WhatsApp Community adalah fitur yang WhatsApp kembangkan agar pengguna dari berbagai grup bisa saling berinteraksi. Fitur ini membuat WhatsApp marketing menjadi semakin unggul.
Banyak bisnis yang menggunakan WhatsApp untuk keperluan pemasaran. Sebab, aplikasi pesan instan yang satu ini paling banyak diunduh dan digunakan. Dengan jumlah pangsa pasar mencapai 42%, jumlah ini mengungguli Telegram (34%) dan Messenger (20%).
Tapi, bagaimana tepatnya Anda bisa menggunakan WhatsApp Community untuk bisnis Anda? Lalu, apakah semua bisnis cocok menggunakan fitur ini?
Pada artikel ini, kami akan mengupas tuntas tentang Whatsapp Community, termasuk cara kerja, fitur, manfaat, cara membuat, dan tips mengelolanya.
Apa itu WhatsApp Community?
WhatsApp Community adalah fitur yang menyatukan anggota dari berbagai grup, sehingga cocok untuk mengelola komunikasi berskala besar. Siapa pun bisa membuat Komunitas WhatsApp, baik dengan membuat grup baru atau menambahkan grup yang sudah ada.
Admin komunitas dapat mengirim informasi penting pada semua anggota melalui fitur Pengumuman. Sementara itu, anggota komunitas bisa saling terhubung dengan menjelajahi dan mengobrol dalam grup yang mereka minati.
Setiap komunitas memiliki foto profil, deskripsi, dan daftar grup. Anggota komunitas bisa meminta untuk bergabung dengan grup-grup yang mereka inginkan.
Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari WhatsApp Community:
- Membuat event
- Berbagi jajak pendapat
- Memberi reaksi pada pesan
- Berbagai file
- Membalas pengumuman komunitas
Baca Juga: WhatsApp CRM: Pengertian, Keuntungan, dan Fitur Kunci
Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Community?
WhatsApp Community menggabungkan fitur broadcast dan grup, memungkinkan pengguna untuk membuat hingga maksimal 50 komunitas dengan 2.000 anggota dalam grup announcement yang sama.
Peran dan kewenangan admin
Akan ada admin yang bertugas mengurus komunitas. Mereka berperan dalam membuat, mengelola, dan mempertahankan komunitas. Mereka juga yang memutuskan grup mana yang bisa masuk ke komunitas.
Admin juga berperan dalam mengelola akses anggota dan memastikan bahwa konten di dalam komunitas tidak melanggar peraturan.
Berikut ini adalah beberapa kewenangan admin:
- Membuat grup baru atau menggabungkan beberapa grup yang ada untuk menjadi satu komunitas
- Menghapus grup atau seseorang dari komunitas
- Menghapus pesan yang tidak relevan atau tidak pantas
- Menambahkan 100 grup dan mengelola 2.000 anggota di grup announcement
Peran dan kewenangan member
Sementara itu, member grup bisa melaporkan penyalahgunaan komunitas, memblokir akun, dan keluar dari komunitas tanpa memberikan notifikasi pada anggota lain.
Member juga bisa melakukan hal-hal ini:
- Bergabung dengan panggilan audio dengan maksimal 32 anggota
- Membagikan file dengan ukuran maksimal 2GB
- Bereaksi pada pesan
- Membuat jajak pendapat
Baca Juga: Apa itu WA Bulk Sender? Pengertian dan Rekomendasinya
Apa Manfaat WhatsApp Community Bagi Bisnis Anda?
WhatsApp Community berfungsi sebagai saluran yang berharga bagi Anda untuk terhubung dengan audiens, memungkinkan Anda untuk mendorong pertumbuhan bisnis melalui interaksi yang bermakna dan pengalaman bersama.
Mari kita lihat bagaimana fitur komunitas ini bisa membantu bisnis Anda:
Meningkatkan engagement anggota
Komunitas adalah kumpulan grup yang dibentuk dalam platform WhatsApp. Komunitas ini menyatukan orang-orang yang berpikiran sama, yang tertarik dengan perusahaan Anda dan penawarannya.
WhatsApp Community membuat anggotanya mempunyai rasa ‘saling memiliki’. Ketika anggota merasa menjadi bagian dari suatu grup eksklusif, mereka cenderung lebih terlibat dengan konten yang dibagikan dalam komunitas.
Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mendorong diskusi, melakukan jajak pendapat, dan mencari umpan balik. Dengan begitu, Anda bisa mendorong anggota untuk terus aktif dan terlibat.
Baca juga: WhatsApp Chatbot: Manfaat, Fitur, dan Cara Mendapatkannya
Membangun pengikut yang loyal
WhatsApp Community memungkinkan Anda untuk memberikan customer support yang luar biasa. Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Anda untuk menyampaikan pertanyaan, masalah, atau bantuan, dan menerima respons yang cepat.
Respon yang cepat ini meningkatkan pengalaman pelanggan dan loyalitas mereka. Selain itu, Anda juga bisa meminta feedback langsung dari pelanggan Anda. Lalu, informasi ini bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan penawaran Anda dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.
Membantu segmentasi pelanggan berdasarkan obrolan
Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, komunitas terdiri dari beberapa grup yang dapat diikuti oleh para anggotanya. Atau Anda dapat mengirim undangan ke anggota tertentu untuk bergabung dengan grup tertentu berdasarkan riwayat pembelian mereka sebelumnya.
Misalnya, katakanlah Anda memiliki toko e-commerce yang menjual pakaian. Sekarang, Anda dapat membuat grup yang berbeda untuk berbagai jenis pakaian yang Anda tawarkan, misalnya pakaian pria atau wanita.
Dengan cara ini, jika seorang pelanggan telah membeli suatu barang dari salah satu kategori, Anda dapat mengundang mereka ke salah satu grup toko e-commerce Anda di WhatsApp.
Selain itu, dengan mengelompokkan audiens Anda, Anda dapat menjangkau mereka dengan cara yang jauh lebih personal, misalnya mengirim penawaran atau diskon ekslusif berdasarkan grup yang mereka ikuti.
Namun, pastikan Anda tidak membuat grup yang terlalu banyak di komunitas Anda karena ini akan menyulitkan Anda untuk mengelola setiap grup dengan baik.
Baca juga: Apa itu WhatsApp Clone? Tutorial dan Contoh Aplikasinya
Meningkatkan komunikasi internal
WhatsApp Community bisa mempermudah komunikasi internal dari tim Anda. Mereka tidak perlu lagi membuka banyak grup chat atau menangani ribuan chat dalam satu thread.
Karena sekarang, mereka bisa membuat grup khusus untuk setiap departemen atau proyek, membuat komunikasi menjadi lebih lancar dan tertata.
Baca Juga: Cara Menggandakan WA dengan Mudah dan Cepat
Cara Membuat WhatsApp Community
Membuat WhatsApp Community tidaklah sulit. Anda bisa membuatnya melalui HP maupun komputer. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya:
- Buka WhatsApp. Anda akan melihat empat ikon di pojok bawah aplikasi: Chat, Pembaruan, Komunitas, dan Panggilan. Jika menggunakan WhatsApp Web, ikon ini akan berada di sebelah kiri.
- Pilih Komunitas
- Ketuk “Mulai komunitas Anda”
- Ketuk “Mulai”
- Anda bisa mengisi nama komunitas, deskripsi, dan memasang foto profil
- Setelah mengisi informasi di atas, akan muncul tanda centang untuk menyelesaikan pembuatan komunitas.
Begitu selesai membuat komunitas, Anda bisa mengelolanya, menambahkan member, dan mengirim pengumuman pada semua member. Ingat, hanya admin komunitas yang bisa mengirim pesan ke grup announcement.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi WA Blast Terbaik
Apakah WhatsApp Community Cocok untuk Bisnis Anda?
Fitur komunitas dalam WhatsApp ini bisa menjadi metode komunikasi dengan pelanggan yang baik untuk bisnis mikro dan kecil. Tapi, apakah WhatsApp Community cocok untuk bisnis Anda?
Nah, Anda bisa mempertimbangkan apakah bisnis Anda bisa menggunakan WhatsApp Community dengan penjelasan di bawah ini:
Untuk bisnis mikro dan kecil
- Pengguna Aplikasi Pribadi: Komunitas merupakan saluran yang sangat baik untuk mengobrol dengan pelanggan dan menyiarkan pesan kepada anggota melalui grup pengumuman.
- Pengguna Aplikasi Bisnis: Meskipun Aplikasi WhatsApp Business belum mendukung fitur Komunitas, tapi Anda tetap dapat mengirim pesan tertarget hingga ke 256 kontak sekaligus tanpa mengharuskan mereka bergabung dengan grup mana pun.
Untuk UKM dan Perusahaan
Jika audiens Anda di WhatsApp sangat banyak, maka lebih baik Anda menggunakan WhatsApp Business API. Dengan WhatsApp Business API, Anda bisa meningkatkan batas pesan yang bisa Anda kirim secara signifikan dan memungkinkan komunikasi yang lebih luas.
Untuk menggunakan WhatsApp API, Anda bisa menghubungi penyedia platform API seperti CRM.ID. Dengan CRM.ID, Anda bisa mendesain templat pesan secara kustom, menggunakan chatbot, dan mengintegrasikan dengan API aplikasi lainnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur CRM.ID, Anda bisa mengunjungi tautan ini.
Baca Juga: Cara Memindahkan WA ke HP Baru dengan Mudah dan Cepat
Tips Mengelola WhatsApp Community
Membuat komunitas di WhatsApp dan mengundang anggota adalah hal yang mudah. Karena, Anda cukup melakukannya sekali saja.
Namun, mengelola komunitas Anda adalah proses berkelanjutan yang mengharuskan Anda untuk mendedikasikan waktu dan usaha.
Tetapkan aturan dan pedoman
Komunitas adalah tempat banyak orang berkumpul dan membahas berbagai topik. Jadi, perbedaan pendapat. bisa saja terjadi. Tapi, perbedaan pendapat yang berujung pada pertengkaran akan menurunkan standar profesional komunitas Anda.
Karena itu, penting untuk terus memantau komunitas dan memastikan bahwa orang-orang saling menghormati. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menetapkan aturan dan peraturan yang harus anggota patuhi.
Beberapa aturan umum yang dalam komunitas adalah:
- Hormati semua orang di komunitas.
- Bagikan konten yang relevan dengan grup atau komunitas.
- Dilarang mempromosikan diri sendiri.
- Dilarang melakukan trolling atau flaming.
- Tidak boleh menggunakan bahasa yang kasar atau menyinggung.
- Dilarang membagikan tautan yang mencurigakan dalam obrolan.
- Hubungi admin untuk melaporkan masalah atau perilaku yang tidak pantas.
Pastikan juga bahwa setiap anggota komunitas dapat melihat aturan ini dengan mudah. Karena itu, tempat yang tepat untuk menambahkan aturan ini adalah di dalam deskripsi komunitas.
Baca juga: WhatsApp Live Chat: Arti dan Fungsinya
Menunjuk admin dan moderator
Saat komunitas Anda masih dalam tahap awal, Anda dapat mengelolanya sendiri karena jumlah anggotanya masih sedikit. Namun, saat komunitas Anda berkembang dan semakin banyak anggota bergabung, akan menjadi tugas yang menantang untuk melakukannya sendiri.
Selain itu, mungkin Anda tidak bisa terus online sepanjang hari untuk memantau percakapan. Jadi, bagaimana cara mengatasi masalah ini?
Jawabannya adalah dengan menunjuk admin atau moderator. Admin atau moderator dapat memantau obrolan antaranggota komunitas untuk memastikan bahwa aturan komunitas dipatuhi. Mereka bertanggung jawab menjaga ruang diskusi tetap sehat.
Salah satu cara termudah untuk mencari admin adalah dengan melihat anggota yang paling lama bergabung atau yang paling aktif. Setelah menemukan anggota yang menurut Anda dapat menangani tanggung jawab admin, Anda dapat menghubungi mereka.
Pastikan bahwa Anda memberikan admin kompensasi yang sepadan. Jika Anda adalah bisnis kecil yang menggunakan WhatsApp dengan anggaran terbatas, maka Anda dapat memberi kompensasi berupa produk gratis.
Membagikan konten berkualitas
Seperti platform media sosial lainnya, konten memainkan peran penting dalam WhatsApp Community. Membagikan konten yang berkualitas bagi anggota Anda adalah aspek mendasar untuk menjaga mereka tetap terlibat dengan Anda.
Berikut ini adalah tips membuat konten berkualitas untuk komunitas Anda:
- Pilihlah konten yang sesuai minat komunitas dan tujuan bisnis Anda. Bagikan konten yang bervariasi. Misalnya, konten edukasi, informasi, atau konten ringan yang menghibur
- Bagikan konten buatan anggota Anda juga dengan menyematkan konten di obrolan grup dan memberikan apresiasi pada mereka.
- Buat konten interaktif dalam bentuk jajak pendapat atau kuis yang mendorong anggota Anda untuk berpartisipasi.
Memanfaatkan fitur announcement
Fitur announcement atau pengumuman dalam WhatsApp Community bisa menjadi metode yang tepat untuk mengirimkan informasi pada seluruh komunitas sekaligus.
Karena semua anggota bisa melihat pesan pengumuman, maka pastikan bahwa Anda menggunakan bahasa yang jelas dan tepat untuk menyampaikan informasi dengan efektif. Jangan menggunakan bahasa yang ambigu atau istilah yang rumit.
Merespon dengan cepat
Merespon pesan dengan cepat bisa meningkatkan engagement dari komunitas dan menciptakan obrolan. Hal ini akan mendorong anggota untuk lebih aktif dalam diskusi, karena mereka tahu bahwa Anda mendengar dan menghargai pendapat mereka.
Sebaliknya, respon yang lambat atau tidak memberikan respon sama sekali bisa menyebabkan anggota kehilangan minat dan akhirnya meninggalkan komunitas.
Karena itu, pastikan Anda dan admin membalas pesan anggota dengan cepat, sehingga bisa menyelesaikan masalah atau kekhawatiran anggota dengan segera.
Baca Juga: Content Marketing: Pengertian, Jenis, dan Langkah Memulainya
Kesimpulan
Itu dia hal-hal mengenai WhatsApp Community yang perlu Anda ketahui. Komunitas dalam WhatsApp adalah fitur yang bisa membantu bisnis Anda meningkatkan keterlibatan pelanggan dan loyalitas mereka.
Namun saat ini, fitur komunitas memang belum tersedia untuk WhatsApp Business. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Masih ada fitur-fitur unggulan lain seperti centang hijau, mengirim pesan blast, dan lain sebagainya yang bisa Anda gunakan.
Tentunya, fitur-fitur ini baru bisa Anda peroleh melalui WhatsApp Business API. Nah, salah satu provider WhatsApp Business API terbaik dan yang paling terjangkau adalah CRM.ID. Dengan CRM.ID, Anda bisa mengirim pesan secara unlimited, tanpa batasan jumlah kontak, pesan, dan agen pengguna. Sehingga, cocok untuk keperluan bisnis.
Jika Anda tertarik menggunakan CRM.ID, silakan jadwalkan demo dengan tautan ini.
- Payday Sale: Tips Maksimalkan Penjualan di Hari Gajian - 17 Januari 2025
- 25 Contoh Kata-Kata Promosi Lewat WhatsApp - 16 Januari 2025
- Net Promoter Score: Cara Menghitung dan Menggunakannya - 15 Januari 2025