Sekarang ini, masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi melalui internet. Misalnya sebelum membeli suatu produk, mereka biasanya akan membuka situs web produk itu. Karena itu, banyak bisnis yang berlomba-lomba untuk membuat situs web dan landing page. Tapi, membuat halaman landing yang…
SEO Lokal: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya
Apakah Anda pernah mendengar tentang local SEO atau SEO lokal? Di era internet yang semakin maju ini, masyarakat terbiasa menggunakan bantuan mesin pencari seperti Google dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, mencari rekomendasi tempat makan terbaik di sekitar mereka. Kemungkinan besar, mereka…
Marketing Mix: Pengertian dan Contoh Penerapannya
Pernahkan Anda mendengar tentang marketing mix? Belakangan ini, istilah ini menjadi semakin populer di berbagai media. Mungkin Anda pernah mendengarnya dari televisi, internet, atau media sosial. Marketing mix adalah teori pemasaran yang dicetuskan pada tahun 1948 oleh seorang profesor dari…
Influencer Marketing: Pengertian, Jenis, dan Tips Melakukannya
Apakah Anda sedang mencari cara untuk memasarkan produk Anda di media sosial? Jika iya, mungkin Anda bisa mencoba influencer marketing. Apa itu influencer marketing? Istilah ini merujuk pada kerja sama antara suatu bisnis dengan orang-orang yang memiliki pengaruh di media…
Loyalitas Konsumen: Pengertian dan 7 Cara Meningkatkannya
Pemilik bisnis sering kali mencari cara untuk meningkatkan jumlah konsumen yang membeli barang atau produk mereka sambil mempertahankan konsumen yang sudah ada. Sebab, konsumen adalah jantung atau nyawa dari bisnis mereka. Meski menarik konsumen baru adalah tugas yang penting, mempertahankan…
Pengertian Competitor Analysis, Manfaat, dan Cara Melakukannya
Seberapa baik Anda mengenal kompetitor Anda? Apakah mereka sedang mengerjakan proyek baru? Apakah Anda mengetahui strategi yang mereka gunakan untuk meraih kesuksesan? Jika tidak, mungkin Anda harus mengetahuinya dengan melakukan competitor analysis. Melakukan analisis pesaing sangat penting untuk tidak hanya…
Complaint Management: Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukannya
Dalam pengelolaan usaha, complaint management atau manajemen komplain/keluhan adalah salah satu hal terpenting. Menurut statistik, 63% pelanggan yang mengalami kendala buruk atau pengalaman yang tidak menyenangkan ketika menggunakan layanan atau produk suatu perusahaan akan segera meninggalkan perusahaan itu. Sementara itu,…
10 Rekomendasi Aplikasi WA Blast Terbaik
Pernahkah Anda ingin mengirimkan pesan kepada banyak pelanggan sekaligus namun bingung bagaimana caranya? Mungkin ini saatnya Anda berkenalan dengan aplikasi WA blast. Aplikasi WA blast memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan ke banyak pengguna secara bersamaan tanpa khawatir diblokir. Aplikasi ini…
Optimasi Layanan Pelanggan: Ini 7 Cara Melakukannya
Optimasi layanan pelanggan sangat penting dilakukan sebuah bisnis. Optimasi ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Siapa sih pelanggan yang tidak ingin mendapatkan pelayanan terbaik? Ketika pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik, maka mereka akan bertahan menggunakan produk atau layanan dari…
10 Aplikasi Ticketing System, Fitur Penting, dan Tips Memilihnya
Salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis adalah dengan memberikan dukungan pelanggan yang efisien dan responsif. Namun, mengelola berbagai permintaan dan masalah yang masuk dari berbagai saluran bisa menjadi tantangan besar. Inilah yang membuat pentingnya aplikasi ticketing system. Melalui aplikasi ini,…