Pasti Anda sudah sering mendengar istilah digital marketing, apalagi seiring melonjaknya penggunaan internet di dunia. Digital marketing adalah strategi pemasaran yang efektif, dan bisnis-bisnis pun berlomba-lomba menggunakannya. Jika Anda memiliki bisnis apa pun, Anda tidak boleh ketinggalan memanfaatkan strategi ini…
Riset Pasar: Pengertian dan Cara Melakukannya
Riset pasar adalah kunci utama menuju kesuksesan bisnis. Mengapa? Saat bisnis Anda berinovasi dalam membuat suatu produk, pasti Anda pernah bertanya-tanya, “apakah orang-orang nanti mau membelinya?” Nah, jawabannya ini bisa Anda dapatkan melalui riset pasar. Dari riset pasar, Anda akan…
Cara Efektif Menentukan Target Audience Bisnis Anda
Strategi pemasaran mana pun selalu memerlukan satu hal yang sama: pemahaman mendalam terhadap target audience. Untuk memasarkan, berinteraksi, dan membangun brand loyalty terhadap konsumen adalah proses yang kompleks. Anda tidak bisa hanya sekadar mengetahui usia ideal dan lokasi mereka. Tapi,…
5 Contoh Newsletter Email dan Tips Menulisnya
Newsletter adalah salah satu cara terampuh untuk terhubung dengan audiens bisnis Anda melalui email marketing. Sebab, email newsletter bisa membantu Anda membina pelanggan, menciptakan loyalitas, dan meningkatkan konversi serta traffic website. Agar Anda bisa merasakan keuntungan-keuntungan di atas, email Anda…
Relationship Marketing: Pengertian, Strategi, dan Contohnya
Ada banyak sekali strategi marketing yang perusahaan gunakan untuk terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan, salah satunya adalah relationship marketing. Relationship marketing adalah suatu pendekatan yang dilakukan perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Mengapa harus begitu? Sebab, jika perusahaan hanya…
Mengenal KOL dan Perbedaannya dengan Influencer
Sejak strategi digital marketing semakin marak, banyak istilah dan definisi baru yang muncul, seperti KOL dan influencer. Keduanya sering dianggap serupa karena memiliki kemampuan untuk membentuk opini dan memengaruhi keputusan audiens. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan mendasar antara keduanya, terutama dalam…
Cara Menghitung dan Meningkatkan Customer Lifetime Value
Customer Lifetime Value (CLV) adalah metrik penting dalam bisnis yang mengukur total pendapatan yang dapat dihasilkan dari seorang pelanggan selama masa hubungan mereka dengan perusahaan. Memahami CLV membantu Anda merancang strategi pemasaran, meningkatkan retensi pelanggan, dan mengoptimalkan biaya akuisisi. Dengan…
10 Contoh Template Email Marketing dan Tips Menulisnya
Walau teknologi terus berkembang, tapi email marketing masih menjadi salah satu taktik terefektif untuk terhubung dengan target pelanggan Anda. Dengan email marketing, Anda bisa menjadi top-of-mind di kalangan audiens dan meningkatkan penawaran Anda. Namun dalam menulis email marketing, ada beberapa…
Mengenal Word of Mouth Marketing: Contoh dan Strateginya
Pasti Anda pernah membeli suatu produk atau mengunjungi suatu tempat karena rekomendasi dari teman. Anda memercayai rekomendasi teman, lalu ingin mencoba dan membuktikannya sendiri. Inilah efek dari word of mouth marketing. Intinya, word of mouth marketing adalah strategi agar orang-orang…
Mengenal Marketing 4P: Definisi dan Contoh Penerapannya
Menurut teori marketing mix, marketing 4P adalah dasar-dasar untuk membuat strategi pemasaran yang efektif. Meski tidak ada strategi yang menjamin bahwa penjualan Anda akan meningkat drastis, tapi mengaplikasikan 4P dalam strategi bisa meningkatkan kemungkinan kesuksesan Anda. Pendekatan 4P ini berlaku…