Mendatangkan Konversi

Manfaat selanjutnya adalah Anda bisa mendatangkan konversi dari konsumen ini melakukan kampanye yang dilakukan.

Ketika konsumen mengenal produk Anda, khususnya yang dilakukan secara langsung, rasa ketertarikan bisa muncul di dalam diri mereka.

Dari sinilah mereka akan mulai penasaran dan membeli produk Anda sehingga konversi penjualan berjalan dengan lebih efektif.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Anda

3. Untuk Meningkatkan Penjualan

Dengan membuat kampanye, Anda juga bisa meningkatkan penjualan dari produk Anda.

Dengan adanya peningkatan penjualan ini, nantinya pendapatan bisnis Anda juga dapat meningkat.

4. Untuk Meningkatkan Loyalitas

Memiliki konsumen atau pelanggan dengan loyalitas yang tinggi adalah harapan setiap bisnis.

Untuk mendapatkan dan meningkatkan loyalitas ini pastinya bukan tanpa usaha.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan membuat program campaign.

Ketika bisnis Anda melakukan program kampanye untuk mengenalkan produk Anda, konsumen Anda bisa lebih yakin terhadap produk Anda hingga akhirnya mereka dapat bertahan sebagai konsumen yang loyal.

Dari sini dapat diketahui bahwa kampanye adalah salah satu upaya untuk menciptakan dan meningkatkan kesetiaan.

Baca Juga: WhatsApp API: Arti dan Perbedaannya dengan WhatsApp Business

Apa Saja Jenis-Jenis Campaign Marketing?

campaign adalah

Sebelum Anda memilih kampanye yang paling cocok untuk bisnis Anda, berikut jenis-jenisnya yang wajib untuk Anda ketahui:

1. Social Media Campaign

Social media campaign adalah salah satu kampanye paling populer di era digital seperti saat ini.

Ada jutaan orang yang menggunakan media sosial setiap harinya, baik untuk hiburan, untuk penjualan, hingga untuk berbelanja.

Di sinilah perusahaan bisa menggunakan potensi ini untuk menjangkau pelanggan potensial melalui media sosial seperti Facebook, TikTok, Instagram, X, hingga LinkedIn.

Di sini Anda harus memilih platform media sosial yang paling tepat untuk memulai kampanye dan memutuskan apakah akan menggunakan iklan berbayar, publikasi konten secara organik, atau menggunakan keduanya.

Baca juga: Pengertian Ambient Marketing dan Contohnya

2. SEO Campaign

SEO campaign menjadi salah satu jenis kampanye yang banyak dilakukan di dunia maya saat ini.

SEO campaign akan melibatkan penempatan iklan berbayar di platform pencarian populer seperti Google atau Bing.

Ini akan membantu Anda dalam menempatkan produk Anda di bagian paling atas mesin pencari.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan berbagai informasi, jadi kampanye jenis ini adalah cara terbaik untuk mengarahkan calon pelanggan ke website Anda

Di sini Anda bisa memiliki kata kunci dengan tepat untuk bisa membuat produk Anda ada di posisi paling atas.

Baca juga: Marketing Adalah: Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

3. Influencer Campaign

Selain kampanye di media sosial, kampanye yang tak kalah populer saat ini adalah influencer campaign.

Ini menjadi kampanye paling tepat dimana Anda bisa melibatkan influencer media sosial dengan puluhan ribu bahkan raturan ribu pengikut di media sosial untuk merekomendasikan produk Anda di media sosial seperti TikTok, YouTube, hingga LinkedIn.

Jika kampanye ini berhasil, Anda dapat memperkenalkan merek Anda kepada ribuan (atau jutaan) orang baru.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp, Manfaat, dan Syaratnya

4. Brand Awareness Campaign

Brand awareness campaign membantu orang mengenali dan mengingat merek perusahaan Anda.

Kampanye ini dilakukan dengan cara membangun kepercayaan dengan pelanggan sehingga Anda bisa mendapatkan pelanggan yang setia.

5. Rebranding Campaign

Rebranding campaign dilakukan dengan meluncurkan kembali produk yang sebelumnya sudah ada namun dengan brand yang berbeda.

Dengan cara ini, konsumen dapat mengenali produk yang dilakukan rebranding dengan cara yang berbeda.

Dengan begitu, diharapkan sebuah produk akan mendapatkan penjualan yang tinggi meski dengan merek atau brand yang berbeda.

Baca juga: Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

6. Email Campaign

Email campaign membantu Anda terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan Anda melalui email yang Anda kirimkan.

Kampanye jenis ini dapat memberikan dampak yang signifikan dengan biaya yang rendah dan sedikit usaha.

Inilah sebabnya mengapa pemasaran email adalah salah satu saluran bisnis yang paling menguntungkan.

Baca Juga: Broadcast WhatsApp: Cara, Tips Mengoptimalkan, dan Template Pesan

Bagaimana Cara Melakukan Campaign yang Efektif?

kampanye

Untuk membuat campaign Anda berjalan dengan efektif, berikut cara yang dapat Anda lakukan:

1. Tetapkan Tujuan Anda

Cara melakukan campaign yang efektif pertama adalah dengan menetapkan tujuan yang diinginkan.

Tujuan ini akan menentukan bagaimana strategi dan rencana yang harus dilakukan ke depannya.

Ini dilakukan juga untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Oleh karenanya ini menjadi cara pertama yang wajib untuk dilakukan.

2. Lakukan Riset

Kedua, setelah Anda menetapkan tujuan yang ingin dicapai, selanjutnya adalah melakukan riset untuk menemukan campaign mana yang dianggap paling efektif untuk memasarkan produk.

Ini termasuk memilih media mana yang paling tepat untuk mendukung kampanye.

Anda bisa melakukan riset secara langsung ataupun melalui internet dan diharapkan dengan riset ini bisa didapatkan hasil maksimal yang diinginkan.

Baca Juga: 8 Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda dan Tipsnya

3. Lakukan Campaign secara Berkelanjutan

Meski Anda telah melakukan campaign secara tepat, namun jika tidak dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, maka semuanya bisa sia-sia.

Jadi penting bagi Anda untuk melakukannya dalam kurun waktu yang tepat dan tidak berubah-ubah hingga kampanye dapat berjalan secara efektif.

4. Lakukan Evaluasi

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi.

Dari evaluasi ini nantinya bisnis Anda akan mendapatkan masukan untuk melaksanakan program selanjutnya.

Agar evaluasi ini juga dapat berjalan efektif, Anda harus melakukannya secara berkala dalam pelaksanaan kampanye produk.

crm 3

Baca Juga: 14 Contoh Strategi Pemasaran dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Saja Contoh dari Campaign Marketing?

Agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dalam kampanye untuk bisnis Anda, Anda membutuhkan contoh yang bisa menjadi gambaran untuk Anda.

Contoh ini juga bisa menjadi inspirasi Anda dalam membuat kampanye:

1. Upwork

Upwork adalah marketplace online yang mempertemukan bisnis dengan freelancer dan perusahaan ini mengarahkan trafic yang signifikan ke situsnya melalui SEO marketing.

Dengan iklan berbayar, Upwork menargetkan istilah pencarian spesifik yang terkait dengan pekerja lepas untuk mendapatkan klik.

Sebagai contoh, jika Anda mengetikkan ‘pekerja lepas terbaik’ pada Google, Upwork akan muncul di slot kedua pada halaman hasil mesin pencari:

Kampanye ini adalah salah satu contoh kampanye dengan menggunakan SEO hingga kampanye yang dilakukan akan mengarahkan ke website Anda.

2. Beli Lokal Tokopedia

Tahun 2024 Tokopedia melakukan kampanye dengan konsep ‘Beli Lokal’ dimana ini dilakukan untuk mendukung produk-produk lokal dan UMKM yang ada di Indonesia.

Sebagai marketplace buatan Indonesia, ini menjadi komitmen yang akan mendukung perekonomian Indonesia.

Dengan adanya kampanye ini akhirnya, produk-produk lokal mengalami lonjakan penjualan.

Baca Juga: Sedang Mencari Marketing Executive? Ini Tugas dan Jobdesknya!

3. BTS Meal McDonald

Kampanye yang sempat heboh pada masanya yakni tahun 2021 adalah BTS Meal dari McDonald.

Kampanye ini adalah bentuk kerja sama antara boyband asal Korea Selatan BTS dengan restoran cepat saji McDonald Indonesia.

Kampanye ini sangat diminati oleh fans BTS yang ada di Indonesia sampai McDonald diserbu oleh fans yang ingin mendapatkan edisi terbatas BTS tersebut.

Saking terbatasnya, sampai-sampai ada yang menjualnya dengan harga yang sangat mahal.

4. Harbolnas

Siapa sih yang tidak kenal dengan istilah Harbolnas atau hari belanja online nasional?

Ini merupakan istilah yang digunakan untuk para pelaku e-commerce untuk memberikan diskon besar-besaran kepada para penggunanya.

Biasanya Harbolnas ini dilakukan pada tanggal-tanggal kembar seperti 10 Oktober, 11, November, hingga 12 Desember.

Kampanye ini juga terbukti efektif untuk meningkaykan perputaran perekonomian di Indonesia dan juga mendukung masyarakat mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga: 16 KPI Marketing yang Harus Anda Ketahui untuk Bisnis

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai campaign marketing yang dapat menjadi referensi Anda.

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa campaign adalah sesuatu yang dilakukan untuk mempromosikan produk hingga dikenal secara luas oleh masyarakat.

Ada berbagai jenis kampanye yang dapat dilakukan oleh bisnis, mulai dari kampanye media sosial, kampanye SEO, hingga kampanye email.

Untuk mendukung kampanye ini, Anda juga membutuhka strategi terbaik, salah satunya dengan menggunakan aplikasi CRM.ID.

Aplikasi CRM.ID ini akan membantu Anda dalam memudahkan mengirimkan pesan kepada pelanggan tanpa takut dilakukan pembatasan.

CRM.ID juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengiriman pesan WhatsApp tanpa batas, integrasi dengan REST API, melakukan analisis, hingga custom template yang akan mendukung bisnis Anda memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi, daftar CRM.ID sekarang juga di tautan ini dan jadwalkan demo bersama tim hebat kami hanya di tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 5 =